Jasa Pembuatan Game Online

Daftar isi konten

Semakin meningkatnya pengguna komputer dan handphone, maka game online pun semakin mengalami perkembangan setiap harinya. Bahkan ada beberapa orang yang rela mengocek kantong hingga puluhan juta rupiah demi bisa memainkan permainan yang mereka favoritkan.

Dengan tingginya permintaan masyarakat – terutama generasi Z – akan game online, maka bisa menjadi lahan tersendiri buat beberapa pihak terkait, entah itu penjual PC, laptop, handphone, publisher game, hingga para developer game itu sendiri.

Dikarenakan pasarnya lumayan banyak dan bisa menjangkau semua player di hampir seluruh belahan dunia, maka memiliki game online tentunya dapat memberikan cuan tersendiri bagi kita.

Bayangkan saja, sesuatu yang kita sukai berubah menjadi pemasukan yang memadai. Alhasil, banyak para investor yang juga mencoba untuk membiayai perusahaan game online demi menuai banyak profit darinya.

Sayangnya, membuat game sendiri sangatlah ribet, dan harus melibatkan banyak orang. Jadi tak heran jika penyedia jasa pembuatan game online pasti dilakukan oleh lebih dari satu individu.

Masing-masing darinya memiliki peran yang berbeda, dimulai dari coding, pendesain grafis, software tester, hingga beta tester.

Nah, buat kamu yang berniat untuk menjadi seorang developer game online, maka wajib mengetahui hal-hal tersebut secara terperinci. Soalnya, pekerjaan yang berhubungan dengan game online tidak akan berhenti hingga pembuatannya saja, tetapi hingga perawatan yang membutuhkan keahlian teknis yang mumpuni.

Jasa Pembuatan Game Online Melibatkan Banyak Orang

Itu artinya, harga yang ditawarkanpun pastilah tidak murah. Namun, jika game online yang kamu miliki tersebut terkenal dan memiliki banyak pemain, maka passive income akan terus berdatangan.

Sebut saja sebuah game online paling terkenal di tahun ini, yaitu Genshin Impact, yang mana mereka mengeluarkan modal hingga $100 juta, sehingga membuatnya menjadi game dengan budget termahal sejauh ini.

Namun, mereka berhasil BEP hanya dalam kurun waktu 2 minggu saja, dan mampu meraup untung hingga $1 Milyar setelah 6 bulan pasca perilisan.

Ini bisa menjadi bukti nyata bahwa game online bisa membuat kita tajir tujuh turunan jika bisa membuat permainan yang asik untuk dimainkan, serta cara perawatannya yang tak setengah-setengah.

Perawatannya sendiri pun pastinya melibatkan banyak sekali pihak, terutama untuk maintenance. Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah para profesional yang akan terlibat dalam pembuatan game online itu sendiri.

  1. Direktur/Owner

Pertama-tama adalah direktur atau owner, yaitu diri kita sendiri. Sama halnya seperti perusahaan PT kebanyakan, menjalankan sebuah game online juga haruslah di­-manage dengan sangat profesional.

Baca juga
Cara Mengatasi Gyroscope Delay PUBG Mobile Dengan Kalibrasi

Selain persiapan modal dan konsep game yang matang, kita juga harus memiliki jiwa pemimpin. Jika misalnya modal yang kamu miliki masih sangat minim, maka bisa mencari investor yang bersedia mendanai semua hal-hal yang dibutuhkan, dimulai dari proses perancangan, pembuatan, hingga distribusi.

Setelah berhasil mendapatkan tema dan rancangan game, maka bisa langsung menghubungi jasa pembuatan game online yang berisi para profesional yang ahli di bidangnya.

  1. Game Programmer

Sekalipun game itu berupa audio visual, akan tetapi tahap awalnya adalah berupa coding-coding yang mungkin tak bisa dimengerti oleh sebagian besar para gamer.

Para programmer tersebut haruslah menguasai minimal bahasa pemrograman C++ atau C#. Bahkan semakin besar skala perusahaan game online yang kita jalankan, maka programmer ini akan dibagi-bagi lagi ke dalam beberapa divisi yang berbeda.

