Ide Bisnis Kuliner Jadul Yang Lagi Viral Saat Ini

Dalam situasi perekonomian yang sedang terpuruk seperti sekarang ini, membuat banyak pelaku bisnis mengalami kesulitan. Beberapa di antaranya bahkan harus jatuh karena pandemi yang berkepanjangan. Tak hanya itu, gara-gara merebaknya virus corona, banyak calon wirausahawan yang harus menunda impiannya menjalankan bisnis. Pasalnya, mereka tidak mau mengambil risiko kerugian jika membuka usaha di tengah pandemi ini.

Ide Bisnis Kuliner Jadul Yang Lagi Viral Saat Ini

Kuliner tempo dulu

Namun, Rofikoh Rokhim tak mau menunda pembukaan usahanya. Meski tahu situasi ekonomi saat ini sedang kurang baik, ia tetap memutuskan untuk berani membuka usaha kuliner. Bisnis yang diberi nama “Sumber Asli: Kuliner Tempo Pertama” ini dibuka olehnya pada Agustus 2020 di Jakarta Selatan. Pilihannya dalam bisnis kuliner jadul ini dikemukakan oleh Roro, panggilan Rofikoh Rokhim karena keinginannya untuk mengenalkan makanan tradisional kepada generasi milenial. Menurutnya, saat ini makanan tradisional belum banyak dikenal oleh anak muda urban yang terbiasa dengan junk food. “Supaya ada pilihan menu baru, karena anak-anak sekarang selalu ada fast food atau baru dimasak dengan minyak, spesialisnya di sini dikukus, biar juga mengurangi kolesterol,” kata Roro.

Produk makanan

Beberapa jenis makanan di masa lalu yang dihadirkan oleh Roro antara lain sego, tempe gembus, garang asam, mie ketoprak, hingga mangut lele. Sebagian besar menu di “Sumber Asli: Kuliner Tempo Dulu” memang makanan khas Jawa Tengah dan Jawa Timur. Untuk bahan yang digunakan, Roro mendapatkan hasil pertanian di desa-desa. Tak ketinggalan chef yang ia pekerjakan juga berasal dari desa. Dari sini, Roro menjamin keaslian menu-menu yang disajikan di resto miliknya.

Baca juga >>
Peluang Usaha Jahe Merah, Prospek yang Meyakinkan

Pandemi Yang Membawa Konsumen Sendiri

Menurut dia, pandemi Covid-19 yang terjadi justru membuat banyak konsumen tertarik dengan menu tersebut. Seperti kita ketahui bersama bahwa dalam pandemi ini pergerakan orang dibatasi sehingga sebagian orang Jakarta yang berasal dari daerah tidak bisa pulang. Dari sini, untuk melepaskan kerinduan akan kuliner Jawa Tengah dan Timur, banyak dari mereka yang kemudian membeli menu makanan di “Sumber Asli: Kuliner Tempo Dulu”.

Menerapkan Protokol Kesehatan

Dalam situasi pandemi, Roro mengatakan restoran “Sumber Asli: Kuliner Tempo Dulu” menjamin terselenggaranya protokol kesehatan. Hal tersebut terlihat dari keharusan pengunjung untuk mencuci tangan terlebih dahulu di wastafel dengan menginjak kaki untuk menghindari penularan virus corona. Selain itu, penerapan protokol kesehatan di sini dapat dilihat dari adanya peraturan tentang menjaga jarak, penggunaan masker dan juga mensterilkan alat makan setiap selesai digunakan. “Karena ini kuliner, jadi menjaga kebersihan itu nomor satu,” jelas Roro.

Layanan Ramah dan Promosi ke Komunitas

Selain menerapkan protokol kesehatan, Roro juga menerapkan hal-hal yang bisa menarik konsumen, yakni pelayanan yang ramah. Untuk mendatangkan lebih banyak pengunjung, Roro juga menyatakan bahwa dirinya melakukan promosi ke beberapa komunitas seperti komunitas pecinta sepeda motor, sepeda dan lainnya. Tak ketinggalan, Roro juga mempromosikan usahanya di media sosial.

Misi Sosial di Balik Bisnis

Dalam bisnis ini, Roro juga menjaga dan menjalankan misi sosial. Misi sosial Roro adalah mempekerjakan orang-orang yang terpaksa kehilangan pekerjaan atau lulusan baru yang kesulitan mendapatkan pekerjaan karena pandemi.

Order via Whatsapp !