Jasa Pembuatan Aplikasi Android

Daftar isi konten

Di dunia smartphone, android cenderung mampu mendominasi pasar dunia hingga mencapai lebih dari 87%. Nilai ini tentunya menjadikan Google App Store lebih ramai dengan aplikasi daripada Apple App Store maupun Windows App Store.

Alasannya cukup sederhana. Dimana ada banyak orang berkumpul, disitulah cuan berada. Alhasil, para pengembang aplikasi pun lebih ingin bermain aman dengan menginvetasikan dana mereka untuk membuat aplikasi berbasis android.

Aplikasi ini bisa tersedia dalam berbagai macam jenis, entah itu game, website, hingga medsos terkenal seperti tiktok dan facebook.

Berbeda dengan iPhone yang hanya dimiliki oleh Apple dan Windows yang hanya dipegang oleh Microsoft, android merupakan jenis open source yang bisa digunakan secara bebas oleh berbagai macam produsen handphone.

Para produsen hp pun mampu memproduksi smartphone android dengan berbagai macam ukuran layar, resolusi, dan fitur perangkat keras tertentu. Harga dari gadget itu pun bisa disesuaikan dengan isi kantong kita.

Artinya, android jauh lebih memasyarakat dibandingkan dengan Apple dan Windows. Fakta ini tentunya menjadi sinyal bagi kita untuk ikut andil bagian di dunia software berbasis android.

Jika kamu tak tahu cara membuat aplikasi namun sudah memiliki konsep yang matang dan terlihat menguntungkan, maka sudah saatnya kamu mulai action dengan menggunakan jasa pembuatan aplikasi android.

Bahkan pengembangan aplikasi berbasis android ini bisa dilakukan dengan sangat singkat berkat tips dan trik yang dimiliki oleh para profesional muda.

Sebagai gambaran, berikut adalah beberapa pekerjaan yang akan dilakukan oleh para penyedia jasa pembuatan aplikasi android yang berkualitas dan ahli di bidangnya.

  1. Menggunakan Tools Khusus

Menggunakan Tools Khusus

Seorang programmer profesional pastinya bisa mendesain UI dan UX dari aplikasi seluler yang tengah dikembangkan. Namun, melakukannya secara manual pasti akan membutuhkan lebih banyak waktu. Itu artinya, ada banyak biaya yang harus kamu keluarkan.

Untungnya, sekarang sudah ada framework atau kerangka kerja yang selalu digunakan oleh para pembuat dan pengembang aplikasi android, yang mana nantinya akan mengikuti pedoman baku yang dirilis oleh Google itu sendiri.

Dengan menggunakan tools khusus tersebut, maka tak hanya pekerjaan menjadi lebih cepat selesai, juga akan mempermudah kita untuk membangun, menguji, dan memelihara aplikasi android yang kita miliki.

Tetapi sekalipun alat ini tak mengharuskan kita jago dalam membaca bahasa pemrograman, tetapi ada kalanya kita membutuhkan skill tersebut jikalau menghadapi beberapa bug, masalah, atau ingin membuat custom design.

Maka dari itulah, para penyedia jasa pembuatan aplikasi android juga harus tetap mengerti dasar-dasar bahasa pemrograman untuk mengisi berbagai macam kekosongan yang ada. Tools hanya digunakan untuk mempermudah dan mempercepat pekerjaan, tetapi bukan berarti mereka tak bisa membaca coding-coding di komputer.

Baca juga
Cara Mengatasi Sinyal Hilang Tidak Ada Jaringan 3G 4G

Penyedia jasa terbaik harus mampu mengetahui dasarnya terlebih dahulu sebelum menggunakan tools-tools yang memanjakan.

  1. Mengikuti Pedoman Android

Di dunia manapun, pasti selalu ada aturan tersendiri yang harus kita ikuti agar tetap aman dan damai. Begitupun dengan aplikasi android, ada pedoman desain yang tak boleh dilanggar pada saat proses pembuatan dan pengembangan, sehingga hasil akhirnya akan lolos review dan diterima oleh masyarakat secara umum.

Para penyedia jasa pembuatan aplikasi android sudah pasti tahu betul seluk-beluk dari pedoman tersebut, sehingga kemungkinan untuk melanggar kebijakan dari Android dan Google pun bisa dihindari sepenuhnya.

