Jika messenger jagoan Jepang adalah Line dan China adalah Wechat, lain lagi dengan di Amerika dan Indonesia yang berupa Whatsapp.

Aplikasi hasil besutan Facebook ini sebenarnya sudah begitu mutakhir dan praktis, akan tetapi ada pihak lain yang membuat tiruannya agar jauh lebih nampak oke dan keren.

GB Whatsapp Pro, begitulah nama dari versi modifikasi messenger yang paling banyak digunakan di Indonesia.

Sekalipun tak muncul di Google Play Store dan Apple Store, akan tetapi aplikasi ini sudah dianggap sebagai salah satu versi terbaik dari Wahtsapp Plus karena memiliki banyak fitur hebat.

Di saat yang bersamaan, GB Whatsapp Pro menjadi salah satu aplikasi yang paling banyak digunakan di luar distribusi Google Play Store, yang katanya cenderung membawa lebih banyak resiko daripada manfaatnya.

Masa iya sih? Daripada tebak-tebakan buah manggis, mending kita simak paparannya berikut ini, dimulai dari cara mengunduh dan menginstall, hingga kelebihan dan resiko yang mungkin didapatkan.

Cara Download GB Whatsapp Pro

Seperti yang sudah disebutkan di atas bahwa GB Whatsapp Pro tidak tersedia di dalam Google Play Store, sehingga mengharuskan kita untuk mengunduh dari tempat lain (disarankan dari situs resmi) dalam bentuk APK lalu menginstall-nya secara manual.

Sayangnya, banyak orang yang masih kebingungan cara menginstall APK yang telah didownload, dan ada diantara kita pasti mengalai kesulitan untuk memahami setiap langkah yang ada.

Sekalipun pada saat prosesnya cukup mengklik APK tersebut untuk dieksekusi sebagai proses instalasi, mending kita ikuti langkah berikut ini biar tak keliru dalam melakukannya.

Caranya cukup singkat dan jelas, dijamin tak akan bikin kepala puyeng. Adapun langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Buka Google Chrome di handphone masing-masing lalu akses website berikut: https://gbapps.net/gbwhatsapp-apk/.
  2. Scroll ke bawah dan temukan tombol merah bertuliskan “Download GBWhatsApp APK”.
  3. Kamu aka diarahkan ke halaman lain. Scroll lagi ke bawah lalu klik tombol “Download GBWhatsApp APK”.
  4. Tunggu beberapa saat hingga semua aplikasi terdownload sepenuhnya. Ukurannya kurang lebih 50 MB dan kecepatan unduh tergantung dari masing-masing provider internet yang digunakan.
  5. Setelah terdownload, klik file yang barusan berhasil diunduh.
  6. Akan muncul sebuah popup yang bertuliskan “Anda ingin menginstall aplikasi ini?”. Untuk menyetujuinya, silahkan pilih “INSTALL”.
  7. Tunggu proses penginstalan hingga selesai.
  8. Selamat, GB Whatsapp Pro sudah berhasil kamu download dan install.

Saat pertama kali mengakses GB WhatsApp, maka kita akan diminta untuk mengizinkan beberapa macam akses yang dibutuhkan. Cukup tekan “Izinkan” saja sebagai proses lanjutan.

Selalu update GB Whatsapp Pro kamu setiap kali ada pembaruan. Alasannya mudah, biar tidak mudah dibobol hacker atau selalu mendapatkan pembaruan fitur yang disediakannya.

Kelebihan GB Whatsapp Pro

Salah satu alasan kenapa GB Whatsapp Pro diminati oleh anak muda di Indonesia adalah karena fiturnya yang kekinian dan tampilannya yang bisa kita ubah semenarik mungkin.

Tanpa harus kehilangan fitur aslinya dari Whatsapp, GB Whatsapp Pro malah menambahkan sejumlah kelebihan yang dapat dinikmati kapanpun kamu inginkan.

