Gadget-gadget Impian Masa Kecil, Yang Sudah Ada Di Dunia Nyata
Tahun 2015, di mana kita sudah berada di abad 21, teknologi sudah semakin maju. Membuat kita mulai mendekati kehidupan seperti yang digambarkan di film-film kartun fantasi waktu kita kecil. Siapa sih, yang nggak pengin punya alat-alat ajaib Doraemon? Atau, siapa sih, yang nggak pengin hidupnya jadi lebih seru?

Nah, sekarang, sebagian alat-alat ajaib itu udah ada di dunia nyata. Dan gue bakal bahas gadget-gadget yang udah pernah gue coba. Siapa tau, lo juga berminat buat nyoba juga. Here they are:

Drone
Waktu kecil, kita pasti pengin banget ngerasain yang namanya naik baling-baling bambu. Terus terbang keliling-keliling kota, dan melihat keindahan kota dari langit sana. Nah, sebagai gadget enthusiast, gue seneng banget dengan terciptanya smart-drone yang mampu membuat impian masa kecil gue itu bisa mendekati kenyataan.


Iya, gue ngerakit drone sendiri, dilengkapi dengan kamera dan video transmiter sehingga gue bisa melihat pemandangan dari langit sana, secara langsung. 

Ini gue nggak lagi ngobrol sama pohon, tapi lagi merhatiin rute drone gue pake goggle.

Untuk merakit drone seperti ini, dengan spek paling rendah, budget 5 juta juga udah cukup. Tapi, kalo lo doyan main mini-drone yang segede telapak tangan dan terbang 15 meteran doang, duit sejuta juga udah bisa beli drone yang bisa ngasih sensasi terbang beneran di layar hape lo secara langsung.

Smartwatch
Dulu kalo kita nonton film tentang agen rahasia, atau Detektif Conan, pastinya kita naksir sama jam tangan yang mereka pake. Fiturnya canggih, bisa buat nelpon orang maupun buat senjata.
Sudah 3 tahun terakhir, teknologi yang mendekati gadget semacam itu sudah tercipta. Smartwatch sekarang sudah bisa ditemuin di mana-mana. Baik itu yang berbasis sistem Android atau iOS. Fiturnya masih sebatas nunjukin notifikasi hape, ataupun jadi view-finder kamera sih. Tapi gue yakin, dengan majunya teknologi, Smartwatch bakal bisa dipake buat nelpon juga. Yang udah gue punya baru Moto360, dan dengan gadget ini, gue nggak perlu repot ngeluarin hape dari kantong setiap kali ada notifikasi masuk. Tinggal cek jamnya aja. Praktis!

BB-8 Droid
Sebagai fans Star Wars, pasti kita demen sama robot-robot canggih yang ada di film itu. Untuk yang udah ngefans dari zaman Star Wars seri IV, pasti gemes sama R2D2.


Nah, bentar lagi kan Star Wars bakal tayang tuh, dan di seri VII ini muncul karakter Droid baru bernama BB-8. Dan kebetulan, produsen robot canggih bernama Sphero, menciptakan BB-8 Droid untuk dijual secara umum. Tapi, skalanya jauh lebih kecil dibanding aslinya. Gedenya cuma setelapak tangan aja. Gue sebagai fan Star Wars, nggak mau ketinggalan, dong! Akhirnya gue tebus tuh Droid dari eBay. Gue seneng banget. Punya nih Droid berasa punya kucing. Dia bisa disuruh-suruh pake voice command, dan bisa disuruh jaga rumah mondar-mandir gitu. Bisa juga dikontrol pake hape. Canggih!

VR Goggle
Singkatan dari Virtual Reality, ini adalah gadget yang sebenernya simpel konsepnya. Yaitu gadget yang mampu menunjukkan gambar/visual langsung di mata kita.


Rasanya make VR ini tuh mirip banget kayak nonton bioskop. Segalanya jadi terlihat gede dan nyata. Enak banget buat nonton film, ataupun buat main game. Cuma, kalo make VR, kita jadi sering lupa sama lingkungan sekitar. Tapi itulah serunya jadi jomblo. Nggak takut ada yang ngambek karena dicuekin. Haha!

Ngomongin soal VR, minggu kemarin gue lagi malem mingguan sendiri di Sevel. Kebetulan, gue pas lagi bosen jalan sama gadis-gadis. Alasan utamanya, mereka lagi jalan sama pacar masing-masing. Nah, pas jalan di Sevel itu, gue liat kemasan unik dengan poster yang bikin penasaran.

Lunar Project? Proyek Bulan? Maksudnya apa ya? Apakah ini proyek buat mewujudkan impian Om AT Mahmud yang bikin lagu �Ambilkan Bulan Bu�?

Terus gue baca googling soal nih project, terus nemu LINK INI. Di websitenya, diceritakan bahwa Pocari Sweat punya project spesial di tahun 2016. Mereka mau mendaratkan Pocari Sweat ke bulan! Serius. Pocari Sweat bakal jadi minuman isotonic pertama yang mendarat di Bbulan. Ngga tanggung-tanggung mereka bekerjasama dengan Astroscale dalam mempersiapkan peluncuran POCARI SWEAT ke bulan dan menamakan proyek ini Lunar Dream Project.
Kalo lo juga penasaran sama ekspedisi ke bulan ini, lo bisa juga ikutan ngerasain perjalanan ke bulan itu dengan mudah. Berbekal VR bikinan sendiri.

Seriusan Litt? Gimana caranya?

Nih.. Gue kasih tau info menarik nih. Dengan membeli Pocari Sweat kemasan spesial seperti di foto ini:


Lo bisa bikin VR sendiri dengan bahan yang udah disediain di kemasan Pocari Sweat ini. Soalnya, kemasan ini emang didesain biar bisa dirakit menjadi VR cardboard. Sudah ada lensanya juga di dalamnya, untuk membuat efek VR menjadi semakin nyata. Gue perlu waktu 15an menit buat ngerakitnya. Tutorialnya nyontek di youtube ini:


Jadi deh!

Terus, Pocari Sweat udah nyiapin aplikasi smartphone (iOS/Android) bernama Lunar Dream Project yang bisa lo download secara gratis di store. Di mana, cukup dengan mengaktifkan aplikasi itu, lalu menaruh hape kita di dalam VR cardboard bikinan sendiri tadi, kita bisa langsung mainin game Lunar Dream Project.


Sumpah, waktu mainin game ini, gue berasa lagi di dalam kokpit pesawat luar angkasa beneran. Ada banyak panel-panel canggih, dan juga pemandangan penuh bintang dan meteor di sekitar gue.

Nggak peduli gue ngehadap ke depan, belakang, atas, bawah, samping, kondisi yang kita lihat adalah kondisi nyata seperti saat kita sedang dalam kokpit pesawat luar angkasa. So much fun!


Lunar Dream Project ini juga nggak cuman jalan-jalan ngeliat luar angkasa doang. Tapi ada misi penting yang harus kita jalanin saat mainin gamenya. Kita harus bisa mendarat di Bulan, dan menemukan time capsule POCARI SWEAT di bulan.

Kontrolnya gimana?

Simpel, tinggal gerakin kepala ke kiri atau kanan, atau atas atau bawah. Bidik agar titik merah di bagian tengah, tepat mengarah di sasaran bintang yang mau kita tuju.

Akkkk.. Pesawat gue tak terkendali, terbang menuju Pancoran!!

Nah.. Udah tertarik buat mainin game ini? Yuk lah, langsung cabut ke Sevel, dan beli Pocari Sweat edisi spesial Lunar Dream Project!