Doa untuk Orang Meninggal Beserta dengan Artinya

Saat orang tua, tetangga, saudara, kerabat, atau orang yang kita kenal meninggal dunia, tentu kita harus mendoakannya agar ia dapat diterima dengan khusnul khotimah di sisi Allah SWT. Ada banyak doa untuk orang meninggal mulai dari yang pendek maupun yang panjang.

Nah, dikesempatan ini kami ingin berbagi beberapa tips mengenai kumpulan doa orang meninggal beserta dengan artinya. Jika ingin tahu lebih lanjut, silakan simak terus penjelasannya dalam artikel di bawah ini.

Anjuran Mendoakan Orang yang Meninggal Dunia

Jika diulik lebih jauh, sebenarnya banyak sekali anjuran baik yang terdapat dalam hadits nabi maupun yang terdapat dalam Al Quran agar sesama umat muslim saling mendoakan, bahkan bagi mereka yang telah meninggal sekalipun.

Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan Imam Muslim dari Ummu Salamah r.a. yang  terdapat dalam kitab al Adzkar an Nawawi mengatakan:

“Dari Ummu Salamah r.a., ia berkata bahwasanya Rasulullah SAW bersabda: Apabila kalian menyaksikan orang sakit atau meninggal maka berkatalah yang baik. Sesungguhnya malaikat mengamini terhadap apa yang kalian katakan.”

Tak hanya itu, dalam kitab suci Al Quran tepatnya dalam surat Al Hasyr ayat 10 Allah SWT berfirman yang artinya:

“Dan orang-orang yang datang sesudah mereka (Muhajirin dan Anshor), mereka berdoa: “Ya Tuhan kami, beri ampunlah (kepada) kami dan saudara-saudara kami yang telah beriman lebih dulu dari kami, dan janganlah Engkau membiarkan kedengkian dalam hati kami terhadap orang-orang yang beriman. Ya Tuhan Kami, Sesungguhnya Engkau Maha Penyantun lagi Maha Penyayang.”

Kumpulan Doa untuk Orang Meninggal dan Artinya

Sebagai orang yang masih hidup, kita senantiasa harus mendoakan mereka yang telah meninggal. Baik semasa hidupnya ia baik ataupun buruk, asalkan mereka juga sama-sama merupakan seorang muslim atua muslimah maka kita dituntut untuk mendoakannya dengan bebrapa doa berikut:

1) Doa Mendengar Orang Meninggal

Saat ada orang meninggal dilingukungan tempat tinggal kalian, tentunya akan diumumkan melalui masjid atau mushola. Nah, jika kalian mendengar pengumuman orang meninggal tersebut maka hendaklah ucapkan bacaan berikut:

 

إِنَّا لِلَّٰهِ وَإِنَّا إِلَيْهِ رَاجِعُونَ

 

Innalillahi wa innaailaihi roojinguun

 

Artinya: “Sesungguhnya kami (berasal) dari Allah dan akan kembali kepada-Nya.”

Bacaan tersebut diatas merupakan bacaan yang disebut “istirja” yang diperintahkan oleh nabi yang diriwayatkan dalam hadits Tirmidzi dari Abu Musa ra. yang bahkan tercantum juga di dalam kitab suci Al Quran agar siapapun yang mendapatkan musibah termasuk jika ada orang yang meninggal maka untuk mengucapkan kalimat tersebut.

 

2) Doa untuk Orang Meninggal Perempuan

Apabila orang yang meninggal tersebut merupakan seorang perempuan, maka hendaklah untuk membaca bacaan berikut ini:

 

اَللَّهُمَّ اغْفِرْلَها وَارْحَمْهَا وَعَافِهَا وَاعْفُ عَنْهَا، وَأَكْرِمْ نُزُلَهَا، وَوَسِّعْ مَدْخَلَهَا، وَاغْسِلْهَا بِالْمَاءِ وَالثَّلْجِ وَالْبَرَدِ، وَنَقِّهَا مِنَ الْخَطَايَا كَمَا يُنَقَّى الثَّوْبُ اْلاَبْيَضُ مِنَ الدَّنَسِ. وَأَبْدِلْهَا دَارًا خَيِرًا مِنْ دَارِهَا، وَأَهْلًا خَيْرًا مِنْ اَهْلِهَا وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِهَا، وَأَدْخِلْهَا الْجَنَّةَ، وَأَعِذْهَا مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ وَفِتْنَتِهِ وَمِنْ عَذَابِ النَّارِ

 

Allaahummaghfirlaha warhamha wangaafihaa wa’fuanha, wa akrim nuzulaha, wa wassi’ madkholaha, waghsilha bilmaa i wats tsalji walbarod, wanaqqihi minal khothooyaa kamaa yunaqqots tsaubul abyadlu minaddanas. Wa abdil ha daaron khoirom min daarihaa, wa ahlan khoiron min ahlihaa wazaujan khoiron min zaojihaa, wa adkhil hul jannata, wa angidzhaa min ngadzaabil qobri wa fitnatihi wa min ngadzaabinnaar.

Artinya: “Ya Allah, ampunilah serta rahmatilah, bebaskanlah, lepaskanlah kedua ia. Serta muliakanlah tempat singgahnya, senggangkan jalan masuknya, sucikanlah kedua ia dengan menggunakan air yang jernih lagi sejuk, serta sucikanlah ia dari semua kesalahan layaknya baju putih yang telah dibersihkan dari kotoran. Serta gantilah tempat singgahnya dengan tempat singgah yang lebih baik dibandingkan yang ditinggalkannya, serta keluarga yang lebih baik, dari yang telah ditinggalkannya pula. Masukkanlah kedua orang tuaku ke dalam surga, serta lindungilah dari siksa kubur dan juga fitnahnya, serta dari siksa api neraka.”

