Jasa Pembuatan PBN

Daftar isi konten

Dalam dunia internet marketing dan website, maka ada sebuah istilah yang selalu digunakan untuk meningkatkan posisinya di SERP dan melampaui segala macam saingan, yaitu backlinking.

Sekalipun ada banyak metode yang dijalankan, tetapi PBN merupakan satu-satunya jenis yang masih memberikan hasil maksimal, asalkan di setup secara tepat.

PBN sendiri memiliki kepanjangan Private Blog Network, yaitu sekumpulan website milik kita yang didandani menjadi seolah milik orang lain. Selanjutnya, kita sematkan backlink di sana menuju website utama kita, sehingga bisa meningkatkan posisi kita di mesin pencarian Google.

Tapi tidak semua PBN memberikan hasil yang sama, soalnya ada kriteria tersendiri dalam pemilihannya, dimulai dari metriks hingga cara setting up agar tetap berkualitas baik, entah secara onpage maupun off-page.

Khusus buat kamu yang ingin mencoba membangun link building menggunakan metode yang satu ini, mungkin bisa menggunakan jasa pembuatan PBN.

Melakukan pemilihan domain hingga setup-nya sendiri membutuhkan pengetahuan dan pengalaman yang mumpuni, sehingga tak disarankan membuatnya sendiri jika baru pertama kali menggunakannya.

Seperti yang kita tahu bahwa PBN termasuk ke dalam tekhnik black hat SEO, yaitu aktivitas meningkatkan website yang sangat dibenci oleh Google. Jika ketahuan, maka bisa-bisa website kamu hilang dari peredaran.

Agar tidak terlalu mencolok, maka PBN haruslah menjalani syarat tak tertulis yang hanya diketahui oleh penyedia jasa berpengalaman.

Pilih Jasa Pembuatan PBN Terbaik

Pilih Jasa Pembuatan Pbn Terbaik

Terbaik artinya tahu cara memilih domain yang tepat dan cara membangunnya. Maklum, di luaran sana banyak sekali jenis domain yang telah kadaluarsa dan memiliki backlink profile spammy, atau lebih buruk – bekas jyudai dan popon.

Bayangkan jika jenis PBN tersebut menyematkan link menuju website kita, bisa-bisa moneysite tercinta kita porak poranda karena Google akan menghitung website kita sebagai jenis yang kurang begitu layak diakses oleh para penggunanya.

Jadi mereka yang tahu cara memilih PBN adalah dengan menentukan berbagai macam metriks dan mengintip terlebih dahulu masa lalu dari domain yang mereka pilih.

Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah hal-hal yang dilakukan oleh para penyedia jasa pembuatan PBN terbaik di kelasnya.

Memilih Domain Secara Cepat dan Tepat

Memilih Domain Secara Cepat Dan Tepat

Setiap domain pastinya memiliki metriks tersendiri yang dihitung berdasarkan Trust Flow (TF), Citation Flow (CF), Domain Authority (DA), dan Page Authority (PA).

CF dan TF ini merupakan metriks yang bisa kita lihat melalui sebuah tools SEO bernama Ahref. Jadi dengan memasukkan nama domain tertentu, maka akan memperlihatkan nilai dari kedua metriks tersebut.

Baca juga
5 Peluang Bisnis Rumahan yang Menjanjikan dan Tips Mulai

Nah, CF dan TF ini bisa menentukan sebuah website itu terbilang cukup spammy atau tidak. Search Engine Land memiliki rumus tersendiri dalam menentukan hal tersebut, yaitu dengan cara TF dibagi CF.

Jika misalnya hasilnya lebih dari 2, maka domain tersebut termasuk ke dalam spammy, entah itu dari segi kontennya maupun backlink profile-nya.

Sementara untuk DA dan PA ini merupakan perhitungan yang diciptakan oleh Moz, tepat setelah masa PageRank berakhir.

DA dan PA ini diberi skor antara 1 hingga 100, sementara skor 15 saja sudah cukup mumpuni untuk kita gunakan sebagai domain PBN.

Para penyedia jasa pembuatan PBN yang berkualitas dan berpengalaman sudah pasti akan memberikan kamu sekumpulan website yang memiliki DA PA di atas 15, serta spam skor yang rendah dari 2 (setelah TF dibagi CF).