Programmer ini nantinya akan mengurus dan membuat berbagai macam inti dari game online tersebut, terutama pembuatan AI (artificial intelligent). AI ini digunakan untuk musuh, NPC, objek hidup seperti binatang, dan lain sebagainya.

Jasa pembuatan game online sudah pasti memiliki game programmer yang profesional, karena bisa dibilang mereka adalah pondasi dari layanan mereka. Tanpa adanya game programmer, maka konsep dari game online tak akan pernah terealisasikan, sebagus apapun desain yang dibuat.

  1. Game Desainer

Game Desainer

Pondasi kedua dari jasa pembuatan game online adalah game desainer. Jangan salah, mereka yang memegang tanggung jawab ini haruslah memiliki imajinasi yang kuat. Imajinasi tersebut tak hanya tertuang dalam gambar saja, akan tetapi dalam plot dan cerita.

Para game desainer harus mampu membuat karakter yang lucu atau keren, settingan lokasi yang menarik, serta jalan cerita yang bikin para pemainnya merasa greget (terutama RPG).

Porsi pekerjaannya memang tak sebanyak game programmer, akan tetapi mereka memainkan peran yang begitu krusial karena menentukan sebuah game menjadi laris atau tidak.

Kita ambil lagi contoh game dari Genshin Impact. Game ini memiliki desain karakter yang begitu kuat, sekaligus jalan cerita yang bikin penasaran. Pada akhirnya, desain karakter tersebut berhasil memenuhi ruang budaya meme di berbagai macam tempat, terutama youtube.

Berkat desain karakter ini jugalah, developer game tersebut berhasil mendapatkan laba $1 milyar dalam kurun waktu 6 bulan saja.

  1. Level Desainer

Sebagian besar game online itu bertema RPG, sehingga level desainer ini dibutuhkan demi menyeimbangkan segala macam aspek di dalamnya. Game online dan RPG memiliki masalah yang begitu vital jika tak ada penyimbang di dalamnya.

Baca juga
Download GTA Lite Indonesia 200mb San Andreas Terbaru

Berkat level desainer ini pulalah, karakter game kita yang masih level 1 akan berhadapan dengan monster dengan level yang setara. Seiring dengan meningkatnya level karakter kita, maka musuh dan monster yang harus kita hadapi pun akan semakin sulit. Belum lagi item-item drop yang harus disesuaikan dengan kondisi para pemain.

Pokoknya, level desainer ini akan menentukan apakah game online kita akan terasa terlalu sulit atau malah membosankan karena terlalu mudah untuk ditaklukkan.

  1. Sound Engineer

Game online juga wajib memiliki lagu dan Original Soundtrack, agar feel dan nuansanya begitu terasa.

Salah satu game online yang berhasil mengaplikasikan musik ke dalam permainan tersebut adalah Honkai Impact 3. Mereka mampu menciptakan game online yang sekelas film atau anime dengan budget yang super mahal.

Sound Engineer ini akan mengkomposisi musik, memproduksinya menjadi alunan lagu, dan disesuaikan dengan jalan cerita atau situasi yang dihadapi oleh para pemain.

Jangan lupa pula bahwa mereka pun harus memproduksi sound effect agar game nampak lebih nendang saat dimainkan.

  1. Tester

Tester ini biasanya mereka yang doyan memainkan game, karena tugasnya memang mencoba game online yang telah kita buat. Namun tugas mereka sebenarnya begitu vital karena harus mampu menemukan beberapa bug dalam game itu sendiri.

Jika diibaratkan pabrik, para tester ini bisa kita sebut sebagai quality control, yang mana tugasnya memang memeriksa hasil akhir dari sebuah produk.

Jasa pembuatan game online sendiri memang menyediakan para tester, akan tetapi seringkali kita pun harus melibatkan pihak ke-3, yaitu para player yang antusias untuk memainkan game online kita. Mereka pun kemudian bisa kita sebut sebagai beta tester.

Makanya jangan heran jika developer game online raksasa akan mulai melakukan promosi besar-besaran bahkan sebelum game tersebut selesai. Gunanya untuk menarik minat para player agar mereka mau menjadi beta tester.

