kumpulan kata kata bijak singkat penuh makna tentang kehidupan, islami sederhana menampar hati cocok dibagikan di media sosial penuh inspirasi hidup

Sebuah ucapan bisa menjadi doa, dan kata-kata yang keluar dari mulut dapat mempengaruhi mood seseorang secara nyata. Maka dari itulah, berhati-hatilah saat mendengarkan dan membaca tulisan atau omongan orang.

Begitupun dengan mulut kita! Segala ucapan harus dijaga karena seringkali lebih tajam dari pedang atau lebih manis daripada madu.

Tak heran kata-kata bijak yang kita dapatkan dari pendahulu bisa berpengaruh pada kepribadian dan mental kita di hari tersebut.

Kata Kata Bijak Singkat Penuh Makna

Percaya atau tidak, air mampu bereaksi secara positif terhadap kata-kata positif dengan membentuk kristal unik daripada mendengarkan ucapan yang negatif.

Sementara itu, tubuh kita sebagian besar terdiri dari air. Sehingga tak heran jika kata-kata negatif dapat memberikan efek yang buruk.

Daripada pusing-pusing mendengarkan cemoohan orang, mending kita lihat yuk daftar kata-kata bijak singkat yang dapat meningkatkan semangat, mengobati hati, menjadi pelipur lara, atau menentaskan masalah dilema.

1. Kata Kata Bijak Singkat Islami

Pertama kita lihat dulu beberapa contoh kata bijak singkat menurut Islam. Seperti yang kita tahu, kata-kata indah tersebut bukan hanya berasal dari manusia saja, juga Allah SWT menurunkan segala macam aturan hidup dan pemecah masalah dalam kata bijak indah melalui Al-Quran.

Dari sana, kebijakan orang-orang yang belajar agama Islam terus bertambah dimulai dari Nabi Muhammad hingga para pengikutnya.

Beberapa kata-kata dari alim ulama yang wajib kita renungkan adalah sebagai berikut:

  • Untuk mendapatkan apa yang kamu cintai, maka bersabarlah dulu dengan apa yang kamu benci,”Imam Ghazali.
  • “Ketahuilah, kelak lukamu ini akan menjadi obat bagimu,” Jalaludin Rumi.
  • “Maka sesungguhnya, bersama kesulitan itu ada kemudahan,” Al-Insyirah: 5.
  • “Orang yang terkaya adalah mereka yang menerima takdir dari Allah dengan senang hati,”Ali bin Husain
  • “Apabila sesuatu yang kamu senangi tidak terjadi, maka senangilah apa yang sedang terjadi,” Ali bin Abi Thalib.

Bahkan semua masalah yang terjadi pada diri kita sebenarnya ada keindahan yang menanti setelahnya.

Menurut Islam, Hidup itu sangatlah suci dan hadiah dari Allah SWT, yang mana tak menganjurkan kita untuk mengeluh – tapi sebaliknya, harus tetap bersyukur terhadap apapun keadaan yang tengah kita hadapi.

2. Kata Kata Bijak Singkat Untuk Diri Sendiri

Secara sederhananya, hanya diri sendirilah yang mampu mengubah keadaan pribadi, begitupun dengan penyemangatan saat menjalani kehidupan dan menghadapi masalah sehari-hari.

Alhasil, kata-kata “motivasi diri” pun turut menyertai dan harus dijadikan sebagai gaya hidup atau kebiasaan.

Singkatnya, motivasi diri ini merupakan kemampuan untuk mendrong diri sendiri agar mengambil inisiatif dan tindakan demi mengejar tujuan atau melakukan aksi tertentu.

Dikarenakan motivasi diri itu membutuhkan dorongan yang kuat dan dilatih setiap hari, mungkin beberapa kata biijak untuk diri sendiri berikut bisa menjadi awalan yang baik untuk kamu patri dalam diri:

  • “Selalu ingatkan diri sendiri. Jika hal tersebut mudah, maka semua orang bisa melakukannya.”
  • “Setiap hari merupakan kesempatan buat kamu untuk mengubah diri sendiri menjadi lebih baik.”
  • “Jika masalah terlihat besar, maka jadikan diri kita lebih besar darinya.”
  • “Masalah muncul bukan untuk membuat kita lemah, tapi melatih agar lebih kuat.”
  • “Menjadi sukses bukanlah sebagai pembuktian bagi orang lain, melainkan untuk dinikmati oleh diri sendiri dan orang tersayang.”
  • “Lebih fokuslah pada orang yang mencintai daripada orang yang membenci kita.”

