Jasa Pembuatan Banner

Daftar isi konten

Agar perusahaan atau produk kita dikenal oleh khalayak umum, maka kita wajib memiliki iklan. Bahkan aktivitas pengiklan ini ada dimana-mana, entah itu di internet maupun di dunia nyata. Dimulai dari TV hingga di sudut jalanan kota.

Ada satu tekhnik iklan yang sangat menarik dan efisien demi meningkatkan brand awareness kepada calon pelanggan sekaligus meningkatkan konversi penjualan, yaitu banner.

Banner ini menyertakan gambar grafis yang memasukan nama perusahaan, nama produk, atau situs web tertentu, dan tujuannya hanya satu, yaitu memperkenalkan produk hingga mencapai penjualan atau hasil yang kita targetkan.

Saat ini, ada 2 jenis pemasangan banner yang sering dilakukan oleh para pengiklan, yaitu di dunia nyata dan internet.

Khusus untuk internet, biasanya para pengiklan menyematkannya di situs-situs terkenal yang sudah memiliki banyak pengunjung. Harga iklannya pun beragam, tergantung dari jumlah visitor. Bahkan Google Adwords pun seringkali menggunakan banner untuk membuat iklan tersebut mudah dilihat oleh orang-orang.

Semakin mencolok sebuah banner, maka akan semakin menarik perhatian orang agar mereka mengklik iklan kita tersebut. Dengan begitu, tantangan dari pembuatan banner adalah dari segi desain, tulisan, dan warna.

Sementara di dunia nyata, maka kebanyakan ditujukan untuk brand awareness agar setiap orang yang melirik mengenal produk yang tengah kita jual. Terkadang ada pula nomor telepon yang disematkan agar ada aksi dari calon pelanggan yang tertarik.

Maka dari itulah, memiliki banner yang menarik perhatian serta mampu meningkatkan penjualan menjadi salah satu kebutuhan pengiklan dan perusahaan.

Jika kamu ingin mendapatkannya, maka bisa menghubungi jasa pembuatan banner yang sudah berpengalaman dan tahu bagaimana mengorek-ngorek psikologi calon pelanggan agar menghasilkan konversi.

Jenis-Jenis Banner

Sebelum kamu mulai memesan sebuah jasa pembuatan banner, kamu harus menentukan terlebih dahulu jenis banner yang ingin kamu buat.

Ingat, setiap banner memiliki fungsi. Misalnya, banner digital yang tersemat di website atau videotron di jalanan, banner yang terbuat dari vinyl agar tahan terhadap cuaca di luar ruangan, dan lain sebagainya.

Sekalipun memiliki manfaat yang sama, akan tetapi tekhnik dari masing-masing banner harus kita perhatikan dan pikirkan dengan sebaik-baiknya.

Maka dari itulah, ada beberapa jenis dan tipe banner yang harus kamu ketahui terlebih dahulu agar bisa dicocokan dengan tujuan dan keinginan dari masing-masing pengiklan.

Adapun jenis-jenis banner yang bisa dikerjakan oleh setiap penyedia jasa adalah sebagai berikut:

Banner Digital

Banner Digital

Mungkin digital banner merupakan jenis yang paling simple dan paling menghemat biaya pada saat pembuatannya. Pasalnya, kita tak perlu melakukan printing dan bisa langsung digunakan.

Baca juga
Strategi Amazon Dalam Memberi Harga Yang Bisa Ditiru

Kelemahannya terletak pada modal iklan yang lumayan banyak karena melibatkkan pihak ketiga, yaitu orang yang memiliki lapak.

Kita bisa menyematkan banner tersebut di website-website ternama dan harus membayar sewa bulanan. Semakin terkenal sebuah website, maka akan semakin mahal.

Kita juga bisa menggunakan Google Adwords. Untuk biayanya, platform iklan ini menggunakan hitungan PPC, atau pay per click. Jadi kita hanya akan membayar ketika ada orang yang mengklik banner yang telah kita buat. Cukup adil kan?

Banner digital pun bisa kita tampilkan di videotron. Buat kamu yang belum tahu, videotron merupakan layar LED sangat besar yang ada di jalanan, sehingga para pengguna jalanan bisa melihat iklan banner kita dengan animasi bergerak yang ramah pengguna.

Sangat berbeda dengan banner fisik yang bisa kita tempelkan di perusahaan atau lokasi tempat kita beraktivitas atau menjalankan usaha.