Cara Memulai Perusahaan Game Online

Cara Memulai Perusahaan Game Online

Mereka yang membuat game online disebut sebagai developer atau pengembang, karena memang tugasnya untuk mengembangkan sebuah game dari waktu ke waktu.

Ingat, tugas menjalankan perusahaan game online tidak sebatas pada pembuatannya saja, akan tetapi harus ada perawatan selama layanan beroperasi, makanya disebut sebagai developer.

Bisa dibilang para penyedia jasa pembuatan game online ini hanyalah batu loncatan dari perusahaan atau jasa game yang ingin kamu jual ke khalayak umum.

Itu artinya, kamu harus tetap merekrut banyak pihak terkait seperti yang sudah dijelaskan panjang lebar di atas.

Baca juga
Penjelasan Config PUBG Mobile Active SAV Terbaru

Dengan kata lain, penggunaan jasa pembuatan game online sendiri bisa berlangsung dalam jangka panjang.

Setelah game online bikinan kamu sudah berhasil tercipta dan teralisasikan dengan baik, maka saatnya melakukan beberapa pekerjaan rutinan seperti berikut ini:

  1. Marketing, Marketing, dan Marketing

Marketing Marketing Dan Marketing

Percuma juga jika kamu membuat game online super keren tetapi tidak mampu menjangkau banyak orang. Itu artinya, kita memerlukan budget untuk iklan. Biasanya iklan gaming selalu tersemat di platform video seperti Youtube.

Budget marketing kita haruslah super kuat, karena para calon pemain tidak akan mulai tertarik hanya dengan melihat satu kali iklan saja.

Fakta menyebutkan bahwa calon pelanggan kita akan mulai mendownload dan memainkan game kita rata-rata setelah 3 kali melihat iklan atau penawaran yang kita berikan.

Jika tak kuat untuk membiayai modal tersebut, maka kita bisa mencari investor atau pulisher game.

Misalnya untuk publisher, nantinya kita hanya akan mendapatkan untung atau laba dari lisensi saja, sementara merekalah yang mendapatkan cuan dari para pemain. Tapi asyiknya, kita tak perlu melakukan marketing dan hanya fokus pada pengembangan game saja.

Sebelum mulai dipasarkan, kamu juga harus menentukan apakah game online tersebut merupakan free to play atau berbayar.

Free to Play biasanya mendapatkan keuntungan melalui penjualan item-item dari dalam game itu sendiri, termasuk karakter, senjata, dan aksesoris-aksesoris pendukung lainnya yang dibutuhkan selama permainan dilakukan.

Beberapa contoh game yang free to play diantaranya Point Blank, Genshin Impact, Honkai Impact 3, Dragon Nest, dan lain sebagainya.

  1. SDM

Game programmer akan terus dibutuhkan sepanjang game online kita dijalankan. Para developer seringkali melakukan maintenance rutinan setidaknya seminggu sekali untuk melakukan pembersihan dan perbaikan bug.

Ada pula update-an yang harus dilakukan secara berkala agar pemain kita tidak bosan dan tetap antusias. Misalnya, ada penambahan karakter baru, map baru, dan kelanjutan cerita dari versi sebelumnya.

Alhasil, SDM ini tak hanya melibatkan para programmer saja, akan tetapi termasuk dengan sound engineer, character designer, level designer, tester, dan marketing lagi.

Ada pula customer service yang bertugas untuk mendengarkan keluhan para pemain dan memberikannya solusi.

Tapi game online yang sukses dan terkenal pastinya mampu menghidupi SDM mereka, sehingga lapangan pekerjaan baru pun tercipta.

Jasa pembuatan game online sendiri melibatkan para profesional dalam jangka panjang, sehingga akan membantu kamu menjalankan game online selama yang kamu bisa.

Tanpanya, game online kita tak akan jalan sama sekali. SDM ini bisa kita ibaratkan sebagai mesinnya dari sebuah kendaraan.

