Windows 10 adalah salah satu platform Microsoft paling kuat yang pernah dibuat untuk organisasi dan bisnis. OS ini memiliki begitu banyak hal yang dibutuhkan bisnis mulai dari  keamanan yang tinggi sampai fitur perlindungan informasi.

Semua fitur yang ada di memberikan pengalaman yang lebih baik untuk kebutuhan bisnis modern.  Microsoft melakukan banyak perubahan menyusul dengan diluncurkannya Windows 10. Apa saja yang membuat OS ini menarik untuk digunakan?

Kelebihan Windows 10 dan Alasan Menggunakannya

Mengapa Anda perlu mengaktifkan OS ini di komputer atau laptop? Ternyata ada beberapa alasan di baliknya. Kalau Anda masih ragu untuk menggunakan Windows 10 atau tidak, simak alasannya di sini!

1. Ada Penguncian Bio-metrik

Keamanan kredensial dan data rahasia Anda yang tersimpan di laptop yang terintegrasi Windows 10 akan jauh lebih aman dan terjamin. Versi OS yang baru memiliki opsi bagus untuk melindungi data Anda dengan memberikan detail sidik jari.

Teknologi ini pertama kali diperkenalkan di iPhone 5s dan sekarang telah tersedia di Windows 10. Sensor sidik jari tentu saja diperlukan jika Anda ingin menggunakan opsi ini di device.

Kelebihan Windows 10 Terbaru 815x545 1

2. Aplikasi Cepat dan Responsif

Microsoft memperkenalkan aplikasi email dan kalender modern yang benar-benar bekerja lebih baik dibandingkan dengan Windows 8. Aplikasi Windows 10 cukup cepat dan responsive digunakan di device. Aplikasi bisa menggeser interface dengan tepat ke hampir semua bentuk dan ukuran Windows.

3. Memiliki Akses Instan untuk Pengaturan Windows

Kelebihan Windows 10 lainnya adalah memiliki Action Center yang terintegrasi untuk hampir semua pemberitahuan sistem. Dengan Windows 10 Action Center ini, maka Anda bisa mengakses secara instan untuk sebagian besar pengaturan di device.

Action Center juga memiliki tindakan cepat yang menyesuaikan kecerahan layar dengan mudah. Anda juga bisa mengaktifkan atau menonaktifkan Wi-Fi, dan melakukan banyak hal lainnya.

Selain itu, Command Prompt pada Windows 10 juga telah diperbarui ke tingkat yang lebih besar sehingga Anda dapat menyalin teks dan menempelkannya langsung di jendela Windows 10 Command Prompt.

4. Tersedia Power Saver

Windows 10 kini sudah dilengkapi dengan fasilitas power saver. Misalnya, jika Anda memiliki laptop yang bertenaga baterai maka Windows 10 akan dengan cerdas mengoptimalkan layanan latar belakang.

Dengan demikian, aplikasi yang tidak perlu akan ditutup secara otomatis.  Artinya, Anda bisa memanfaatkan semua daya yang ada di baterai agar bisa lebih hemat..

5. Bisa Menyematkan Recycle Bin di Start Menu

Dengan menggunakan Windows 10, Anda sekarang dapat menyematkan Recycle Bin di Start Menu Windows Anda. Ya, Recycle Bin adalah tempat di mana semua file yang dihapus dibuang. Seperti yang Anda ketahui, file yang dihapus dari lokasi mana pun di hard drive masuk ke folder ini.

Recycle Bin di Start Menu akan memudahkan pemulihan file yang baru saja dihapus sehingga kapan pun dibutuhkan, Anda dapat memulihkannya kembali.

Nah, memulihkan file yang dihapus secara permanen sendiri belum dimungkinkan. Untuk itu, Anda masih diharuskan mengambil recovery file hard drive pihak ketiga yang tepat dan kuat.

Fitur Windows 10 815x544 1

Fitur Windows 10 Terbaru Wajib Kenal

Sudah tahu apa saja alasan mengapa Anda perlu menginstal OS ini selain berdasar kelebihan Windows 10  di atas? Salah satu keuntungan terbesar mengapa Anda harus mempertimbangkan untuk mengaktifkan Windows 10 adalah fitur-fiturnya.

