Jasa Kecepatan Blogspot

Daftar isi konten

Kamu memiliki kurang dari 2 detik untuk bisa memberikan kesan pertama yang menyenangkan bagi para visitor yang berkunjung ke blogspot kamu. Bukan masalah tampilan dan artikelnya yang super berkualitas, melainkan dari sisi load time atau kecepatan akses ke dalam website tersebut.

Jika blogspot kita tak mampu terbuka kurang dari 2 detik, maka visitor tersebut akan kabur dan hinggap ke website saingan. Website blogspot yang kita bangun dengan backlinking selevel dewa pun akan sia-sia jadinya.

Kecepatan sebuah website sendiri sudah menjadi salah satu sinyal SEO terpenting yang harus senantiasa kita perhatikan.

Buat kamu yang menggunakan platform wordpress, mungkin bisa diatasi dengan menggunakan plugin tertentu dan meng-upgrade hostingnya dari SSD ke dalam NVME.

Namun berbeda dengan para pengguna website 2.0 builder seperti blogspot, maka pendekatan untuk melakukan perbaikan dan optimasi kecepatan tersebut tidak akan bisa dilakukan dengan menggunakan plugin ataupun ganti hosting.

Ada banyak hal teknis yang harus diperhatikan, diteliti, dicoba, dan diperbaiki. Jika menurut kamu aktivitas tersebut sangatlah ribet dan bikin pusing tujuh keliling, mending gunakan saja jasa kecepatan blogspot.

Ada penyedia jasa dan profesional muda yang siap melakukan pekerjaan membosankan dan meletihkan tersebut buat kamu.

Buat Kamu yang Membutuhkan Jasa Kecepatan Blogspot

Selintas memang nampak remeh temeh, akan tetapi melakukan optimasi kecepatan blogspot membutuhkan ketelitidan dan testing, entah dari segi pengaturan, HTML, atau bahkan tema itu sendiri.

Agar kamu tak merasa membeli kucing dalam karung, berikut adalah beberapa tugas yang harus dilakukan oleh para penyedia jasa kecepatan blogspot untuk mengoptimasi website kamu tersebut.  

Perhatikan langkah-langkahnya, serta kemungkinan masalah yang mungkin terjadi. Jika bisa, maka kamu boleh memperbaikinya sendiri. Tapi jika enggan menghabiskan terlalu banyak waktu, maka bisa menggunakan penyedia jasa saja!

  1. Setting Homepage

Homepage

Pertama-tama, para penyedia jasa akan mengecek dari sisi homepage kamu saat ini, terutama jumlah feed postingan yang ditampilkan di sana.

Ini karena semakin banyak postingan yang tampil di halaman depan, maka akan semakin memberatkan website blogspot kamu untuk dimuat.

Rata-rata homepage blogspot haruslah menyertakan antara 5 hingga 10 buah postingan di halaman depan. Jika lebih daripada itu, maka akan dinilai berlebihan dan bisa mengurangi keefektifannya saat diload.

Pengaturan homepage ini merupakan pekerjaan yang paling mudah, karena bisa diatur melalui settingan yang sudah disediakan oleh blogspot itu sendiri.

Penyedia jasa akan mulai melakukan optimasi dari sisi homepage-nya terlebih dahulu. Tapi ingat, pekerjaannya tidak berhenti sampai di sini saja.

Baca juga
Apa Itu Youtube Ads

Masih ada banyak sekali faktor lainnya yang harus diedit dan diubah jika ingin memiliki tampilan website berbasis blogspot yang ringan saat diakses.

  1. Menggunakan Post Summaries

Masih berbicara masalah homepage, postingan-postingan yang ditampilkan di halaman utama juga haruslah dibuat dengan tampilan ringkasan, yang kemudian kita kenal dengan istilah post summaries.

Post Summaries ini hanya memuat judul, gambar utama, dan beberapa kata pada kalimat atau paragraf pertama dari sebuah artikel. Kemudian disusul dengan link yang seringkali bertulisan “baca lebih lanjut”, “read more”, atau kata-kata sejenis.

Seringkali post summaries ini tidak bisa ditemukan pada fitur blogspot, dan harus berdasarkan tema yang tengah kamu gunakan.

Jadi jika saat ini halaman utama kamu tidak menggunakan post summaries, maka harus diedit di bagian HTML. Itu berarti, kita harus memiliki kemampuan untuk membaca bahasa pemrograman berbasis HTML dan javascript.

