Ini dia 10 Fitur baru yang ada di Android 11

Sudah menjadi tradisi kalau Google selalu meluncurkan sistem operasi terbarunya di setiap tahun. Android 11 pastinya hadir dengan pembaharuan fitur yang lebih aman dan menarik.

Fitur baru yang diberikan umumnya sudah tidak terlalu asing lagi bagi sebagian orang, sebab fitur-fitur ini sudah ada di Android 10. Namun hadir dengan sedikit pembaharuan dan peningkatan performa.

Nah, jika anda penasaran maka berikut ini fitur-fitur yang ada di Android 11.

Ini dia 10 Fitur baru yang ada di Android 11

1.Peningkatan keamanan Akses lokasi background

Faktor keamanan selalu menjadi masalah penting bagi Google. Banyaknya aplikasi yang bertebaran di Play Store memudahkan pengguna untuk memilih sesuai kebutuhan.

Namun celah keamanan juga semakin melebar dan berbahaya bagi data pengguna. Untuk itu ponsel yang sudah menjalankan Android 11, Google memperketat perizinan akses lokasi aplikasi pada background.

Setiap aplikasi akan di otorisasi oleh Google sehingga bisa lebih mengetahui mana aplikasi yang benar-benar membutuhkan akses atau tidak.

2. Notifikasi Bisu

Fitur yang satu ini sangat berguna sekali terutama ketika anda sedang merekam video dari ponsel. Pastinya anda tidak mau terganggu bukan saat merekam lalu tiba-tiba ada notifikasi yang dapat mengganggu hasil rekaman.

Pada Android 11, terdapat fitur notifikasi bisu yang memungkinkan pengguna untuk membisukan notifikasi selama melakukan kegiatan merekam video.

3. Pembatasan akses kamera dan mikrofon pada aplikasi

Google telah meningkatkan keamanan pada aplikasi-aplikasi “nakal” untuk melindungi privasi penggunanya. Pembatasan akses kamera dan mikrofon pada aplikasi ini sebenarnya telah ada di Android 10, dan lebih ditingkatkan lagi pada Android 11.

Baca juga >>
10 Teknologi terbaru di bidang Kesehatan

Kamera dan mikrofon hanya akan aktif ketika aplikasi berjalan di latar depan dan akan mati ketika berjalan di latar belakang. Sehingga saat anda menutup aplikasi bisa dipastikan kamera dan mikrofon juga telah mati.

4. Pencabutan izin aplikasi secara otomatis

Android 11 juga telah memperkenalkan pilihan baru yang secara otomatis dapat mencabut izin akses seperti perangkat kamera, lokasi, dan lainnya dari aplikasi yang jarang digunakan.

5. Update aplikasi yang lebih mudah

Google telah meningkatkan beberapa modul di sistem aplikasi yang memberikan kompatibilitas lebih untuk memperbarui aplikasi langsung dari Play Store tanpa melibatkan pihak ketiga.

6. Penambahan Fitur screenshot

Pastinya anda butuh sewaktu-waktu untuk mengambil gambar penting dari layar secara cepat. Fitur Screenshot memang bukan hal yang baru karena pada Android versi sebelumnya juga sudah ada.

Namun pada Android 11 menawarkan fitur yang lebih lengkap lagi. Google telah memberikan tool untuk menangkap gambar berformat panjang.

Gambar yang diambil bukan hanya di area layar saja melainkan di keseluruhan gambar yang dapat di gulir dari atas ke bawah. Selain screenshot, terdapat juga fitur screen recorder yang dapat berguna untuk merekam kegiatan seperti game mobile.

7. Fitur Bluetooth

Pada Android versi sebelumnya jika anda memilih menu Airplane mode pastinya bluetooth juga ikut mati bukan ?

Padahal kita tahu bahwa perangkat modern sekarang ini seperti headphone juga membutuhkan koneksi bluetooth. Di Android 11 hal ini sama sekali bukan masalah besar karena Bluetooth akan tetap menyala meskipun sedang dalam Airplane mode.

8. Jaringan 5G

Jaringan baru pastinya membutuhkan sistem operasi yang lebih mendukung. Aplikasi-aplikasi modern dalam beberapa waktu kedepan pastinya akan meninggalkan jaringan 4G dan mulai beralih ke jaringan 5G.

Baca juga >>
Membuat Laporan Data Anggota Aplikasi Perpus

Android 11 dipastikan akan bekerja jauh lebih baik dalam hal teknologi baru yaitu 5G. Layanan streaming game seperti Google Stadia pastinya akan lebih lancar dimainkan menggunakan koneksi 5G.

9. Dukungan yang lebih baik untuk waterfall display

saat ini sudah banyak smartphone dengan layar melengkung yang pastinya menarik perhatian banyak orang. Android 11 menawarkan kelancaran yang lebih baik untuk menjalankan berbagai aplikasi dan pengalaman pengguna yang lebih baik.

10. Peningkatan layanan panggilan

Apakah anda sering diganggu oleh panggilan dari orang yang tidak dikenal ? Entah itu promosi atau orang iseng pastinya akan sangat menyebalkan bukan ?

Pada Android 11, Google telah menambahkan API baru untuk penyaringan panggilan yang tidak diinginkan.

Nah, itulah beberapa fitur baru yang ada di Android 11. Dan perlu diingat juga bahwa masih ada banyak pembaruan lain yang sifatnya lebih teknis sehingga hanya diketahui oleh pengembang.

Terimakasih semoga Artikel ini Bermanfaat

Order via Whatsapp !