Panduan Memilih Jasa Pengembangan Website Profesional

Website kini sudah menjadi hal yang lumrah untuk dimiliki oleh setiap perusahaan ataupun bisnis perorangan. Dari sisi penggunaannya saja, sebuah situs bisa menjadi pembantu kita dalam mengembangkan sebuah bisnis yang tengah kita geluti.

Tapi ada kalanya website memerlukan pengembangan agar sesuai dengan isi dari bisnis kita, sekaligus mampu bersaing dengan para kompetitor di segmentasi tertentu.

Maka dari itulah, jasa pengembangan website diperlukan buat kamu yang ingin meningkatkan lapak online tersebut dari berbagai macam sudut dan aspek.

Sebut saja sisi coding, kecepatan, konten, hingga SEO. Semuanya haruslah dilakukan dengan begitu sempurna agar bisa bertahan dalam jangka waktu yang lama.

Pasalnya, sudah banyak kok para pemilik situs yang mengeluhkan kinerja situs web mereka yang menurun di beberapa forum SEO, termasuk luar negeri seperti BlackHatWorkd, ataupun dalam negeri seperti ads.id.

Padahal, pengembangan sebuah situs merupakan aktivitas jangka panjang. Ini karena SEO sendiri mengalami perkembangan dan update dari waktu ke waktu. Belum lagi produk dan layanan dari website kita pastinya mengalami perubahan seiring dengan berjalannya waktu.

Ada pula beberapa skrip yang harus di-update setiap saat agar terhindar dari kerentanan dan resiko tercolek para hacker. Di sinilah jasa website diperlukan, terutama jika kamu sangatlah awam dengan pekerjaan-pekerjaan teknis seperti itu.

Panduan Memilih Jasa Pengembangan Website Profesional

Seperti yang sudah disebutkan di atas bahwa mengembangkan sebuah situs itu haruslah dilihat dari berbagai macam aspek, tergantung dari kebutuhan kita pada saat itu.

Dimulai dari desain, coding, hingga SEO dan closing, maka perlu dilakukan dengan sangat serius.

Nah, buat kamu yang ingin mencoba melakukannya sendiri, ada beberapa hal yang wajib kamu ketahui saat memulai mengembangkan website milik kita.

1. Pelajari Coding Dasar

Sekalipun sekarang sudah ada bantuan CMS, tetapi coding dasar seperti HTML dan PHP wajib kamu ketahui. Setidaknya tahu lah, cara menyematkan gambar, video, dan link di dalam sebuah konten dengan menggunakan coding dasar.

Baca juga
Panduan Memilih Jasa Maintenance Website Profesional

Dengan mengetahui coding dasar tertentu, maka diharapkan bisa menyelesaikan beberapa permasalahan yang mungkin kamu hadapi saat melakukan desain. HTML dan PHP ini hanya sebagian dari banyaknya bahasa pemrograman.

Selanjutnya, ada pula beberapa coding yang mungkin terlibat dalam sebuah website, termasuk CSS, Javascript, jQuery, dan lain sebagainya.

2. Mulai Melakukan Desain Website

Desain situs kita ibaratkan sebagai tampilan dari toko kita. Semakin menarik, maka semakin bisa diingat oleh para pengunjung. Semakin rapi, maka semakin mudah untuk diakses.

Rapi disini berarti bersih dari berbagai macam bug dan hal-hal memberatkan lainnya. Situs juga haruslah mudah dan cepat saat diakses, sehingga kamu harus menggunakan website builder yang ramah dengan para pengguna.

3. Posting Beberapa Konten

Sebelum mempublikasikan banyak konten, maka kita harus membuat contoh konten yang bisa menjadi patokan dari desain dan tampilan situs itu sendiri.

Beberapa page diantaranya bisa menyertakan disclaimer, about us, term and condition, dan lain sebagainya. Untuk postingan bisa menggunaka lorem ipsum terlebih dahulu.

Jasa Pengembangan Website Profesional

Dengan melihat postingan dan desain website secara keseluruhan, maka kita bisa membayangkan tampilan seperti apa yang menarik dan bisa memberikan dampak kuat terhadap para calon pelanggan kita.

Jika sudah selesai, saatnya melakukan sedikit tweaking terhadap website kita agar lebih cepat saat diakses. Jangan sampai situs kita berat untuk dibaca karena bisa-bisa visitor kita pada kabur dan menjadi kerugian jangka panjang.

