Ngiklan di Google Adwords sudah biasa! Bagaimana kalau misalnya kita mencoba platform baru, misalnya iklan di Instagram.

Sama halnya seperti visitor yang berasal dari mesin pencarian Google, ngiklan di Instagram juga bisa mendatangkan pembeli tertarget.

Dapat pula menawarkan suatu produk baru kepada mereka yang memiliki antusiasme dan passion yang sama dengan barang atau jasa yang ingin kita jual.

Harganya pun cenderung jauh lebih bersahabat dengan kantong kita. Rata-rata biaya iklan di Instagram itu berkisar antara $0.20 hingga $6.70, tergantung pada model penawaran.

Kemudian ada pula 2 jenis iklan yang bisa kita pilih, entah itu berjenis pay per click yang harus dibayar tiap kali ada pengunjung yang mengklik iklan kita, atau CPM yang harus membayar per 1000 kali tayangan.

Kedua fitur tersebut harus kita manfaatkan dengan sebaik-baiknya, agar biaya ngiklan kita tidak menjadi mubazir.

Masing-masing dari jenis iklan pun memiliki ilmu tersendiri untuk bisa memaksimalkan kinerja dari ads yang kita tayangkan, dan membutuhkan pengalaman yang mungkin tidak sedikit.

Jasa pasang iklan instagram sendiri hadir untuk memenuhi kebutuhan kamu terhadap aktivitas marketing tersebut.

Penyedia jasa ini bisa membantu terhindar dari hal-hal teknis yang biasanya bikin mumet dan membutuhkan ketelitian yang tak sedikit. Jadi, untuk gampangnya mending pilih jasa pasang iklan instagram saja.

Strategi yang Digunakan

Popularitas instagram pada saat lahir tentunya tidak seheboh seperti sekarang. Diluncurkan pada tahun 2010, platform medsos ini mulai banyak dilirik orang setelah diakuisisi oleh Facebook.

Ini menjadi bukti yang nyata bahwa sistem dan strategi marketing yang tepat dapat mengubah hal-hal yang kurang menarik menjadi sesuatu yang banyak digandrungi oleh masyarakat kita.

Begitupun dengan produk kita yang membutuhkan pendekatan marketing melalui ngiklan di instagram, maka dengan tekhnik yang tepat bisa saja meningkatkan penjualan dalam jangka panjang.

Menurut eMarketer sendiri menyebutkan bahwa jumlah perusahaan yang memanfaatkan Instagram untuk periklanan cenderung terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun, dan jumlah ini mungkin akan melampaui media sosial lainnya seperti Facebook dan Twitter.

Untuk itulah, para penyedia jasa pasang iklan instagram menjalankan beberapa strategi dan pendekatan marketing seperti berikut ini:

Menggunakan Fitur Zoom

Menggunakan Fitur Zoom

Beberapa waktu yang lalu, instagram meluncurkan update-an baru yang disebut sebagai fitur zoom. Fitur ini memungkinkan kita sebagai pengguna untuk memperbesar foto dan video dengan cubitan kecil di layar handphone kita.

Uniknya, penambahan update-an ini berasal dari para pengguna Instagram itu sendiri sehingga menjadi salah satu fitur terbaik untuk digunakan sebagai aktivitas ngiklan.

Tak perlu lagi susah-susah melakukan eksperimen, toh fitur zoom sudah begitu populer dan diminati oleh para penggunanya.

Penyedia jasa pasang iklan Instagram akan memaksimalkan penggunakan fitur zoom ini untuk menawarkan merk sekaligus membuat produk kita nampak lebih bersinar. Kita bisa menitikberatkan iklan tersebut pada bagian yang ingin terlihat oleh calon pelanggan kita.

Alhasil, calon pelanggan pun akan dipaksa untuk melihat bagian terpenting dari iklan yang kita tawarkan dan tampilkan. Keterlibatan iklan kita di Instagram pun akan meningkat secara drastis dibandingkan dengan postingan biasa.

Semakin kita sering menawarkan iklan dengan produk yang membuat mereka tertarik, maka kemungkinan untuk berkunjung ke website atau akun kita pun akan semakin tinggi, sehingga menjadi investasi jangka panjang yang menjanjikan.

