Kelebihan Android 11 yang tidak dimiliki Android 10

Android 11 merupakan penerus dari Android 10 yang menjanjikan performa lebih baik secara keseluruhan. Ada banyak Keunggulan Android 11 yang bisa anda temukan setelah melakukan upgrade OS pada smartphone anda.

Android 11 menjanjikan daya tahan baterai yang lebih lama, perlindungan privasi dan kemananan data yang lebih ditingkatkan lagi. Tanpa basa-basi lagi berikut ini beberapa fitur baru yang keren yang hanya ditemukan pada Android 11.

Kelebihan Android 11 yang tidak dimiliki Android 10

Sudah menjadi tradisi kalau Google selalu meluncurkan sistem operasi terbarunya di setiap tahun. Android 11 pastinya hadir dengan pembaharuan fitur yang lebih aman dan menarik. Fitur baru yang diberikan umumnya sudah tidak terlalu asing lagi bagi sebagian orang, sebab fitur-fitur ini sudah ada di Android 10. Namun hadir dengan sedikit pembaharuan dan peningkatan performa.

1. Fitur perekam layar (Screen Record)

Jika anda mengikuti perkembangan Android pasti pernah melihat fitur ini di Android 10 versi beta, namun google menghapusnya saat meluncurkan Android 10 versi final dikarenakan tidak bekerja dengan baik.

Jadi fitur perekam layar tidak akan anda temukan di android 10 versi final. Namun tampaknya google masih belum menyerah untuk menyempurnakan fitur perekam layar ini.

Fitur Screen Record kembali di munculkan pada Android 11 dan tentunya dengan peningkatan kompatibilitas yang lebih baik lagi. Namun sayangnya masih ada beberapa bug dari fitur screen record ini, misalnya saja tidak ada audio internal.

Untuk mengaktifkan fitur ini caranya cukup mudah, anda dapat menemukan ikon Screen Record yang terdapat di pilihan Pengaturan Cepat di atas layar. Ketuk ikon ini dan pilih start, maka semua info di layar akan segera terekam.

2. Motion Sense untuk musik di pixel 

Smartphone buatan Google yang bernama Pixel 4 ini menawarkan banyak fitur baru yang diantaranya adalah Motion Sense. Fitur ini merupakan inovasi google yang memungkinkan pengguna untuk mengontrol ponsel Pixel tanpa perlu menyentuhnya.

Kelebihan Android 11

Salah satu kelebihan android 11 Anda bisa mematikan alarm dan skip lagu hanya dengan motion Sense. Di Android 11, anda dapat menemukan penambahan fitur motion sense yang lebih dibandingkan android versi sebelumnya.

Tidak hanya bisa skip lagu, tetapi sekarang juga bisa pause lagu dan mengarahkan lagu untuk mulai memutarnya lagi. Dan fitur baru ini bisa anda dapatkan hanya pada Android 11.

Baca juga
Cara membuat google form di android

3. Sensitivitas sentuhan yang ditingkatkan

Pada Android 11, Fitur ini berguna sekali untuk layar yang menggunakan tambahan pelindung. Opsi “Increase touch sensitivity” atau “tambah sensitivitas sentuhan” dapat meningkatkan sensitivitas layar sentuh smartphone anda.

Anda bisa dengan mudah disable atau enable menyesuaikan kondisi layar dengan tambahan pelindung atau tidak menggunakan tambahan pelindung melalui pengaturan display.

Kepekaan perangkat yang dikombinasikan dengan sistem operasi sangat mempengaruhi kinerja respon layar sehingga dengan fitur ini, jari anda cukup mengetuk lebih lembut pada permukaan layar ponsel.

4. Auto revoke permissions

Penambahan Fitur Auto revoke permissions pada Android 11 sangat bermanfaat sekali dalam hal keamanan yang memberikan perlindungan ekstra dari aplikasi-aplikasi yang mencurigakan.

Anda mungkin memiliki banyak sekali aplikasi yang terpasang di sistem dan tidak sedikit aplikasi yang hanya digunakan sekali saja. Setelah itu mungkin tidak anda gunakan lagi dalam jangka waktu yang lama.

