Contoh Desain Rumah Minimalis Lebar 6 Meter

Contoh desain rumah minimalis lebar 6 meter yang akan ditampilkan dalam artikel ini, diharapkan mampu memberikan inspirasi bagi Anda yang tengah merencanakan desain rumah idaman Anda. Meski lahan yang Anda miliki sebatas lebar 6 meter, bukan tidak mungkin Anda dapat memiliki rumah bergaya minimalis yang lekat akan kesan modern.

Memiliki rumah yang besar dengan lahan yang luas memang merupakan impian bagi banyak orang. Namun, untuk mewujudkannya tentu dibutuhkan biaya yang tidak sedikit. Ditambah lagi lahan di area perkotaan yang semakin terbatas menyebabkan lonjakan drastis harga lahan dan rumah. Hunian yang dibangun secara vertikal atau biasa disebut dengan apartemen menjadi salah satu alternatif bagi kaum yang hendak memiliki rumah dengan budget yang seadanya. Akan tetapi, untuk sebagian orang, rumah tetap menjadi tempat yang paling tepat untuk dihuni dalam jangka panjang dibandingkan dengan apartemen, meskipun harga rumah yang kian melangit.

Oleh karena lahan yang semakin terbatas, para pengembang properti mempersempit lahan tipe rumah yang dibuatnya. Hal tersebut untuk memenuhi lonjakan permintaan masyarakat akan rumah dan juga menyediakan rumah dengan harga yang masih mudah dijangkau oleh masyarakat.

Tidak hanya pengembang properti, para arsitek pun ikut andil dalam bisnis ini. Mereka berlomba-lomba untuk menawarkan desain rumah yang cocok untuk lahan terbatas, dana yang minim, namun dengan kesan yang mewah. Hingga munculah desain rumah minimalis yang mulai terkenal di Indonesia tahun 2000-an dan terus berkembang hingga kini. Walau sesungguhnya, desain minimalis mulai tercetus di tahun 1920-an di Eropa, dan mulai populer di Amerika sejak tahun 1960-an.

Rumah dengan desain minimalis hingga saat ini masih menjadi primadona di bisnis bidang properti. Dengan ciri khasnya  yang simple namun terkesan mewah tak heran desain minimalis sangat diminati oleh masyarakat milenial dan mampu meningkatkan nilai jual suatu bangunan.

Desain minimalis biasanya diterapkan pada lahan yang tergolong sempit. Desain ini sebagai alternatif untuk menciptakan kesan modern dan mewah meski bangunan berdiri di luas lahan yang terbatas. Selain itu, desain ini juga mampu memberikan kesan lapang pada suatu hunian.

Baca juga >>
67 Desain Rumah Minimalis Yang Ada Kolam Renangnya

Contoh Desain Rumah Minimalis Lebar 6 Meter

Bukan halangan bagi Anda yang menginginkan hunian bergaya minimalis dengan lahan yang hanya memiliki lebar 6 meter saja. Dengan desain minimalis, tentu dapat disiasati. Dengan lebar 6 meter, Anda sudah bisa mendapatkan rumah paling tidak dengan 2 kamar tidur, 1 kamar mandi, raung tamu atau ruang keluarga, dan 1 dapur.

Jika kebutuhan Anda lebih dari 2 kamar tidur, Anda dapat menambah bangunan secara vertikal, yakni membuat rumah dua lantai.  Untuk mendapatkan rumah dua lantai memang tidak sedikit kocek yang harus Anda keluarkan. Meski begitu, Anda tak perlu khawatir karena dengan desain minimalis Anda bisa menekan budget Anda dengan memilih material yang sesuai budget dan tetap mendapatkan hunian yang nyaman dan bergaya kekinian.

