Jasa Pembuatan Copywriting

Daftar isi konten

Ada fakta yang menarik di dunia tulis menulis, yaitu “seorang penulis artikel belum tentu bisa membuat copy writing. Sebaliknya, seorang copywriting pasti bisa menulis sebuah artikel”.

Alasannya cukup sederhana, karena copywriting membutuhkan skill di atas menulis artikel biasa. Seorang pembuat copywriting harus tahu cara mereview sebuah produk, membuat salinan yang jelas, sekaligus mendidik dan melibatkan konsumen.

Di saat yang bersamaan pula, copy writer mesti bisa memainkan psikologi para pembaca dari yang – katakanlah – tidak tertarik untuk membeli, menjadi mau dan butuh dengan produk yang kita tawarkan.

Copywriting sebagian besar melibatkan promosi secara online, dimana informasi menjadi ujung tombak dari proses pemasaran yang satu ini. Ada banyak platform yang sering digunakan.

Umumnya para internet marketer hanya tahu mengenai website saja, padahal copywriting bisa kita aplikasikan ke dalam berbagai macam hal.

Platform tersebut mencakup blog di web 2.0, email, banner atau spanduk, buletin, bahkan medis sosial seperti Twitter dan Instagram.

Untuk itulah, hal ini pun menjadi kesempatan kita untuk mulai mengepakkan sayap lebih lebar di dunia online marketing agar copywriting kita lebih sampai ke banyak calon konsumen – tidak serta merta dibuat hanya untuk website saja.

Jadi, pastikan kamu meminta jasa pembuatan copywriting mengenai platform yang akan digunakan. Soalnya, setiap platform pastinya didesain berbeda!

Platform yang Bisa Digunakan

Aktivitas ngiklan bisa dilakukan dimana saja, entah itu dari website, medsos, hingga dari mulut ke mulut. Khusus untuk kamu yang membutuhkan jasa pembuatan copy writing, maka wajib menggunakan berbagai macam platform andalan agar penjualan kamu meningkat secara drastis.

Tapi seperti yang kita tahu, copywriting di setiap platform pastinya berbeda. Bukan hanya dari segi tema dan fitur yang disediakan di masing-masing platform tersebut, melainkan ada hubungannya pula dengan psikologi manusia.

Seperti misalnya, orang-orang yang di medsos biasanya hanya mencari kesenangan dan harus berdasarkan interest. Lain lagi jika kita menargetkan kata kunci tertentu dan disimpan di website, karena biasanya orang yang datang sudah siap untuk membeli barang yang mereka butuhkan. Jika cocok dengan yang kita tawarkan, maka closing pun terjadi.

Jadi, sebelum kamu membuat copy writing, tentukan dulu di platform mana tulisan tersebut akan dimuat. Selanjutnya, biarkan para profesional bekerja buat kamu!

Platform tersebut meliputi:

Ads / Iklan

Iklan atau ads dibuat tidak secara sembarangan. Jika kamu melihat beberapa iklan yang dibuat oleh perusahaan-perusahaan besar, pastinya memasukan unsur psikologi dengan kata persuasif.

Baca juga
10 tips jadi pengusaha sukses dengan modal kecil 2018

Bisa kamu lihat contohnya pada iklan Google Adwords. Coba ketikan kata kunci tertentu di mesin pencarian Google, misalnya “sepatu nike”, lalu lihatlah iklan-iklan yang muncul.

Perusahaan penjual sepatu yang profesional dan berkelas internasional pastinya tahu cara meletakkan kata-kata yang mampu menarik hati para calon konsumen.

Selain daripada Google Adwords, iklan ini juga dapat mencakup platform lainnya, termasuk Facebook, Instagram, Youtube, dan Twitter. Masing-masing darinya pasti memiliki cara penyampaian yang berbeda.

Jadi, pastikan kamu meminta kepada jasa pembuatan copywriting untuk membuatkan artikel penarik hati yang telah disesuaikan dengan platform yang ingin digunakan, biar tidak salah dalam melakukan aktivitas penyampaian pesan dan promosi tersebut.

Jika salah, maka bisa-bisa uang kita habis tanpa memberikan hasil yang sepadan.