Disimpan di Hosting Dengan Syarat Tertentu

Bahkan domain yang kita beli tidak boleh dihostingkan di sembarangan tempat. Ada beberapa aturan main yang harus kamu ketahui secara pasti.

Pertama, hosting tidak boleh menggunakan IP Class A yang sama, serta domain who-is-nya juga harus memiliki identitas yang berbeda. Dari sini, kita mungkin bisa sedikit mengecoh Google mengenai status kepemilikan website tersebut.

Alhasil, robot si mbah tidak akan menilai bahwa sekumpulan PBN itu milik kita, melainkan akan tetap menilainya sebagai milik orang lain.

Dikarenkaan hosting ini merupakan salah satu aspek yang sulit di-manage dan dikontrol, maka para penyedia jasa biasanya menyarankan untuk menggunakan layanan BulkBuyHosting (BBH) sebagai bagian dari paket mereka.

Bayangkan jika misalnya kamu memiliki 100 PBN, maka harus menyimpan 100 akun hosting provider yang berbeda. Namun dengan BBH, maka kamu cukup memiliki 1 akun saja, tetapi seolah memiliki 100 hosting dengan IP class A yang berbeda-beda.

Terhindar Dari Footprint

Footprint atau jejak biasanya akan ditinggalkan oleh website secara natural. Google biasanya mendapati sebuah PBN yang menyamar menjadi website orang lain melalui faktor yang satu ini.

Makanya, seorang penyedia jasa pembuatan PBN harus tahu cara menyembunyikan footprint agar mesin pencari tak mampu melacak aktivitas kita di internet melalui situs web manapun.

Sebaliknya, sekali saja Google menemukan jejak tersebut, maka semua akun kita bisa kena, yang merambah hingga ke PBN-PBN lainnya. Resiko terbesar jika ketahuan adalah terkena deindex masal.

Menggunakan Desain dan Tema yang Berbeda

Menggunakan Desain Dan Tema Yang Berbeda

Dalam CMS wordpress, maka ada jutaan theme yang berbeda. Khusus untuk pembuatan PBN, maka kita dilarang untuk menggunakan theme default atau bawaan dari wordpress itu sendiri, melainkan harus menggunakan theme yang berbeda di setiap websitenya.

Baca juga
Pekerjaan dengan Gaji Tinggi di Indonesia 2018

Jadi, jika misalnya kamu memiliki 100 PBN, maka harus mempersiapkan 100 theme yang berbeda jika membangun PBN sendirian.

Lain lagi jika menggunakan jasa pembuatan PBN, maka biasanya theme tersebut sudah disetup secara unik dan bahkan premium.

Ada pula beberapa website yang harus menggunakan CMS selain wordpress, seperti misalnya menggunakan Drupal, Joomla, Magento, Typo3, dan lain sebagainya.

Semakin unik PBN kamu, maka akan semakin mengurangi tingkat kecurigaan Google saat dilakukannya review manual.

Konten yang tak Ngasal

Pengisian konten seperti artikel, gambar, dan video di dalam PBN juga tak boleh dilakukan secara ngasal. Bahkan harus memiliki kualitas yang sama hebatnya dengan moneysite kita.

Jadi tak heran jika pengisian konten ini merupakan bagian termahal yang harus kamu lakukan, karena tak mungkin menulis artikel unik di 100 PBN setiap waktu.

Ingat, PBN juga harus kita perlakukan layaknya moneysite, itu berarti harus senantiasa diberikan artikel berkualitas dari waktu ke waktu.

Katakanlah kamu menjadwalkan untuk membuat 1 artikel per bulan di setiap PBN, sementara 1 artikel per 1000 kata itu rata-rata dijual dengan harga 30 ribuan. Maka, budget untuk artikel saja bisa mencapai 30.000 x 100 = 3 juta per bulan.

Tapi tentunya hasil yang didapatkan pasti sesuai, apalagi jika website kamu berhasil pejawan dan mampu menarik banyak pembeli dan pelanggan tetap.

Perlu dicatat bahwa kebanyakan jasa pembuatan PBN hanya memberikan konten di awal-awal saja sebagai bagian dari paket jasa. Pengisian konten setelahnya harus dilakukan secara mandiri atau melakukan outsourcing.