Pedoman android ini selalu di-update dari waktu ke waktu, dan ditulis dengan menggunakan bahasa Inggris. Sekalipun ada versi terjemahannya, tapi – tahu sendiri – bahwa tulisan tersebut tidak layak dibaca oleh orang awam.

Gaya bahasanya yang kaku membuat kita kesulitan untuk mencerna setiap kata yang tersedia di sana.

Untungnya, kamu tak perlu memusingkan hal-hal rumit semacam itu jika menggunakan layanan jasa pembuatan aplikasi android. Nantinya tim ini akan menilai mengenai konsep yang kamu berikan.

Jika misalnya dirasa bertentangan dengan pedoman android (misalnya SARA), maka akan disarankan untuk mengeditnya, atau bila perlu menggantinya dengan yang baru. Mencegah lebih baik daripada kehilangan banyak uang akibat proses pembuatan dan pengembangan yang asal-asalan.

  1. Mengadopsi Teknologi Cloud

Saat kita mengembangkan dan menguji sebuah aplikasi android yang tengah dibuat, maka seringkali mengalami berbagai macam masalah fragmentasi pada perangkat dan sistem operasi terkait.

Nah, teknologi berbasis cloud ini mampu mengatasi masalah klasik tersebut, sehingga kamu pun bisa memanfaatkannya untuk membangun aplikasi seluler tanpa harus memiliki dan merawat infrastrukturnya secara fisik.

Penyedia jasa pembuatan aplikasi android juga tentunya menggunakan teknologi canggih yang satu ini, terlebih jenis yang responsif sehingga akan cepat selesai dan meminimalkan masalah yang mungkin muncul.

Tak hanya android saja, jenis OS yang lainnya pun seringkali menggunakan teknologi cloud. Hal ini karena penggunaannya bisa ditujukan untuk menyesuaikan aplikasi secara otomatis untuk masing-masing perangkat tanpa harus membuat perubahan pada fitur, fungsionalitas, dan datanya.

  1. Fokus Pada Pengguna

Kita memang boleh memikirkan cuan dari monetasi sebagai tujuan akhir. Namun, tujuan akhir pastinya selalu ditempatkan di bagian belakang, karena ada banyak proses yang harus kita lalui terlebih dahulu sebelumnya.

Baca juga
Panduan Cara Pasang TWRP Redmi 4A Series Terbaru

Hal yang paling mendasar dan krusial adalah mesti fokus pada pengguna. Semakin para pengguna aplikasi android kita merasa nyaman saat menggunakannya, maka secara otomatis uang pun akan berdatangan.

Bahkan kebanyakan para pengembang aplikasi akan menganggap cuan itu sebagai bonus, tepat setelah mereka memuaskan hati para konsumen atau penggunanya.

Penyedia jasa pembuatan aplikasi android sendiri akan mencoba untuk membuat pengguna app kamu merasa istimewa dengan cara menyematkan fitur-fitur terbaik di dalamnya.

Misalnya ada fitur umpan balik (feedback), komentar, dan masukan. Pada saat yang bersamaan, kita pun harus mencoba menerapkan umpan balik tersebut sebagai saran emas yang diterima.

Alhasil, para pengguna kita pun akan merasa spesial dan diakui oleh kita, sehingga menjadikannya langganan setia.

Efeknya tak berhenti sampai di sana! Pengguna yang puas akan menjadi buzzer gratis karena mereka pasti menyarankan orang lain untuk menggunakan aplikasi kita tersebut.

Jadi sudah jelas, fokus pada pengguna malah akan menarik lebih banyak cuan secara berkelanjutan, dan bisa menjadi investasi jangka panjang.

  1. UI yang Cepat dan Responsif

Sudah banyak penelitian yang menunjukkan bahwa para pengguna males menggunakan – dan bahkan membenci – aplikasi android yang lambat serta tak responsif.

Untuk alasan inilah, penyedia jasa pembuatan aplikasi android akan berusaha sekeras mungkin untuk senantiasa membuat UI (antarmuka pengguna) yang mampu diakses dan digunakan secara cepat serta responsif.

Tata letak yang sederhana serta desainnya yang rapi juga akan diberikan sebagai nilai tambah bagi para pengguna aplikasi kamu tersebut.

Tugas ini nampak seperti sederhana, tetapi secara prakteknya harus dilakukan secara masif. Misalnya, saat debugging dan menghapus semua coding yang bisa memberatkan aplikasi android itu sendiri.