Email Marketing

Email Marketing

Persis seperti kedengarannya, yaitu aktivitas promosi melalui email. Jadi, pesan elektronik yang dikirim ke daftar pelanggan ini memiliki satu tujuan, yaitu memperkenalkan produk yang tengah ingin dijual sekaligus mendapatkan konversi berupa penjualan.

Tapi sekali lagi, wajib menyertakan kata-kata yang tak ngasal! Saat itulah penyedia jasa pembuatan copywriting mulai memainkan perannya.

Jangan lupa juga jika emailpun memiliki banyak sekali jenis. Misalnya ada email penjawab otomatis, indoktrinasi, penjualan, konten, afiliasi, dan re-engagement. Jika kamu masih awam mengenai hal tersebut, maka cukup bicarakan saja tujuan kamu mengirimkan email tersebut, maka penyedia jasa akan langsung tahu jenis email dan cara menulis copywriting yang ampuh.

Landing Pages

Landing Pages

Selanjutnya ada jenis yang sering digunakan oleh para pemilik website, yaitu landing page. Lagi-lagi, landing page pun memiliki banyak sekali jenis, sehingga harus dibicarakan dengan penyedia jasa pembuatan copywriting untuk tipe dan tujuan tertentu.

Tapi terlepas dari banyaknya jenis, landing page juga dibuat untuk satu tujuan, yaitu meningkatkan konversi.

Konversi ini bisa beragam, entah itu penjualan produk, mendapatkan alamat email, atau bahkan melakukan aksi tertentu seperti mendownload software dan melakukan survey.

Satu hal terpenting yang harus ada dalam landing page adalah call to action, mengingat tidak semudah terlihat seperti di email, ads, ataupun medsos, maka CTA ini mesti nampak asyik dan mencolok saat dilihat oleh calon konsumen kita.

Sales Page

Kebanyakan orang tidak bisa membedakan antara landing page dan sales page. Padahal dari segi strukturnya saja jelas berbeda. Alhasil dari segi biayanya pun, sales page cenderung lebih mahal.

Tapi uang yang dikeluarkan pun tentunya bisa terimbangi dengan pemasukan. Maklum, sales page akan membuat produk kita lebih cepat terjual berkat jasa pembuatan copywriting yang sudah terlatih dan profesional.

Baca juga
Trik Usaha Rumahan Omset Besar dan Menguntungkan

Ingat, tugas utama dan paling menantang dari para copy writer ini adalah demi mengubah prospek menjadi pelanggan dengan cara menggunakan kata-kata yang persuasif, menarik minat, sekaligus mendorong kebutuhan mereka.

Jadi, pastikan kamu membayar lebih kepada orang yang mampu melakukan ketiga faktor tersebut ke dalam sebuah tulisan.

Seperti yang sudah disebutkan di awal-awal, tidak semua penulis mampu membuat copy writing, karena seseorang yang menyebut dirinya sebagai copy writer wajib menguasai ketiga unsur dasar tersebut.

Home Page

Ada beberapa pemilik website tertentu yang ingin mengubah home page-nya menggunakan copy writing. Pasalnya, homepage akan jauh lebih mudah untuk dirankingkan di Google daripada inner page, apalagi jika website tersebut telah berumur dengan backlink profile yang mumpuni.

Tak heran, diantara para pemiliki bisnis seringkali membeli aged domain atau PBN hanya semata-mata untuk melakukan promosi produk mereka – dan bukan untuk melakukan backlinking.

Fakta lain juga menyebutkan bahwa halaman beranda merupakan bagian pertama yang dilihat oleh para visitor langganan. Mereka jarang mengetikkan nama domain lengkap dengan inner page-nya, soalnya cenderung lebih susah diingat.

Menariknya, para langganan kamu ini pun akan senantiasa melihat jikalau ada produk baru yang dijual, jadi pastikan kamu melakukan update copywriting setiap kali memperkenalkan produk atau promosi yang baru secara berkala.

Memang bisa menambahkan beban biaya, tapi efek dari semua keputusan tersebut malah bisa menggemukan isi kantong kamu dengan gambar bung Karno dan bung Hatta dengan warna merahnya yang berkilauan.

About Page

Sebagian besar orang mungkin tidak sadar bahwa “about page” atau “halaman tentang kami” juga bisa menggunakan tulisan berbentuk copy writing.