Adapun kelebihan menggunakan aplikasi liar yang satu ini adalah sebagai berikut:

  • Semua fitur Whatsapp asli ada di GB Whatsapp Pro.
  • Opsi privasi yang semakin ditingkatkan.
  • Fitur yang dapat menyembunyikan “terakhir dilihat”, tapi kita masih bisa melihat “terakhir dilihat” milik orang lain.
  • Opsi untuk menyembunyikan pesan yang dikirim.
  • Opsi untuk menyembunyikan tanda terima telah dibaca.
  • Opsi untuk menyembunyikan “terakhir dilihat” untuk kontak tertentu.
  • Menggunakan nama grup whatsapp hingga 35 karakter, sementara Whatsapp versi asli hanya memuat 25 karakter saja.
  • Menulis status hingga 255 karakter, sementara Whatsapp versi asli hanya 139 karakter saja.
  • Mengirim pesan masal hingga ke 600 orang, sementara WA versi asli hanya 250 orang saja.
  • Membedakan antara pesan biasa dan pesan masal, yang mana sulit dilihat melalui WA versi asli.
  • Membuat lebih dari tiga obrolan!

Tak berhenti sampai di sana, kita pun dapat menggunakan Whatsapp ganda pada perangkat yang sama. Enaknya lagi, kita dapat mengatur balasan otomatis seperti halnya fitur yang terdapat di dalam WhatsApp Business.

Namun perlu berhati-hati saat menggunakannya. Ini karena Whatsapp atau Facebook secara jelas menuliskan bahwa mereka melarang penggunaan aplikasi modifikasian dan mod apapun alasannya.

Jika ketahuan, maka akun WA asli kita akan diblokir atau dibanned secara permanen. Selain itu, aplikasi ini juga katanya dapat membahayakan privasi karena berasal dari sumber yang tak dikenal.

Benarkah demikian? Untuk lebih jelasnya, kita lihat kekurangan GB Whatsapp Pro berikut ini ya!

Kekurangan GB Whatsapp Pro

Disamping daripada fitur dan layanannya yang oke, namun patut disayangkan karena GB Whatsapp dinilai berbahaya bagi privasi dan gadget kita jika digunakan dalam jangka panjang.

Google Play Store memiliki syarat dan aturan yang ketat sebelum akhirnya aplikasi tersebut dapat muncul di toko mereka dan diunduh oleh pengguna smartphone.

Jika misalnya aplikasi tersebut tidak disetujui atau diizinkan oleh Google Play Store, maka kita harus curiga jangan-jangan ada sesuatu yang terkandung di dalamnya.

Whatsapp sendiri bukan tidak bisa menambahkan fitur-fitur yang ada di dalam GB Whatsapp Pro, hanya saja mereka memiliki alasan yang kuat kenapa fitur tersebut tidak disertakan.

Salah satu faktor utamanya adalah keamanan dan privasi dari masing-masing pengguna. Karena seperti yang kita tahu, melindungi privasi diri adalah Hak Asasi Manusia yang wajib kita dapatkan.

Sebaliknya, melalui GB Whatsapp kita malah bisa mengintip hal-hal yang harusnya disembunyikan oleh Whatsapp asli.

Tapi ini hanya satu dari sekian banyaknya kekurangan yang disediakan, karena masih banyak hal yang wajib kamu takuti, diantaranya:

  • Penggunaannya ilegal dan bisa mengancam kita baik dari informasi diri maupun perbankan.
  • GB Whatsapp menggunakan server yang tidak dikenal dan cenderung tidak aman.
  • Akun WA asli kita bisa dibanned secara permanen tanpa ampun.
  • Hadir dengan opsi “obrolan palsu” yang dapat mengarah pada misinformasi hingga hoax.
  • Ada kemungkinan chatingan kita dibaca oleh pihak ketiga.

Cukup riskan jika misalnya chatingan yang terbilang sensitif dibaca oleh orang lain. Makanya tak heran jika Whatsapp sendiri melindungi bagian ini secara serius dan paling diprioritaskan.

Untuk melakukannya, Whatsapp versi asli menggunakan enkripsi di setiap chatingan yang dilakukan, sehingga dijamin tak akan mampu dibobol atau diintip oleh orang yang tak dikenal, terkecuali orang tersebut membeberkannya secara publik seperti pada kasus-kasus terkenal yang sering muncul di berita TV.

Untuk alasan ini jugalah, penggunaan GB Whatsapp beserta teman-temannya – termasuk Yo Whatsapp, Whatsapp Plus, dan lain sebagainya – tidak disarankan terkecuali kamu benar-benar siap menerima resikonya.