Mempromosikan Konten Terbaikmu

Mempromosikan Konten Terbaikmu

Membuat iklan baru memang bisa mendatangkan penjualan, tapi bagaimana jika ada postingan yang sudah terbukti mampu memberikan tingkat konversi yang begitu tinggi?

Seperti hukum pareto yang menyarankan kita untuk menggunakan tekhnik yang sudah terbukti menghasilkan secara berulang-ulang, maka penyedia jasa pasang iklan instagram pun akan melakukan hal yang sama.

Pertama-tama, mereka akan melihat postingan akun instagram kamu secara keseluruhan dan mencari satu atau dua konten yang nampak memiliki engagement tinggi dengan para pengguna instagram.

Jika ada, maka postingan tersebut akan kembali didaur ulang untuk dijadikan iklan, tetapi ditambah dengan tekhnik pribadi agar jauh lebih efektif dan efisien saat dilakukan. Alhasil, kekuatan postingan berkonversi tersebut menjadi jauh lebih powerful

Iklan yang kita tayangkan tersebut disebut sebagai kampanye. Nah, pada kenyataannya tidak semua kampanye akan mendatangkan kesuksesan. Ini karena jenis postingan yang kita sediakan pun berpengaruh besar terhadap hasil yang diberikan.

Maka dari itulah, menggunakan postingan yang memiliki engagement tinggi di masa lalu bisa menjadi aset terpenting buat kita, yang bisa kita gunakan secara berulang-ulang untuk meningkatkan penjualan.

Di saat yang bersamaan, terus lakukan postingan seperti biasa setiap hari secara teratur untuk menemukan konten baru lainnya dengan tingkat engagement tinggi.

Ngiklan di platform manapun selalu melibatkan probabilitas. Semakin sering kita melakukan postingan, maka akan semakin memberikan lebih banyak data yang diperlukan.

Meningkatkan Target Pasar

Target pasar sangatlah wajib dimasukan ke dalam aktivitas ngiklan kita di instagram, apalagi jika budget kita terbatas. Semakin mengkerucut target market kita, maka akan semakin rendah biaya yang harus dikeluarkan, sekaligus semakin tinggi pula tingkat konversi yang dihasilkan.

Bagian ini biasanya bermain-main dengan urusan teknik, sehingga penting diserahkan sepenuhnya pada penyedia jasa pasang iklan instagram yang telah kamu pilih.

Karena selain adanya mekanisme penargetan standar, ada pula beberapa fitur lain yang dapat membantu kita mempersempit fokus dan segmentasi pasar secara lebih efisien dan efektif. Seperti misalnya seperti ini:

  • Pemirsa Khusus dan Pemirsa Serupa. Fitur ini dapat membantu kita mendatangkan orang baru yang memiliki minat, demografi, perilaku, dan latar belakang pekerjaan yang sama berdasarkan audiens atau follower yang sudah mengikuti kita.
  • Pemasaran ulang. Tujuan utama dari fitur ini adalah untuk memantau dan melacak tingkat konversi dari aktivitas ngiklan di medsos yang kita lakukan, sehingga bisa kita gunakan untuk penargetan iklan selanjutnya.

Dikarenakan tingkat pengabaian keranjang rata-rata lebih dari 68%, sehingga pemasaran ulang bisa menjadi strategi terbaik yang bisa kita lakukan.

Pasalnya, para audiens kita tak akan membeli dalam sekali lihat. Rata-rata mereka mau membeli setelah 3 kali melihat iklan yang kita tawarkan.

Membuat Iklan yang tak Nampak Seperti Iklan

Agar kita mendapatkan lebih banyak keterlibatan dan mencetak lebih banyak klik-tayang dengan iklan Instagram, maka jangan buat iklan kita nampak terlihat seperti iklan.

Audiens kita lebih mungkin untuk menanggapai postingan yang terlihat seperti konten alami dibandingkan dengan promosi produk yang terlihat mencolok.

Jika memiliki budget berlebih, pastikan kamu menyewa seseorang yang good looking ke dalam gambar atau video kita. Soalnya, gambar yang berisi wajah mendapatkan 38% lebih banyak like daripada jenis konten lainnya.

Jika kamu menyewa jasa pasang iklan instagram dalam jangka panjang, maka mereka pun akan menyelingi setiap promosi dengan konten-konten yang informatif. Jika tidak, maka follower yang sudah kita kumpulkan dengan susah payah akan berlarian.

