SEON One Stop Solution Bisnis Online Indonesia

Cluster Cut Nyak Dien

Sumedang, Jawa Barat.

}

Senin - Sabtu

08.00 - 18.00

Phone Whatsapp

0822-1914-1914

Cluster Cut Nyak Dien

Sumedang, Jawa Barat.

}

Senin - Sabtu

08.00 - 18.00

Phone Whatsapp

0822-1914-1914

Dunia Bisnis Online Vs Dunia Bisnis Offline Untung Mana SEON One Stop Solution 05:32

Dunia Bisnis Online Vs Dunia Bisnis Offline Untung Mana

Dunia Bisnis Online Vs Dunia Bisnis Offline Untung Mana

Dunia Bisnis Online Vs Dunia Bisnis Offline Untung Mana

Sobat SEON, kali ini kita akan membahas mengenai  Dunia Bisnis Online vs Dunia Bisnis Offline Untung Mana yang menarik untuk disimak.

Pada saat seseorang ingin memulai sebuah bisnis biasanya seseorang akan dilanda kebingungan yang luar biasa. Baik itu mengenai modal, jenis usaha, dan bahkan usaha apa yang menguntungkan atau berpotensi memiliki keuntungan yang maksimal dengan modal yang seminimal mungkin.

Pada saat ini banyak orang yang memulai bisnis secara online dibandingkan dengan menjalankan bisnis offline. Meskipun terkadang pembisnis melakukan kedua metode bisnis ini. Namun, dalam dunia bisnis kegagalan, keuntungan, dan kerugian dalam menjalankan bisnis merupakan suatu hal yang wajar terjadi.

Walaupun demikian, sebagai pembisnis yang berkecimpung dalam dunia bisnis anda perlu tahu mengetahui keuntungan dan kerugian dari kedua bisnis tersebut yakni bisnis online dan bisnis offline. Oleh karena itu, pada artikel kali ini kami akan membahas mengenai dunia bisnis online dan dunia bisnis offline yang akan membahas mengenai keuntungan dan kerugian dari keduanya. Yuk, simak ulasan selengkapnya.

Kelebihan Bisnis Online

Untuk mengetahui keuntungan dari sebuah bisnis online yang banyak dijalankan pada saat ini, simak ulasan selengkapanya di bawah ini.

1. Tidak Perlu Menyewa atau Membeli Tempat

Dalam dunia bisnis hal pertama yang harus ada adalah tempat untuk melakukan penjualan. Nah, keuntungan memulai bisnis online yang pertama adalah anda tidak perlu menyediakan tempat untuk berjualan atau membuka lapak dalam bentuk fisik.

Tempat anda berjualan ya di dunia maya dengan membuka bisnis online shop di berbagai macam media seperti website, media sosial dan lainnya yang dapat digunakan untuk berjualan. Ini artinya anda tidak perlu mengeluarkan banyak midal dalam mambangun dan menjalankan bisnis secara online.

2. Minim Risiko

Karena  modal yang dibutuhkan tidak besar dan relatif minim, juga dapat dikatakan bahwa bisnis online ini memiliki risiko yang minim sekali jika dibandingkan dengan bisnis offline. Kegagalan merupakan suatu hal yang wajar dan biasa terjadi di dalam dunia bisnis.

Baca juga  3 Tips Sukses Cara Jualan di Instagram Untuk Pemula

3. Jangkauan Pasar yang Luas

Dalam dunia bisnis pasar yang luas sangat diperlukan untuk membuat bisnis sukses besar dan meraup keuntungan yang lebih besar lagi. Dengan menjalankan bisnis online anda akan menjangkau pasar yang lebih luas karena anda menggunakan internet dalam gal ini seperti media sosial, website dan marketplace yang sudah banyak disediakan.

Dunia bisnis dalam dunia maya sangat luas, anda dapat menjangkau seluruh wilayah yang ada di dalam maupun luar negeri. Jam buka sebuah toko online juga bisa 24 jam tanpa harus anda begadang dan menungguinya. Sebagai conrtoh, pesanan yang masuk saat tengah malam dapat anda proses keesokan harinya.

4. Praktis

Kepraktisan merupakan hal yang diperlukan dalam dunia bisnis. Nah, bisnis online ini merupakan sebuah bisnis yang praktis. Maksud dari kata praktis dalam hal ini adalah mudah dilakukan dimana saja selama anda masih menjangkau jaringan internet.

Bagi anda yang bingung untuk memulai bisnis secara online anda bisa melakukan beberapa cara atau langkah-langkah berikuti ini.

Kekurangan Bisnis Online

Meskipun mudah dijalankan, bisnis online juga memiliki kekurangan. Salah satu kekurangan yang dimiliki oleh bisnis online adalah tidak memiliki kepercayaan yang besar dari konsumen. Biasanya konsumen akan berpikir berulang kali untuk berbelanja di toko online. Hal ini disebabkan oleh kepercayaan para konsumen yang rendah terhadap toko online.

Biasanya konsumen akan melihat review, testimony, dan rating yang dari sebuah toko online sebelum mereka memutuskan untuk berbelanja di toko online. Oleh karena itu, anda harus berusaha bagaimana cara meningkatkan kepercayaan masyarakat kepada toko online milik anda.

