Jasa Pembuatan Company Profile

Supaya calon pelanggan dan investor semakin mengenal perusahaan kita, maka kita pun wajib menyajikan segala macam informasi perusahaan dalam bentuk company profile.

Kebanyakan orang mungkin membuatnya hanya sebatas ikut-ikutan trend saja, agar perusahaan kita terlihat nampak lebih keren.

Padahal, media tersebut sudah menjadi salah satu cara terampuh untuk menarik minat banyak orang – terlepas dari tujuan yang mereka miliki.

Company profile bahkan bisa menjaring lebih banyak calon pelanggan sekaligus meningkatkan brand awareness diantara para klien kita.

Semakin terkenal produk dan perusahaan kita, maka secara otomatis bisnis kita pun akan semakin maju karena mampu menjual lebih banyak produk. Di saat yang bersamaan, ada para investor yang juga ingin menanam uang mereka di tempat kita.

Alhasil, pondasi perusahaan kita pun akan semakin kuat. Seperti yang kita tahu, ketahanan modal merupakan salah satu syarat utama agar kita bisa bertahan lama di bisnis tertentu di dalam situasi apapun.

Dikarenakan memiliki nilai guna yang begitu tinggi, maka jasa pembuatan company profile hadir buat kamu yang membutuhkannya.

Sekalipun kita menyerahkan segala pembuatan, desain, dan pemilihan rangkaian kata kepada penyedia jasa yang kita pilih, akan tetapi semua isi informasi masih harus tetap berasal dari diri kita.

Jadi mau tak mau, kita pun harus tahu apa itu company profile dan hal apa saja yang harus kamu persiapkan sebelum menggunakan jasa pembuatan company profile agar lebih cepat selesai dan efektif saat prosesnya pengerjaannya tersebut berlangsung.

Pentingnya Memiliki Profil Perusahaan

Pentingnya Memiliki Profil Perusahaan

Sebelum kamu buru-buru meminta para penyedia jasa pembuatan company profile untuk melakukan tugasnya, kamu harus tahu dulu betapa pentingnya profil perusahaan tersebut.

Dengan mengetahui nilai dasarnya terlebih dahulu, maka kamu bisa memanfaatkan media tersebut secara maksimal.

Tak masalah sebesar apa perusahaan kamu saat ini – atau bahkan baru saja memulainya, profil perusahaan masih menjadi syarat terbaik sebagai batu loncatan dari aktivitas marketing dan branding – entah itu untuk nama perusahaan ataupun produk perusahaan.

Secara umumnya, company profile ini bisa kamu gunakan untuk beberapa tujuan seperti di bawah ini:

  • Mengkomunikasikan Budaya dan Nilai-Nilai Perusahaan. Dengan memperkenalkan nilai-nilai dari usaha yang tengah kita bangun, maka bisa membantu menarik karyawan dan investor, sekaligus calon pelanggan yang setia.
  • Citra Publik. Profil perusahaan juga tentunya dapat memberikan citra publik yang sangat kuat serta positif bagi perusahaan di komunitasnya sendiri.
  • Pertumbuhan. Profil perusahaan dapat bertindak sebagai rencana untuk mengembangkan operasi bisnis dan pendapatan.

Untuk memenuhi tujuan pembuatan company profile di atas, maka kita harus mempersiapkan beberapa informasi untuk diserahkan kepada penyedia jasa yang telah kamu pilih.

Informasi yang Dibutuhkan untuk Company Profile

Jika kamu memiliki informasi-informasi di bawah ini yang kemudian tersemat dalam company profile, maka 3 unsur di atas sudah pasti bisa terpenuhi dengan lebih efisien.

Singkatnya, profil perusahaan tersebut merupakan ikhtisar informasi umum tentang diri kita, perusahaan kita, sekaligus produk (jasa dan barang) yang kita jual kepada khalayak umum.

Sekalipun dalam company profile tersebut akan disertakan banyak tulisan dan gambar, tetapi titik utamanya adalah membantu menginformasikan atau mengedukasi masyarakat umum tentang produk yang tengah kita jual. Sebagai bonusnya, mereka mau menjadi pelanggan kita dalam jangka panjang.

