Inilah 9 Cara Membuat Blog Terlihat Lebih Profesional

Segera setelah Kamu  menciptakan blog bisnis, tidak serta merta bisnis langsung berjalan.Tantangan terberat ialah menjaring orang-orang yang tepat, mereka yang berpotensi tertarik dengan bisnis Kamu , untuk melihat konten-konten di blog.

Tetapi apa jadinya bila  blog bisnis Kamu  masih berantakan? Tentu mereka yang datang akan meragukan bisnis Kamu  dan enggan untuk bekerja sama. Karena bila  blog masih belum terlihat profesional, orang-orang cenderung tidak mempercayai bisnis Kamu , sedangkan kita sama-sama tahu bahwa semua bisnis dimulai dari kepercayaan. Maka dari itu, sebelum memikirkannya  lebih jauh tentang rencana besar bisnis Kamu , sangat penting untuk mempermak blog supaya  terlihat menarik dan profesional di mata pengunjung. Berikut ialah langkah-langkah mudah yang bisa langsung Kamu  aplikasikan supaya  terlihat lebih profesional  yaitu

1. Beli Domain

Berbicara mengenai profesionalisme, maka tidak ada yang akan terkesan dengan domain gratisan. Bagaimana pun juga, walaupun menekan biaya seminim mungkin merupakan pilihan paling masuk akal bagi pebisnis yang baru merintis usaha, tetapi itu tidak berlaku bila  menyangkut nama domain yang bagus.

Nama domain ialah brand Kamu  di dunia internet. Sangat tidak masuk akal bila  Kamu  mempertaruhkan brand Kamu  pada domain gratisan. Bisa-Bisa orang tidak percaya bahwa bisnis yang Kamu  kelola dijalankan para profesional di bidangnya. Kamu  bisa membaca “Tips Memilih Nama Domain yang Baik” untuk mendapatkan petunjuk tentang nama domain yang paling sesuai dengan bisnis Kamu  dan brand yang ingin Kamu  bangun.

Baca juga >>
Apa itu Premium Wordpress Hosting

2. Usahakan Desain yang Unik

Baik memakai theme gratisan maupun theme premium, terdapat berbagai macam peluang orang lain juga mendownload atau membeli theme yang sama dengan Kamu . Sisi buruknya , bila  desain yang Kamu tampilkan mirip dengan desain situs lain. Hal  itu bisa sedikit mencoreng brand Kamu  sebagai bisnis profesional.

Cara untuk mengatasinya cukup mudah, lakukan tweak seperlunya sehingga desain Kamu  menjadi unik. Juga bukan ide buruk untuk mencari desainer lepas untuk mempermak desain blog Kamu  supaya  sesuai dengan konten dan mencerminkan bisnis Kamu . Sebab aturannya hanya satu : “Tak ada 2 situs profesional yang punya desain sama.”

3. Cantumkan Berbagai Kontak untuk Menghubungi Kamu

Apa jadinya bila  ada orang yang tertarik dengan bisnis Kamu , tetapi masih ragu-ragu dan ingin memastikan semua akan baik-baik saja? Ia akan mencari kontak apapun untuk menghubungi Kamu .

Hal ini sangat berkaitan dengan pelayanan. Kontak sangat penting untuk membuat pengunjung merasa tenang bila  ada kejadian-kejadian buruk yang tidak diinginkan. Katakanlah ingin nego harga atau memastikan produk sesuai dengan foto, atau ingin tahu proses pembayarannya, atau apapun yang masih meragukan.

Pengusaha sukses tahu mengenai peranan kontak dalam pelayanan. Jadi, supaya  Kamu  tampak lebih profesional, maka bisa cantumkan nomor telepon, whats app, email,  dan alamat perusahaan di tempat yang mudah terlihat seperti sidebar atau footer dengan ukuran yang besar. Dengan demikian, Kamu  akan mengurangi risiko kehilangan calon pelanggan yang lebih besar sekaligus terlihat profesional.

4. Hilangkan Semua Widget yang Tidak Penting

Widget di masa sekarang sangat bervariasi. Semua orang bisa memilih widget apapun untuk menambah nilai estetika di dalam blog. Tetapi pebisnis tidak membutuhkan widget seperti yang Kamu  pikirkan. Widget seperti kalendar, jam, atau hiasan apapun akan tampak menganggu bagi para profesional, calon pelanggan Kamu .

