Desain Rumah Minimalis Ukuran Tanah 50 Meter

Pada dasarnya sebuah rumah yang nyaman niscaya selalu identik dengan ukuran lahan yang luas serta desain yang megah. Kalau kita berpikir secara nalar tentu untuk mendapatkan rumah yang nyaman di lahan yang luas pastinya membutuhkan biaya yang besar dan tidak semua orang bisa membangun rumah yang mewah dan megah. Nah untuk Anda yang tidak mempunyai cukup dana untuk membangun rumah besar dan luas solusinya adalah membangun sebuah rumah minimalis yang didesain khusus sehingga terlihat dan terasa lebih luas dan lapang dari ukuran sebenarnya.

Desain Rumah Minimalis Ukuran Tanah 50 Meter

Artikel ini memberikan informasi mengenai berbagai alternatif denah dan desain rumah kecil yang memiliki ukuran tanah 50 meter yang bisa dijadikan referensi dalam merancang rumah impian Anda., semoga bisa memberikan ide bagi Anda yang menginginkan desain rumah yang terasa lapang dan luas dengan penempatan ruang yang bagus dan ideal, namun dihadapkan pada kondisi dimana lahan terbatas dan hanya memiliki luas 50 meter saja. Yuk Mulai.

Denah Rumah Minimalis ukuran 50 Meter

Berbicara mengenai denah tidak akan jauh dari gambar dan bangunan. Denah merupakan sebuah peta berukuran kecil yang menunjukkan dan menggambarkan detail lokasi dari suatu bangunan. Denah biasanya merupakan tampak atas dari sebuah bangunan. Jika sebuah bangunan dipapas melintang, maka gambar tampak atas dari bangunan tersebut dapat disebut sebuah denah.

Seperti halnya peta, pada dasarnya denah dibuat untuk dapat memudahkan penggunanya dalam melacak suatu lokasi. Jika peta memiliki cakupan wilayah yang lebih luas, maka denah hanya mencakupi daerah suatu bangunan saja. Denah berfungsi untuk menunjukkan posisi setiap ruangan yang ada di dalam suatu bangunan. Dengan menggunakan denah, seseorang dapat dengan mudah mengetahui letak suatu ruangan di dalam sebuah bangunan.

Baca juga
Warna Cat Rumah Bagian Luar 2020 yang Bagus dan Cerah

Untuk luas lahan bangunan rumah dengan luas 50 meter biasanya memiliki panjang bervariasi mulai 5×10 meter, 4×12 meter, 6x8meter dan variasi lainnya. Di bawah ini kami sajikan beberapa denah rumah dengan ukuran tanah 50 meter yang bisa Anda jadikan referensi.

Luas Tanah 50 Meter Persegi

Denah Rumah 50 Meter

Rumah Ukuran 50 Meter

Luas Tanah 50 Meter

Desain Rumah Luas Tanah 50m2

 

Desain Rumah Minimalis ukuran 50 Meter

Sebagai bangunan, rumah berbentuk ruangan yang dibatasi oleh dinding dan atap. Rumah memiliki jalan masuk berupa pintu dengan tambahan berjendela. Lantai rumah biasanya berupa tanah, ubin, babut, keramik, atau bahan material lainnya. Rumah bergaya modern biasanya memiliki unsur-unsur ini. Ruangan di dalam rumah terbagi menjadi beberapa ruang yang berfungsi secara spesifik, seperti kolam renang, ruang kerja, ruang belajar, kebun, ruang olahraga, ruang cuci, laboratorium, pantry, perpustakaan, ruang bermain, taman bermain, kolam ikan, ruang musik, ruang doa, kamar tidur, kamar mandi, toilet (WC), ruang makan, dapur, ruang keluarga, ruang tamu, garasi, gudang, teras dan pekarangan.

Di zaman globalisasi sekarang ini, kebanyakan orang hidup mobile. Sehingga fungsi rumah sekarang hanya sebatas tempat untuk memenuhi kebutuhan yang paling mendasar saja, sebagai tempat istirahat dan utilitas pribadi. Selebihnya orang lebih banyak menghabiskan waktu di luar rumah. Jadi dengan rutinitas demikian orang lebih nyaman di rumah yang tidak terlalu besar dan cukup dengan ruangan-ruangan yang dibutuhkan saja seperti kamar tidur, kamar mandi dan dapur.