Yang utama dalam membangun suatu rumah adalah perancangan denahnya. Rancangan denah yang tepat, tentu akan menghasilkan bangunan yang tampak lapang. Dalam merancang denah, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan orang yang lebih paham dan expert di bidang ini. Hal tersebut tentu akan menghindari uang yang terbuang sia-sia tanpa membawa kepuasan batin Anda karena hunian yang tak sesuai dengan harapan.

Desain Rumah Minimalis Ukuran 6×10

Dengan ukuran 6×10, Anda sudah bisa memperoleh hunian dengan 2 kamar tidur. Lain halnya jika Anda menambah bangunan hingga menjadi 2 lantai, tentu hunian dengan 4 kamar tidur pun sudah dapat Anda peroleh. Seperti rumah pada umumnya, dengan ukuran tersebut biasanya sudah termasuk ruang tamu atau ruang keluarga, 1 kamar mandi, dan dapur.

Desain Rumah Minimalis 6x10 1

Denah Rumah Minimalis 6x10 1

Denah Rumah 6x10 1

Selain rancangan denah, furniture dan tinggi atap pun dapat mempengaruhi kesan lapang pada hunian Anda. Pemilihan furniture yang tepat dan atap yang cenderung tinggi tentu akan menambah nilai estetika hunian Anda. Sebaiknya, hindari penggunaan sekat di tengah ruang agar rumah Anda tampak lebih luas.

Desain Rumah Minimalis Ukuran 6×11

Tidak jauh berbeda dengan ukuran 6×10, denah untuk rumah minimalis ukuran 6×11 umumnya juga memiliki 2 buah kamar tidur, 1 kamar mandi, ruang tamu, dan dapur. Dengan penataan yang tepat, sangat memungkinkan adanya penambahan ruang yang bisa digunakan untuk kamar ART, ataupun ruang penyimpanan barang. Selain itu, area tersebut dapat pula dimanfaatkan sebagai laundry room, dining room, atau mushola.

Desain Rumah Minimalis 6x11 1

Denah Rumah Minimalis 6x11 1

Desain Rumah Minimalis Ukuran 6×12

Tidak jauh berbeda dengan ukuran 6×11, denah untuk rumah minimalis ukuran 6×12 umumnya juga memiliki 2 buah kamar tidur, 1 kamar mandi, ruang tamu, dan dapur. Dengan penataan yang tepat, sangat memungkinkan adanya penambahan ruang yang bisa digunakan untuk kamar ART, ataupun ruang penyimpanan barang. Selain itu, area tersebut dapat pula dimanfaatkan sebagai laundry room, dining room, atau mushola.

Baca juga >>
65 Desain Rumah Minimalis Warna Coklat | Desain Rumah Minimalis Terbaru

Desain Rumah Minimalis 6x12

Denah Rumah Minimalis 6x12

Desain Rumah Minimalis Ukuran 6×14

Rumah dengan ukuran 6×14 sudah dapat dikategorikan sebagai rumah yang cukup untuk keluarga kecil. Rumah tipe ini biasanya sudah dilengkapi dengan taman, carport, 2 buah kamar tidur, 1 kamar mandi, dan dapur. Selain itu, sering kali dengan ukuran 6×14 masih ada sisa sedikit lahan di bagian belakang yang dapat dimanfaatkan sebagai laundry room dan tempat menjemur pakaian. Rumah tipe ini sangat dicari oleh pasangan muda. Di samping harganya yang masih masuk di akal, luas lahannya pun dianggap pas untuk keluarga baru yang belum memiliki anak atau pun baru memiliki seorang anak.

Desain Rumah Minimalis 6x14 Meter

Denah Rumah 6x14 Meter

Sebagian pengembang, tipe rumah minimalis ukuran 6×14 ini memiliki banyak kesamaan dengan desain rumah minimalis ukuran 6×12. Perbedaannya hanya terletak di luas lahan sisa saja. Umumnya 6×14 dimiliki oleh bangunan yang berada di persimpangan atau di tikungan (hook).