Bahkan di zaman sekarang, about page haruslah menggunakan jasa pembuatan copywriting mengingat kebutuhan visitor yang sudah semakin melek internet, dimana mereka cenderung mencari barang, jasa, atau bahkan pelatih langsung melalui website kita.

Demi mencari tahu kredibilitas atau informasi lebih jauh tentang kita, maka visitor pun akan masuk ke bagian “about page” terlebih dahulu sebelum akhirnya menghubungi kita melalui call to action yang sudah tersemat di sana.

Copy writer wajib membuat about page yang awalnya membosankan dan kurang menginspirasi, menjadi jenis yang begitu asyik saat dibaca dan mampu mengubah prospek menjadi pembeli.

Buat kamu yang sekarang tengah memiliki website – entah itu perorangan atau perusahaan – coba tengok about page kamu saat ini.

Baca juga
Panduan Memilih Jasa Pembuatan Blog Profesional

Jika misalnya kurang begitu persuasif, menarik untuk dibaca, dan bahkan isinya kosong, maka wajib untuk segera menghubungi jasa pembuatan copy writing.

Membuatnya sendiri pun tak jadi soal. Hanya saja masalah terletak pada pemilihan kata-kata dan kalimat persuasif yang harus disematkan.

Kalimat persuasif tersebut tentunya harus terkait dengan produk yang tengah kamu jual tanpa “secara langsung” menawarkan kepada calon konsumen, melainkan berupa kesan tersirat yang menggelitik psikologi mereka.

Promo Video

Promo Video

Biasanya video tersemat di website pribadi atau iklan Youtube. Sekalipun memiliki tingkat kesulitan yang jauh lebih tinggi saat pembuatannya, sekaligus harus mengeluarkan kocek yang lebih dalam, akan tetapi copywriting dalam bentuk video kini lebih mungkin menghasilkan konversi.

Faktanya, 87% online marketer profesional mengatakan bahwa video mampu memberi mereka laba di atas investasi secara positif. Jadi, modal yang dikeluarkan bisa begitu aman untuk investasi jangka panjang.

Video promo ini digunakan tentunya untuk tujuan promosi. Bedanya lebih mampu diserap oleh para visitor dan penonton karena mereka tak perlu membaca teks.

Ingat, orang Indonesia bukanlah reader people, melainkan masuk ke dalam kategori watcher people. Itu artinya, orang kita lebih senang menonton daripada membaca. Silahkan buktikan sendiri! Pengguna perpustakaan di negara kita cenderung sangat rendah.

Review atau Deskripsi Produk

Memasarkan sebuah produk pastinya erat kaitannya dengan promosi, dan promosi tersebut haruslah menyertakan informasi singkat serta padat dari produk yang tengah dijual.

Jasa pembuatan copywriting pun bertugas untuk mengulas produk atau memberikan deskripsi agar calon pelanggan tahu bahwa mereka tidak akan membeli “kucing dalam karung”.

Deskripsi yang dibuat akan memberikan informasi penting dari produk tersebut, termasuk kegunaannya, manfaatnya, komposisi yang digunakan (jika produk merupakan makanan atau obat-obatan), dan lain sebagainya.

Sementara review harus berisikan pengalaman pengguna secara jujur. Agar bisa menarik para pelanggan, maka review tersebut harus pula mencantumkan kelebihan dan kekurangannya. Jangan sisi positifnya saja yang ditulis, karena itu bisa menimbulkan kecurigaan pada pelanggan.

Content Writing yang Dinilai OKE

Content Writing Yang Dinilai Oke

Katakanlah kamu sudah menentukan dimana content writing tersebut akan disimpan. Selanjutnya, kamu perlu menilai oke tidaknya tulisan yang dibuat oleh para penyedia jasa pembuatan content writing tersebut.

Jika mereka memang seorang profesional, maka tulisan tersebut pastinya akan menyertakan banyak sekali sisi persuasif yang mengajak orang untuk membeli, tetapi tidak tersurat secara langsung.

Meskipun copywriting merupakan seni menyusun kata-kata agar menciptakan konversi, tapi pada prosesnya harus menyertakan unsur yang bermanfaat, termasuk keterlibatan terhadap konsumen (seperti like, share, dan pemberian komentar), pendidikan, serta kesadaran merk.