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah informasi yang dibutuhkan untuk kamu serahkan atau bicarakan dengan para penyedia jasa pembuatan company profile.

Mengidentifikasi Tujuan Profile

Apapun jenis aktivitas dan pekerjaan yang tengah kita geluti, pastinya kita harus menentukan tujuan akhir terlebih dahulu, sehingga segala macam prosesnya akan tetap bermuara pada satu tempat yang sama.

Begitupun dengan penulisan dan pembuatan company profile, maka kita harus mengidentifikasi tujuan kita membuat media tersebut jauh-jauh hari.

Alhasil, profil perusahaan akan terlihat berbeda dari satu bisnis dengan bisnis lainnya, karena mencakup elemen yang berbeda tergantung pada segmentasi pasar dan tujuan (visi dan misi) kita.

Tiga unsur yang telah dibahas di atas juga termasuk ke dalam tujuan dari perusahaan. Lalu jika misalnya kamu sudah berhasil mengidentifikasi tujuan membuat company profile, maka harus pertimbangkan beberapa elemen seperti berikut:

  • Nilai-nilai perusahaan. Entah itu untuk menarik minat hati para pelanggan ataupun menggoda para investor, kita harus mampu menyertakan bahasa yang menggambarkan nilai-nilai perusahaan. Cukup berikan saja sketsa pada penyedia jasa pembuatan company profile, sisanya biar mereka yang atur.
  • Nilai Produk. Terutama jika kamu ingin menarik minat para investor, maka wajib untuk memberikan highlightpada produk yang tengah kamu miliki.
  • Kinerja. Kita juga dapat menggunakan profil perusahaan sebagai peluang untuk menggambarkan kinerja perusahaan, termasuk pendapatannya.

Sekali lagi, kamu harus bisa menyediakan segala macam informasi yang dibutuhkan untuk diberikan pada penyedia jasa pembuatan company profile, sehingga mereka akan bekerja secara efektif dan memberikan hasil yang jauh lebih cepat.

Pilih Gaya dan Format

Sekalipun media promosi ini dibuat oleh para penyedia jasa pembuatan company profile, akan tetapi kitalah yang memutuskan gaya dan struktur profil tersebut.

Kita bisa ikut andil bagian dalam pemilihan tema yang telah mereka sediakan. Cukup pilih saja yang menurut kamu terlihat menarik atau sesuai dengan jenis perusahaan yang tengah kamu jalankan.

Desain ini sangat penting karena menentukan apakah para pembaca kita tetap melanjutkan mempelajari perusahaan kita atau tidak.

Dikarenakan ada banyak informasi penting yang harus kita berikan, maka wajib memiliki desain yang simpel dan mudah dibaca, sekaligus menarik saat dilihat.

Informasi Kontak

Agar proses marketing kita tersebut tidak sia-sia, maka kita wajib memasukan informasi kontak sebagai bagian dari call to action.

Informasi kontak tersebut bisa dalam berbagai macam jenis, dimulai dari nama perusahaan, situs web, nomor telepon, alamat email, nomor whatsapp, atau gabungan dari semuanya.

Apalagi jika kamu memang berniat untuk menarik minat para investor, maka wajib memasukan nomor kontak yang mudah dihubungi agar proses pemberian dana tersebut menjadi lancar.

Informasi kontak ini biasanya tersemat di halaman depan dan paling belakang dari company profile, tepat di bawah alamat kantor kita.

Sertakan Visi dan Misi Perusahaan

Sertakan Visi Dan Misi Perusahaan

Jangan lupa juga untuk memberikan informasi berupa visi dan misi kepada penyedia jasa pembuatan company profile. Sekalipun tidak semua orang mau membaca bagian ini, tetapi para pembeli pintar dan calon investor pasti ingin tahu mengenai informasi emas yang satu ini.

Agar bagian ini nampak lebih kuat, maka pastikan memasukan beberapa elemen berikut ini:

  • Target Audiens. Pernyataan misi yang kuat dan menggambarkan segmentasi pasar utama yang menjadi target perusahaan.
  • Produk atau Layanan. Pernyataan misi juga harus dapat memperjelas barang atau layanan apa yang ditawarkan oleh perusahaan kita.
  • Pembeda. Kita juga harus memiliki ‘pembeda’ dengan produk yang sudah terdapat di pasaran. Jika sama saja, mungkin akan sangat sulit bersaing dengan perusahaan yang sudah dulu bermain di lahan tersebut.