Windows 10 memiliki berbagai fitur yang sangat memanjakan penggunanya. Berikut adalah fitur utamannya :

1. Menu New Start

Microsoft telah menyediakan kembali ‘Start Menu’. Jadi, ketika Anda mengklik tombol ‘Start’ di kiri bawah layar, akan ada dua panel berdampingan dengan kolom kiri menunjukkan aplikasi yang disematkan, terbaru, dan satunya paling sering digunakan.

Anda juga bisa melihat sebuah tombol power di bagian atas untuk opsi seperti Hibernate, Standby, dan Shutdown, sedangkan kolom kanan menampilkan opsi langsung yang dapat Anda sesuaikan, seperti ubah ukuran dan atur ulang.

Dengan menginstal Microsoft 10, Anda juga dapat membuat ‘Start Menu’ yang diperluas ke full screen kapan pun Anda mau sehingga tidak begitu membutuhkan ‘Modern UI Start Screen’.

2. Integrasi Cortana

Windows 10 menghadirkan fitur berupa asisten digital yang mana penggunanya bisa mengontrol suara Microsoft Cortana. Aplikasi luar biasa ini akan memungkinkan Anda menemukan berbagai hal di PC

Jadi, Anda bisa tersambung ke desktop untuk berinteraksi dengan perangkat tanpa harus mengetik.  Selain itu, dengan asisten digital ini, Anda juga dapat mencari hard drive untuk file tertentu, mengambil foto dari tanggal tertentu, atau meluncurkan presentasi PowerPoint hanya dengan berbicara.

Secara otomatis PC akan melakukan apa yang Anda perintah. Anda bahkan bisa meminta Cortana untuk mengirim email saat Anda sedang sibuk mengerjakan spreadsheet atau Word. Microsoft Windows 10 membuat semuanya menjadi multi-tasking dan jauh lebih mudah dikelola.

3. Browser Web Microsoft Edge

Internet Explorer di Windows 10 digantikan oleh Microsoft Edge, yang menampilkan mesin rendering baru disebut EdgeHTML. Edge terintegrasi dengan Cortana Digital Assistant untuk memberikan kontrol suara, pencarian, dan info yang dipersonalisasi kepada pengguna.

Anda juga dapat menggunakan Edge untuk membuat anotasi halaman web, dan anotasi ini disimpan di OneDrive sehingga dapat digunakan dengan pengguna lain.

Ada juga fungsi “Reading List” untuk menyinkronkan konten antar perangkat dan ada “Reading Mode” yang menghapus pemformatan untuk memungkinkan pembacaan yang lebih nyaman di perangkat.

Ya, ada banyak perubahan telah dilakukan di Windows 10 untuk menjaga agar Edge lebih sejalan dengan browser saingan, seperti Chrome dan Firefox.

4. Desktop Virtual

Windows 10 juga menyediakan banyak desktop yang dapat Anda gunakan dan beralih dengan cepat. Fitur desktop virtual di Windows 10 disebut “Task View” dan terletak di Taskbar. Untuk menambahkan desktop baru, yang perlu Anda lakukan hanyalah mengklik tanda ‘Plus’.

Nantinya, secara otomatis Anda bisa membuat beberapa desktop, dan beralih hanya dengan menghubungkan tombol ‘Task View’ lagi dan menggerakkan mouse ke thumbnail yang Anda inginkan.  Nah, setelah workspace ditampilkan di atas, maka klik tombol ‘Task View’ untuk mulai menggunakannya.

5. Universal Apps

Untuk membuat transisi antar perangkat lebih mulus, Microsoft memperkenalkan kategori software baru yang disebut Universal Apps. Software satu ini menggunakan kode yang sama tetapi menyesuaikan interfacenya dengan perangkat smartphone.

Salah satu kelebihan windows 10 lainnya adalah microsoft juga menggabungkan serangkaian aplikasi Universal sendiri dengan OS, termasuk Foto, Video, Musik, Peta, People & Messaging, dan Mail & Kalender.

Semuanya memiliki fungsi dengan cara yang sama pada tablet, dan PC. Konten akam disimpan dan disinkronkan melalui layanan cloud Microsoft OneDrive sehingga Anda dapat melanjutkan bagian terakhir yang sudah Anda kerjakan di perangkat lain.

Pada dasarnya, masih ada banyak fitur menarik lainnya yang disertakan Windows 10. Jika Anda ingin menjelajahi lebih banyak tentang Windows 10, bacalah berbagai blog Windows 10 untuk memberi Anda informasi yang lebih tepat tentang OS Windows 10 terbaru.