Penyedia jasa kecepatan blogspot sudah pasti tahu cara melakukannya dengan sempurna dan efisien. Cukup serahkan saja pada ahlinya.

  1. Ubah Ukuran Gambar

Gambar merupakan media yang paling menyebabkan blogspot kamu susah untuk dibuka. Ini diakibatkan karena ukuran dari file itu sendiri.

Mentang-mentang tak perlu membayar sewa hosting, biasanya kebanyakan para blogger selalu meng-upload gambar dengan ukuran besar seenak jidat. Padahal, nantinya akan berpengaruh pada load time website itu sendiri.

Maka dari itulah, para penyedia jasa kecepatan blogspot pasti akan menyarankan kita untuk selalu mengurangi ukuran file gambar terlebih dahulu sebelum di-upload.

Jika sudah terlanjur, maka ada 2 cara yang bisa dilakukan, yaitu diedit satu per satu atau melalui coding HTML.

Jika misalnya jumlah postingan kamu masih bisa dihitung jari, maka akan jauh lebih efektif jika diedit secara manual.

Namun jika postingannya sudah bejibun, maka akan membutuhkan lebih banyak waktu dan tenaga untuk mengeditnya. Alhasil, cara kedua (coding HTML) lebih disarankan, sekalipun bisa mendatangkan resiko berupa bug.

Lain kali, pastikan kamu mengupload gambar dengan ukuran kurang dari 100 kbps. Bila perlu, edit dulu melalui photoshop atau software foto editor sejenis lainnya.

  1. Membersihkan Blog Widget

Penyedia jasa kecepatan blogspot juga akan membersihkan segala macam widget yang kurang pantas terlihat atau bahkan memberatkan website, tentunya setelah mendapatkan persetujuan dari kamu.

Ada banyak sekali widget berbentuk custom yang dibuat dengan coding dan memberatkan waktu terbukanya sebuah website blogspot, diakibatkan terlalu banyak bug dan coding-coding yang tak diperlukan.

Baca juga
Apa Itu SEO ON PAGE dan Penjelasannya

Mengeditnya tentu bisa memakan banyak waktu, sehingga langkah praktisnya adalah dengan memilih jenis mana yang bisa membawa beban, kemudian diganti dengan widget sejenis yang jauh lebih ringan.

Website yang sukses bahkan hanya menampilkan widget-widget yang dibutuhkan saja. Tak ada animasi gerak, tak ada media yang kurang efektif untuk digunakan, dan tak pula menggunakan fitur-fitur dengan nilai guna yang begitu rendah.

Memilih jenis widget mana yang memberatkan blogspot kita tentunya harus berdasarkan ilmu coding, sehingga harus dibicarakan dengan penyedia jasa kecepatan blogspot yang telah kamu pilih.

  1. Mengurangi atau Memindahkan JavaScript

Lagi-lagi bergelut dengan coding, sehingga harus kamu serahkan kepada para ahlinya jika tak menguasai skill tersebut.

Seperti yang sudah disebutkan di atas bahwa kita harus menyingkirkan widget, termasuk javascript yang memberatkan.

Terlalu banyak javascript bisa sangat membebani website blogspot kita, sehingga bisa meningkatkan dwell time dan rasio pentalan.

Jika misalnya javascript tersebut dinilai terlalu berharga untuk dibuang, maka penyedia jasa akan memindahkannya ke area footer. Dengan begitu, website blogspot akan memuat konten terlebih dahulu saat diakses oleh visitor kita.

Para visitor kita pun bisa membaca artikel yang kita sediakan sambil menunggu javascript dan website blogspot kita ter-load secara sempurna.

Tapi saran paling praktis adalah tetap membuang javascript yang tak diperlukan dan dinilai berlebihan. Tetap bijak dalam menggunakan javascript, agar dwell time dan rasio pentalan website blogspot kita tidak membengkak dan mempengaruhi sisi SEO kita secara negatif.

  1. Menghapus Gambar Desain Blog

Menghapus Gambar Desain Blog

Gambar header yang super besar atau latar belakang yang lebar tentunya bisa mempengaruhi kecepatan website blogspot dengan begitu sangat parah.

Penyedia jasa kecepatan blogspot kemudian akan memeriksa kedua elemen tersebut demi memastikan bahwa background dan header kamu tidak membebani.

