Ternyata Ini Efek Tiktok yang Lagi Viral Sekarang

Tanpa disangka-sangka, ada sebuah aplikasi yang begitu viral dari China bernama TikTok. Beberapa tahun lalu, aplikasi ini diduga tidak akan mampu bersaing melawan aplikasi besar seperti Line, Whatsapp, Instagram, dan lain sebagainya. Tapi siapa sangka, ternyata minat warga net terhadap TikTok begitu antusias. Untuk berita tekno, tips game dan aplikasi lainnya Anda bisa mengunjungi website pdscustom.com

Ada banyak postingan yang bisa kita share melalui tiktok, sehingga bisa membuat penggunanya merasa terhibur.

Tapi sama halnya seperti aplikasi kebanyakan, TikTok juga ternyata membawa efek terhadap kita, entah itu bersifat positif maupun negatif.

Sebelum kita membahas lebih jauh mengenai efeknya tersebut, kita lihat dulu hal-hal yang selalu dilakukan oleh para tiktoker, karena sangat berhubungan eraet dengan efek positif dan negatif tersebut.

Ternyata Ini Efek Tiktok yang Lagi Viral Sekarang

TikTok tentunya memiliki tantangan, keunikan, dan beberapa aktivitas yang mungkin tidak dimiliki oleh aplikasi lain.

Tentu saja, ada yang mendatangkan efek positif dan ada juga memberikan efek negatif, terutama bagi anak-anak di bawah umur.

Efek Tiktok yang Lagi Viral

Dan berikut adalah hal-hal yang biasa dilakukan oleh para tiktoker dalam keseharian mereka.

  • Memperlihaktan rutinitas sehari-hari. Aktivitas ini membuat tiktok begitu terkenal, karena sebagian besar dari kita pastinya ingin menceritakan segala macam hal terjadi di sekitar kita.
  • Memberikan konten inspirasional. Mungkin ini bisa menjadi sisi baik dari TikTok, tapi sayangnya jarang ada orang mampu bergelut di bidang ini.
  • Memperkenalkan produk. Ternyata, TikTok juga bisa dijadikan ajang promosi, karena memang sudah menjadi tempatnya orang berkumpul.
  • Mengedukasi Audiens. Banyak kok orang yang punya skill dan ilmu tertentu dan membagikannya secara gratis di TikTok.
  • Menggunakan Fitur Q&A. Ini merupakan salah satu fitur terbaik untuk bisa mendekatkan antara TikToker dan follower-nya.
  • Tempatnya Curhat dan Bercerita. Hampir sama seperti Facebook dan Twitter, TikTok juga bisa dijadikan ajang curhat, hanya saja dalam bentuk video.
  • Membagikan Tips & Trik. Dari teknologi hingga kesehatan, semuanya bisa kamu temukan asalkan rajiin mencari.
  • Nge-Vlog. Layaknya artis, kita bisa menceritakan kehidupan sehari-hari. Namun sisi negatifnya banyak dari pemilik video memamerkan kekayaan mereka, meskipun itu belum tentu benar.
  • Berbagi Passion. Setiap orang pasti punya hobi dan passion, dan mempostingnya di TikTok bisa membuat kita bertemu dengan orang yang memiliki hobi sama.
  • Joget dan Olahraga. Sekalipun bukan seorang dancer profesional, TikTok juga bisa memberikan hiburan agar penggunanya bisa joget, lipsync, dan aktif secara fisik.
Baca juga
Emulator PS2 Android Terbaik dan Cara Menggunakannya

Nah, dari daftar contoh aktivitas di atas, tentunya bisa kita simpulkan bahwa TikTok juga bisa mendatangkan manfaat bagi penggunanya, juga bisa memberikan dampak buruk yang mungkin tidak kita sadari sama sekali.

Efek Positif Tiktok Bagi Sebagian Orang

Sebenarnya, kita pun bisa mendapatkan uang dari TikTok asalkan sudah memiliki banyak follower. Namun, mencapai titik tersebut tidaklah gampang, karena kita harus memiliki konten menarik untuk dilihat dan menghibur dari berbagai macam sisi dan kalangan.

Efek Positif Tiktok Bagi Sebagian Orang

Namun selain monetasi dan fulus, tiktok juga bisa memberikan efek positif lainnya, beberapa efek tiktok yang lagi viral diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Menghibur

Sekalipun banyak orang menilai bahwa TikTok tidak baik buat anak-anak, tetapi tidak bisa kita sangkal bahwa aplikasi ini benar-benar menghibur kita di waktu senggang.

Di dalamnya kita bisa menemukan sketsa komedi, duet, orang joget, dan hal-hal lucu yang bisa membuat kita tersenyum dan tertawa.