Cara Backup Windows 10 Di Laptop 815x579 1

Cara Backup Windows 10 di Laptop

Laptop sudah menjadi kebutuhan utama bagi pekerja kantoran maupun pelajar dan mahasiswa, karena laptop memiliki banyak manfaat terutama untuk menunjang kegiatan belajar mengajar, mengerjakan tugas serta mengerjakan pekerjaan di kantor.

Oleh karena itu, sekarang ini hampir semua pelajar dan pekerja yang bekerja di sektor perkantoran memiliki laptop demi menunjang aktifitasnya sehari-hari.

Kegunaan laptop sendiri bermacam-macam mulai dari untuk mengerjakan laporan, presentasi, pengetikan, penyusunan data hingga penyimpanan data sehinga data pekerjaan akan tersimpan dengan rapih di setiap folder yang ada di laptop. Hal ini juga untuk memudahkan pengguna dalam mengelola file yang di simpan.

Laptop atau komputer tidak akan dapat beroprasi jika tidak ada sistem operasi di dalamnya, seperti misalnya sistem operasi linux untuk laptop atau komputer yang berjenis open source, kemudian macintosh atau mac yang merupakan sistem operasi khusus laptop buatan apple.

Dan windows yang merupakan sistem operasi yang paling popular dan mudah di gunakan sehingga sistem operasi windows ini menjadi sistem operasi yang paling banyak di gunakan saat ini. windows telah mengembangkan sistem operasinya sejak tahun 1985 dan selalu di update hingga saat ini yang paling update adalah windows 10 di tahun 2020 ini.

Cara Backup Data Laptop Windows 7 Dan Windows 10 Jpg

Pada windows 10 terdapat banyak fitur yang dapat digunakan oleh pengguna untuk menunjang aktifitas pekerjaannya, misalnya saja ada Microsoft office yang lengkap mulai dari Microsoft word, Microsoft excel, Microsoft power point dan lainnya.

Selain itu juga pada windows terdapat fitur untuk membackup data. Kegunaan dari membackup data itu sendiri adalah agar data yang tersimpan aman sehingga ketika terjadi eror pada laptop atau komputer maka data yang kita miliki tidak ikut eror dan tetap tersimpan pada file backup.

Untuk itu berikut kami berikan langkah-langkah untuk membackup data pada windows 10 yang perlu anda lakukan terutama untuk anda para pengguna windows 10 di laptop atau komputernya.

  1. Klik menu start pada laptop anda kemudian pilih komputer, selanjutnya pilih drive C:
  2. Setelah anda pilih drive C: maka langkah selanjutnya adalah klik kanan pada drive C: tersebut kemudian pilih properties
  3. Pada memu properties pilih tools kemudian akan muncul beberapa pilihan perintah dan pilihlah backup now
  4. Tunggu hingga proses backup selesai kemudian setelah proses backup selesai maka langkah selanjutnya adalah tentukan lokasi untuk file yang di backup tersebut.
  5. Masuk ke halaman control panel kemudian kemudian pilih system selanjutnya pilih backup and restore
  6. Pilih create system image untuk menentukan dimana file backup ini akan di tempatkan, biasanya akan di tempatkan di folder baru. Namun pastikan untuk menampatkan folder baru tersebut di drive selain drive C: misalnya di drive D: atau drive F.
  7. Setelah memilih lokasi folder baru untuk data back up file, maka langkah selanjutnya adalah klik next dan akan muncul notifikasi sistem yang akan di back up. Kemudian pilih centang pada tanda backup.
  8. Tunggu hingga proses backup sistem selesai yang akan memakan proses waktu yang cukup lama tergantung banyaknya data pada sistem windows yang di backup tersebut.

Itulah beberapa langkah cara membackup data pada windows 10 yang perlu anda ketahui, usahakan untuk selalu membackup data dengan rutin dan berkala agar file anda aman dan tersimpan dengan rapih.

Demikian pembahasan mengenai kelebihan windows 10, fitur dan alasan kenapa harus menggunakannya. Sebagai referensi, berbagai blog Windows 10 menjelaskan banyak detail mengenai update dari software yang dirancang dengan fantastis untuk penggunanya. Apapun informasi yang dibutuhkan mengenai Windows, blog-blog tersebut bisa menjawab kebingungan Anda.