Normalnya, gambar header dan latar belakang suatu blog haruslah berukuran kurang dari 1 MB, atau idealnya sekitar 200-400 kbps.

Untungnya, kedua elemen ini bisa diedit dengan mudah dan tak memerlukan banyak effort jika dibandingkan dengan gambar yang tersemat di postingan.

Kedua gambar ini haruslah dikompresi dengan sebaik-baiknya, yaitu dengan mengurangi ukuran file tetapi masih menjaga kualitas gambarnya di saat yang bersamaan.

Sekali lagi, berhati-hatilah bermain-main dengan gambar suatu website blogspot, karena biasanya elemen inilah yang paling banyak membebani dan menjadi akar masalah paling utama.

  1. Mengubah Custom Font

Secara tak sadar, font atau gaya tulisan juga dapat mempengaruhi kecepatan loading suatu website. Font yang beragam memang terlihat cantik dan mampu menghiasi website kita. Namun sebagai gantinya, visitor membutuhkan waktu lebih lama untuk mampu membuka blogspot kita secara menyeluruh.

Baca juga
Sebenarnya Kalian Paham Backlink Yang Berkualitas Gak Sih?

Secara default, font yang digunakan oleh blogger adalah berjenis “arial”, akan tetapi beberapa tema tertentu mengubahnya ke dalam bentuk lain. Kamu juga bisa menambahkan font custom melalui javascript dan HTML.

Jika website blogspot kamu yang lambat memang disebabkan oleh font tersebut, maka penyedia jasa kecepatan blogspot akan mulai membicarakan hal tersebut dengan kamu.

Jika kamu setuju untuk membatasi jumlah custom font tersebut, maka penyedia jasa akan langsung mengeditnya secara cepat dan tepat, hingga menyisakan maksimal 2 jenis saja.

Font spesial normalnya hanya tersemat di judul saja, sementara sisanya menggunakan font default. Cara ini sudah terbukti mampu meningkatkan kecepatan load suatu web blogspot tanpa harus kehilangan unsur kecantikan yang dimilikinya.

Hubungan Antara Speed Blogspot dan SEO

Kita sudah tahu jika kecepatan suatu website akan mempengaruhi faktor SEO secara nyata. Namun khusus untuk blogspot, maka ada beberapa poin tambahan yang harus kita manfaatkan semaksimal mungkin.

Hubungan antara blogspot dan SEO sendiri sebenarnya sudah begitu mesra, kemudian dipererat dengan onpage SEO sekaligus sisi teknis seperti load time yang cepat, maka bisa menjadi senjata paling mutakhir untuk melampaui berbagai macam saingan di SERP.

Alhasil, jasa kecepatan blogspot sangatlah kamu butuhkan jika ingin mencapai beberapa manfaat tersebut dalam sekali waktu.

Setelah website blogspot kamu benar-benar optimal, maka siapkan diri kamu untuk mendapatkan manfaat nyata seperti berikut ini.

Memenuhi Segala Kebutuhan Para Blogger

Memenuhi Segala Kebutuhan Para Blogger

Blogger sebenarnya sudah memiliki gadget bawaan yang disesuaikan dengan kebutuhan para penggunanya, bahkan hingga mencapai lebih dari 90% kebutuhan blogger ada di sana.

Ini meliputi formulir kontak, tayangan slide, halaman teks dengan gambar, tombol berbagi sosial, dan masih banyak lagi.

Semua fitur ini dibuat sendiri oleh Google dan telah disesuaikan dengan kaidah dan guideline yang mereka bangun sendiri, sehingga bisa klop dengan mesin telusur dan algoritma mereka.

Gadget ini cenderung tidak memberatkan karena memang dibuat oleh para programmer kelas dunia, yaitu miliknya Google.

Hosting Gratis Dari Google

Hosting Gratis Dari Google

Tak hanya gratis, juga unlimited dengan uptime hingga 99,99%. Bahkan jika website blogspot kita mendapatkan banyak sekali visitor atau lonjakan lalu lintas yang begitu tiba-tiba, maka hosting Google mampu mengimbanginya.

Tak ada kata downtime lagi, tak ada pula istilah bandwitdh habis, sehingga memungkinkan website kita tetap online sepanjang waktu.

Baca juga
Apa Itu Facebook Pixel

Dilengkapi dengan load time yang cepat berkat jasa kecepatan blogspot, maka menjadi sinyal SEO yang begitu kuat untuk kita.

