Daftar 8 Tempat Wisata di Mojokerto Jawa Timur Unik dan Menarik

Mojokerto ialah  sebuah kota dan kabupaten yang berjarak sekitar 45 Km dari pusat ibu kota jawa timur Surabaya.  Mungkin sudah banyak dari kamu  yang mengetahui bahwasanya banyak sekali peninggalan kerajaan majapahit yang ditemukan di mojokerto, sebab  memang disini dulunya merupakan pusat dari kerajaan majapahit dengan pusat kota kerajaan bernama trowulan yang sampai sekarang ini nama daerah tersebut menjadi sebuah nama kecamatan yang masih bisa kamu  jumpai di mojokerto. 

Dari berbagai peninggalan sejarah kerajaan majapahit tersebut maka tidaklah mengherankan bila kota mojokerto menjadikan trowulan dan peninggalan – peninggalan sejarah majapahit menjadi sebuah ikon andalan dan daya tarik unggulan tujuan tempat wisata mojokerto. Tetapi jangan salah, ternyata di mojokerto juga ada beberapa tempat wisata alam dengan pemandangan yang sangat indah. Terdapat  juga tempat wisata outbound dan arung jeram juga menjadi pelengkap tujuan wisata di kota mojokerto.

Disamping tujuan wisata sejarah tersebut, di sekitar tempat wisata peninggalan majapahit tepatnya di kecamatan trowulan terdapat sentra pengrajin patung batu, perak dan kuningan yang bisa kamu  jumpai dengan sangat mudah yang memang merupakan salah satu sumber mata pencaharian warga sekitar. Berikut ini adak dibahas daftar  8 tempat wisata di mojokerto jawa timur unik dan menarik yang bisa kamu simak dibawah ini

Tempat Wisata di Mojokerto Jawa Timur Unik dan Menarik

Tempat Wisata Candi Brahu 

Daftar  8 Tempat Wisata Di Mojokerto Jawa Timur Unik Dan Menarik

Tempat Wisata Candi Brahu adalah salah satu candi yang letaknya berada  di wilayah situs arkeologi Trowulan, dulunya bekas ibu kota Majapahit. Atau lebih tepatnya, lokasi  candi Brahu ini terletak di dukuh jambu mente, Desa Bejijong, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, atau sekitar dua kilometer ke arah utara dari jalan raya Mojokerto – Jombang. Tempat Wisata Candi Brahu dibangun dengan gaya dan kultur Budha dengan batu bata merah, yang  menghadap ke arah barat dan berukuran panjang sekitar 22,5 m, dengan lebar 18 m, dan berketinggian 20 meter. Diperkirakan, candi ini didirikan pada abad ke-15 Masehi walaupun masih terdapat perbedaan pendapat mengenai hal ini.

Baca juga >>
3 Destinasi Tempat Wisata di Prigen paling Layak Dikunjungi

Tempat Wisata Candi Gentong

Daftar  8 Tempat Wisata Di Mojokerto Jawa Timur Unik Dan Menarik

Tempat Wisata Candi gentong berada di Dukuh Jambu Mete Desa Bejijong Mojokerto, Jawa Timur. Lokasinya tidak begitu jauh dari candi brahu. Berbeda dengan candi pada umumnya, Tempat Wisata candi gentong ini justru hanya sebuah susunan batu bata yang terbuat dari tanah liat. Entah sebab apa candi ini hancur atau memiliki bentuk yang tidak beraturan. Asal muasal kenapa disebut candi gentong ini ialah  sebab ketika ditemukan candi ini tertimbun oleh tanah yang mana bila dilihat mirip seperti gentong atau tempat penyimpanan air.

Tempat Wisata Gapura Bajang Ratu

Daftar  8 Tempat Wisata Di Mojokerto Jawa Timur Unik Dan Menarik

Tempat Wisata Gapura Bajang Ratu atau juga sering disebut dengan nama Candi Bajang Ratu merupakan  sebuah gapura atau candi peninggalan Majapahit yang berlokasi di Desa Temon, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Indonesia. Tempat Wisata Candi Gapura Bajang Ratu ini dibangun pada abad ke – 14 yang mana candi ini merupakan salah satu gapura terbesara pada masa kerajaan majapahit. Fungsi dari gapura Bajang ratu pada waktu itu yaitu  sebagai gerbang masuk bangunan suci untuk memperingati wafatnya Raja Jayanegara yang dalam Negarakertagama disebut “kembali ke dunia Wisnu” tahun 1250 Saka (sekitar tahun 1328 M). Tetapi sebenarnya sebelum wafatnya Jayanegara candi ini dipergunakan sebagai pintu belakang kerajaan.

