28 Fakta Menarik Tentang Lasik

Operasi mata laser pertama dimulai sekitar 30 tahun lalu. Namun, itu masih dianggap sebagai metode yang relatif baru untuk operasi gangguan terkait mata. Menyadari keuntungan dan kerugian dari operasi mata laser membuatnya lebih mudah bagi pasien untuk memutuskan apakah prosedur ini sesuai untuknya.

Menjalani operasi laser mata bisa menjadi keputusan yang menakutkan bagi banyak calon pasien. Ini mungkin terutama disebabkan oleh kekhawatiran sehubungan dengan keamanan mata mereka, dan kurangnya pengetahuan tentang Kelebihan dan Kekurangan Operasi Mata LASIK.

Kelebihan dan Kekurangan Operasi Mata LASIK

Sangat disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter mata untuk mempelajari tentang efek samping, kerugian dan manfaat operasi mata laser sebelum pasien dapat melanjutkan dengan itu. Operasi mata laser, apakah LASIK, LASEK atau PRK, biasanya berhasil jika dilakukan dengan hati-hati pada pasien yang memenuhi syarat. Probabilitas pemulihan penuh pada pasien rabun dekat dan astigmatisme sangat tinggi. Pada saat yang sama, LASIK dapat terbukti sangat efektif untuk pasien dengan rabun jauh dan gangguan membaca. Dalam salah satu studi menyatakan bahwa total lebih dari 95% pasien merasa puas dengan hasil prosedur operasi mata laser.

Dalam jangka panjang juga, biaya mempertahankan penglihatan diperbaiki melalui perawatan laser karena biaya mata lebih murah daripada memakai lensa kontak atau kacamata.

Berikut adalah Kekurangan Operasi Mata LASIK :

  1. Anda harus berhenti sejenak dari komitmen pribadi dan profesional:

Prosesnya hanya berlangsung selama satu jam termasuk pengaturan dan operasi, diikuti oleh 20-30 menit relaksasi. Ahli bedah merekomendasikan menghabiskan sepanjang hari istirahat untuk menghindari efek samping operasi mata laser. Mereka juga menyarankan untuk tidak melibatkan diri dalam aktivitas fisik apa pun. Ini jelas berarti bahwa Anda harus menjaga semua komitmen Anda di rumah dan bekerja di samping dan mengambil cuti. Juga, jika Anda menjalani operasi mata laser lasik, ahli bedah akan meminta Anda untuk mengunjungi hari berikutnya untuk pemeriksaan. Sebaliknya, jika Anda menjalani operasi mata laser PRK atau LASEK, Anda perlu istirahat total 4-7 hari. Proses penyembuhan dalam kedua prosedur ini membutuhkan waktu lebih lama. Merupakan salah satu  Kelebihan dan Kekurangan Operasi Mata LASIK.

  1. Risiko terkena efek samping operasi mata LASIK:
Baca juga >>
5 Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami Dalam 7 Hari

Meskipun kasus pasien yang mengalami efek samping operasi mata laser sangat minim, hal ini terutama terkait dengan kesesuaian prosedur. Jika operasi dilakukan pada pasien yang memenuhi syarat oleh ahli bedah ahli yang berpengalaman dalam prosedur, dalam pengaturan volume rendah, kemungkinan komplikasi atau efek samping yang timbul hampir tidak mungkin. Adalah penting bagi Anda untuk berhati-hati agar Anda memilih ahli bedah terbaik dan dengan demikian dapat menghindari segala risiko. Menghindari, pengaturan yang terlalu komersial akan menjadi hal yang ideal untuk dilakukan jika Anda berada di bawah tekanan. Merupakan salah satu  Kelebihan dan Kekurangan Operasi Mata LASIK.

  1. Merawat mata Anda pasca operasi:

Anda mungkin mengalami kecenderungan mata kering atau gatal selama berjam-jam setelah Anda menjalani perawatan laser untuk mata. Jika Anda menjalani prosedur operasi mata laser LASIK, dokter bedah akan merekomendasikan Anda obat tetes mata yang dapat membantu Anda menghilangkan masalah tersebut. Dibutuhkan waktu yang relatif lebih lama untuk menghilangkan perasaan ini dalam kasus LASEK atau prosedur operasi mata PRK.

Berikut adalah Kelebihan Operasi Mata LASIK:

  1. Ini adalah salah satu teknologi teraman untuk mengobati gangguan mata bias:

Operasi mata dengan laser adalah prosedur terbaru, paling canggih dan teraman yang dikenal dunia untuk mengobati gangguan mata bias. Jika dilakukan oleh para ahli di bidangnya pada calon yang cocok, hasil 100% dapat dicapai yang akan bertahan seumur hidup. Mengadopsi pendekatan ini juga akan memastikan komplikasi minimal dan hasil optimal dapat dicapai dengan restorasi visi 20/20. Tingkat keberhasilan tertinggi dalam kasus astigmatisme dengan komplikasi minimal yang dilaporkan oleh pasien. Merupakan salah satu  Kelebihan dan Kekurangan Operasi Mata LASIK.