  1. Aplikasi Super Aman

Aplikasi Super Aman

Handphone kita pastinya memiliki berbagai macam data pribadi yang begitu penting. Sebut saja foto-foto yang bersifat privasi, alamat rumah, nomor telepon, hingga rekening bank, semuanya pasti tersemat di sana.

Membuat aplikasi android dengan tingkat keamanan tinggi menjadi wajib hukumnya, agar pengguna kita tetap aman saat menginstal app yang telah kita buat dengan susah payah.

Dengan mempertahankan keamanan para pengguna, maka akan membuat mereka tetap santai dan tenang sepanjang waktu. Itu berarti, kita bisa mendapatkan lebih banyak passive income selama yang kita bisa.

Ancaman ini datang dari para hacker yang mencoba mencuri data para pelanggan. Bahkan ada beberapa penyedia jasa jahil yang menyematkan virus dan spyware pada aplikasi para kliennya.

Baca juga
3 Tips Cara Menghilangkan Virus Iklan di Android

Jadi tugas kamu pun harus selektif dalam memilih penyedia jasa pembuatan aplikasi android, terutama jika dilakukan secara online.

Aplikasi yang diduga mengandung virus atau coding berbahaya juga bisa membuat Google mengambil tindakan, sehingga pada akhirnya kita tak bisa menyimpannya di App Store miilk mereka.

Situasi ini tentunya sangat merugikan kita sebagai pemilik dari aplikasi tersebut. Kita pun akan sulit melakukan komplain kepada para penyedia jasa yang jahil.

Jadi tetap berhati-hati ketika berbisnis secara online, terutama jika bersangkutan dengan software dan aplikasi yang melibatkan banyak pengguna.

  1. Ada Fitur mCommerce dan Pembayaran Seluler

Ada Fitur Mcommerce Dan Pembayaran Seluler

Ini khusus buat kamu yang ingin membuat toko online seperti Tokopedia atau aplikasi biasa sambil menjual barang tertentu.

Barang tersebut tidak dibatasi oleh jenisnya, entah itu fisik atau digital, semunya bisa dilakukan dengan mudah.

Asyiknya, fitur mCommerce dan pembayaran seluler ini bisa dilakukan secara otomatis, sehingga kamu tak perlu melayani pelanggan dan mengirimkan invoice berkali-kali. Semuanya serba otomatis sehingga menjadi passive income yang begitu menjanjikan.

Di saat yang bersamaan, pengguna kita pun akan merasa terbantu dengan fitur yang satu ini, karena memudahkan mereka saat ingin membeli dan bertransaksi. Mereka bisa melakukan pembayaran kapanpun dan dimanapun mereka berada.

Penyedia jasa pembuatan aplikasi android juga akan memastikan bahwa pengguna app kamu tersebut dapat dengan mudah melakukan pembayaran melalui berbagai macam cara.

Zaman sekarang orang cenderung lebih mencari sesuatu yang mudah dan praktis, dan penyedia jasa profesional bisa memfasilitasi hal tersebut buat kamu.

Bakan fitur mCommerce ini sangatlah disarankan buat kamu yang memiliki produk untuk dijual, karena bisa mendatangkan berbagai macam manfaat seperti:

  • Proses pembelian lebih cepat
  • Lebih mudah melakukan positioning produk
  • Mengurangi biaya SDM
  • Iklan dan pemasarannya yang jauh lebih terjangkau
  • Fleksibilitas bagi para pelanggan
  • Tidak ada batasan jangkauan
  • Pelanggan bisa membandingkan produk dan harga lebih mudah dan cepat
  • Respon lebih cepat terhadap permintaan pasar serta pembeli

Semua faktor di atas menjadi salah satu syarat untuk menjadi seorang juragan di internet. Selama semuanya serba praktis dan tidak ribet, maka uang akan secara otomatis mengalir secara lebih lancar dan cepat.

Kamu bisa membuktikannya sendiri nanti setelah membuat app melalui penyedia jasa pembuatan aplikasi android yang berkualitas dan ahli di bidangnya.

  1. Membuat Aplikasi yang Kompatibel

Seperti yang kita tahu bahwa software android itu selalu mengalami perubahan dari waktu ke waktu. Semakin hari maka akan semakin canggih. Tetapi sisi negatifnya, ada beberapa aplikasi yang tak kompatibel dan tak mampu mengikuti perkembangan dari OS tersebut.