Ini merupakan keuntungan yang hampir tak bisa didapatkan di platform dan website builder manapun. Jika tak percaya, silahkan saja lakukan eksperimen dan coba sendiri. Lakukan perbandingan dengan web 2.0 sejenis seperti wordpress.com, wix, weebly, dan lain sebagainya.

Blogspot malah cenderung lebih SEO friendly tanpa harus capek-capek melakukan settingan ini dan itu.

Dengan mendapatkan uptime yang jauh lebih besar jugalah, kita bisa mendapatkan lebih banyak konversi dibandingkan dengan menggunakan builder atau CMS kebanyakan.

Integrasi Dengan Serangkaian Produk Google

Jika kita ingin bermain-main dengan SEO google, maka harus didukung dengan produk dan layanan seperti blogspot.

Bahkan blogspot sendiri bisa diintegrasikan dengan serangkaian produk Google lainnya demi menunjang proses dan aktivitas SEO kita sehari-hari.

Sebut saja Google Places, Web Picasa, Google Drive, Google Documents, FeedBurner, Google Webmaster, Google Analytics, Google Merchant, dan sejumlah produk lainnya yang mungkin akan dirilis oleh Google di kemudian hari.

Dikarenakan semuanya saling terhubung antara satu sama lain, maka kita bisa melakukan optimasi dengan begitu mudah untuk tujuan tertentu.

Sayang sekali jika blogspot hanya digunakan sebagai alat backlinking untuk moneysite kita, karena faktanya CMS dan builder ini pun sangatlah mumpuni untuk mampu bersaing di pasaran.

Keamanan yang Terjamin

Apa kamu tahu cara yang paling efektif untuk meningkatkan security pada website kamu? Terus tahu cara melawan hacker yang menyerang? Jika jawabannya tidak, maka website kamu mungkin terancam diobrak-abrik oleh orang yang tak bertanggung jawab.

Menariknya, blogger sudah memiliki tingkat keamanan yang begitu mumpuni, sehingga tak akan mampu dibobol oleh si tangan-tangan jahil.

Bagaimana tidak, wong lawannya adalah para engineer Google yang tingkat kecerdasan dan pengalamannya bukan mainan belaka.

Lagi-lagi, tingkat keamanan sebuah website akan mempengaruhi nilai SEO kita, sehingga mempengaruhi posisi website kita di SERP secara cepat dan nyata.

Selain itu, kecepatan sebuah website juga terkadang disebabkan oleh serangan para hacker, yang mentargetkan dirinya kepada situs kita secara langsung maupun kepada hosting terkait.

Dikarenakan tingkat keamanan blogspot sudah mumpuni, maka jarang ada jasa kecepatan website yang harus memperbaiki kerusakan yang disebabkan oleh para hacker dari sisi hosting (dan bukan dari keteledoran diri kita sendiri).

Muncul di Hasil Pencarian Lebih Cepat

Banyak orang yang menentang akan fakta ini, tetapi memang demikian kenyataannya. Jika website kamu sudah dioptimasi oleh penyedia jasa kecepatan blogspot, maka tinggal tunggu saja website kamu tersebut nongol di hasil pencarian dengan cepat. Proses indexing-nya saja benar-benar kilat!

Baca juga
Waktu Yang Pas Dalam Pemasangan Backlink Di Web

Alhasil, cukup dengan menggunakan jasa backlink murah berkualitas saja, maka bisa meningkatkan posisi website kita di SERP dengan lebih mudah.

Bahkan sudah banyak para pebisnis internet marketing yang menggunakan blogspot hanya semata-mata ingin mendapatkan manfaat SEO yang tak dimiliki oleh CMS dan builder lainnya.

Kita jadi tak perlu menebak-nebak lagi mengenai hal teknis yang terdapat dalam suatu website. Malahan semuanya sudah terintegrasi dan dibuat dengan begitu friendly terhadap bot mesin pencarian Google.

Tugas kita hanyalah menambahkan konten berkualitas berdasarkan kata kunci yang telah diriset sebelumnya. Kemudian tambahkan backlink yang disesuaikan dengan persaingan dari pasar di niche yang telah kamu pilih tersebut.

Dijamin, menggunakan jasa kecepatan blogspot dan builder tersebut mampu memberikan keuntungan tersendiri bagi kita, terutama dalam sisi SEO dan bisnis.

5/5 (1 Review)