  1. LASIK adalah salah satu prosedur tercepat untuk mengobati gangguan mata bias:
Baca juga >>
Mengobati Penyakit Alergi

Prosedur pembedahan yang sebenarnya hanya memakan waktu sekitar 9 hingga 10 menit kecuali pembatasan pemasangan. Pasien biasanya tidak diharuskan untuk tinggal di rumah sakit. Pemulihan ini juga cepat dalam kasus operasi mata laser LASIK. Pemulihan penglihatan terjadi setelah 2-4 jam prosedur operasi dilakukan. Merupakan salah satu  Kelebihan dan Kekurangan Operasi Mata LASIK.

  1. Proses LASIK benar-benar tidak menyakitkan:

Pasien dirawat dengan obat tetes mata anestesi sebelum mereka bisa menjalani perawatan laser untuk mata. Ini mematikan mata mereka dan prosedur menjadi tidak menyakitkan secara fundamental. Sedikit tekanan dapat dialami saat penggunaan laser femtosecond untuk membuat flap pada kornea. Merupakan salah satu  Kelebihan dan Kekurangan Operasi Mata LASIK.

  1. Pemulihan penglihatan yang cepat:

Visi sebagian besar pasien dipulihkan hanya dalam beberapa jam setelah prosedur operasi. Dalam kebanyakan kasus, tingkat pemulihan visi adalah 20/20. Dalam kasus yang jarang atau rumit tingkat pemulihan visi adalah 20/40. Merupakan salah satu  Kelebihan dan Kekurangan Operasi Mata LASIK.

  1. Kebebasan menikmati visi tanpa cacat:

Pemulihan penglihatan penuh biasanya datang sebagai perubahan yang sangat menyenangkan bagi pasien yang terpaksa menggunakan lensa dan kacamata untuk penglihatan yang jelas. Pasien-pasien ini sering menggambarkan kebebasan dari alat bantu penglihatan seperti ini sebagai perubahan hidup.

Kegiatan fisik seperti berenang, bermain olahraga, dll menjadi jauh lebih mudah. Bangun di pagi hari tanpa harus mencari kacamata atau tidak kehilangan kacamata atau lensa mahal dan tidak menderita mata kering karena memakai lensa selama berjam-jam membuat pasien merasa sangat terbebaskan. Merupakan salah satu  Kelebihan dan Kekurangan Operasi Mata LASIK.

Glosarium

Astigmatisme pengaburan tidak teratur, atau mata yang ‘lebih berbentuk bola rugby daripada bentuk sepak bola. ‘Angka pertama dalam resep kacamata Anda menggambarkan jumlah penglihatan panjang atau pendek. Angka kedua menggambarkan jumlah astigmatisme.

Baca juga >>
Turunkan Berat Secara Efektif dengan Diet Golongan Darah

Kornea bagian yang jelas dari dinding mata di bagian depan mata. Dua pertiga dari kekuatan fokus mata adalah dari kornea.

Laser excimer laser jenis ini menghilangkan jaringan dengan penguapan non-termal (photoablation). Laser excimer sangat akurat dan tidak merusak jaringan di sekitarnya.

Hyperopia penglihatan panjang. Orang dengan hiperopia biasanya memiliki penglihatan yang baik sebagai orang dewasa muda. Seiring bertambahnya usia, mereka mendapati diri mereka bergantung pada kacamata untuk membaca, dan kemudian untuk penglihatan jarak juga.

Laser blended vision adalah operasi refraksi laser menggunakan mesin laser femtosecond dan excimer yang sama seperti di LASIK. Ini mengoreksi mata dominan terutama untuk penglihatan jarak dan mata non-dominan terutama untuk penglihatan dekat, dengan kedalaman bidang masing-masing mata meningkat.

Operasi mata dengan laser koreksi penglihatan menggunakan laser excimer dan / atau femtosecond untuk mengubah kelengkungan dan kekuatan fokus kornea.

LASIK (laser in situ keratomileusis) ini adalah bentuk paling umum dari koreksi penglihatan laser di mana lipatan pelindung tipis dibuat menggunakan laser femtosecond. Tutup pelindung disisihkan oleh ahli bedah sebelum membentuk kembali optik kornea menggunakan laser excimer. Flap kemudian diganti, dan melekat tanpa jahitan, menjaga lapisan kulit kornea tetap utuh dan memberikan pemulihan visual yang cepat.

Miopia pandangan pendek. Orang dengan miopia mampu melihat dari dekat tetapi tidak di kejauhan. Mereka biasanya membutuhkan kacamata sebagai anak usia sekolah. Jumlah miopia ditampilkan sebagai angka negatif dalam resep mata  Anda.

Usia presbiopia terkait hilangnya penglihatan membaca dan kemampuan untuk fokus pada objek dekat tanpa bantuan kacamata.

20/20 ketajaman visual adalah ukuran utama seberapa baik kita dapat melihat dan diuji dengan meminta Anda untuk membaca grafik yang memiliki ada huruf pada setiap baris. Semakin rendah Anda dapat membaca, semakin baik ketajaman visual Anda.  Merupakan salah satu  Kelebihan dan Kekurangan Operasi Mata LASIK.

Baca juga >>
Cara Mengobati Jerawat Abses Dengan Bahan Alami

Sekarang setelah Anda sangat menyadari berbagai Kelebihan dan Kekurangan Operasi Mata LASIK, akan lebih mudah bagi Anda untuk melanjutkan dengan operasi dan memilih spesialis mata terbaik untuk operasi mata laser.

Terimakasih semoga Artikel ini Bermanfaat