Tetapi jika mau, kita pun bisa menayangkan banner digital tersebut di kantor jika tersedia TV LED di sana. Hanya saja, iklan yang paling efektif adalah melalui website terkenal atau melalui videotron, dan harganya lumayan sangat tinggi.

Jadi jika kamu ingin menggunakan banner digital, maka harus dipersiapkan modal yang lumayan besar, dan jangan sampai berhenti di tengah-tengah karena jatuhnya malah akan merugikan.

Menggunakan jasa pembuatan banner saja sudah memakan biaya, sehingga jika aktivitas ngiklan kamu berhenti di tengah jalan, maka jatuhnya hanya membuang-buang uang saja.

Banner Vinil

Sekarang kita masuk ke banner fisik, yang mana setelah didesain, maka kita wajib melakukan printing dengan biaya yang wajar.

Salah satu material yang digunakan untuk melakukan print tersebut adalah berbahan dasar vinil. Kebanyakan spanduk vinil terdiri dari kombinasi bahan dari jaring poliester dan vinil.

Berkat serat jala yang terdapat dalam banner vinil tersebut, maka akan menciptakan tampilan akhir yang halus. Meskipun begitu, kita harus tetap menyerahkan segala macam prosesnya kepada jasa pembuatan banner karena terdapat tekhnik dan alat tertentu untuk bisa memberikan kualitas gambar terbaik saat dicetak.

Banner vinil juga memiliki banyak kegunaan dan kelebihan. Kita bisa membawanya kemanapun kita ingin pergi, dan bisa memasangnya di tempat-tempat yang telah diizinkan. Alhasil, kita bisa melakukan promosi logo perusahaan, promosi khusus, acara, tim sepak bola, dan lain sebagainya tanpa mengenal waktu dan tempat.

Bisa dibilang vinil ini merupakan bahan banner terbaik untuk penggunaan luar ruangan. Pastikan pula kamu memilih jasa pembuatan banner yang menggunakan bahan dasar vinil yang tahan lama dan ringan, salah satunya dibuat dari polivinil klorida yang fleksibel.

Baca juga
Cara Membuat Halaman Privacy Policy Website

Jenis vinil tersebut cenderung lebih tahan air, tahan cuaca, dan tahan pudar, sehingga membuatnya menjadi nampak sempurna saat digunakan di luar ruangan. Gampangnya, mintalah kepada penyedia jasa untuk memperlihatkan contoh banner hasil buatan tangan mereka.

Tanyakan pula mengenai bahan dasar vinil yang digunakan. Jika mereka menggunakan polivinil klorida, maka wajib untuk kamu kejar.

Banner Retractable

Sesuai namanya, kata retract pada banner jenis ini memungkinkan kita menarik keluar dari gulungan saat ingin digunakan, lalu menggulungnya kembali jika telah selesai dan ingin dirapikan.

Dengan begitu, calon konsumen kita tidak akan membaca setiap waktu banner yang kita pasang. Misalnya, kita hanya ingin menggunakannya pada jam-jam tertentu saja saat ada diskon di setiap produk yang kita pasarkan.

Dengan adanya sistem retract ini, kita tak perlu bolak-balik membawa dan memasang kembali banner saat sebelum dan sesudah digunakan, akan tetapi cukup dengan menggulungnya saja! Dengan begitu, kita bisa lebih menghemat waktu dan tenaga.

Dikenal pula dengan sebutan spanduk berdiri, banner retractable ini bisa digunakan untuk penggunaan outdoor dan indoor. Jika kita main ke mall-mall atau toko baju, maka kamu pasti akan sering melihat banner jenis ini, terutama di bagian produk yang senantiasa menyediakan promo dan diskon.

Selain memperkenalkan produk dan menciptakan brand awareness, banner jenis ini sangatlah cocok untuk digunakan sebagai pengumuman dari suatu produk.

Jadi, jika kamu ingin melakukan aktivitas tersebut, maka jangan lupa memberikan sketsa gambar secara vertikal agar bisa disematkan di banner retractable.

Banner Kain

Bisa dibilang banner kain ini merupakan gambar yang dicetak pada campuran kain tertentu, atau bahkan menggunakan 100% poliester, sehingga dapat dicuci dan tahan kerutan.