Semakin jelas informasi yang kita berikan – terutama pada bagian ini – maka akan semakin membantu para calon pelanggan dan investor mengenal perusahaan kita jauh lebih baik lagi.

Perusahaan yang bagus bukan hanya bergelut dan mementingkan sisi profit dan laba saja, akan tetapi harus bisa memenuhi harapan dan kepuasaan pelanggan, agar bisnis kita tetap awet selama mungkin.

Nah, kepuasaan tersebut bisa kita capai dengan tetap konsisten berjalan pada jalurnya, yaitu dengan mengacu pada ketiga elemen di atas.

Sertakan Sejarah Perusahaan

Belajar dari profil perusahaan yang benar-benar sukses menjaring investor dan pelanggan, maka kita pun harus menyertakan sejarah perusahaan secara singkat, dimulai dari pendirian hingga sampai pencapaian terakhir yang kamu dapatkan.

Tak peduli rentang waktu yang telah kamu miliki, sejarah perusahaan bisa dibilang wajib hukumnya untuk dimasukkan – sekalipun perusahaan kamu baru seumur jagung.

Minta pula kepada para penyedia jasa pembuatan company profile mengenai tema yang ingin kamu gunakan. Salah satu jenis yang paling mudah dicerna oleh para calon pelanggan dan investor kita adalah dalam bentuk timeline.

Jadi bukan berupa paragraf yang bisa bikin orang pusing, melainkan garis-garis waktu dengan informasi padat singkat di sana.

Jelaskan Produk dan Layanan

Jelaskan Produk Dan Layanan

Kita mungkin memang sudah menyertakan jenis produk yang tengah kita jual kepada segmentasi pasar tertentu, akan tetapi kita harus tetap memunculkannya lagi di halaman terpisah secara lebih terperinci.

Biarkan calon pelanggan kita mendapatkan pilihan yang sesuai dengan kebutuhan mereka saat ini. Sertakan informasi sesederhana mungkin secara singkat dan padat.

Berikan highlight pada produk yang paling laris atau kamu jagokan. Biarkan mereka tenggelam dengan angan-angan dan impian untuk membeli produk kamu tersebut.

Tanpa adanya halaman terpisah, maka akan sangat sulit untuk menjaring konsumen potensial yang berniat untuk membeli produk kita lagi dan lagi.

Sertakan Penghargaan

Di bagian profil berikutnya, kita juga bisa mencantumkan pencapaian, penghargaan, atau pengakuan lainnya yang diperoleh oleh perusahaan kita.

Bagian ini bisa meningkatkan otoritas perusahaan di mata para pelanggan. Semakin banyak penghargaan yang kamu terima dan tampilkan, maka akan meningkatkan citra perusahaan dengan lebih cepat untuk menjaring lebih banyak pembeli di masa mendatang.

Bahkan tak jarang ada diantara para pelanggan kita yang merasa bangga menggunakan produk atau layanan jasa yang kita jajakan.

Jika sudah mencapai tahap ini, maka kita bisa mendapatkan buzzer organik yang efeknya lebih powerful dari sekedar ngiklan dengan biaya yang besar.

Informasi Keuangan

Apakah perlu? Tidak juga! Bagian ini bisa kita gunakan sebagai opsional saja. Namun untuk beberapa perusahaan perbankan atau investasi, maka informasi ini bisa menarik minat para nasabah dan investor.

Untuk mengaturnya, silahkan ikuti beberapa tips di bawah ini.

  • Target Keuangan. Para investor mungkin akan tertarik dengan target profit yang tengah kamu kejar saat ini.
  • Strategi. Rencana perusahaan juga harus tersemat di sana sebagai bagian dari aktivitas kinerja sehari-hari. Ada para investor juga yang ingin belajar cara me-manage perusahaan dari tempat dimana mereka menanamkan modal mereka.
  • Kinerja Masa Lalu. Apalagi bagian ini yang bisa menarik minat investor paus. Mereka senang bermain-main dengan data masa lalu sebagai bagian dari analisa teknikal.