2. Tempat Mencari Teman

Salah satu fungsi menarik dari jejaring sosial adalah kita bisa mendapatkan teman baru tanpa terhalangi jarak dan waktu. Platform ini memiliki jutaan pengguna di seluruh dunia, sehingga bisa menjadi tempat yang begitu bagus untuk inklusivitas.

Ada orang emalu di dunia nyata tetapi di TikTok mereka sangat aktif melakukan postingan. Dengan begitu membantu mereka berekspresi tanpa ragu-ragu.

3. Tempatnya Berekspresi dan Berkreativitas

Dimulai dari kemunculan TikTok, ada banyak sekali fitur yang bertambah dari waktu ke waktu. Nah, beberapa diantaranya ternyata menuntut kreativitas kita saat menggunakannya.

Misalnya, kita dituntut untuk menggunakan beragam filter, membuat pilihan musik yang sesuai dengan mood dan video yang kita rekam, mencoba gerakan tarian, dan lain sebagainya.

4. Menjadi Tempat Promosi

Ada gula ada semut. Dimana ada banyak orang, disitulah kita bisa berpromosi. Semakin banyak orang berkumpul di satu tempat, maka kemungkinan produk kita terjual akan semakin tinggi.

Begitupun dengan TikTok, dikarenakan sudah banyak penggunanya dan telah menjadi salah satu aplikasi paling terkenal, maka kita pun bisa melakukan promosi produk atau bahkan memperkenalkan merk kita demi menciptakan brand awareness.

Daripada ngiklan di TV yang jauh lebih mahal, mending di medsos saja karena jauh lebih tertarget dan tanpa mengeluarkan biaya besar. Makanya, Tiktoker dengan jumlah follower besar selalu mendapatkan endorse dan mendatangkan cuan buat mereka.

Baca juga
Ini Aplikasi Download Video Youtube Terbaik Android PC

Efek Buruk TikTok untuk Kesehatan Mental

Hal apapun yang ada di dunia ini, pastinya memiliki sisi positif dan negatif. Begitupun dengan aplikasi sejuta umat satu ini.

Efek Buruk TikTok untuk Kesehatan Mental

Usut punya usut, TikTok sangatlah kurang begitu bersahabat dengan kesehatan mental para penggunanya, terutama di kalangan ABG dan anak di bawah umur. Inilah alasan kenapa anak-anak tidak boleh memegang handphone dan bermain TikTok, karena bisa mendatangkan efek tiktok yang lagi viral kejadian yang tak diinginkan seperti di bawah ini.

1. Menjadi Buruan Predator

Coba login ke Facebook, dan tengok akun seorang gadis yang memposting fotonya di sana. Kemudian cek pula komentar-komentar yang bermunculan. Pasti ada diantaranya pria genit yang mencoba merayu bahkan dengan kata-kata tak senonoh.

Itu adalah efek foto dari medsos, apalagi dalam bentuk video di TikTok. Di luaran sana, ada banyak manusia tak normal yang memiliki kelainan, seperti pedo dan predator. Bayangkan anak kita ditonton oleh orang-orang seperti itu, kemudian membaca komentar-komentar jorok yang dilontarkan, maka bisa berpengaruh langsung terhadap kondisi mental mereka.

2. Mengancam Privasi

Di internet, privasi adalah hal yang begitu rawan untuk diintip oleh orang lain. Sementara itu, semua anak-anak pastinya belum mengerti mengenai masalah privasi tersebut.

Mereka bisa saja merekam aktivitas di luar rumah, dalam rumah, memperlihatkan interior rumah, hingga berbagi lokasi. Ini tentunya bisa menjadi sasaran empuk bagi para pencuri dan hacker.

3. Rentan Terkena Bully-an

Para keyboard warrior tidak pernah segan-segan dalam memberikan komentar pedas dan mengkritik, bahkan bisa saja mereka beramai-ramai membully orang lain, maka muncullah istilah cyber bullying.

Sudah banyak kok kejadian dimana seseorang terkena bully-an di internet, dan banyak pula kasus bunuh diri akibat kejadian tersebut.

4. Membahayakan Diri Sendiri

Medsos seringkali menuntut kita untuk tampil secara perfeksionis, sehingga bisa membuat kita kehilangan harga diri dan kepercayaan diri dalam jangka panjang.

Dimulai dari memamerkan bagian tubuh tertentu agar mendapatkan viewer, hingga menggunakan fitur dan filter agar bisa tampil cantik.

Baca juga
5 Aplikasi Pendeteksi Gempa dan Tsunami Yang Wajib Kalian Pasang

Alhasil, hidup mereka hanya berada di dalam internet dan melupakan kehidupan nyata secara total. Ini adalah tingkat terparah dari medsos dan harus diobati dengan menjalani rehabilitasi.

Demikian pembahasan mengenai efek tiktok yang lagi viral sekarang.

5/5 (1 Review)