Tempat Wisata Candi Tikus

Daftar  8 Tempat Wisata Di Mojokerto Jawa Timur Unik Dan Menarik

Tempat Wisata Candi ini masih satu komplek dengan trowulan. Tempat Wisata Candi ini dulunya terkubur di dalam tanah, dan berhasil ditemukan kembali pada tahun 1914 yang mana berdasarkan laporan bupati ketika itu R.A.A Kromojoyo Adinegoro yang kemudian dilakukan penggalian candi. Tempat Wisata Candi ini ditemukan di area perkebunan rakyat. Terkait dengan penamaan candi tikus ini konon dulunya candi ini ditemukan di lokasi yang merupakan sarang tikus. Lokasi tempat wisata Candi tikus berada di dusun Dinuk, Desa Temon, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur.

Baca juga >>
Inilah Daftar Museum Terbaik Di Bogor

Tempat Wisata Gapura Wringin Lawang

Daftar  8 Tempat Wisata Di Mojokerto Jawa Timur Unik Dan Menarik

Tempat Wisata Gapura Wringin Lawang ialah sebuah gapura peninggalan kerajaan Majapahit yang dibangun pada abad ke-14. Tempat Wisata Gapura  Wringin Lawang ini dibangu di atas lahan seluas 11 x 13 Meter dengan tinggi gapura mencapai 15 meter lebih. Para sejarawan sependapat bahwa gapura ini dulunya ialah  pintu masuk menuju kompleks bangunan penting di ibu kota Majapahit. salah satu spekulasi yang paling populer ialah  gerbang ini diduga menjadi pintu masuk ke kediaman Mahapatih Gajah Mada. Lokasi dari Gapura Wringin Lawang ini berada di Desa Jatipasar, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur.

Tempat Wisata Candi Jalatunda

Daftar  8 Tempat Wisata Di Mojokerto Jawa Timur Unik Dan Menarik

Tempat Wisata Candi Jalatunda berada di Dukuh Balekambang, Desa Seloliman, Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto Jawa Timur. Tempat Wisata Candi Jalatunda juga dikenal sebagai Petirtaan Jalatunda. Candi ini berada di sebuah gunung yang bernama gunung penanggungan. Bangunan Tempat Wisata candi jalatunda ini terbagi menjadi 3 bagian. Teras pertama, kedua dan ketiga. Tempat Wisata Candi Jalatunda ini dulunya difungsikan sebagai pemandian jalatunda yang dibangun pada abad 10 Masehi.

Tempat Wisata Patung Budha Tidur, Maha Vihara Majapahit 

Daftar  8 Tempat Wisata Di Mojokerto Jawa Timur Unik Dan Menarik

Tempat Wisata Patung Budha Tidur, Maha Vihara Majapahit  ini dibangun oleh Bante Viriyanadi Mahathera pada tahun 1989 di atas tanah seluas 20.000 m2 yang mengusung  arsitektur bangunan khas Jawa berbentuk Joglo. Vihara Majapahit  ini memang bukan salah satu peninggalan kerajaan majapahit di trowulan, tetapi daya tarik dari vihara ini ialah  terdapat sebuah patung budha tidur berukuran raksasa yang konon merupakan salah satu dari patung Buddha terbesar ketiga di dunia, setelah patung serupa yang ada di Nepal dan Thailand. Lokasi Patung Budha Tidur, Maha Vihara Mojopahit Trowulan berada sekitar 300 meter dari tepi dari Jalan Raya utama Trowulan.

Baca juga >>
5 Taman Di Bogor Untuk Olahraga Terbaik Unik

Tempat Wisata Air Terjun Coban Canggu

Daftar  8 Tempat Wisata Di Mojokerto Jawa Timur Unik Dan Menarik

Tempat Wisata Air terjun atau coban Canggu berada di desa Padusan, kecamatan Pacet, Mojokerto. Untuk mencapai lokasi air terjun ini kamu  harus memiliki fisik yang cukup kuat karena perjalanan menuju air terjun ini cukup melelahkan. Akan tetapi semua rasa lelah kamu  akan segera sirna karena disambut dengan indahnya suasana air terjun Coban Canggu ini. Para pengunjung juga diperbolehkan di dalam kolam yang berada dibawah air terjun tersebut. Menurut keyakinan warga sekitar percaya bila kamu  mandi disini kamu  akan menjadi awet muda.

Nah, sekian ulasan artikel yang dapat dibahas mengenai Daftar  8 Tempat Wisata di Mojokerto Jawa Timur Unik dan Menarik yang dapat menambah wawasan dan pengetahuan kamu, terima kasih telah berkunjung dan membacanya, semoga artikel ini bermanfaat untuk pembaca sekalian.

Terimakasih semoga Artikel ini Bermanfaat

Order via Whatsapp !