4. Buat Website yang Responsif

Kecepatan sebuah situs juga haruslah didukung dengan tampilan yang responsif, agar bisa dibaca oleh berbagai macam gadget dari para pengguna.

Misalnya, jika website kita hanya mendukung tampilan di PC saja, maka orang yang mengakses menggunakan handphone atau gadget yang lebih kecil akan kepayahan dan membutuhkan waktu lebih lama untuk ter-load.

Belum lagi sangat sulit untuk dilihat, sehingga bisa mempengaruhi kualitas para pembaca.

Jika tidak diperbaiki, maka bisa berdampak pada SEO itu sendiri. Situs yang berat dan tidak responsif akan sangat sulit untuk dinaikin di SERP.

5. Pilih Hosting Terbaik

Hosting juga bisa mempengaruhi kecepatan suatu website. Pastikan kamu memilih lokasi server web host sesuai dengan target market kamu saat ini.

Misalnya jika target market kamu adalah orang Indonesia, maka hostingkan di server Indonesia. jika target market kamu adalah orang Amerika, maka hostingkan di server Amerika. Begitulah seterusnya.

Ini dimaksudkan agar website sangat mudah dan cepat saat diakses.

Ada pula jenis-jenis hosting yang bisa kamu pilih, misalnya ada NVME hosting yang sekarang menjadi primadona bagi webmaster yang mengandalkan kecepatan.

Jangan lupakan juga mengenai sekuriti sebuah hosting yang ditawarkan. Pastikan si provider memberikan jaminan bahwa situs mereka diproteksi dengan berbagai macam firewall, anti-malware, dan lain sebagainya.

Baca juga
Cara Membuat Blog Bisnis dengan 6 Langkah Mudah

6. Lakukan On-Page SEO

On page itu bisa berupa pengisian konten berkualitas, men-tweak agar website cepat diakses, memiliki tampilan resfonsif, mudah dinavigasi, memiliki sitemap, memiliki robots.txt, adanya internal linking, dan tektek bengek lainnya yang tidak bisa kamu pelajari dalam semalam.

Intinya, on page SEO tersebut bisa menjadi pondasi dan pilar buat bisnis berbasis di internet. Jangan sampai sibuk-sibuk melakukan backlinking tetapi on-page SEO-nya terbengkalai.

Bisa-bisa kamu hanya menghambur-hamburkan uang saja. Ingat, biaya SEO itu tidaklah murah dan harus diperhitungkan dengan cermat. Jadi sebelum semuanya terlambat, mari kita perhatikan On-Page SEO terlebih dahulu.

7. Off Page SEO yang Bikin Greget

Jika isi dari website kamu sudah oke, maka saatnya melakukan off page SEO. Ada banyak sekali tekhnik yang bisa kamu lakukan, dimulai dari white hat, gray hat, hingga black hat.

Sebagian besar orang menggunakan black hat karena lebih mudah untuk dilakukan dan jauh menghemat waktu.

Jika kamu ingin mempelajari white hat SEO, bisa membaca tekhnik-tekhniknya di Backlinko miliknya Brian Dean. Beliau adalah salah satu ahli internet marketer yang menggunakan tekhnik baku sesuai dengan google guideline.

Tetapi buat kamu yang tak ingin melakukan hal-hal ribet, maka bisa mencoba tekhnik black hat dan link building.

Semua pengembangan situs ini merupakan mapping lengkap yang harus dilakukan saat memulai sebuah usaha berbasis situs web. Dengan begitu bisa terlihat jelas, bahwa pekerjaan membangun website bukanlah hal yang sepele.

Semuanya memerlukan resource yang begitu besar dan harus dijalankan dengan serius. Tetapi buat kamu yang tak ingin ribet, maka bisa menghubungi kami sebagai penyedia jasa website.

Cukup bilang saja sisi mana yang ingin kamu kembangkan, maka kami bisa melakukannya dengan begitu profesional bersama tim andalan.

Agar mendapatkan hasil terbaik, maka kita pun harus melakukan pekerjaan terbaik pula, dan semuanya bisa kamu serahkan kepada kami sebagai penyedia jasa situs terpercaya.