Beberapa aplikasi mencurigakan akan meminta izin akses yang tidak umum, dan pengguna yang tidak teliti akan meloloskannya begitu saja.

Dengan adanya fitur Auto revoke permission pada Android 11, Google sanggup mencabut izin secara otomatis pada aplikasi tertentu seperti akses ke kamera, file, kontak, lokasi, dll.

5. Dukungan waterfall displays yang lebih baik

Saat ini telah banyak smartphone dengan layar yang tanpa ujung. Beberapa smartphone seperti Xiaomi bahkan layarnya dapat melengkung hingga ke bagian belakang bodi ponsel. Berbagai produsen seperti Samsung, Oppo, Xiaomi, dll berlomba-lomba memproduksi ponsel dengan konsep waterfall display yang tentunya mendukung layar sentuh.

Kelebihan Android 11 menawarkan performa yang lebih baik lagi untuk ponsel dengan layar yang seperti ini. Khususnya pada aplikasi yang memang dirancang untuk dijalankan pada ponsel waterfall display. Pengguna dapat menyentuh layar bagian samping atau bahkan belakang layar bodi untuk interaksi yang lebih lancar pada android 11.

Saat ini sudah banyak smartphone dengan layar melengkung yang pastinya menarik perhatian banyak orang. Android 11 menawarkan kelancaran yang lebih baik untuk menjalankan berbagai aplikasi dan pengalaman pengguna yang lebih baik.

6. Peningkatan keamanan Akses lokasi background

Faktor keamanan selalu menjadi masalah penting bagi Google. Banyaknya aplikasi yang bertebaran di Play Store memudahkan pengguna untuk memilih sesuai kebutuhan. Namun celah keamanan juga semakin melebar dan berbahaya bagi data pengguna. Untuk itu ponsel yang sudah menjalankan Android 11, Google memperketat perizinan akses lokasi aplikasi pada background. Setiap aplikasi akan di otorisasi oleh Google sehingga bisa lebih mengetahui mana aplikasi yang benar-benar membutuhkan akses atau tidak.

7. Notifikasi Bisu

Fitur yang satu ini sangat berguna sekali terutama ketika anda sedang merekam video dari ponsel. Pastinya anda tidak mau terganggu bukan saat merekam lalu tiba-tiba ada notifikasi yang dapat mengganggu hasil rekaman. Pada Android 11 terdapat fitur notifikasi bisu yang memungkinkan pengguna untuk membisukan notifikasi selama melakukan kegiatan merekam video.

Baca juga
Emulator PS2 Android Terbaik dan Cara Menggunakannya

8. Pembatasan akses kamera dan mikrofon pada aplikasi

Google telah meningkatkan keamanan pada aplikasi-aplikasi “nakal” untuk melindungi privasi penggunanya. Pembatasan akses kamera dan mikrofon pada aplikasi ini sebenarnya telah ada di Android 10, dan lebih ditingkatkan lagi pada Android 11.

Kelebihan Android 11 Samsung

Kamera dan mikrofon hanya akan aktif ketika aplikasi berjalan di latar depan dan akan mati ketika berjalan di latar belakang. Sehingga saat anda menutup aplikasi bisa dipastikan kamera dan mikrofon juga telah mati.

9. Pencabutan izin aplikasi secara otomatis

Android 11 juga telah memperkenalkan pilihan baru yang secara otomatis dapat mencabut izin akses seperti perangkat kamera, lokasi, dan lainnya dari aplikasi yang jarang digunakan.

10. Update aplikasi yang lebih mudah

Google telah meningkatkan beberapa modul di sistem aplikasi yang memberikan kompatibilitas lebih untuk memperbarui aplikasi langsung dari Play Store tanpa melibatkan pihak ketiga.

11. Penambahan Fitur screenshot

Pastinya anda butuh sewaktu-waktu untuk mengambil gambar penting dari layar secara cepat. Fitur Screenshot memang bukan hal yang baru karena pada Android versi sebelumnya juga sudah ada. Namun salah satu kelebihan Android 11 menawarkan fitur yang lebih lengkap lagi. Google telah memberikan tool untuk menangkap gambar berformat panjang. Gambar yang diambil bukan hanya di area layar saja melainkan di keseluruhan gambar yang dapat di gulir dari atas ke bawah.

