Backgr 1 - SEON Digital Marketing

Jasa Optimasi Youtube

Kita pasti selalu merasa jika menonton video itu jauh lebih mudah daripada membaca tulisan dan postingan yang panjang di blog. Sekalipun ada orang yang hobi membaca, tapi itu hanya sebagian kecil dari pengguna internet.

Faktanya, sekitar 59% netizen secara terang-terangan mengaku bahwa mereka lebih memilih menonton video di youtube daripada melakukan browsing di mesin pencarian Google.

Itu artinya, ada peluang tersendiri bagi kita untuk melakukan berbagai macam aktivitas di Youtube, terutama aktivitas marketing dan promosi.

Agar lebih afdol, memberikan sentuhan SEO dapat membuat video di Youtube kita menjadi lebih mudah ditemukan dan ditonton oleh mereka yang tertarik dan membutuhkan.

Memiliki singkatan search engine optimization, SEO sendiri tidak hanya mengacu pada mesin pencarian di Google saja, melainkan di berbagai macam platform dimulai dari Yahoo, Bing, hingga Youtube.

Jadi dengan menggunakan layanan jasa optimasi Youtube, maka tak hanya bisa membuat video kita nangkring di pejawan mesin pencari Google, juga bisa dengan mudah mengalahkan pesaing di hasil pencarian Youtube.

Dikarenakan Youtube dan Google berasal dari perusahaan yang sama, maka algoritma mereka nampak mirip. Dengan begitu, satu tekhnik optimasi yang tepat tentunya bisa digunakan untuk dua jenis tujuan yang berbeda, yaitu naik ranking di Google dan Youtube.

Faktanya, video di Youtube lebih mudah dirankingkan di hasil pencarian Google daripada website pribadi kita, loh!

Jadi tak ada ruginya jika kita menggunakan jasa optimasi Youtube, apalagi jika tersedia jasa optimasi youtube profesional. Mereka akan melakukan berbagai macam optimasi dari yang paling dasar hingga advanced, yang mana tahapannya sudah dituliskan secara lengkap di bawah ini.

  1. Memilih Judul Sesuai Keywords

Memilih Judul Sesuai Keywords - SEON Digital Marketing

Tidak ada kata terlambat! Sekalipun video kamu sudah terpublikasikan, akan tetapi judulnya masih bisa diubah. Apalagi jika video tersebut masih sepi penontonnya, maka mengubah judul tidak akan mempengaruhinya secara negatif, malahan akan meningkatkan penonton jika dilakukan sesuai dengan analisa keywords.

Tim penyedia jasa optimasi youtube pertama-tama akan melakukan riset keyword terlebih dahulu, entah itu berbasis mesin pencarian Google atau di Youtube.

Penyedia jasa akan mencarikan kata kunci yang sesuai dengan isi dari video kamu tersebut, lalu menambahkan kata-kata penarik hati agar tingkat konversinya meningkat.

Contohnya, kamu memiliki video tentang strategi forex menggunakan moving average, maka kamu bisa mencari keywords yang berhubungan erat dengan strategi moving average tersebut.

Setelah itu, tambahkan kata-kata pemanis menjadi “Strategi Forex Moving Average Simple dan Profitable, Khusus Kaum Rebahan”.

Kata “strategi forex moving average” itu ditujukan untuk algoritma google agar kita mudah menargetkan kata kunci tersebut. Sementara buntut kata setelahnya merupakan undangan bagi para calon penonton kita agar tingkat konversi kita menjadi tinggi.

Faktanya, semakin tinggi tingkat konversi yang kita miliki, maka akan menjadi sinyal tersendiri bagi Youtube. Faktor lainnya adalah durasi tonton dari video yang ditayangkan.

  1. Gunakan LSI

Jika misalnya keywords yang kamu targetkan ternyata sudah penuh dan sesak oleh para saingan, maka saatnya menggunakan LSI, atau latent semantic index. Gunanya adalah untuk lebih mengkerucutkan target market kita menjadi lebih terarah.

Asyiknya, selain bisa mengundang calon penonton secara lebih tertarget, juga biasanya LSI masih rendah persaingan.

Kembali kita gunakan contoh forex di atas. Jika kita menggunakan kata kunci “strategi forex” saja, maka akan sangat sulit mendahului para pesaing besar.