Berbeda dengan ukuran yang sudah dibahas di atas, rumah minimalis ukuran 6×14 sudah mampu memberikan 2 buah kamar tidur, 1 kamar mandi, ruang tamu atau ruang keluarga, dapur, ruang makan, dan carport. Tidak menutup kemungkinan pula masih terdapat sisa lahan di bagian belakang yang dapat dijadikan sebagai taman kecil dan sebagai celah pencahayaan masuk lebih banyak ke dalam rumah.

Berbeda dengan ukuran yang sudah dibahas di atas, rumah minimalis ukuran 6×14 sudah mampu memberikan 3 buah kamar tidur, 1 kamar mandi, ruang tamu atau ruang keluarga, dapur, ruang makan, dan carport. Tidak menutup kemungkinan pula masih terdapat sisa lahan di bagian belakang yang dapat dijadikan sebagai taman kecil dan sebagai celah pencahayaan masuk lebih banyak ke dalam rumah.

Desain Rumah Minimalis ukuran 6×15

Tidak kalah menarik, luas lahan 6×15 tentu akan mampu memberikan area yang lebih luas dan spot yang lebih banyak lagi di dalam hunian Anda. Desain rumah minimalis yang memiliki ciri mengoptimalkan lahan yang ada, tentunya akan berlaku di lahan seluas ini. Dengan desain dan tata letak yang tepat, siapa sangka dengan denah hanya 6×15 Anda sudah bisa memiliki kolam pribadi di halaman belakang rumah Anda. Menarik bukan?

Desain Rumah Minimalis 6x15 1

Denah Rumah Minimalis 6x15 1

Desain Rumah Minimalis ukuran 6×18

Tidak kalah menarik, luas lahan 6×18 tentu akan mampu memberikan area yang lebih luas dan spot yang lebih banyak lagi di dalam hunian Anda. Desain rumah minimalis yang memiliki ciri mengoptimalkan lahan yang ada, tentunya akan berlaku di lahan seluas ini. Dengan desain dan tata letak yang tepat, siapa sangka dengan denah hanya 6×18 Anda sudah bisa memiliki kolam pribadi di halaman belakang rumah Anda. Menarik bukan?

Baca juga >>
64 Desain Rumah Minimalis Ukuran 9X15 | Desain Rumah Minimalis Terbaru

Desain Rumah Minimalis 6x18 1

Denah Rumah Minimalis 6x18 1

Tidak banyak yang tahu memang tentang asal-usul desain rumah minimalis. Desain rumah minimalis pertama kali tercetus di tahun 1920-an oleh arsitektur asal Jerman yang bernama Ludwig Van der Rohe. Dengan gaya minimalis, Van der Rohe berhasil membuat bangunan bersejarah, seperti Chicago’s Crown Hall dan New York Seagram Building.

Sebagai pelopor desain minimalis, Van der Rohe mengutamakan kesederhanaan dan kejelasan fungsi pada desain arsitekturalnya. Ia menggunakan bahan modern seperti baja dan pelat kaca. Selain itu, Ia juga banyak menerapkan konsep open space atau ruang terbuka.

Desain minimalis Van der Rohe menginspirasi Buckminster Fuller dalam membangun kubah dengan bentuk geometris khas desain minimalis di abad 20an. Hingga saat ini, desain minimalis masih digandrungi warga dunia. Hal tersebut, menginspirasi pula perusahaan furnitur asal Swedia untuk menyediakan perabot rumah tangga yang bergaya minimalis untuk mendukung desain rumah di era ini.

Prinsip Desain Minimalis

Dibalik desain simple, desain minimalis mengandung makna yang lebih kompleks. Banyak hal yang harus diperhatikan dalam menerapkan desain ini untuk mencapai nilai estetika yang berisi unsur mewah, elegan, dan luas.