12. Fitur Bluetooth

Pada Android versi sebelumnya jika anda memilih menu Airplane mode pastinya bluetooth juga ikut mati bukan? Padahal kita tahu bahwa perangkat modern sekarang ini seperti headphone juga membutuhkan koneksi bluetooth. Di Android 11 hal ini sama sekali bukan masalah besar karena Bluetooth akan tetap menyala meskipun sedang dalam Airplane mode.

13. Jaringan 5G

Jaringan baru pastinya membutuhkan sistem operasi yang lebih mendukung. Aplikasi-aplikasi modern dalam beberapa waktu kedepan pastinya akan meninggalkan jaringan 4G dan mulai beralih ke jaringan 5G. Android 11 dipastikan akan bekerja jauh lebih baik dalam hal teknologi baru yaitu 5G. Layanan streaming game seperti Google Stadia pastinya akan lebih lancar dimainkan menggunakan koneksi 5G.

14. Peningkatan layanan panggilan

Apakah anda sering diganggu oleh panggilan dari orang yang tidak dikenal? Entah itu promosi atau orang iseng pastinya akan sangat menyebalkan bukan? Pada Android 11, Google telah menambahkan API baru untuk penyaringan panggilan yang tidak diinginkan.

Keunggulan Android 11

Daftar smartphone yang mendapatkan pembaruan Android 11

Android 11 dijadwalkan meluncur di minggu pertama bulan mei tahun 2020. Berikut ini daftar smartphone yang kebagian jatah pembaruan versi Android 11.

1. Google Pixel

Ponsel-ponsel buatan Google tentunya menjadi prioritas untuk mendapatkan pembaruan Android 11. Setelah secara resmi mengganti Nexus menjadi Pixel, berikut ini daftar Google Pixel yang mendapatkan pembaruan Android versi terbaru. Google Pixel 2, Pixel 2 XL, Pixel 3, Pixel 3 XL, Pixel 3a, Pixel 3a XL, Pixel 4 dan Pixel 4 XL

2. Nokia Android

Nokia memang pemain lama dalam urusan HP. Di era Smartphone, Nokia mencoba bangkit kembali dengan tampil beda menggunakan OS buatan Microsoft yaitu Windows Phone. Namun lagi-lagi kegagalan menimpanya dan Microsoft pun telah menyerah pada Windows Phone. Kini Nokia menggunakan Android sebagai sistem operasinya.

Baca juga
Inilah Kelebihan dan Kekurangan Oppo A37 Yang Wajib Kamu Ketahui Sebelum Membelinya

Sebagai bentuk kepedulian Nokia kini versi Android murni pada perangkat ponsel buatannya yang akan mendapatkan pembaruan Android 11. Berikut daftar ponsel nokia yang mendapat pembaruan android 11. Nokia 5.3, Nokia 1.3, Nokia 8.2 5G, Nokia 9 PureView, Nokia 6.2, Nokia 7.2, Nokia 2.3, Nokia 2.2, Nokia 4.2, Nokia 3.2, Nokia 8.1, Nokia 1 Plus, Nokia C1.

3. Samsung Galaxy

Samsung selalu memberikan dukungan komprehensif untuk semua perangkatnya selama setidaknya dua tahun setelah ponsel rilis. Saat ini masih banyak pengguna yang menunggu untuk mendapatkan pembaruan Android 10, namun lagi-lagi Google dengan cepatnya sudah meluncurkan Android 11.

Ponsel Samsung yang dijual satu paket dengan Android versi terbaru ini setidaknya membutuhkan banyak waktu untuk menyempurnakan fitur-fiturnya. Karena itu setidaknya ada jeda sebulan setelah Android 11 rilis untuk melakukan pengujian terlebih dahulu.