Beda lagi jika kita menggunakan LSI menjadi “strategi forex moving average”, maka target market kita akan menjadi lebih spesifik, yaitu mereka yang hanya mau melakukan trading menggunakan indikator MA saja.

Perlu diingat pula bahwa ada 4 tujuan dan maksud dari calon penonton datang ke tempat kita, yaitu bisa berupa mencari informasi, komersial, navigasi, dan transaksional.

Alhasil, tim penyedia jasa optimasi youtube pun akan mencoba menyesuaikan dengan tujuan yang ingin kamu gapai dari video tersebut.

Jika misalnya video tersebut ingin membagikan informasi, maka riset keywords pun akan berbasis tutorial, biasanya diawali dengan “bagaimana cara”, “tips dan trik”, “tutorial”, dan lain sebagainya.

Sementara untuk komersial, maka keywords tersebut akan berbasis “jual jasa”, “jual cepat”, “WTS”, dan beragam kata kunci lainnya.

Jika sudah ketemu yang paling cocok, serta didukung oleh metrik tertentu (pencarian per bulan dan saingan), maka akan langsung diimplementasikan terhadap video yang ingin kamu optimasikan.

Jadi sebelum tim jasa optimasi youtube benar-benar melakukan pekerjaannya, biasanya mereka akan bertanya terlebih dahulu mengenai tujuan kamu menggunakan video tersebut.

Baca juga  Rekomendasi Emulator Android Terbaik Untuk Bermain Mulus

Kemudian proses optimasi akan langsung disesuaikan dengan kebutuhan atau tujuan yang diinginkan. Semakin tertarget, maka akan semakin meningkatkan konversi secara berkelanjutan.

  1. Memasukan Keyword Pada Video File

Agar video kita jauh lebih mudah dioptimasi, maka kita pun harus memberikan nama yang sesuai terhadap video file tersebut. Jadi bukan hanya judul dan deskripsi saja yang harus berisi kata kunci yang tertarget, juga nama video itu sendiri saat masih dalam data mentah.

Tapi jika sudah terlanjur, maka bisa abaikan langkah ini. Lagipula video yang telah terupload tidak akan bisa diedit lagi nama file-nya.

Namun di video selanjutnya, pastikan kamu memasukan keyword pada nama file video yang akan diupload, karena akan mempengaruhi proses optimasi.

Sekalipun kamu menggunakan jasa optimasi youtube, akan tetapi jika prosesnya jauh lebih memudahkan mereka, maka bisa menghemat waktu dan biaya.

Katakanlah tanpa keyword video file, maka kita harus melakukan 2 hingga 3 kali optimasi untuk bisa benar-benar menghalau para saingan.

Namun seringkali kata kunci yang tersemat di dalam video file menjadi jauh lebih efektif saat proses optimasi dilakukan, alhasil dapat naik dengan satu atau dua kali penggunaan jasa saja.

Memang terlihat remeh temeh, akan tetapi penghematan bisa terlihat jelas jika misalnya memesan jasa optimasi youtube untuk di atas 10 video.

Sekecil apapun perubahan yang bisa kita lakukan sebelum menggunakan layanan jasa optimasi youtube, maka akan lebih baik untuk dilakukan agar semuanya cepat selesai dan nampak sempurna.

  1. Optimasi Video Deskripsi

Berbeda dengan nama file video, deskripsi masih bisa diedit oleh para penyedia jasa optimasi youtube sekalipun video yang kamu upload sudah berusia tahunan.

Bahkan salah satu faktor peringkat terpenting untuk SEO Youtube adalah memiliki deskripsi video yang sesuai dengan isi video sekaligus mampu dioptimalkan (mengikuti kaidah SEO).

Tapi ingat, setiap kali kita mengubah atau memperbaharui setiap elemen pada video Youtube – yang mencakup deskripsi video, subtitle, teks, dan thumbnail – maka youtube akan mengevaluasi ulang video kita tersebut.

Jadi harus benar-benar dilakukan oleh para ahlinya, dan hindari melakukan perubahan pada video yang sudah meranking, karena bisa-bisa malah akan membuatnya mengalami penurunan posisi entah itu SERP di Google maupun hasil pencarian video di Youtube.

