Bagaimana Fatwa Mui Tentang Paytren

Fatwa mui tentang paytren

Di era digital ini, banyak orang yang memanfaatkan smartphone mereka untuk berbisnis online. Seperti yang bisa kita lihat saat ini banyak menjamur bisnis jual – beli barang dan jasa secara online. Salah satu bisnis yang tidak kalah ngehits saat ini adalah paytren.

Apa itu bisnis paytren? Paytren adalah sebuah bisnis online yang bergerak dalam jasa pembayaran secara online. Dengan menggunakan paytren akan memungkinkan anda untuk bisa melakukan pembayaran berbagai macam kebutuhan harian anda misalnya saja isi pulsa dan paket data, pembayaran angsuran BPJS, PDAM, pulsa listrik, dan sebagainya. Jadi anda tidak usah perlu repot – repot untuk datang ke loket pembayaran untuk melakukan transaksi – transaksi tersebut.

Paytren merupakan salah satu bisnis yang didirikan oleh ustad Yusuf Mansur. Aplikasi bisnis ini sungguh sangat menguntungkan bagi semua terutama untuk kehidupan sehari – hari. Selain itu sudah banyak orang yang merasakan manfaat dari bisnis ini.

Lalu bagaimana fatwa MUI tentang paytren? Bagaimana hukumnya melakukan bisnis ini? Yuk kita lihat penjelasan berikut ini ya.

Hukum Paytren Dalam Islam

Pada dasarnya, ada banyak orang yang sangsi terhadap berbagai macam bisnis yang berkaitan dengan transaksi uang. Begitu juga dengan paytren. Ada sebagian besar orang yang masih bertanya – tanya mengenai bagaimana hukum paytren dalam islam? Halal atau haram kah?  Dari pada anda bingung, yuk langsung saja lihat penjelasan berikut ini ya,

Ada beberapa orang yang menyamakan bisnis paytren dengan bisnis MLM dimana mengajak penggunanya untuk mengajak orang lain ikut dalam bisnisnya. Haram atau halal ? Pada dasarnya sistem MLM yang sering anda dengar sudah bukan merupakan bisnis baru di setiap tempat tidak terkecuali di lingkungan pondok. Menurut para ulama, bisnis MLM bukan merupakan bisnis yang haram asalkan memenuhi empat syarat berikut ini yaitu : tidak jahalah ( ketidakjelasan), dhoror ( berbahaya), al- ghurur ( menipu) dan riba.

hukum paytren dalam islam

Hukum Paytren Menurut Ustadz Erwandis

Pada dasarnya sempat ada pergunjingan mengenai paytren Ada beberapa ulama yang menyimpulkan bahwa paytren adalah bisnis haram dan ada juga yang menyatakan bahwa paytren adalah bisnis yang halal. Salah satunya adalah ustadz Erwandi yang menyatakan bahwa paytren adalah bisnis yang haram.

Baca juga >>
Jenis Payment Gateaway Yang Paling Dicari Di indonesia

Baca juga: Ternyata ini kelemahan bisnis Paytren yang sedang naik daun

Pada sebuah kajian, ada seseorang yang bertanya kepada ustadz Erwandi yang mana bertanya apakah paytren halal atau haram? Beliau langsung menjawabnya dengan tegas bahwa paytren adalah bisnis yang haram. Beliau juga memperkuatnya dengan mengungkapkan hadist yang menyatakan bahwa Allah melarang untuk berbisnis MLM dan memainkan uang. Hal ini sempat menyebabkan diantara kedua pihak menjadi panas karena hal ini.

Hukum Bisnis Paytren Dalam Islam Berdasarkan MUI

Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa sempat ada beberapa perdebatan antar ulama mengenai bagaimana hukum menjalankan bisnis paytren. Ada yang mengeluarkan beberapa anggapan yang menyatakan bahwa paytren bisnis yang halal dan haram. Namun berdasarkan MUI ( Majelis Ulama Indonesia) menyatakan bahwa paytren merupakan bisnis yang legal dan tidak haram.

Hal ini karena tidak hanya berbisnis, paytren juga mengajak para penggunannya untuk bersedekah melalui berbagai macam program sedekah yang ada di dalamnya. Selain itu, MUI juga memberikan izin dan sertifikat kepada paytren yang menyatakan bahwa paytren bisnis yang halal berdasarkan fatwa MUI tentang paytren.

Nah, sekarang cukup jelas bukan mengenai penjelasan tentang paytren. Yuk segera lakukan bisnis paytren agar mendapatkan keuntungan yang melimpah dan juga berkah ya.

Order via Whatsapp !