Kelebihan Menggunakan Jasa Pembuatan PBN

Kelebihan Menggunakan Jasa Pembuatan Pbn

Sejauh ini kita sudah tahu bahwa ada syarat utama yang harus terpenuhi untuk membuat sebuah domain menjadi PBN yang berkualitas – dan penggunanya tidak boleh melewatkan satu faktor pun jika ingin terbebas dari amukan binatang peliharaannya si mbah.

Maka dari itulah, disarankan untuk menggunakan jasa pembuatan PBN saja karena jauh lebih aman daripada membuatnya sendiri.

Dengan menggunakan jasa ini jugalah, kamu nantinya bisa belajar cara melakukan setup PBN sekaligus cara merawatnya. Jadi, mungkin bisa menjadi batu loncatan buat meningkatkan skill dan kemampuan kamu di dunia backlinking.

Intinya, dari jasa manapun yang kamu gunakan, maka PBN tersebut haruslah menyediakan manfaat dan kelebihan buat website kita, dan bukannya bencana.

Setidaknya ada 3 jenis kelebihan yang harus kamu dapatkan dari penyedia jasa. Jika mereka tak mampu memberikannya, mintalah uang kembali kepada mereka!

  1. Memberi Tahu Cara Penggunaannya
Baca juga
Apa itu Bing Ads

Seorang penyedia jasa pembuatan PBN yang berpengalaman pastinya akan memberitahu kita cara menggunakan PBN dengan baik dan benar, entah itu melalui konsultasi gratis maupun ebook yang telah mereka sediakan.

Sebagai gambaran, PBN itu tidak boleh menyertakan terlalu banyak link keluar. Dari satu postingan saja, limit dari pemberian link keluar adalah 2 buah dengan anchor text yang berbeda.

Belum lagi ada perhitungan achor text, apakah harus menggunakan targeted keyword, LSI, brand keyword, generic keyword, atau gabungan dari semuanya. Jika iya, mintalah rasio yang bisa diberikan.

Semua tekhnik tersebut haruslah berasal dari pengalaman mereka selama menggunakan private blog network, dan bukan informasi yang berasal dari “kata orang”.

Selalu pepet mereka mengenai tutorial cara menggunakan PBN yang baik dan benar, karena tugas penyedia jasa hanya sampai pada tahap setup PBN berhasil diselesaikan. Selanjutnya, terserah kamu sebagai pemakai.

Nah, jadi tantangan terberatnya adalah kamu wajib mengenal ilmu cara penggunaannya. Jika sang penyedia jasa hanya tahu soal teori doang, maka segera tinggalkan.

Amannya, lakukan konsultasi dengan mereka sebelum memesan. Mereka yang sudah berpengalaman pasti tak akan keberatan memberikan ilmu secara cuma-cuma.

  1. Aman Sekalipun Black Hat

Kita harus akui satu hal! Sekali kita menggunakan PBN, maka kita sudah berada di dunia kegelapannya SEO, alias black hat.

Sekalipun memberikan manfaat dan hasil yang luar biasa, akan tetapi sebanding dengan resiko yang diberikannya.

Maka dari itulah, sisi setup dari pihak penyedia jasa pembuatan PBN haruslah benar-benar berkualitas dan tahu apa yang mereka lakukan.

Beberapa contoh agar kita tetap aman bermain di black hat adalah harus terbebas dari footprint, menggunakan tekhnik white hat sebagai pondasi, tidak melanggar TOS Google saat pembangunan website dilakukan, tetap proporsional saat melakukan aktivitas backlinking, dan lain sebagainya.

Sekali lagi, selalu bicarakan dengan penyedia jasa, terutama cara penggunaannya seperti yang sudah disebutkan berkali-kali di nomor 1 di atas.

Jika tidak, maka khawatirnya kamu melakukan sesuatu yang berlebihan dalam proses backlinking tersebut hingga Google akan mengendus bau busuk di jaringan blog kamu.

  1. Meningkatkan Kesehatan Situs

Kelebihan yang terakhir adalah mampu meningkatkan kesehatan situs utama kita – dan bukannya menjadi barang rongsokan akibat spam score-nya menggembung tinggi. Tentunya ini ditentukan oleh kualitas dari PBN itu sendiri.

Cara mengeceknya sangat mudah. 1 sampai 3 bulan pasca backlinking dilakukan, maka silahkan coba cek website utama kamu di ahref dan moz.

