Desain Rumah Tinggal Atau Hunian Keluarga

Dalam mendesain sebuah rumah tinggal atau hunian keluarga yang cukup representatif untuk menjadi daerah kediaman yang nyaman memang tidak terlalu gampang dilakukan, terutama bagi kaum awam. Banyak hal yang harus menjadi materi pertimbangan, salah satunya berkaitan dengan luas lahan yang ada dikaitkan dengan kebutuhan ruang untuk beraktivitas bagi seluruh anggota keluarga.

Lahan yang tersedia, ada kalanya tidak mencukupi untuk memenuhi kebutuhan ruang (terutama di kota-kota besar), sehingga ada kecenderungan untuk membangun rumah bertingkat, dan tentu saja hal ini membutuhkan dana atau biaya dua hingga tiga kali lipat dari bangunan rumah biasa.

Desain Rumah Tinggal Atau Hunian Keluarga

Gambar di atas merupakan rujukan sebuah rumah tinggal satu lantai dengan ukuran lahan 10 x 15 m (150 m2). Desain rumah tinggal tersebut mempergunakan carving (ukiran dinding) sebagai point view untuk mempercantik tampilan secara keseluruhan.

Unsur ruang hijau menjadi perhatian yang tidak sanggup diabaikan dalam rangka memberi suasana segar, terutama di pagi hari. Desain hunian tersebut dalam gambar cukup banyak mempergunakan kontur vertikal untuk memperlihatkan kesan bangunan tinggi dan cukup megah. Pengembangan selanjutnya dari desain tersebut di atas, tinggal kita menambahkan pagar rumah sesuai selera.

Kembali kepada problem pola desain hunian keluarga yang representatif, pola alur udara segar harus  pula diperhatikan biar sanggup mengakibatkan kompleks hunian yang asri, dan tentu saja suasana di dalam rumah menjadi cukup hambar alias segar, alasannya yakni arus udara segar yang memadai.

Desain Rumah Tinggal Atau Hunian Keluarga

Desain rumah tingkat dalam gambar di atas tetap mempertahankan keberadaan ruang hijau sebagai unsur pemantik udara segar. Unsur kayu dan batuan alami tetap lebih banyak didominasi sebagai unsur utama desain. Contoh desain tersebut cocok untuk diterapkan pada sebuah lahan dengan lebar 12 m.

Baca juga >>
60 Desain Rumah Minimalis Satu Kamar | Desain Rumah Minimalis Terbaru

Desain Rumah Tinggal Atau Hunian Keluarga

Gambar di atas yakni merupakan alternatif desain hunian dua lantai dengan lebar lahan 12 m. Unsur ruang hijau masih tetap menjadi unsur utama desain keseluruhan. Unsur kayu dan batuan alam menambah elok tampilan desain bangunan secara keseluruhan.

Demikianlah uraian wacana Desain Rumah Tinggal atau Hunian Keluarga yang cukup representatif.