Jika anda penasaran dengan smartphone Samsung yang mendapatkan jatah pembaruan Android 11. Berikut ini beberapa seri Samsung Galaxy yang dipastikan mendapatkan pembaruan Android 11. Samsung Galaxy S20/ S20 Plus / S20 Ultra, Samsung Galaxy Note 10/ 10+/ 10+ 5G, Samsung Galaxy S10/ S10 Plus/ S10e/ S10 5G, Samsung Galaxy S9/ S9+, Samsung Galaxy M31, Samsung Galaxy A10/ A10s/ A10e, Samsung Galaxy M20, Samsung Galaxy A50/ A50s, Samsung Galaxy A30/ A30s, Samsung Galaxy A90/ A90 5G.

4. Xiaomi MIUI

MIUI 12 pada dasarnya merupakan versi Android 11 yang telah di modifikasi oleh Xiaomi. Untuk beberapa ponsel Xiaomi sebelumnya telah mendapat versi stabil MIUI 11 yang bisa dibilang sama dengan Android 10. Tetapi Android 11 kini menjadi yang terbaru di tahun 2020, maka pertanyaannya adalah perangkat Xiaomi mana yang memenuhi syarat untuk mendapat pembaruan ke Android 11 ?

Ponsel Xiaomi yang mendapat Android 11 tampaknya cukup banyak, sehingga bagi anda pengguna xiaomi tentunya bisa sedikit tenang. Berikut ini daftar smartphone xiaomi yang mendapatkan pembaruan Android 11. Xiaomi Mi 10, Xiaomi Mi 10 Pro, Xiaomi Mi 9, Xiaomi Mi 9 Lite, Xiaomi Mi 9 SE, Xiaomi Mi 9 Explorer/Transparent Edition, Xiaomi Mi 9 Pro 5G, Xiaomi Mi 9T, Xiaomi Mi 9T Pro, Xiaomi Mi MIX 3, Xiaomi Mi MIX 3 5G, Xiaomi Mi Note 10, Xiaomi Mi Note 10 Pro, Xiaomi Mi CC9 Pro, Xiaomi Mi CC9, Xiaomi Mi CC9e, Xiaomi Mi A3, Redmi K30, Redmi K30 Pro, Redmi K30 Pro Zoom, Redmi K20, Redmi K20 Pro, Redmi K20 Pro Premium, Pocophone X2, Redmi Note 9S, Redmi Note 9 Pro, Redmi Note 9 Pro Max, Xiaomi Black Shark 3, Xiaomi Black Shark 3 Pro.

5. Huawei

Bagi pengguna ponsel Android Huawei sama sekali tidak perlu khawatir, karena banyak seri ponsel yang sudah siap untuk bisa di upgrade ke Android versi terbaru yaitu 11. Berikut ini daftar smartphone Huawei yang mendapatkan jatah upgrade Android 11. Huawei P30, Huawei P30 Pro, Huawei P30 Lite, Huawei P30/P30 Pro, Huawei Mate 20, Huawei Mate 20 Pro, Huawei Mate 20X, Huawei Mate 20 RS Porsche Edition, Huawei Mate 10, Huawei Mate 10 Pro, Huawei Mate 10 Lite, Huawei Enjoy 10 Plus, Huawei Mate 20, Huawei P20, Huawei P20 Pro, Honor 9X/ 9X Pro, Honor V20/ View 20, Honor 20/ 20 Pro, Honor 10 Youth Edition, Honor Magic 2, Honor 20i, Honor Nova 5 Pro.

Baca juga
Ini Perbandingan Redmi Note 5a vs Redmi Note 4 Indonesia

Keuntungan Android 11

Cara install Android 11 developer preview di Google Pixel

Salah satu keuntungan menggunakan ponsel Google Pixel yaitu mendapatkan pembaruan Android yang lebih cepat dibandingkan smartphone produsen lainnya. Sebab Pixel dan Android sama-sama produk buatan Google, sehingga sangat sinkron dan masuk akal kalau keduanya bisa lebih kompatibel.

Google Pixel mempunyai banyak seri, dan yang telah mendukung Android 11 developer preview antara lain Google Pixel 2, Pixel 2 XL, Pixel 3, Pixel 3 XL, Pixel 3a, Pixel 3a XL, Pixel 4 dan Pixel 4 XL. Jika anda seorang developer atau bahkan hanya penasaran ingin coba-coba, anda juga bisa mendapatkan pembaruan Android 11 dengan mudah.