Alasan Menggukan Jasa Pengembangan Website

Salah satu tantangan dalam mengembangkan sebuah situs adalah kesalahpahaman tentang istilah yang digunakan, sehingga banyak para webmaster yang salah kaprah dan langkah saat melakukannya.

Begitupun dengan jasa situs yang kami mililiki, sebenarnya ada beberapa hal yang menjadi fokus tujuan kami, dan ada beberapa hal lainnya yang di luar dari pekerjaan.

Alasan Menggukan Jasa Pengembangan Website

Agar kita memiliki pemahaman yang sama, berikut adalah hal-hal yang membuat orang salah kaprah dalam memahami apa itu website development atau mengembangkan sebuah situs yang harus kamu ketahui.

Baca juga
Panduan Memilih Jasa SEO Profesional dan Berkualitas

1. Mengembangkan Website Bukan Hanya Mendesain Saja

Dan itu benar adanya, karena mendesain sebuah situs merupakan bagian dari pengembangan sebuah website. Dengan kata lain, mengembangkan sebuah situs itu banyak sekali pekerjaannya.

Makanya, setiap jasa pengembangan website di luaran sana, maka selalu menyertakan beberapa paket yang bisa kamu pilih, dimulai dari mengembangkan tampilan, membuat konten, hingga SEO.

Masing-masing paket pastinya dijual secara terpisah. Adapun yang menyertakan satu paket secara lengkap dimulai dari desain hingga hasil akhir, tetapi harganya pun pastilah menjulang tinggi.

Jadi, secara sederhananya:

  • Desain web merupakan pekerjaan yang melibatkan tampilan website itu sendiri, bisa berupa UX atau UI (antarmuka pengguna), fitur-fitur yang terdapat di dalamnya, dan sebagainya.
  • Pengembangan website itu mencakup segala pekerjaan dari situsyang sudah dijelaskan secara panjang lebar di atas.

Dengan begitu, pastikan kamu memikirkan terlebih dahulu sisi mana yang ingin dikembangkan sebelum menggunakan jasa pengembangan website di tempat manapun, termasuk di tempat kami.

2. Mengembangkan Website Merupakan Pekerjaan Jangka Panjang

Jangan pernah mengira bahwa website development itu pekerjaan sekali jadi. Faktanya, mengembangkan situs itu haruslah tetap dilakukan sepanjang bisnis dan website kamu dijalankan.

Makanya perusahaan sekelas Facebook dan Google menyewa berbagai macam ahli untuk tetap mengembangkan situs mereka.

Jangan heran pula jika Google dan Facebook memiliki tampilan yang selalu di-update hampir setiap saat.

Untuk itulah, muncul istilah versi 1.1, 1.2, dan seterusnya.

3. Kamu Tak Perlu Memiliki Semua Keahlian

Website itu pekerjaan yang melibatkan banyak orang. Ada beberapa ahli yang harus dilibatkan. Jika dilakukan sendiri, bisa-bisa kamu overwhelming dan tak akan berjalan kemana-mana.

Jika kamu menjalankan situs secara perorangan, maka harus fokus di satu bidang saja. Misalnya, kamu jago membuat konten, maka fokus dalam menulis artikel. Atau jago dalam bidang link building, maka fokus di bidang SEO saja.

Sisanya, kamu bisa menyewa jasa yang berseliweran di internet. Beberapa diantaranya bahkan dibandrol dengan harga murah.

Jadi memiliki website itu bukan serta merta harus menguasai semua bidang, bukan pula harus memperkerjakan orang dengan modal yang segudang. Sekarang kan sudah banyak jasa yang menawarkan pengembangan situs di bidang tertentu, cukup manfaatkan saja maka semuanya bisa beres.

4. Tak Perlu Menjadi Ahli Komputer

Sama sekali tak perlu, asalkan menguasai dasarnya saja. Ditambah dengan kemampuan me-manage yang baik, semuanya bisa dilakukan dengan mudah.

Cukup sediakan modal yang dibutuhkan dan mencari sumber daya yang sesuai, maka membuat website sudah bukan impian lagi.

Baca juga
Panduan Memilih Jasa Update Website Profesional

Disini, kamu bisa menjadi seorang investor secara full, karena pengembangan situs dilakukan oleh orang lain.

Maka dari itulah, kami menyediakan jasa pengembangan website buat kamu yang ingin menyerahkan berbagai macam pekerjaan teknis yang membosankan dan menyulitkan.