Baca juga
Tips Mengatasi iPhone Dicas Malah Berkurang

Para penyedia jasa pembuatan aplikasi android harus mampu membuat app yang kompatibel dengan perangkat apapun, dan menjadi standar baku dari kemampuan seorang pengembang software.

Memiliki kemampuan tersebut bukan semata-mata karena ingin pamer dan menjadi orang terpintar di bidangnya, akan tetapi mengikuti permintaan pasar yang terus kian bertambah hampir setiap detik.

Kompatibilitas ini nantinya akan mempengaruhi nilai aplikasi kamu di mata Google App Store, sehingga diharapkan mampu mendapatkan skor di atas rata-rata dari aplikasi-aplikasi serupa yang menjadi saingan kita di dunia software.

  1. Mengikuti Tren Masa Kini

Mengikuti Tren Masa Kini

Demi mempertahankan popularitas dan profitabilitas sebuah aplikasi android dalam jangka waktu lebih lama, maka kita pun harus senantiasa mengembangkannya sesuai dengan tren terbaru atau yang tengah berkembang saat ini.

Tren ini tentunya tidak mengacu pada sudut pandang orang awam saja, melainkan berdasarkan teknologi masa kini.

Perkembangan dunia teknologi masa kini mengalami kemajuan lebih cepat dari ilmu manapun, alhasil para pengembang aplikasi android dituntut untuk mampu kreatif lebih cepat agar tak tergerus oleh zaman.

Misalnya menjelang teknologi 5G yang sudah mulai dilirik oleh para produsen hanphone, maka kita pun harus mampu mengimbangi kemajuan tersebut.

Ada desas-desus bahwa 5G cenderung dilarang di beberapa negara karena bisa mempengaruhi sisi security dari sebuah aplikasi. Itu berarti, penyedia jasa pembuatan aplikasi android harus meningkatkan sistem keamanannya agar terhindar dari hal-hal yang tak diinginkan.

Namun, 5G tentunya bisa memberikan lebih banyak manfaat daripada isu tersebut. Salah satunya adalah mampu membuat aplikasi android kita menjadi lebih cepat terbuka dan mengurangi idle time akibat koneksi internet yang buruk.

Faktanya sudah banyak para pengguna 5G yang mengaku bahwa mereka lebih nyaman saat membuka aplikasi yang telah tersemat di handphone daripada ketika mereka masih menggunakan jaringan 4G.

Bayangkan jika calon pelanggan kita begitu mudah mengakses aplikasi yang telah dibuat, sementara didukung dengan tampilannya yang begitu responsif dan enak dipandang, maka bisa meningkatkan konversi penjualan berkali-kali lipat.

  1. Quality Control yang tak Sembarangan

Setelah kamu memberikan konsep aplikasi yang ingin dibuat dan para penyedia jasa pembuatan aplikasi android tersebut selesai melakukan tugasnya dengan baik, maka langkah terakhir adalah melakukan quality control dari berbagai macam aspek.

Pengujian aplikasi seluler ini ditujukan agar kita mampu mengidentifikasi dan memperbaiki kecacatan (jika ada), yang biasanya akan mempengaruhi fungsionalitas, kinerja, kegunaan, hingga keamanan.

Baca juga
Cara Mengubah Tanggal Foto di HP iPhone Android Open Camera

Para penyedia jasa yang berpengalaman pastinya akan senantiasa mengevaluasi berbagai macam faktor pada aplikasi android kita secara akurat.

Aplikasi tersebut juga akan diuji coba di berbagai macam perangkat dan merk handphone yang berbeda, demi memastikan bahwa app kita memang sudah responsif di berbagai macam ukuran layar handphone yang beragam.

Berkat pekerjaan yang tak setengah-setengah, maka kamu bakal mendapatkan aplikasi android yang super keren, bebas kemacetan, cepat saat diakses, serta terhindar dari serangan para hacker jahil dan berbahaya.

Jangan lupa pula untuk memilih opsi monetasi secara tepat agar cuan yang didapatkanpun semakin optimal.

Para pengguna handphone akan semakin terus berkembang seiring dengan kemajuan zaman. Kondisi ini tentunya harus kita manfaatkan sebaik mungkin, apalagi jika bisnis kamu sebagian besar aktivitasnya dilakukan melalui internet.

5/5 (1 Review)