Baca juga
Apa Itu Website Direktori Jenis Manfaat dan Contoh

Jika misalnya angka CF dan TF meningkat, maka itu berarti ada efek yang diberikan oleh PBN tersebut. Tapi tugas kamu tidak berhenti sampai di sana. Coba bagi nilai TF ke CF, dan lihat hasilnya. Jika nilainya kurang dari 2, maka profile backlink kamu dinilai berkualitas.

Tapi tidak serta merta nilai di atas 2 itu secara otomatis menjadi spam. Ini hanyalah metriks dan dugaan awal dari Google dalam menilai website kita. Cukup berhati-hati saja dan mulai tingkatkan dan tambah moneysite kita dengan konten berkualitas demi menghindari kecurigaan tersebut.

Sementara di Moz, maka kamu bisa mengetahui nilai DA dan PA yang akan terus meningkat seiring dengan bertambahnya profile backlink kamu yang berasal dari PBN tersebut.

PBN Sebagai Senjata Mutakhir SEO

Jika misalnya kamu sudah bergelut dengan berbagai macam backlink dan bahkan menggunakan white hat SEO, tapi website pun tak kunjung terbit di pejawan, maka sudah saatnya menggunakan PBN.

Sebenarnya tak ada salahnya kita menggunakan PBN. Mereka menyebutnya black hat karena memang tak disukai oleh Google, tapi bukan berarti tak disukai oleh visitor kita.

Selama konten kita menarik hati, entah itu menggunakan white atau black, visitor kita mah cenderung asyik-asyik aja saat berkunjung ke website kita.

Tapi tetap selama prosesnya, kita harus main kucing-kucingan dengan musuh dalam selimut kita, yaitu si mbah.

Maka dari itulah, jasa pembuatan PBN dibutuhkan sebagai senjata mutakhir dalam menggerus para saingan di SERP.

Agar lebih efektif dan efisien, maka jasa PBN itu harus bernilai positif dan tak dibuat ngasal, yang mana memenuhi pedoman seperti berikut:

  • Layaknya Website Pribadi. Ini memang sudah disebutkan di atas, tapi wajib dibahas lagi karena seringkali orang mengabaikannya. Ingat, PBN haruslah dibuat layaknya website betulan, dan nampak berbaur dengan website kebanyakan. Ini bisa terlihat dari sisi kontennya yang unik, temanya yang berkualitas, plugin yang beragam, settingan yang unik, penyesuaian, hingga link keluar yang dilakukan secara wajar.
  • Hindari Blasting. Ada robot yang sengaja mengirimkan ribuan backlink dalam sekali waktu dengan sangat cepat, yaitu GSA dan Scrapebox. Intinya, jangan merusak backlink profile yang dimiliki oleh PBN dengan melakukan blasting secara membabi buta. Selain itu, ada pula kemungkinan footprint yang terbaca oleh si mbah.
  • Adanya Proteksi Dari Review Manual. Sadar atau tak sadar, Google selalu mengintip website dan PBN kita dari waktu ke waktu, entah itu menggunakan robot ataupun manusia asli – yang kemudian dikenal sebagai manual review. Penyedia jasa pembuatan PBN yang profesional akan tahu betul cara agar PBN tetap aman, terindeks, dan lolos dari tinjauan manual.
  • Memberikan Layanan Satu Paket. Terakhir adalah pastikan penyedia jasa memberikan layanan satu paket, yang termasuk domain dan hosting. Jadi, jika hosting tiba-tiba ngadat padahal kontraknya masih berlanjut, maka wajib komplain. Jangan sampai penyedia jasa PBN membombardir balik kamu dengan dalih “mereka hanya menjual domain saja, dan bukan hosting”. Sepaket artinya melibatkan hosting dan domain, jadi keduanya harus tetap optimal selama kontrak kesepakatan masih berlangsung.
Baca juga
10 peluang usaha dengan modal kecil terbaru 2018

Selalu baca TOS dan kebijakan dari masing-masing penyedia jasa pembuatan PBN, karena banyak diantaranya yang lepas tanggung jawab.

Untungnya, masih banyak penyedia jasa yang profesional karena mereka pun mencoba untuk mendapatkan konsumen dalam jangka panjang, dan bukan menikmati cuan dalam sekali waktu saja.

5/5 (1 Review)