Ada sejenis poliester yang mampu mengurangi pantulan cahaya, sehingga orang-orang tidak akan merasa silau saat melihatnya. Tapi bukan berarti tak ada pantulan sama sekali.

Kain ini cenderung menyerap cahaya tetapi masih bisa memantulkannya seminimal mungkin. Alhasil, ada kemilau yang mampu meningkatkan desain menjadi tersublimasi, dan membuatnya nampak lebih cantik terutama jika dipadu-padankan dengan pewarna dan kualitas cetaknya.

Bedanya dengan vinil adalah banner kain jauh lebih hemat biaya, dan cocok untuk diangkut atau dipindah-pindahkan karena dapat dilipat dan tidak boros ruangan. Untuk alasan ini pulalah banner kain lebih mudah saat disimpan.

Intinya, gunakan banner kain saja jika ingin harganya jauh lebih murah dan lebih simpe saat disimpan.

Baca juga
6 Bisnis Kecil Terbaru Modal Kecil Menguntungkan 2018

setidaknya ada 4 bahan utama yang digunakan untuk pembuatan banner kain, yaitu 100% poliester, kain statin, campuran poliester dan nilon, serta campuran kain poliester dan lycra.

Masing-masing darinya membawa keuntungan masing-masing, jadi pastikan kamu melakukan riset terlebih dahulu ya! Entah itu dari segi kekuatan, kemudahan saat dicuci, atau bahkan dari segi harganya.

Banner Mesh

Spanduk mesh juga tak kalah dalam memberikan keutamaannya, karena banner ini dicetak dengan lubang kecil sehingga ada ruang bagi angin untuk berhembus. Alhasil, banner mesh tidak akan terbawa terbang oleh hembusan angin sehari-hari (kecuali ada badai).

Untuk alasan inilah, banner jala atau mesh ini seringkali digunakan untuk iklan luar ruangan. Para penyedia jasa pembuatan banner seringkali mencetaknya di satu sisi dan diproduksi dengan menggunakan tinta tahan sinar matahari dan abrasi.

Berbeda dengan banner yang terbuat dari vinyl, spanduk jala ini mampu bernafas sehingga dari sisi kekuatannya nampak lebih unggul. Bahkan banner mesh lebih tahan terhadap sobekan, alhasil mampu bertahan lebih lama.

Sebagian besar spanduk mesh ini mampu bertahan selama 3 hingga 5 tahun untuk pemakaian outdoor. Sementara untuk penggunaan dalam ruangan biasanya mampu bertahan jauh lebih lama, yaitu antara 7 hingga 10 tahun.

Tata Cara Menggunakan Jasa Pembuatan Banner

Tata Cara Menggunakan Jasa Pembuatan Banner

Kita tak bisa serta-merta datang dan meminta penyedia jasa pembuatan banner membuatkan spanduk untuk kita. Mereka bukan cenayang yang bisa membaca isi hati kita, melainkan haruslah ada komunikasi diantara kedua belah pihak.

Agar lebih memudahkan, maka desain haruslah dibuat oleh pihak buyer terlebih dahulu dalam bentuk sketsa, kemudian desainer dari pihak seller akan mempercantiknya dengan lekukan yang indah serta pewarnaan yang bikin orang tertarik untuk menatapnya.

Adapun tata cara untuk menggunakan jasa pembuatan spanduk manapun adalah sebagai berikut.

  1. Buat Tujuan Terlebih Dahulu

Dengan menentukan tujuan banner dibuat, maka kita bisa memesan jenis yang sesuai seperti yang sudah disebutkan di atas. Jika malas membaca lagi tulisan panjang diatas, kita rangkumkan ke dalam beberapa kalimat seperti ini:

  • Gunakan banner digital jika ingin menggunakan website, Google Adwords, atau videotron.
  • Gunakan banner vinyl jika ingin tahan terhadap cuaca. Cocok digunakan di luar ruangan.
  • Gunakan banner retractable jika ingin menggunakannya di waktu-waktu tertentu tanpa harus mengangkat dan memasangnya kembali. Cocok digunakan dalam ruangan.
  • Gunakan banner kain jika ingin mudah disimpan dan dicuci. Cocok untuk dibawa-bawa karena cenderung lebih ringan dan mudah dikantongi.
  • Gunakan banner mesh untuk penggunakan di luar ruangan dengan kondisi atau cuaca yang sering berangin.
Baca juga
Definisi Perjanjian PKWT dan Hal-hal Mengenai PKWT

Sekarang balik lagi ke pertanyaan sebelumnya, untuk tujuan apakah banner tersebut digunakan? Jangan menjawab “untuk iklan” ya! Soalnya semua banner memang digunakan untuk hal tersebut.