 

3) Doa untuk Orang Meninggal Laki-Laki

Khusus untuk orang laki-laki yang telah meninggal, kita bisa mengubah bacaan dari “laha” menjadi “lahu” karena dalam bahasa Arab antara kata “ia” untuk perempuan dan kata “ia” untuk laki-laki dibedakan. Berikut bacaannya:

 

اَللهُمَّ اغْفِرْلَهُ وَارْحَمْهُ وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهُ وَاَكْرِمْ نُزُلَهُ وَوَسِّعْ مَدْخَلَهُ وَاغْسِلْهُ بِالْمَاءِ وَالثَّلْجِ وَالْبَرْدِ وَنَقِّهِ مِنَ الْخَطَايَا كَمَا يُنَقَّى الثَّوْبُ اْلاَبْيَضُ مِنَ الدَّنَسِ وَاَبْدِلْهُ دَارًاخَيْرًا مِنْ دَارِهِ وَاَهْلاً خَيْرًا مِنْ اَهْلِهِ وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِهِ وَاَدْخِلْهُ الْجَنَّةَ وَاَعِذْهُ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ وَفِتْنَتِهِ وَمِنْ عَذَابِ النَّارِ

 

Allaahummaghfirlahu warhamhu wangaafihii wa’fuanhu wa akrim nuzulahu wa wassi’ madkholahu waghsilhu bilmaa i wats tsalji walbarod wanaqqihi minal khothooyaa kamaa yunaqqots tsaubul abyadlu minaddanas wa abdil hu daaron khoirom min daarihi wa ahlan khoiron min ahlihi wazaujan khoiron min zaojihi wa adkhil hul jannata wa angidzhu min ngadzaabil qobri wa fitnatihi wa min ngadzaabinnaar

Artinya: “Ya Allah, ampunilah serta rahmatilah, bebaskanlah, lepaskanlah kedua ia. Serta muliakanlah tempat singgahnya, senggangkan jalan masuknya, sucikanlah kedua ia dengan menggunakan air yang jernih lagi sejuk, serta sucikanlah ia dari semua kesalahan layaknya baju putih yang telah dibersihkan dari kotoran. Serta gantilah tempat singgahnya dengan tempat singgah yang lebih baik dibandingkan yang ditinggalkannya, serta keluarga yang lebih baik, dari yang telah ditinggalkannya pula. Masukkanlah kedua orang tuaku ke dalam surga, serta lindungilah dari siksa kubur dan juga fitnahnya, serta dari siksa api neraka.”

4) Doa untuk Kedua  Orang Tua yang Telah Meninggal

 

رَبِّ اغْفِرْ لِيْ وَلِوَالِدَيَّ وَارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِيْ صَغِيْرَا

 

Robbighfirlii waliwalidayya warkhamhumaa kamaa robayaanii soghiiroo

 

Artinya: “Ya Tuhan, ampunilah dosa-dosa ku dan (dosa) kedua orang tuaku. Sayangilah keduanya sebagaimana keduanya menyayangiku di waktu kecil.”

 

5) Doa Mohon Ampunan bagi Orang yang Sudah Meninggal

 

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ وَالْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ الأَحْيَاءِ مِنْهُمْ وَالأَمْوَاتِ مِنْ مَشَارِقِ الْاَرْضِ إِلَى مَغَارِبِهَا بَرِّهَا وَبَحْرِهَا، خُصُوْصًا إِلَى آبَاءِنَا وَاُمَّهَاتِنَا وَأَجْدَادِنَا وَجَدَّاتِنَا وَأَسَاتِذَتِنَا وَمُعَلِّمِيْنَا وَلِمَنْ أَحْسَنَ إِلَيْنَا وَلِأَصْحَابِ الحُقُوْقِ عَلَيْنَا

 

Alloohummaghfir lil muslimiina wal muslimat, wal mu’miniina wal mukminaat, al ahyaa’i minhum wal amwaat, min masyaariqil ardhi ila maghooribiha barrihaa wa bahrih. Khushuushon ilaa aabaa’inaa, wa ummahaatinaa, wa ajdaadinaa, wa jaddaarinaa, wa asaatidzatinaa, wa mungaallimiinaa, wa li man ahsana ilainaa, wa li ashhaabil huquqi ‘alaynaa.

Artinya: “Ya Allah, ampunilah kaum muslimin dan muslimat, kaum mu’minin dan mu’minat, yang masih hidup, yang wafat, yang tersebar dari timur sampai barat, yang di darat dan di laut, khususnya bapak, ibu, kakek, nenek, ustadz, guru, mereka yang telah berbuat baik terhadap kami, dan mereka yang masih memiliki hak terhadap kami.”

 

6) Doa untuk Orang Meninggal yang Hendak Dibaca Keluarganya

 

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِي وَلَهُ وَأَعْقِبْنِي مِنْهُ عُقْبَى حَسَنَةً

 

Allahummaghfirli wa lahu wa’qibni minhu nguqba hasanah

 

Artinya: “Ya Allah, ampunilah aku dan dia serta berikan kepadaku darinya pengganti yang baik”

 

Demikian kumpulan doa untuk orang meninggal yang bisa kalian baca saat mendengar orang meninggal maupun dalam sholat jenazah. Semoga bermanfaat!