Kelebihan dan Kekurangan Mobil Listrik

Cara kerja mobil listrik memiliki fungsi yang sangat sederhana yaitu terdiri dari paket baterai listrik yang memberikan daya untuk menjalankan semua listrik di dalam kendaraan, termasuk motor listrik untuk menjalankan kendaraan . Baterai bisa di isi ulang oleh stasiun pengisian khusus atau melalui penggunaan jaringan listrik normal di rumah. Ada juga kendaraan hybrid, yang merupakan gabungani mesin bertenaga bensin tradisional dan motor listrik.

Berikut adalah Kelebihan dan Kekurangan Mobil Listrik :

Apa kelebihan mobil listrik?

Jika Anda membandingkan manfaat mobil listrik dengan mobil bertenaga bensin, Berikut adalah kelebihan mobil listrik  :

Biaya operasional lebih murah

Mengisi ulang mobil listrik jauh lebih murah daripada mengisi bahan bakar mobil berbahan bakar bensin . Ini terutama benar ketika mempertimbangkan fakta bahwa Anda dapat mengisi ulang mobil listrik Anda di rumah.

Mengurangi emisi gas buang dan jejak karbon

Menurut Studi , kendaraan berbahan bakar bensin tradisional memancarkan rata-rata 4,6 metrik ton karbon dioksida per tahun. Mobil listrik sama sekali tidak  menghasillkan karbon dioksida , membuatnya jauh lebih ramah lingkungan.

Baca juga >>
10 Teknologi Terbaik pada Pesawat

Biaya perawatan lebih murah

Mesin mekanik memiliki banyak bagian yang bergerak, termasuk pompa dan katup, bersama dengan komponen seperti filter dan busi, yang tidak dimiliki mobil listrik. Komponen-komponen ini sering membutuhkan perbaikan dan penggantian. Karena mobil listrik tidak memiliki komponen-komponen tersebut, mereka memerlukan lebih sedikit perawatan.

Performa berkualitas tinggi

Mobil listrik dikenal beroperasi dengan lancar dan tenang dan juga cenderung bereaksi jauh lebih cepat daripada mesin mekanis. Selain itu, mobil listrik bekerja secara lebih efisien dalam situasi mengemudi yang sering macet .

Lebih nyaman

Banyak orang secara keliru berpikir bahwa mobil listrik lebih tidak nyaman karena Anda harus menemukan stasiun pengisian, yang tidak semudah menemukan pompa bensin. Namun, Anda dapat berargumen bahwa kendaraan listrik sebenarnya lebih nyaman karena baterai dapat diisi ulang di rumah menggunakan outlet standar.

Apa kekurangan dari mobil listrik?

Walaupun mobil listrik memiliki banyak kelebihan, perlu dicatat bahwa mereka bukan tanpa kekurangannya. Berikut ini adalah beberapa kekurangan mobil listrik:

Menemukan stasiun pengisian daya dapat menjadi tantangan

Meskipun Anda dapat mengisi daya kendaraan listrik di rumah, menemukan stasiun pengisian daya saat berada di jalan bisa menjadi tantangan,  terutama jika Anda berkendara melalui daerah pedesaan dalam perjalanan jarak jauh. Di negara maju seperi Amerika dan Eropa dimana penggunaan mobil listrik EV sudah umum, hampir setiap stasiun pengisian bahan bakar biasa juga menyediakan fasilitas untuk pengisian mobil listrik. Di Indonesia sendiri sudah ada puluhan stasiun pengisian mobil listrik di beberapa tempat di Jakarta.

Pengisian daya dapat berlangsung lebih lama

Sementara menambahkan gas ke tangki bahan bakar tidak membutuhkan waktu lebih lama dari lima menit, mengisi ulang mobil listrik dapat memakan waktu lebih lama. Diperlukan waktu hingga delapan jam untuk mengisi penuh daya baterai menggunakan outlet normal, sementara stasiun pengisian tercepat sekalipun akan membutuhkan waktu 30 menit untuk mencapai kapasitas mendekati 80 persen.

Baca juga >>
Aplikasi bawaan android yang tidak boleh dihapus

Jangkauan mengemudi terbatas

Jangkauan mengemudi mobil bertenaga bensin jauh lebih lama daripada mobil listrik. Ini bisa menjadi masalah jika Anda merencanakan perjalanan jarak jauh, terutama ketika memperhitungkan potensi kurangnya stasiun pengisian daya.