Youtube sendiri menyarankan agar kita memasukkan kata kunci terpenting di beberapa kalimat pertama deskripsi kita. Sekalipun deskripsi tersebut bisa memuat hingga 5000 huruf (termasuk spasi), tetapi mereka pun memberikan bocoran bahwa deskripsi yang baik adalah tidak lebih dari 200 kata.

Penyedia jasa optimasi youtube akan mulai membuat deskripsi yang unik dan profesional, agar tak hanya bisa dioptimasi di youtube, tetapi juga akan nampak rapi dan bisa bersaing di hasil pencarian Google.

Penyedia jasa juga akan memastikan bahwa deskripsi video yang ditulis sangatlah human friendly dan enak dibaca oleh orang awam sekalipun.

  1. Menambahkan Hashtag

Menambahkan Hashtag - SEON Digital Marketing

Penyedia jasa optimasi youtube juga akan mulai menambahkan hashtag pada deskripsi video kamu. Di seluruh media sosial, tagar “#” seringkali digunakan untuk membantu penonton atau pengguna menemukan konten yang menjawab pertanyaan atau masalah mereka.

Nah, kita bisa memanfaatkan hal tersebut dengan menyematkan hashtag, sehingga kita menjadi penjawab masalah, pertanyaan, atau rasa keingintahuan para calon penonton kita tersebut.

Tag juga secara khusus mampu membantu mendorong hasil pencarian di Youtube karena membuat tren utama menjadi lebih terlihat.

Setelah penyedia jasa menambahkan hashtag ke deskripsi video, maka akan nampak dan terlihat secara jelas di atas judul video dan kemudian menjadi hyperlink yang dapat diklik oleh para penonton kita.

Sayangnya, ada banyak orang yang salah kaprah terhadap penggunaan hashtag. Mereka seringkali menyematkannya di judul, sehingga tak akan nampak dan tak akan pula berubah menjadi hyperlink.

Bukannya meningkatkan optimasi pada video mereka, yang ada akan membuat tampilan judulnya nampak jelek dan amatiran.

Maka dari itulah, wajib menggunakan penyedia jasa optimasi youtube yang berpengalaman agar masalah serupa tidak kamu temui.

Secara alaminya, Google mengatakan bahwa hashtag merupakan kata kunci yang mampu menghubungkan antara satu video dengan video orang lain yang sejenis.

  1. Mencari Kategori Video yang Sesuai

Mencari Kategori Video Yang Sesuai - SEON Digital Marketing

Hal lainnya yang seringkali dilupakan oleh para youtuber adalah kategori dari niche yang mereka pilih. Sama halnya seperti membuat website, kita pun tak boleh keluar jalur topik dari yang telah kita tentukan di awal-awal, karena bisa-bisa subscriber kita pada berlarian karenanya.

Google dan Youtube benar-benar menyarankan kita untuk memiliki niche dan pangsa pasar yang terarah, makanya mereka memberikan fitur kategori setiap kali kita mengupload video.

Baca juga  Beragam Cara Menghilangkan Iklan Di HP Android Yang Wajib Diketahui

Intinya, saat kita mengunggah video apapun, akan sangat penting sekali untuk mengontekstualisasikan video kita dengan kategori yang sesuai, agar kita bisa memiliki peluang lebih baik dan lebih besar untuk ditemukan oleh calon audiens kita.

Jika kamu selama ini selalu mengupload video tapi tak menyertakan kategori di dalamnya, maka penyedia jasa optimasi youtube akan melakukan tugasnya dimulai dari sana.

Adapun beberapa kategori yang disediakan oleh Youtube adalah sebagai berikut:

  • Film & Animation
  • Autos & Vehicles
  • Music
  • Pets & Animals
  • Sports
  • Travel & Events
  • Gaming
  • People & Blog
  • Comedy
  • Entertainment
  • News & Politics
  • Howto & Style
  • Education
  • Science & Technology

Jika misalnya niche youtube kamu berupa bisnis dan ada hubungannya dengan finansial (forex, saham, dan lain sebagainya), maka kategori tersebut seringkali dimasukkan ke dalam People & Blogs.

  1. Buat Thumbnail

Bisa dibilang thumbnail merupakan elemen paling penting untuk meningkatkan konversi kita. Para penyedia jasa memang melakukan optimasi pada video kita, namun sebagian besar hanya bersifat teknikal.