Atau jika kamu tak ingin mengeluarkan budget berlebih, maka tugas memberikan konten informatif haruslah kamu lakukan sendiri, sementara bagian promosi dan iklan diserahkan kepada para ahlinya.

Para penyedia jasa akan merencanakan setiap iklan dengan begitu sangat hati-hati! Bahkan sebelum iklan disebarkan, kita harus memiliki pondasi berupa postingan-postingan informatif bernilai tinggi dengan tema yang sesuai dan sama dengan iklan yang nantinya kita tayangkan.

Intinya, jangan hanya berfokus pada audiens baru saja, tetapi juga harus mempertahankan follower lama.

Menambahkan Call to Action

Saat kita membuat iklan Instagram, kita harus menyertakan tombol ajakan bertindak yang disebut sebagai call to action. Para penyedia jasa pasang iklan instagram akan menempatkan di beberapa lokasi yang strategis, misalya dekat dengan keterangan gambar (di kanan bawah gambar).

Tombol CTA ini berada di tempat yang sama saat kita ngiklan di Facebook. Fitur ini menawarkan beberapa pilihan dalam memberikan ajakan bertindak kepada para audiens kita.

Misalnya, kita bisa belajar pada aplikasi kencan yang disebut sebagai clover, dimana mereka meluncurkan kampanye iklan di Instagram untuk mempromosikan aplikasi seluler mereka. Iklan tersebut menargetkan para lajang yang berusia antara 18-35 tahun.

Berkat tombol call to action, iklan tersebut mampu menjangkau audiens secara lebih efektif jauh lebih luas, sekaligus membuat mereka melakukan unduhan aplikasi tersebut sesuai yang diharapkan.

Tombol ini menjadi wajib hukumnya karena akan membawa para audiens ke tujuan yang ingin kita gapai. Ada banyak tujuan pengiklanan yang digunakan, dimulai dari pembelian, download aplikasi, registrasi member baru, dan lain sebagainya.

Tanpa tombol call to action, maka tujuan tersebut akan sangat sulit tercapai, sehingga para audiens kita akan kebingungan ke tempat mana mereka harus berlabuh. Sudah menjadi tugas para penyedia jasa pasang iklan instagram-lah untuk memfasilitasi hal tersebut.

Mempromosikan Dengan Video

Mempromosikan Dengan Video

Jika kamu memiliki budget berlebih, maka bisa memproduksi iklan berupa video dengan durasi kurang dari 30 detik. Tak hanya foto saja, fakta menyebutkan bahwa instagram juga merupakan tempat yang begitu bagus dan ampuh untuk mempromosikan video kita.

Video tersebut bisa langsung menarik perhatian pengguna karena cenderung lebih menonjol dari konten di sekitarnya. Orang-orang lebih suka menonton video meskipun durasinya pendek. Sehingga akan sangat efektif jika iklan yang kita tayangkan berupa format video.

Bahkan saat instagram mulai memperkenalkan fitur video, ada lebih dari 5 juta video yang dibagikan hanya dalam kurun waktu 24 jam pertama saja.

Jika kita menggunakan iklan dalam format video, maka bisa menghasilkan penjualan hingga 2 kali lebih banyak, terutama jika disertai dengan tombol call to action.

Jika kamu masih kebingungan membuat video berkualitas untuk aktivitas ngiklan, maka bisa menggunakan jasa pasang iklan instagram, tentunya dengan biaya yang terpisah.

Dikarenakan mampu menarik banyak pelanggan, maka biaya pembuatan video pun terbilang cukup tinggi, sehingga harus mempersiapkan budget yang sesuai terlebih dahulu.

Konten berupa video juga termasuk ke dalam alat yang ampuh untuk membangun kepercayaan antara diri kita dengan komunitas yang hadir di niche tertentu.

Silahkan tarik antusiasme mereka terhadap merek atau produk yang kamu miliki, kemudian promosikan video tersebut melalui iklan.

Buat Cerita Pendek Dengan Image Carousel

Fitur terakhir yang akan kita maksimalkan untuk tujuan marketing adalah image carousel. Meskipun membutuhkan banyak gambar, akan tetapi fitur ini bisa begitu powerful untuk mengajak audiens kita terlibat di dalamnya.