Baca juga >>
Apa itu Adsense dan Cara Daftar Google Adsense Lengkap

Selain itu, minimalkan untuk tidak menggunakan widget yang tidak penting lainnya. Untuk itu, umumnya  sidebar cukup diisi dengan daftar artikel terbaru, kategori, dan daftar artikel populer saja. Bila  blog Kamu  lebih kompleks lagi, pastikan saja widget yang ada berfungsi membantu pengunjung menjelajahi situs Kamu . Selain itu, lebih baik hilangkan saja.

5. Pasang Sosial Proof Kamu

Sosial proof sangat berguna untuk menghilangkan keraguan pengunjung dan membuat Kamu  tampak profesional. Siapa yang akan meragukan blog yang sudah memiliki banyak subscriber dan pengikut? Atau akun sosial media yang memiliki banyak pengikut? Tidak ada.

Oleh sebab itu, bila  Kamu  merasa memiliki sosial proof apapun yang membuat Kamu  tampak hebat, cantumkan itu di blog Kamu  supaya  pengunjung mengetahui bahwa sudah banyak orang yang mempercayai bisnis Kamu . Dengan begitu, pengunjung yang baru datang akan melihat blog profesional yang sudah diakui oleh netizen dengan bukti sosial yang ada dan ia pun tidak ragu berbisnis dengan Kamu .

6. Gunakan Bahasa Indonesia yang Baik

Bahasa yang paling mudah dimengerti oleh seluruh masyarakat Indonesia tentu bahasa Indonesia yang baik dan benar. Sebisa mungkin, belajarlah menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dalam konten-konten yang Kamu  terbitkan atau ketika berhubungan dengan calon pelanggan lainnya. Jangan menggunakan bahasa campur aduk karena selain mengesankan ketidakprofesionalan, bahasa semacam itu tidak enak dibaca dan didengar.

7. Update Blog secara Teratur

Umumnya , bisnis yang bagus pasti dipertahankan dan yang kurang bagus akan ditinggalkan. Indikasi ini bisa digunakan siapapun untuk menentukan tingkat profesionalisme sebuah bisnis di internet. Bila  blog sudah lama tidak update, maka mustahil orang akan menganggap blog tersebut profesional. Walaupun blog tersebut sudah lama usahakan rutin update.

Baca juga >>
Apa itu Maintenance Website

Sebagian besar pemula tidak tahu betapa pentingnya untuk terus mengupdate blog secara teratur dan rutin. Selain untuk menambah variasi kata kunci, blog yang update teratur menkamu kan bisnis masih berjalan dengan baik dan semua masih baik-baik saja. Jadi, untuk terlihat profesional, hal utama yang harus dilakukan ialah terus menciptakan konten-konten bermutu dan memublikasikannya di blog.

8. Gunakan Gambar yang Bagus

Komponen yang tidak kalah penting untuk menunjang profesionalisme Kamu  di dunia bisnis internet ialah gambar-gambar yang berkualitas tinggi. Gunakan di dalam setiap postingan untuk memberi ilustrasi sehingga pengunjung betah berlama-lama di blog Kamu .

Apabila Kamu  memajang foto-foto produk, pastikan gambar yang dihasilkan oleh kamera Kamu  tampak sejelas mungkin supaya  tidak terjadi kesalahpahaman tentang produk yang Kamu  jual. Juga perlu diingat, Google bukan tempat sampah. Jadi, cantumkan sumber gambar bila  Kamu  mengambil dari situs lain. Itu akan membuat Kamu  tampak profesional karena tidak melanggar hak cipta orang lain.

9. Jangan Terlalu Banyak Iklan

Sekalipun bisnis berjalan dengan baik, godaan besarnya rupiah yang bisa didapatkan dari iklan pihak ketiga sangat sulit untuk ditolak. Bila  demikian, sangat dianjurkan untuk tidak memasang terlalu banyak iklan di dalam blog.

Alasannya sederhana, karena pengunjung blog Kamu  akan terganggu dengan iklan yang bertebaran. Mereka bisa berpikir bahwa Kamu  tidak sedang menjalankan bisnis dengan serius dan terlalu fokus terhadap iklan. Akibatnya, jumlah penjualan yang turun tidak sebanding dengan pemasukan dari iklan. Jadi, seandainya Kamu  terpaksa harus memasang iklan di dalam blog, pastikan jumlahnya tidak terlalu banyak.

 

Order via Whatsapp !