Sementara untuk sisi human dan penonton yang real, maka para youtuber ini akan mulai berperang dengan membuat thumbnail terbaik mereka.

Thumbnail yang bagus bukan berarti harus memiliki tekhnik editing foto yang selevel dewa. Sebaliknya, thumbnail yang mampu meningkatkan konversi adalah jenis yang sederhana, mudah dibaca, terlihat jelas, serta mengocek psikologi dan rasa penasaran kita.

Faktanya, kebanyakan orang akan tertuju pada thumbnail daripada judul yang kita buat, karena gambar jauh lebih mudah dicerna oleh otak manusia daripada tulisan.

Itu artinya, thumbnail akan menjadi hal pertama yang menarik perhatian orang ketika melihat hasil pencarian di Youtube.

Saking pentingnya elemen ini, bahkan ada beberapa penyedia jasa pembuatan thumbnail terpisah dengan biaya yang fantastis.

Maka dari itulah, penting buat kamu untuk menanyakan paket dari jasa optimasi youtube yang akan dipilih. Jika misalnya mereka memasukan pembuatan thumbnail sebagai bagian dari paket, maka bisa menjadi keuntungan tersendiri buat kamu.

Thumbnail yang menarik dan memiliki karakteristik yang kuat akan menghasilkan waktu tonton yang jauh lebih tinggi, sekaligus memberikan pengaruh yang begitu besar pada peringkat video dan channel kita di Youtube.

Salah satu hal terbaik yang selalu digunakan oleh penyedia jasa adalah mengambil satu atau dua adegan dari video tersebut ke dalam bentuk foto, kemudian ditambahkan kata-kata pamungkas yang bisa menarik minat orang untuk mengkliknya.

Agar tak mendatangkan emosi publik, maka penyedia jasa yang profesional tak akan menyematkan thumbnail clickbait, yang mana tak sesuai dengan isi video yang ditampilkan.

Jika para penonton kita merasa tertipu, maka bisa-bisa video kita akan banjir dengan ikon “jempol terbalik” sekalipun video kita memiliki kualitas yang begitu baik. Saat itu terjadi, maka akan menjadi sinyal negatif pada SEO dan youtube itu sendiri.

  1. Tambahkan Subtitle dan Closed Caption

Langkah terakhir yang dilakukan oleh penyedia jasa optimasi youtube adalah menambahkan subtitle dan closed caption di setiap video yang sudah kita miliki.

Meskipun sebenarnya subtitle sebuah video dirancang dan ditujukan untuk mengomunikasikan dialog video bagi penonton yang tak bisa mengerti bahasa kita, akan tetapi masih diperlukan buat pemirsa yang tak dapat mendengarkan audio dari video kita.

Bagian ini akan bermain-main dengan file seperti transkrip lengkap dengan kode waktu di setiap bit teks yang harus ditampilkan. Jika tidak disesuaikan dengan timing dari video tersebut, maka sinkronisasinya akan nampak kacau.

Alhasil bagian ini merupakan pekerjaan yang membutuhkan banyak waktu, ketelitian, ketelatenan, serta kesabaran.

Untungnya, kamu tak harus melakukannya sendiri, karena tim jasa optimasi youtube akan melakukannya buat kamu sebagai bagian dari paket.

  1. Backlinking

Backlinking - SEON Digital Marketing

Biasanya menggunakan jasa yang terpisah, akan tetapi masih wajib dilakukan apalagi jika kamu ingin bersaing di hasil pencarian Google.

Backlinking pada youtube seringkali dilakukan, entah itu pada channel, playlist, atau bahkan pada video itu sendiri.

Uniknya, backlinking pada youtube cenderung jauh dari kata penalti karena domain dari medsos tersebut memang sudah sangat kuat.

Dikarenakan adanya teori ini pulalah, banyak orang cenderung melakukan tekhnik churn and burn yang super agresif dan berbahaya.

Tapi buat kamu yang ingin bermain rapi, maka bisa menggunakan jasa backlinking untuk bisa mengoptimalkan posisi video kamu tersebut. Jika ada yang jauh lebih berkualitas, kenapa mesti memilih yang spammy?