Sering kali kita mendengar kata minimalis dipakai untuk menyebut gaya, desain, konsep yang berhubungan dengan bangunan seperti, rumah minimalis, kantor minimalis, dapur minimalis dan lain sebagainya. Apakah arti minimalis dalam dunia arsitektur sebenarnya?

Pengertian minimalis awalnya digunakan untuk gaya kehidupan. Minimalis adalah usaha untuk membebaskan diri dari kehidupan berlebihan dengan berfokus kepada apa yang dianggap paling penting sehingga dapat menemukan pemenuhan kebutuhan hidup, kebahagiaan dan kebebasan. Dalam perkembangannya, konsep minimalis diaplikasikan juga pada karya seni, sastra, arsitektur, fotografi dan lain sebagainya.

Dalam dunia arsitektur, pengertian minimalis adalah metode merancang yang estetika dan fungsionalitasnya terpenuhi dengan elemen yang paling mendasar dan esensial. lntensitasnya adalah untuk mengakomodasi kehidupan dengan sederhana, tetapi tetap mengedepankan nilai estetikanya. Minimalis menunjukkan kelurusan, kesederhanaan tekstur, dan penerapan struktur yang logis atau tidak mengada-ada.

Baca juga
Menghitung Biaya Bangun Rumah Minimalis 3 kamar Tidur 2021

Dengan demikian pengertian rumah minimalis adalah rumah yang dibangun dengan konsep struktur yang logis sesuai fungsional yang paling mendasar dan esensial tanpa harus meninggalkan nilai estetikanya.

Dalam perkembangannya, rumah minimalis modern memiliki pengertian lain yaitu rumah yang di desain unik, rapi, bersih tanpa banyak ornamen, terkesan mungil, sangat presisi, menggunakan warna yang berani agar lebih tampak menarik.

Rumah Minimalis 50 Meter

Rumah 50 Meter

Desain Rumah 50 Meter

Ciri Khas Desain Rumah Minimalis

  1. Berbentuk Geometris

Rumah dengan desain minimalis selalu tanpa pelana dan perisai. Bentuknya cenderung kotak atau kubus, atau bentuk geometris bersudut lainnya. Dan umumnya, rumah minimalis memiliki bentuk atap yang mendatar. Hal ini yang membedakan dengan rumah pada umumnya yang beratap membentuk segitiga.

  1. Ringkas, Bersih, dan Praktis

Rumah minimalis terkesan ringkas, bersih dan praktis. Jadi, perawatan rumah minimalis itu relatif lebih gampang sebab tak terlalu banyak ornamen atau lekukan yang harus dibersihkan secara mendetil. Selain itu, rumah dengan desain minimalis hanya menggunakan dinding sebagai pembatas sekeliling ruang saja, tidak untuk membatasi antar ruang yang berdiri di tengah ruang karena desain minimalis mengandung konsep open space.

  1. Kohesifitas

Kohesifitas sangat penting perannya dalam desain rumah minimalis. Paduan warna yang harmonis, calm, dan soft merupakan warna yang tepat untuk hunian bergaya minimalis. Pastikan di setiap elemen tidak saling bertabrakan antar motifnya dan warnanya, serta tidak terlalu banyak detil.

  1. Sederhana

Seperti yang telah dibahas sebelumnya bahwa rumah minimalis bersifat sederhana, namun tetap memiliki kesan mewah dan elegan. Anda hanya perlu menampilkan satu obyek yang kontras yang memiliki fungsi dalam ruang, contohnya kursi atau sofa berwarna kontras yang dapat membuat ruangan Anda tampak lebih manis.

  1. Mengutamakan fungsi dan kualitas

Terlalu banyak perabot yang hanya berfungsi untuk menambah nilai estetika saja tentu bukan bagian dari desain rumah minimalis. Desain rumah minimalis akan lebih mengutamakan fungsi dari benda dan mengoptimalkan segala sesuatu yang ada di sekitarmya. Misalnya saja menjadikan anak tangga sebagai rak sepatu, area bawah tangga menjadi storage atau mushola kecil, dan sebagainya.