Apa itu developer preview? Android 11 developer preview adalah versi beta yang artinya untuk kepentingan uji coba sebelum versi final dirilis untuk pengguna luas. Biasanya google merilis Android developer preview tiap tahun untuk ditujukan kepada pengembang aplikasi. Hal ini bertujuan untuk mendapatkan umpan balik agar bisa memperbarui bagian-bagian yang masih kurang.

Pada fase ini biasanya pengembang mencoba menjalankan aplikasi dengan percobaan sebanyak mungkin untuk menemukan bug pada sistem. Jika anda telah menggunakan smartphone Google Pixel dan ingin mencoba Android 11. Berikut cara install Android 11 developer preview di Google Pixel.

  • Untuk bisa mendapatkan Android 11 developer preview caranya yaitu dengan manual flashing route. Anda bisa mendapatkannya dari situs developer Android Google, kemudian mem-flash-nya ke smartphone Anda. Tetapi cara ini akan membuat semua data lama akan terhapus dan ditimpa dengan instalasi baru.
  • Anda bisa mendapatkannya https://developer.android.com/preview/download.html
  • Perlu diingat sebelum melakukannya, lakukan backup terlebih dahulu data-data penting anda supaya tidak ikut terhapus.
  • Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa tujuan melakukan ini adalah untuk keperluan pengembang atau untuk anda yang hanya ingin coba-coba karena penasaran. Namun kemungkinan besar anda akan menjumpai banyak bug yang menuntut anda untuk melapor ke google sebagai feedback agar segera diperbaiki.

Jika anda masih sangat awam dengan urusan flashing-memflasing dan tidak ingin kehilangan data penting yang tersimpan di smartphone, maka bisa coba yang versi beta. Android 11 versi beta kini telah tersedia di bulan mei 2020 dan tentunya anda akan mendapatkan kesempatan untuk mengujinya.

Cara ini jauh lebih mudah dan tidak perlu mem-flash pembaruan atau melakukan apa pun yang rumit. Dan yang harus anda siapkan adalah smartphone android dengan versi Nougat, Oreo, Pie, atau Android 10 yang nantinya akan di upgrade ke Android 11 versi beta. Berikut ini langkah-langkah yang harus anda jalankan :

  • Saat Android 11 beta publik telah tersedia, silahkan kunjungi https://google.com/android/beta untuk bisa ikut Program Android Beta.
  • Setelah daftar, masuk ke akun Google Anda untuk mengikuti prosedur berikutnya.
  • Pastikan perangkat anda telah memenuhi syarat dalam hal ini menggunakan Android versi Nougat atau diatasnya. Dan kemudian perangkat anda akan muncul dihalaman berikutnya. Cukup tekan tombol untuk mendaftar di program beta Android.
  • Buka Pengaturan –> Sistem –> Advanced –> Pembaruan Sistem untuk menemukan unduhan yang tersedia dan biasanya akan muncul dalam beberapa saat.
  • Selesai, setelah itu anda dapat mencoba Android 11 versi beta publik. Ada banyak hal yang bisa anda lakukan untuk melakukan berbagai pengujian baik di dalam sistem operasi itu sendiri maupun menguji kompatibilitas aplikasi yang anda buat.
Baca juga
10 Teknologi terbaru pada Sepeda Motor

Menariknya lagi Google juga memberikan kemudahan untuk pembaruan otomatis setelah anda melakukan daftar ulang di ponsel anda. Pembaruan versi Android 11 beta akan otomatis dilakukan lewat online dan jika anda tidak menginginkan pembaruan otomatis tersebut.

Atau jika anda memutuskan untuk tidak lagi menggunakan Android versi beta dan ingin kembali ke OS versi sebelumnya, ulangi langkah-langkah diatas tetapi pada akhir pilih menu “unenroll device”. Itulah cara install Android 11 versi developer preview maupun versi beta publik yang dapat anda lakukan di smartphone anda.

5/5 (2 Reviews)