Tetapi pertanyaan ini lebih mengacu pada cara penggunaannya dan aplikasinya terhadap suatu kondisi tertentu.

Buat Sketsa

Buat Sketsa

Sketsa ini bisa dibuat dengan menggunakan coretan-coretan sederhana di atas kertas putih. Jika kamu jago desain, bahkan boleh merancangnya langsung di komputer dengan template yang kamu sukai.

Jangan lupa juga mengenai ukuran dan posisi dari banner yang ingin kamu buat. Semua banner memang menggunakan posisi horizontal, akan tetapi jangan lupakan banner retractable yang menggunakan posisi vertikal.

Kamu juga bisa menggunakan posisi custom buat jenis banner yang lainnya. Ada kok banner selain retractable yang menggunakan posisi vertikal, hanya saja umumnya menggunakan posisi horizontal karena lebih mudah ditempelkan dan dibaca oleh calon konsumen.

Atau jika kamu tak ingin ambil pusing mengonversi dari sketsa ke dalam digital, maka bisa diserahkan sepenuhnya kepada jasa pembuatan banner. Sudah pasti hasil yang diberikan akan sangat bagus karena pewarnaan sudah disesuaikan dengan alat printing mereka.

Biarkan Profesional Bekerja

Screenshot 1

Setelah pembuatan sketsa dilakukan, maka mintalah kepada jasa pembuatan banner untuk memproduksi spanduk yang kamu inginkan. Jangan lupa untuk memberitahu jenis yang kamu butuhkan, serta bahan yang digunakan.

Lalu mintalah tenggat waktu kepada mereka! Jangan sampai pekerjaan dari para penyedia jasa pembuatan banner molor karena gara-gara kamu tak memberikan batas waktu pengerjaan.

Tapi jangan terlalu sempit pula, karena kualitas terbaik terkadang membutuhkan waktu yang tak sedikit. Selama deadline masih logis dengan hasil yang diinginkan, maka semuanya bisa berjalan sesuai rencana. Rata-rata pembuatan banner tidak akan lebih dari 3-7 hari, selama penyedia jasa tidak sibuk dengan antrian pesanan.

Tetap dapatkan kesepakatan mengenai harga dan tenggat waktu yang diberikan, agar merasa enak di kedua belah pihak.

Minta Data Berupa Soft File

Setelah sampai di waktu yang telah ditentukan, segera ambil banner yang sudah dibuat di tempat penjualan jasa pembuatan banner yang telah kami pilih. Jangan lupa bawa flashdisk dan mintalah soft file dari banner tersebut untuk bisa digunakan sewaktu-waktu.

Bahkan nantinya, soft file ini bisa kamu gunakan sebagai banner digital untuk ditampilkan di videotron atau website tertentu sebagai bagian dari pemasaran online.

Soft file tersebut merupakan hak dari para pembeli. Sayangnya, jarang buyer yang meminta soft file tersebut sehingga mereka harus terus-menerus mendesain ulang untuk sketsa yang sama.

Baca juga
Raup lebih banyak uang dari Blog Anda dengan 4 Tipe Konten Ini

Padahal jika memiliki soft file, maka bisa menghemat waktu dan anggaran biaya. Kamu tinggal datang ke tempat penyedia jasa dan meminta mereka untuk mencetaknya saja, tanpa harus mengeluarkan biaya desain terlebih dahulu.

Dengan memiliki banner untuk tujuan beriklan, maka kita bisa mendapatkan lebih banyak visibilitas dan konversi penjualan. Spanduk bahkan termasuk ke dalam sarana iklan yang paling banyak terlihat dan diperhatikan oleh pelanggan secara cepat dan tepat.

Dengan didukung oleh grafis dan animasi, maka akan membuat banner iklan kamu lebih banyak dilihat dan menarik minat khalayak umum.

Silahkan bandingkan dengan iklan di TV, maka banner akan jauh lebih menghemat biaya, cepat, dan proses pembuatannya yang mudah, sehingga menjadi salah satu sarana terbaik untuk membangun merk produk dan brand awareness kita.

5/5 (1 Review)