Berikut ini adalah prinsip desain rumah minimalis berdasarkan ilmu arsitektur :

  1. Sederhana

Desain minimalis identik dengan tata letak yang sederhana. Tata ruang pada desain minimalis mengandung fungsi dan peran yang jelas, tidak sekedar untuk estetika saja. Umumnya desain minimalis dibuat tanpa sekat. Namun, ada pula yang menggunakan sekat. Misalnya untuk memberi batas antara ruang keluarga dengan ruang tamu, Anda bisa memanfaatkan partisi tersebut sebagai crede Umumnya sehingga memiliki fungsi tambahan.

  1. Fasad yang rapi dan minim ornamen

Berbeda dengan desain klasik yang cenderung memiliki banyak ornamen di bagian fasadnya, desain minimalis justru memiliki fasad yang bersih dan rapi. Desain minimalis menghindari penggunaan profil pada fasad yang hanya berperan sebagai pemanis saja. Selain itu, desain minimalis juga menghindari adanya lekukan pada fasad, kecuali pada bagian pintu dan jendela.

  1. Ruangan yang terbuka dan terang

Untuk menampilkan kesan luas, desain minimalis mengutamakan pencahayaan di dalam rumah. Desain minimalis sering kali menggunakan jendela besar tanpa frame yang dibuat penuh mulai dari lantai sampai plafon. Hal tersebut merupakan salah satu konsep desain minimalis yaitu, konsep penyatuan outdoor dan indoor.

  1. Mengutamakan tampilan natural pada material
Baca juga >>
68 Desain Rumah Minimalis Warna Ungu

Desain minimalis cenderung menampilkan sisi natural dari suatu material. Misalnya penggunaan batuan atau kayu yang tanpa mengubah motif asli dari material tersebut. Selain itu, desain minimalis tetap mengutamakan fungsi dari material yang digunakan.

Ciri Khas Desain Rumah Minimalis

  1. Berbentuk Geometris

Rumah dengan desain minimalis selalu tanpa pelana dan perisai. Bentuknya cenderung kotak atau kubus, atau bentuk geometris bersudut lainnya. Dan umumnya, rumah minimalis memiliki bentuk atap yang mendatar. Hal ini yang membedakan dengan rumah pada umumnya yang beratap membentuk segitiga.

  1. Ringkas, Bersih, dan Praktis

Rumah minimalis terkesan ringkas, bersih dan praktis. Jadi, perawatan rumah minimalis itu relatif lebih gampang sebab tak terlalu banyak ornamen atau lekukan yang harus dibersihkan secara mendetil. Selain itu, rumah dengan desain minimalis hanya menggunakan dinding sebagai pembatas sekeliling ruang saja, tidak untuk membatasi antar ruang yang berdiri di tengah ruang karena desain minimalis mengandung konsep open space.

  1. Kohesifitas

Kohesifitas sangat penting perannya dalam desain rumah minimalis. Paduan warna yang harmonis, calm, dan soft merupakan warna yang tepat untuk hunian bergaya minimalis. Pastikan di setiap elemen tidak saling bertabrakan antar motifnya dan warnanya, serta tidak terlalu banyak detil.

  1. Sederhana

Seperti yang telah dibahas sebelumnya bahwa rumah minimalis bersifat sederhana, namun tetap memiliki kesan mewah dan elegan. Anda hanya perlu menampilkan satu obyek yang kontras yang memiliki fungsi dalam ruang, contohnya kursi atau sofa berwarna kontras yang dapat membuat ruangan Anda tampak lebih manis.

  1. Mengutamakan fungsi dan kualitas

Terlalu banyak perabot yang hanya berfungsi untuk menambah nilai estetika saja tentu bukan bagian dari desain rumah minimalis. Desain rumah minimalis akan lebih mengutamakan fungsi dari benda dan mengoptimalkan segala sesuatu yang ada di sekitarmya. Misalnya saja menjadikan anak tangga sebagai rak sepatu, area bawah tangga menjadi storage atau mushola kecil, dan sebagainya.