Biaya awal mahal

Meskipun biaya mobil listrik dapat diimbangi dengan penghematan biaya bahan bakar dan insentif pajak, biaya awal pembelian sebagian besar mobil listrik lebih tinggi daripada mobil bertenaga bensin yang sebanding.

Paket penggantian baterai cukup mahal

Meskipun sedikit perawatan yang diperlukan, jangan heran jika Anda perlu mengganti baterai mobil listrik Anda setidaknya sekali selama masa pakainya. Hal ini cukup mahal, walaupun perlu dicatat bahwa harga telah turun secara signifikan selama beberapa tahun terakhir dan ada garansi baterai selama 8 tahun.

Berapa jarak rentang mengemudi mobil listrik EV?

Seiring perkembangan teknologi, kemampuan kendaraan listrik yang lebih baru bisa menempuh jarak yang lebih jauh. Sebagian besar model 2020 mampu mengemudi antara 100 dan 150 mil dengan baterai yang terisi penuh. Namun, model mobil listrik terbaik dapat mencapai jarak 200 mil, dengan Tesla Model S Long Range dengan kisaran 373 mil per charge.

Pada dasarnya, kisaran kendaraan listrik akan bervariasi tergantung pada modelnya , tetapi kenyataan bahwa beberapa model mencapai 300 mil per pengisian menunjukkan bahwa kisaran mobil listrik  akan terus meningkat selama pada masa yang akan datang.

Merk terkenal produsen mobil listrik EV?

Semakin banyak produsen memproduksi mobil listrik sebagai bagian dari jajaran kendaraan tahunan mereka. Tesla mungkin adalah produsen kendaraan listrik paling terkenal karena fakta bahwa jajarannya terbatas pada kendaraan listrik. Namun, ada banyak pabrikan yang juga membuat mobil listrik, termasuk Nissan, BMW, Ford, Kia, Hyundai, Chevrolet, Toyota, dan Honda.

Baca juga >>
Cara Merakit Power Socl 504

Apa mobil listrik EV terbaik untuk 2020?

Sementara ada banyak model mobil listrik berkualitas tinggi yang dirilis selama beberapa tahun terakhir, ada beberapa model yang layak untuk dilihat yang dirilis pada tahun 2019. Ini termasuk yang berikut:

Tesla Model 3

Tesla telah menjadi salah satu nama terbesar di industri manufaktur mobil listrik sejak mengeluarkan mobil mewah Model S-nya pada tahun 2012. Tesla Model 3 memiliki rentang awal 220 mil.  Mobil ini juga dilengkapi dengan layar sentuh all-in-one dan memiliki opsi perangkat lunak semi-otonom.

Porsche Taycan

Porsche akhirnya membuat lompatan ke produksi mobil listrik sepenuhnya dengan Porsche Taycan mereka. Taycan adalah mobil sport listrik mewah yang menawarkan waktu 0 hingga 60 km kurang dari 3,5 detik dan mesin listrik 600 tenaga kuda. Ia juga memiliki sistem pengisian cepat DC 800 volt, yang menambah jarak 60 mil dalam empat menit.

SUV Jaguar I-Pace

I-Pace tidak hanya SUV crossover mewah listrik pertama yang memasuki pasar, tetapi juga debut pertama Jaguar ke pasar mobil listrik secara umum. I-Pace dibangun dengan baterai 90kWh dan motor listrik ganda yang menghasilkan 394 tenaga kuda. Itu dapat mencapai kisaran 234 mil dengan sekali pengisian daya.

Hyundai Kona Electric

Kendaraan Kona asli Hyundai dianggap sebagai salah satu crossover subkompak terbaik di pasar, sehingga tidak mengherankan bahwa versi listrik baru mereka kemungkinan akan berakhir menjadi salah satu opsi listrik paling populer di jalan tahun ini. Hyundai Kona adalah hatchback listrik yang konon mencapai jangkauan 258 mil dan jangkauan 125 mil dari pengisian cepat selama 30 menit. Pada Januari 2020, hanya tersedia di negara-negara tertentu, Hyundai mengatakan akan segera memperluas ketersediaan ke seluruh negara.

Baca juga >>
Cara Memperbaiki Amplifier

Jika Anda berpikir untuk membeli mobil listrik, maka hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menimbang kelebihan dan kekurangan mobil listrik . Setelah Anda membuat keputusan , Anda harus memastikan untuk melakukan riset pada model yang saat ini tersedia di pasar, sesuaikan dengan kebutuhan dan anggaran Anda.

Terimakasih semoga Artikel ini Bermanfaat

Order via Whatsapp !