  1. Mengoptimalkan lahan
Baca juga
Tutorial Cara Membuat Aquascape Lengkap Contoh

Desain rumah minimalis selalu memanfaatkan lahan sisa untuk area yang memiliki fungsi tambahan. Contohnya saja bagian atas rumah yang umumnya tidak dipergunakan apa-apa, prinsip desain minimalis akan mengubahnya menjadi roof top atau taman yang cocok untuk tempat bersantai ria. Jika ada budget lebih, bukan tidak mungkin dibangun pula sebagai area kolam renang.

  1. Ruang kosong

Ruang kosong merupakan salah satu unsur penting dari desain rumah minimalis. Adanya ruang kosong, Anda bisa menambahkan  satu ornamen yang dapat menjadi pusat perhatian atau focal point.

Faktor Desain Minimalis Interior

Tidak hanya bentuk bangunan dan eksterior dari suatu hunian saja yang menjadi pusat perhatian, dekorasi interior pun harus juga dipertimbangkan agar menghasilkan paduan yang harmonis dan selaras. Menentukan konsep ruang sebaiknya disesuaikan pula dengan luas ruang yang tersedia, sehingga masih berpedoman pada prinsip desain minimalis.

Berikut ini adalah faktor yang harus diperhatikan untuk bagian interior:

  1. Penentuan konsep

Jika Anda hendak mengusung hunian bergaya minimalis, pastikan konsep yang Anda tentukan tidak bertabrakan. Utamakan prinsip minimalis yang simple, rapi, tidak banyak ornamen, tidak ramai, dan fungsional agar hunian Anda tetap nyaman dipandang mata.

  1. Pemilihan warna

Dalam desain minimalis, Anda harus menggunakan warna-warna yang netral, tidak gelap dan tidak pula terlalu terang. Warna yang bisa dipilih, seperti warna krem, putih, abu, biru pastel, hijau pastel, dan lain sebagainya.

  1. Pemilihan aksesoris ruangan

Dalam pemilihan aksesoris ruang, hindari aksesoris yang mengandung banyak motif atau corak. Berdasarkan prinsip desain minimalis, Anda harus menghindari aksesoris atau perabot yang hanya berperan sebagai pajangan, tetapi juga harus memiliki fungsi.

Keistimewaan Desain Rumah Minimalis

Desain rumah minimalis yang sudah hampir dua dekade ini digemari oleh masyarakat Indonesia, memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan desain lain. Dibalik kesan elegannya, desain rumah minimalis memiliki keistimewaan sebagai berikut :

  • Harga relatif lebih terjangkau
  • Mudah dalam perawatan
  • Menciptakan suasana yang nyaman
  • Terasa lebih lapang
  • Memiliki nilai jual yang tinggi
  • Sirkulasi udara yang baik
  • Pencahayaan yang cukup ke dalam ruangan
Baca juga
Model Tangga Rumah Tinggi 4 Meter

Kekurangan Desain Rumah Minimalis

Layaknya sebuah ide yang memiliki kelebihan dan kekurangan, begitu pun dengan desain minimalis ini. Dibalik segala kelebihannya yang diagungkan masyarakat, ternyata desain minimalis juga memiliki kekurangan, antara lain :

  • Tampak polos dan kosong
  • Menimbulkan kesan membosankan
  • Warna yang dipilih berpotensi cepat terlihat kotor
  • Rawan bising

Demikianlah ulasan mengenai contoh desain rumah minimalis ukuran 50 meter. Penulis yakin pembahasan di atas akan membuat hasrat Anda untuk memiliki rumah bergaya minimalis semakin besar. Kesan simple dan elegan dari gaya minimalis ini memang memiliki daya tarik tersendiri, terutama bagi Anda yang gemar akan segala sesuatu yang berbau modern. Semoga dapat memberikan gambaran dan menginspirasi Anda dalam mewujudkan rumah impian Anda

5/5 (1 Review)