  1. Mengoptimalkan lahan

Desain rumah minimalis selalu memanfaatkan lahan sisa untuk area yang memiliki fungsi tambahan. Contohnya saja bagian atas rumah yang umumnya tidak dipergunakan apa-apa, prinsip desain minimalis akan mengubahnya menjadi roof top atau taman yang cocok untuk tempat bersantai ria. Jika ada budget lebih, bukan tidak mungkin dibangun pula sebagai area kolam renang.

  1. Ruang kosong
Baca juga >>
67 Desain Rumah Minimalis Warna Hijau

Ruang kosong merupakan salah satu unsur penting dari desain rumah minimalis. Adanya ruang kosong, Anda bisa menambahkan  satu ornamen yang dapat menjadi pusat perhatian atau focal point.

Faktor Desain Minimalis Interior

Tidak hanya bentuk bangunan dan eksterior dari suatu hunian saja yang menjadi pusat perhatian, dekorasi interior pun harus juga dipertimbangkan agar menghasilkan paduan yang harmonis dan selaras. Menentukan konsep ruang sebaiknya disesuaikan pula dengan luas ruang yang tersedia, sehingga masih berpedoman pada prinsip desain minimalis.

Berikut ini adalah faktor yang harus diperhatikan untuk bagian interior:

  1. Penentuan konsep

Jika Anda hendak mengusung hunian bergaya minimalis, pastikan konsep yang Anda tentukan tidak bertabrakan. Utamakan prinsip minimalis yang simple, rapi, tidak banyak ornamen, tidak ramai, dan fungsional agar hunian Anda tetap nyaman dipandang mata.

  1. Pemilihan warna

Dalam desain minimalis, Anda harus menggunakan warna-warna yang netral, tidak gelap dan tidak pula terlalu terang. Warna yang bisa dipilih, seperti warna krem, putih, abu, biru pastel, hijau pastel, dan lain sebagainya.

  1. Pemilihan aksesoris ruangan

Dalam pemilihan aksesoris ruang, hindari aksesoris yang mengandung banyak motif atau corak. Berdasarkan prinsip desain minimalis, Anda harus menghindari aksesoris atau perabot yang hanya berperan sebagai pajangan, tetapi juga harus memiliki fungsi.

Keistimewaan Desain Rumah Minimalis

Desain rumah minimalis yang sudah hampir dua dekade ini digemari oleh masyarakat Indonesia, memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan desain lain. Dibalik kesan elegannya, desain rumah minimalis memiliki keistimewaan sebagai berikut :

  • Harga relatif lebih terjangkau
  • Mudah dalam perawatan
  • Menciptakan suasana yang nyaman
  • Terasa lebih lapang
  • Memiliki nilai jual yang tinggi
  • Sirkulasi udara yang baik
  • Pencahayaan yang cukup ke dalam ruangan

Kekurangan Desain Rumah Minimalis

Layaknya sebuah ide yang memiliki kelebihan dan kekurangan, begitu pun dengan desain minimalis ini. Dibalik segala kelebihannya yang diagungkan masyarakat, ternyata desain minimalis juga memiliki kekurangan, antara lain :

  • Tampak polos dan kosong
  • Menimbulkan kesan membosankan
  • Warna yang dipilih berpotensi cepat terlihat kotor
  • Rawan bising

Demikianlah ulasan mengenai contoh desain rumah minimalis lebar 6 meter. Penulis yakin pembahasan di atas akan membuat hasrat Anda untuk memiliki rumah bergaya minimalis semakin besar. Kesan simple dan elegan dari gaya minimalis ini memang memiliki daya tarik tersendiri, terutama bagi Anda yang gemar akan segala sesuatu yang berbau modern. Semoga dapat memberikan gambaran dan menginspirasi Anda dalam mewujudkan rumah impian Anda

Order via Whatsapp !