Motivitasi diri sendiri jauh lebih mudah didapatkan karena muncul dari isi kepala kita dan bisa kita akses selama 24 jam secara instant.

Bahkan fakta menyebutkan bahwa mereka yang sukses dalam hidup cenderung memiliki kepribadian yang kuat, dan kekuatan tersebut berasal dari motivasi diri yang telah terpatri selama bertahun-tahun dan dijadikan kebiasaan.

3. Kata Kata Bijak Singkat Cinta

Cinta tak mengenal usia dan hadir dalam berbagai macam bentuk. Jadi tak hanya berkutat di dalam dunia pacaran saja, juga dari orang tua ke anak, guru ke murid, dan sebagainya.

Namun jenis terkuat yang sering bikin orang mengalami masalah mental adalah – tak lain dan tak bukan – jenis cinta yang melibatkan hubungan pria dan wanita.

Jadi buat kamu yang lagi galau, sebelum buru-buru bawa obat nyamuk, mending kita lihat dulu apa yang dikatakan orang-orang bijak tentang cinta.

  • “Jangan biarkan orang yang tak mencintaimu menjauhkanmu dari orang yang akan berkorban untukmu,”Trent Shelton
  • “Menangislah, kemudian maafkan, pelajari, lalu move on. Biarkan air matamu menjadi benih bagi kebahagiaanmu di masa depan,” Steve Maraboli.
  • “Jangan kembali pada orang yang seharusnya kamu tinggalkan,” Karen Salmansohn.
  • “Hindari menghabiskan waktu mencari orang yang sempurna, tapi buatlah cinta yang sempurna,” Tom Robbins.

Keempat kata bijak singkat tentang cinta di atas ditulis oleh orang-orang hebat agar mencegah kita menjadi sosok bucin.

Maka dari itulah, kita wajib melihat cinta dari berbagai macam perspektif yang juga melibatkan akal sehat dan menekan egoisme.

Untuk melakukannya, mari kita pelajari beberapa petuah dari orang-orang bijak berikut ini:

  • “Hanya ada satu kebahagiaan di dalam kehidupan ini, yaitu mencintai dan dicintai,”George Sand.
  • “Aku tak akan pernah mau berhenti membuat kenangan bersamamu,” Pierre Jeanty.
  • “Cinta sejati tak memiliki akhir yang bahagia, karena cinta sejati tak memiliki akhir,” Barbara Johnson.
  • “Cinta itu seperti angin. Kamu tak akan pernah bisa melihatnya, tapi bisa merasakannya,”Nicholas Sparks.

4. Kata Kata Bijak Singkat Penuh Makna

Kata siapa hanya gambar saja yang mampu melukiskan seribu kata? Ada juga loh kata bijak yang memberikan arti begitu bercabang tergantung siapa yang membacanya dan mencernanya.

Setiap kata-kata yang diucapkan oleh orang bijak ini juga dapat memicu kita melakukan aktivitas positif, terutama jika dibaca setiap hari.

Beberapa contohnya adalah sebagai berikut:

  • “Menurut pengamatanku, jika kamu menginginkan pelangi, maka harus tahan dulu dengan air hujan,”Dolly Parton.
  • “Hidup itu bukan mengenai mencari jati diri, tapi menciptakan diri sendiri,”George Bernard Shaw.
  • “Ketika kamu merasa sakit hati – amatilah! Hidup sedang mencoba mengajari kita sesuatu,” Anita Krizzan.
  • “Orang terlalu menilai tinggi kata sukses. Intinya, jika kamu sudah merasa senang dengan apa yang kamu lakukan, artinya kamu sudah sukses,” Felix Ulf Arvid Kjellberg (PewDiePie).
  • “Masalah membuat hidup kita menjadi lebih menarik, dan menaklukannya membuat hidup menjadi lebih berarti,” Joshua J. Marine.

Dalam menjalani kehidupan, selalu saja ada masalah yang menyertainya. Mereka yang jauh lebih berpengalaman dan sukses haruslah kita dengarkan daripada orang yang berkata-kata negatif dan tak bisa menaklukan seni menjalani hidup.

Akan jauh lebih masuk akal jika kita mendengarkan nasihat cinta dari orang yang mampu mempertahankan rumah tangganya hingga hari tua daripada orang yang rajin bercerai dan menikah berkali-kali.

Sementara orang sukses lebih tahu mengenai arti kehidupan daripada mereka yang menghabiskan waktunya dengan hal-hal yang kurang begitu positif.

Faktor lingkungan sangatlah berpengaruh terhadap motivasi diri. Jadi, pastikan kamu selalu mengelompokkan diri dengan orang bijak yang lebih menentramkan jiwa.