Perlu diingat bahwa profil perusahaan yang kamu buat untuk investor dan calon pembeli haruslah dibedakan. Jika semata-mata sebagai media promosi kepada masyarakat awam, informasi keuangan ini tak perlu kamu sertakan.

Demografi

Masih berbicara mengenai calon investor, kita pun harus memasukkan data penting perusahaan lainnya yang bisa menjadi pertimbangan mereka untuk menanamkan modalnya di tempat kita.

Demografi tersebut termasuk:

  • Jumlah Karyawan. Jumlah karyawan dapat menunjukkan kepada pembaca seberapa besar ukuran dari perusahaan kita. Tak perlu malu jika kamu masih memiliki sedikit karyawan. Yang terpenting adalah senantiasa memberikan informasi yang benar dan dapat dipertanggungjawabkan.
  • Statistik keragaman. Jika perusahaan kamu memang berkomitmen pada keberagaman, maka harus pula mencantumkan statistik tersebut yang berupa ras, usia, jenis kelamin karyawan, agama, dan lain sebagainya.

Statistik keragaman juga sudah banyak digunakan sebagai taktik dari penjualan dan menarik minat para investor.

Seperti misalnya saat kamu menjual produk yang berdasarkan syariah dan kebetulan karyawan kamu sebagian besar beragama Islam, maka akan sangat menyatu dengan masyarakat kita yang sebagian besar menganut agama yang sama.

Sertakan Testimonial

Sertakan Testimonial

Terakhir adalah kita harus memiliki testimonial dari orang-orang yang sudah terpercaya. Jangan menyertakan review dan kepuasaan pelanggan dengan nama-nama dan wajah asing, karena akan dianggap sebagai testi palsu yang kita buat sendiri.

Sebaliknya, mintalah testimonial kepada perusahaan-perusahaan dan tokoh-tokoh terkenal yang pernah menggunakan produk kita.

Jika belum punya, cobalah melakukan strategi pansos, yaitu memberikan FR (free review) pada orang terkenal kemudian mintalah testimonial mereka. Orang terkenal tersebut tentunya harus masih satu bidang dengan perusahaan kamu.

Misalnya, penyedia jasa penulisan artikel boleh memberikan FR kepada penyedia jasa backlinking atau jasa pembuatan website dari organisasi yang sudah terkenal, kemudian sematkan testimonial mereka di company profile kita lengkap dengan fotonya. Cara ini sudah banyak digunakan oleh para pebisnis paus loh!

Ciri Jasa Pembuatan Company Profile yang Berkualitas

Setelah kamu berhasil mengumpulkan semua informasi di atas, kini gilirannya mencari penyedia jasa pembuatan company profile yang berkualitas.

Mereka yang ahli di bidangnya tentu akan melakukan pekerjaan dengan sebaik-baiknya, contoh dan cirinya adalah sebagai berikut:

  1. Mampu Bermain-Main Dengan Subjudul. Subjudul harus memiliki ukuran berbeda antara H2 dan H3. Jika tidak, para pembaca kita akan kebingungan dengan informasi yang kita berikan kepada mereka.
  2. Menempatkan Logo di Tempat Strategis. Dikarenakan logo menjadi akar dari brand awareness, maka harus ditempatkan secara strategis di titik-titik tertentu agar menggelitik psikologi para pembaca kita.
  3. Elemen Desain yang Simple dan Jelas. Tetapi masih menarik hati untuk dilihat dan dibaca. Para penyedia jasa haruslah mampu bermain-main dengan font, warna, grafik, dan ruang putih yang tersedia di setiap sudut media company profile yang digunakan. kamu juga tentunya bisa memesan desain dan branding perusahaan yang sesuai dengan bisnis kamu saat ini, agar lebih kohesif.
  4. Profreed. Bagian ini begitu vital karena harus memposisikan si pembuat company profile tersebut sebagai pembaca, calon pelanggan, atau calon investor. Profreed ini juga harus mampu menemukan beberapa kata yang salah ketik (typo), atau kalimat yang rancu.

Mahal saja tidak cukup! Namun penyedia jasa pembuatan company profile haruslah mampu melakukan keempat dasar skill di atas. Jika ada poin tambahan yang mereka tawarkan