Fungsi Sinkronisasi di Android

Kini sudah hampir semua ponsel, baik berbasis android maupun Ios, menggunakan layanan fitur sinkronisasi.  Yakni terkoneksinya data di ponsel dengan data di awan. Apa itu sinkronisasi dan apa Fungsi Sinkronisasi di Android?

Sinkronisasi ini sangat penting untuk banyak hal. Mulai dari backup data, simpan file hingga data game. Dengan sinkronisasi, data data tidak hilang meski anda berganti ponsel, selama anda.masih terkoneksi dengan akun sinkronisasi apple maupun google.

Bagi pecinta game, tentu berjuang keras menaikan level permainan tahap demi tahap adalah hal seru. Setiap level ini bisa disimpan dengan menggunakan fitur sinkronisasi. Jadi ketika anda ingin melanjutkan permainan, anda tidak lagi harus memulai dari awal karena data data sudah tersinkronisasi dengan baik menggunakan akun google maupun apple.

Fungsi Sinkronisasi di Android

Manfaat dan fungsi Sinkronisasi di Android

Lalu apa sebenarnya fungsi dan manfaat sinkronisasi data di android. Kenapa seolah sinkronisasi ini  begitu penting, sehingga ketika pengguna masuk ke menu setting, disana pengguna lihat banyak opsi sinkronisasi. mulai dari sinkronisasi data aplikasi, sinkronisasi detail kontak, sinkronisasi dokumen, sinkronisasi klender hingga sinkronisasi google play buku.

  • Ada  beberapa fungsi dan manfaat sinkronisasi di ponsel android. Salah satunya yakni untuk samakan antara data tersimpan di server (cloud) dengan data yang ada di android. Contohnya, jika anda ingin punya daftar kontak yang bisa disimpan di google, maka caranya bisa dengan lakukan sinkronisasi. Nantinya data kontak itu setelah di sinkronisasi bakal muncul di phonebook android anda.
  • Fungsi dan manfaat sinkronisasi di android lainya yakni antara lain, kontak baru yang anda akan disinkronkan secara otomatis ke akun  google Anda. Selain itu, sinkronisasi juga punya banyak.manfaat bagi pecinta game.
  • Bagi anda pecinta game, dengan lakukan sinkronisasi data game ke akun google, nantinya seluruh data permainan tersimpan dengan baik. Sehingga anda bisa teruskan game kapan saja dimana saja tanpa harus ulang lagi dari awal. Cukup buka save game yang disimpan dan sudah tersinkron dengan akun google.
  • Sekarang hampir semua aplikasi maupun game online selalu memanfaatkan fitur sinkronisasi untuk simpan semua data. Sinkronisasi ini punya tujuan agar penggunanya dapat dengan mudah temukan data yang disinkronisasikan juga agar tidak mudah kehilangan datanya.
  • Sinkronisasi data ini punya keuntungan bagi yang ponselnya diganti dengan yang baru. Karena bisa pindahkan data dengan cepat, cukup login pakai akun yang sama. Jika ingin kontak anda tersimpan secara aman, bisa dipulihkan kapan saja ke ponsel baru, bisa gunakan fitur sinkronisasi. Begitu juga jika anda ingin simpan data aplikasi, game, maupun file lainya, anda bisa gunakan sinkronisasi untuk membackup sehingga seluruh data anda aman dan bisa direstore kapan saja dengan perangkat apa saja selama terhubung dengan aku  google anda.
Baca juga >>
Review OnePlus 8 dan 8 Pro, Kenalkan Kamera Setara DSLR

 Nah itulah tadi informasi mengenai fungsi sinkronisasi data android. Ternyata fungsi sinkronisasi ini cukup penting. Seperti backup dan simpan data di server, sehingga bisa digunakan kapan saja. Data data yang disimpan ini bisa berupa daftar kontak, file, aplikasi, game dan lain sebagainya. Semoga informasi ini bermanfaat.

Untuk melakukan sinkronisasi di android cukup mudah, tinggal masuk ke menu setting di ponsel android anda. Lalu sinkronisasikan apa  yang ingin anda sinkronkan. Demikian artikel ini, semoga bermanfaat.

Terimakasih semoga Artikel ini Bermanfaat

Order via Whatsapp !