  1. Seiyuu
Baca juga
Emulator PS2 Android Terbaik dan Cara Menggunakannya

Seiyuu berasal dari bahasa Jepang, yang artinya adalah “pengisi suara”. Meskipun istilah ini berasal dari bahasa asing, namun para pecandu game online (terutama bertema RPG) sudah sering menggunakan istilah ini dalam kehidupan sehari-hari.

Seiyuu ini bertugas untuk menghidupkan sebuah karakter dari game online yang kita ciptakan. Memang sebagian besar game online terkenal selalu menggunakan 4 bahasa utama, yaitu Inggris, Korea, Jepang, dan China.

Namun, kita pun bisa memulai menggunakan seiyuu ini dalam bahasa Indonesia. Lagipula sudah banyak kok para pengisi suara berbakat di negara kita. Dimulai dari mereka yang senantiasa mengisi suara karakter kartun di TV hingga parodi di Youtube, semua bisa kita rekrut setiap kali ada dialog atau karakter baru yang muncul.

Tak hanya RPG saja, bahkan para seiyuu ini dibutuhkan untuk semua game online di berbagai macam platform.

Silahkan simak baik-baik, dimulai dari mobile legend hingga PUBG dan Free Fire yang bisa kita mainkan di handphone, semuanya pasti menyertakan pengisi suara.

Alhasil, game online pun akan terasa benar-benar hidup dengan karakter yang kita sayangi dan kenali seiring dengan aktivitas kita bermain di game tersebut.

Banyak para game developer melupakan seiyuu, padahal mereka sendiri bisa menjadi penarik perhatian loh! Katakanlah kita menyewa seorang seiyuu dari Jepang yang sudah terkenal, maka ada diantara para fans-nya pasti akan mulai memainkan game tersebut hanya semata-mata karena seiyuu favoritnya ada di sana.

  1. Game Master

Semakin banyak orang, maka akan semakin banyak drama dan masalah bermunculan. Sisi negatif dari game online ini tidak akan mampu kita hilangkan, karena begitulah semesta bekerja.

Untungnya, masih bisa kita akali dengan kemunculan Game Master. Mereka adalah para pengawas dari jalannya game online tersebut.

Game MMO yang melibatkan banyak orang sangat rentan terjadi hal-hal di luar kontrol kita, seperti flaming, SARA, hingga cyber bulying.

Peran game master adalah untuk mengawasi hal-hal semacam itu, dan harus melakukan tindakan tegas jikalau ada pemain yang melanggar aturan.

Terlebih lagi, akan selalu ada praktek RMT (real money trading), yaitu aktivitas dimana seorang player menjual item (kebanyakan mata uang di game) dengan uang asli.

Kebanyakan para developer melarang praktek RMT tersebut karena rentan terkena penipuan. Tanpa game master, maka para pelaku RMT ini akan sangat sulit dilacak.

  1. Kita Sebagai Player
Baca juga
Rekomendasi Game MMORPG Android yang Seru Untuk Dimainkan

Kita Sebagai Player

Poin penting yang terakhir adalah diri kita yang harus senantiasa memainkan game online sendiri dari waktu ke waktu.

Kita harus tetap memainkan game yang kita ciptakan sebagai pemain biasa – bukan sebagai game master atau administrator.

Dengan memainkan game online secara langsung, maka kita akan mengetahui seluk-beluk di dalamnya, beberapa diantaranya seperti:

  • Mengetahui jika ada bug atau glitch di dalam game tersebut yang lolos pengawasan tester.
  • Mengetahui apakah game tersebut sudah menjadi membosankan atau tidak.
  • Mendapatkan ide-ide baru untuk update game berikutnya.

Dan masih banyak manfaat segudang lainnya yang bisa kita dapatkan jika senantiasa memainkan game online buatan kita sendiri.

Selalu komunikasikan segala macam masalah dengan para SDM profesional atau penyedia jasa pembuatan game online yang kamu gunakan.

Game online harus tetap melibatkan banyak kepala, agar semua masalah yang dihadapi terasa ringan dan bisnis kita pun tetap lancar dan berjalan selama yang ia bisa.

5/5 (1 Review)