Baca juga
Panduan Memilih Jasa Mempercepat Website Profesional

Setidaknya ada 5 cara yang wajib disertakan oleh para penyedia jasa pilihan kamu tersebut, diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Social Media Caption. Setiap sosmed memiliki karakter postingan yang berbeda. Ada yang berbasis teks singkat seperti Twitter, ada yang berbasis foto dan gambar seperti Instagram, ada pula yang menyertakan keduanya seperti facebook. Sosmed memungkinkan kita terhubung dengan para calon konsumen, jadi copywriting yang baik mampu menggelitik psikologi pembaca agar mereka mau melakukan like, share, dan komentar di sana.
  2. Postingan Blog. Ini termasuk ke dalam landing page! Nah, mereka yang profesional dan terlatih pasti tahu cara meletakkan gambar, video, dan kata-kata “pendukung” yang harus diingat oleh para pembaca kita.
  3. Newsletter. Ini termasuk ke dalam email. Penyedia jasa pembuatan copywriting harus tahu cara membuat subjek yang menarik demi membuat penerimanya mau membuka dan membaca, serta isi tulisannya yang begitu persuasif agar mereka mau masuk ke link website yang kita telah sematkan di sana.
  4. Video. Setiap detik dari video yang ditampilkan akan menentukan visitor kita melanjutkan untuk menonton atau tidak. Makanya wajib secara langsung memberikan kata-kata yang menarik hati di awal detik-detik video dijalankan, sehingga penonton tahu ke arah mana tayangan akan berlabuh.
  5. SEO. Alias search engine optimization, penulis copywriting juga harus memasukkan unsur-unsur SEO dalam artikelnya tersebut. Entah itu keyword density, antonim, sinonim, kata terkait, dan latent semantic index. Ini khusus untuk landing page, about page, dan sales page yang dipostingkan di website pribadi masing-masing.

Semua unsur ini harus ada di dalam copywriting dengan jenis tertentu yang telah kamu pilih sebelumnya. Jika tidak, maka penjualan dan tingkat konversi tidak akan pernah efektif!

Haruskah Menggunakan Copywriting

Tidak juga, jikalau kamu memang tidak berniat untuk mendapatkan konversi.

Namun jika ingin mengiklankan suatu produk secara lebih masif dan terarah, maka penggunaan jasa pembuatan copywriting sangatlah dibutuhkan.

Seorang copywriter akan membuat salinan produk yang jelas dan menarik demi mampu menjual barang atau jasa yang tengah kamu jajakan di internet.

Semua artikel yang dibuat haruslah mampu mengajak konsumen dan bersifat persuasif, dibuat secara rapi dan terarah saat terposting di blog, memberikan deskripsi produk yang benar-padat-singkat, membuat subjek email yang menarik hati untuk diklik, dan mampu menyesuaikan segala macam tulisan di platform yang berbeda.

Dengan menggunakan copy writing, maka kamu bisa mendapatkan manfaat seperti berikut:

  • Menghemat waktu dan tenaga, karena tak perlu lagi mempresentasikan produk dari waktu ke waktu.
  • Memberikan konten berkualitas tinggi kepada audiens kita.
  • Terhindar dari kata-kata rancu yang sulit dan tak enak dibaca, karena pembuatnya adalah penulis profesional.
  • Mampu membuat kata-kata persuasif yang mempengaruhi psikologi pembaca, sehingga berubah menjadi pembeli.
  • Memberikan nuansa segar baik untuk diri kita maupun pembaca.
  • Tak perlu memikirkan masalah SEO pada konten kita, semuanya pasti sudah mengikuti Google Guideline. Alhasil, dibacklink sedikit saja pasti cepat naik selama kompetitornya stabil.
  • Mampu mengkoneksikan konsumen potensial di hampir segala platform.
Baca juga
Cara Mendapatkan Uang dari Facebook bagi Pemula

Jadi, haruskan kita menggunakan jasa pembuatan copy writing? Tidak perlu, jika kita sudah mampu membuatnya sendiri.

Tapi khusus buat kamu yang ingin menikmati waktu santai dan enggan memikirkan pembuatan artikel yang bikin kepala nyut-nyutan, maka wajib memanfaatkan jasa super keren yang satu ini.

5/5 (1 Review)