Kelebihan Bisnis Offline 

Nah, untuk selanjutnya kami akan membahas mengenai kelebihan dari toko offline. Meskipun toko online memiliki banyak kemudahan dalam menjalankannya, namun bisnis offline juga memiliki keuntungan jika dibandingkan dengan bisnis online. Berikut beberapa keuntungan bisnis offline.

Baca juga  5 Cara Memulai Bisnis Online Dari Nol Untuk Wanita 2018

1. Konsumen Lebih Percaya

Dalam dunia bisnis, bisnis offline lebih dipercaya dibandingkan dengan bisnis online oleh konsumen. Hal ini karena bisnis offline memiliki tempat dan lokasi yang pasti jika dibandingkan dengan bisnis online yang hanya berada di dunia maya. Tak bisa dipungkiri jika banyak orang yang memilih berbelanja dengan cara mendatangi sebuah toko fisik.

Pada saat anda ingin membeli produk, anda tinggal menyentuh dan melihat langusng bahannya dan mengecek jahitannya. Hal ini tidak dapat dilakukan pada saat belanja di toko online. Biasanya antara produk yang real dan yang ada di dalam foto yang ditunjukkan tidak sama.

2. Lebih Gampang Urus Kredit

Pada saat mengajukan sebuah kredit bisnis online memang juga bisa dalam pengajuannya. Namun , biasanya masih belum bisa dipercaya untuk mengajukan kredit atau pinjaman pada bank karena meskipun anda memiliki toko online anda tidak bisa menunjukkan bentuk fisiknya.

Bisnis offline biasanya akan lebih mudah dalam mengajukan sebuah pinjaman kepada bank kaerna aset bisnis offline bisa jadikan sebagai jamina dan jelas terlihat dan dapat dihitung. Jumlah pinjaman yang didapatkan jika anda menjalankan bisnis offline juga biasanya lebih besar dibandingkan dengan bisnis online.

Modal dalam bentuk pinjaman merupakan salah satu hal yang dapat mengatasi masalah dan diperlukan dalam dunia bisnis.

Kekurangan Bisnis Offline 

Sama seperti bisnis online yang memiliki kekurangan, bisnis offline juga memiliki kekurangan yakni satu hal yang terlihat jelas dan sudah pasti dihadapi dalam membangun bisnis offline adalah adanya pasang surut sebuah usaha bisnis.

Salah satu kekurangan bisnis offline yang terlihat jelas adalah banyaknya biaya yang dikeluarkan sehingga dapat dikatakan modal akan lebih besar dibandingkan bisnis online. Misalnya saja biaya untuk membayar gaji karyawan, biaya sewa tempat atau membeli tempat, dan biaya lainnya. selain itu, anda juga akan mengalami kesusahan dalam melakukan pengawasan secara terus menerus.

Cara Mengembangkan Bisnis Offline ke Online

Nah, setelah anda tahu mengeni kelebihan dan kekurangan bisnis online dan bisnis offline, menurut anda mana yang lebih menguntungakan? Semua tergantung pada sudut pandang anda. Namun, bagi anda yang ingin membangun dan mengembangakan bisnis offline ke bisnis online, anda dapat melakukan cara berikut ini.

Baca juga  8 Bisnis Modal Kecil Untung Besar Terbaru April 2018

1. Membuat Toko Online

Dalam dunia bisnis online toko merupakan suatu hal yang harus ada sebagai wadah untuk berjualan atau lapak anda. anda dapat membuat toko online di media sosial, website, atau marketplace.

2. Membuat Website

Agar bisnis online anda lebih terpercaya anda bisa membuat sebuah website untuk mendukungnnya. Hal ini juga memiliki manfaat untuk memperluas jangkauan pangsa pasar anda.

3. Lakukan Promosi

Sama halnya seperti bisnis offline, dalam menjalankan bisnis secara online anda juga harus gencar dalam melakukan promosi. Anda tidak perlu khawatir karena anda dapat menggunakan media sosial untuk melakukan promosi dan dapat menurunkan biaya promosi yang dilakukan dalam bisnis offline.

4. Membuat Toko Online Banyak Pengunjung

Untuk membuat toko online dikunjungi, khususnya dalam sebuah website. Anda dapat menambah konten yang sesuai dengan bisnis yang anda jalankan misalnya dalam bentuk tulisan atau video.

Itulah beberapa informasi mengenai dunia bisnis online dan dunia bisnis offline yang dapat kami sampaikan. Kedunya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Namun dalam menjalankan sebuah bisnis anda dapat menggunakan keduanya agar bisnis anda cepat sukses. Semoga artikel ini bermanfaat, terimakasih.

Demikian pembahasan mengenai  Dunia Bisnis Online vs Dunia Bisnis Offline Untung Mana yang menarik untuk anda segera coba.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semua para pemula yang memiliki keinginan untuk membangun sebuah bisnis online. Jangan lupa like dan share jika anda merasa artikel ini layak untuk dibagi ke orang orang terdekat anda. Salam sukses dari kami SEON One Stop Solution.

Sumber : Bisnis Online Indonesia

5/5 (1 Review)

Previous

Next

Submit a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

/* */