Biasanya gambar carousel disusun sedemikian rupa hingga menjadikan sebuah cerita utuh, kemudian di gambar paling belakang sematkan iklan kita di sana, sebagai bagian dari call to action.

Dijamin cara ini sangat ampuh untuk meningkatkan konversi. Para penyedia jasa pasang iklan instagram tidak akan terlibat terlalu jauh pada bagian isi konten dan produk, akan tetapi membantu postingan image carousel kamu sampai pada orang-orang yang tertarget.

Haruskah Kita Menggunakan Instagram Ads?

Haruskah Kita Menggunakan Instagram Ads

Jika ditilik pada tujuan dan manfaatnya, maka ngiklan di platform berfoto tersebut bisa menjadi jalur alternatif buat memasarkan produk dengan harga yang jauh lebih terjangkau.

Kuncinya hanya satu, yaitu mampu menyetting iklan dengan sebaik mungkin sekaligus menampilkan postingan yang menarik hati untuk dilirik, dan semuanya bisa dilakukan oleh penyedia jasa pasang iklan instagram.

Jarang orang tahu bahwa saat ini ada lebih dari 1 miliar pengguna aktif di instagram, sehingga menjadikannya lahan menggiurkan bagi pemilik produk dan perusahaan.

Jika kita tak ikut andil bagian di dalamnya, maka akan ketinggalan zaman sehingga sulit untuk bersaing secara langsung di dunia bisnis.

Bahkan jika kita mampu memanfaatkannya sebaik mungkin, maka pasti bisa mendapatkan manfaat seperti berikut:

  • Mendapatkan Audiens Tertarget. Kita bisa menyesuaikan keinginan audiens kita berdasarkan lokasi, minat, demografi, perilaku, dan masih banyak lagi. Hal yang jarang ada di iklan-iklan TV manapun.
  • Meningkatkan Kesadaran Merk. Dikenal pula dengan istilah brand awareness, kita bisa mencapainya dengan beberapa kali ngiklan di Instagram. Asyiknya, biayanya jauh lebih murah daripada harus ngiklan di TV.
  • Meningkatkan Kepuasan Pelanggan. Akun instagram bisa secara langsung berinteraksi dengan para pelanggan kita, sehingga meningkatkan kepuasan mereka yang menjadikannya pelanggan setia.
  • Selalu Terupdate. Instagram seringkali meluncurkan fitur-fitur baru yang menjadi keinginan para pengguna, sehingga membuat kita tetap berada terdepan diantara para pesaing yang tidak menggunakan iklan instagram.
  • Melacak Data. Ada data analitik yang bisa kita gunakan untuk melacak keberhasilan ngiklan kita di instagram. Apakah sudah mencapai tujuan atau belum? Semua informasi tersebut bisa kita dapatkan hanya dalam satu kali lirik saja.
  • Membangu Hubungan Organik ke Audiens. Saat kita memposting konten yang menarik, maka orang yang menyukainya pasti akan melakukan like, komentar, hingga share. Begitupun dengan iklan kita.
  • Sesuai Dengan Budget. Masih ingat dengan program iklan yang sudah dibahas di atas? Instagram memiliki dua jenis platform iklan berupa PPP dan CPM, yang mana bisa disesuaikan dengan budget yang kita miliki. Bikin aktivitas marketing kita semakin fleksibel.
  • Lebih Mampu Diingat. Salah satu kelebihan dari instagram adalah postingan gambar yang lebih mampu diingat dari sekedar kata-kata, dan lebih mudah di-load daripada video yang ada di Youtube.
  • Mengembangkan Merk Secara Berkelanjutan. Kita juga bisa mengembangkan profil akun, page, atau channel kita di medsos lainnya untuk menjangkau lebih banyak audiens melalui periklanan.

Jadi sudah jelas bahwa dengan menggunakan iklan berbayar dari Instagram, maka bisa menjadi cara yang begitu fantastis untuk menjangkau lebih banyak audiens dan pelanggan baru.

Gunakan jasa pasang iklan instagram agar aktivitas marketing tersebut menjadi lebih efisien karena ditangani oleh para ahlinya, demi meningkatkan kredibilitas dan mengonversi lebih banyak penjualan secara berkelanjutan.