Manfaat Pengembangan Sebuah Website

Bukan tanpa alasan situs berkelas tinggi seperti Google, Facebook, dan Youtube selalu melakukan pembaruan dari waktu ke waktu.

Padahal dari segi biaya pengembangannya saja bisa menelan jutaan dolar setiap tahunnya. Tetapi karena mereka tahu betapa pentingnya mengembangkan sebuah website, maka aktivitas tersebut tetap dijalankan, bahkan sudah menjadi salah satu prioritas sebuah perusahaan.

Kita pun tentunya wajib mengikuti cara main situs besar tersebut, sehingga bisa kecipratan rezeki yang datang dari internet.

Bahkan bukan hanya dalam jangka pendek saja, mengembangkan sebuah website bisa begitu penting untuk dilakukan karena bisa mendatangkan berbagai macam manfaat yang tak bisa diduga-duga.

Intinya, pengembangan website secara berkala bisa menjadi ciri, tanda, atau pesan bahwa website yang kita miliki memang dijaga dengan baik. Jadi orang tahu bahwa website kita adalah salah satu tempat yang bisa diandalkan.

Ditambah lagi, orang akan yakin mengenai tingkat keamanan yang ditawarkannya. Karena semakin sering website kita dijaga, maka secara otomatis tingkat sekuritinya pun akan tetap terawat dengan baik.

Manfaat Pengembangan Sebuah Website

Nah, beberapa alasan untuk tetap mengembangkan website dari waktu ke waktu adalah sebagai berikut:

1. Berkomunikasi Dengan Pengunjung Secara Efektif

Rumus dari sebuah website itu cukup sederhana, semakin banyak visitor tertarget yang masuk, maka akan semakin mendatangkan cuan. Maka dari itulah, wajib untuk selalu mengembangkan sebuah situs web dari waktu ke waktu.

Pengembangan ini bisa dalam berbagai macam bentuk, terutama dari sisi fitur dan konten. Orang akan tahu bahwa website kita tidak ditinggalkan begitu saja. Dengan begitu, visitor kita pun akan kembali datang hanya semata-mata untuk mencari tahu apakah kita sudah meng-update informasi baru atau belum.

2. Meningkatkan Konektivitas

Konektivitas seperti apa? Bisa berupa klien, calon konsumen, hingga orang-orang yang ingin bekerja sama dengan kita. Website yang rajin di-update dan dikembangkan tentunya bisa menarik banyak pihak secara otomatis.

Diibaratkan seperti magnet uang yang berjalan secara otomatis. Semakin website dikembangkan maka akan semakin maju, dan itu layaknya bola salju yang bergulir dari puncak gunung es. Awalnya kecil, tetapi lama-lama menjadi besar.

Menariknya, semakin besar maka otoritas dari sebuah website pun akan semakin meningkat drastis. Untuk alasan inilah, sistem monopoli di internet sangatlah berlaku, karena situs besar seperti Amazon dan Wikipedia cenderung sangat sulit untuk digeser, terutama dari sisi SERP.

Baca juga
Jasa Tambah Follower

3. Menunjukkan Bahwa Kita Orang yang Handal

Hampir semua orang ingin bekerja sama dengan profesional di bidangnya. Jika di dunia nyata bisa kita tunjukkan dengan kinerja dan tekhnik berkomunikasi yang kita miliki, maka di dunia maya bisa ditunjukkan dengan website yang terus mengalami perkembangan dari waktu ke waktu.

Seperti yang sudah dibilang, bahwa website bisa menjadi tolak ukur dari bisnis kita. Orang pertama kali akan menilai kita dari sana, sehingga haruslah dirawat dengan sebaik-baiknya.

Sungguh egois dan berdelusi jika kita ingin memiliki keuntungan besar dari bisnis online akan tetapi website yang kita miliki saja jarang diurus.

Maka dari itulah, tetap kembangkan website kita dari waktu ke waktu, dan harus dijadikan pekerjaan jangka panjang selama bisnis kamu tetap hidup.

Jika tidak memiliki waktu atau tenaga dalam melakukannya, bisa menggunakan jasa pengembangan website yang sudah kami sediakan dalam berbagai macam sisi, faktor, bentuk, dan paket.

Untuk lebih jelasnya, segera hubungi kami, maka jasa website bisa segera dilakukan apapun bentuknya.

5/5 (1 Review)