Apa Itu Optimasi Speed Website
Halo men-temen..
Ceritanya tadi sore gue kan lagi boker.. Nah, saking kerasnya gue berusaha ngeden, gue pun kecapekan, terus ketiduran di atas jamban. Nah, pas tidur itu, gue mimpi aneh! Gue mimpi lagi main PS sama anak-anak panti asuhan. Dan nggak tau kenapa, setelah bangun dari mimpi itu, perasaan gue jadi bahagiaaaa banget. Nah, dari situ gue kepikiran, kenapa hal itu cuma dilakuin dalam mimpi? Kenapa nggak gue lakuin sesuatu di dunia nyata buat ngebahagiain mereka (anak-anak panti asuhan).

Tapi gue kepikiran kalo gue sendirian yang nyumbang, kayaknya kurang afdol karena gue cuma anak kost-an yang tiap hari cuma makan indomi mentah diremukin. Paling gue cuma bisa nyumbang goceng. Terus, gue pikir-pikir lagi, kayaknya kalo gue lakuin sendiri juga kurang seru. That’s why gue kepikiran sebuah kegiatan charity yang melibatkan banyak orang. Gimana caranya?

Let’s break it down:

Gue bakal bikin kelas menulis kreatif (penulisan buku, blog, atau tulisan komedi). Peserta kelasnya bisa ikutan tanpa tiket, tapi diharapkan untuk memberikan duit SEIKHLASNYA sebagai DONASI yang nantinya semua duit itu bakal gue sumbangin ke Panti Asuhan (Bukti-bukti sumbangan nantinya akan gue post di blog ini untuk menghindari prasangka buruk). Gue nggak bakal ngambil bayaran sedikitpun. Selain nyumbang duit, kalian juga boleh nyumbang peralatan sekolah. Nggak ada batasan umur peserta, anak SMP, SMA, Kuliah, Kerja, boleh ikutan.. Asal bukan anak TK, ntar jadinya kelas menulis alphabet. Dan yang diutamakan adalah temen-temen yang memang punya minat untuk jadi penulis, bukan cuma ikutan buat minta folbek atau ngajak poto terus minta tweetpic. :p

Kelas menulis kreatif ini bersifat eksklusif di mana pesertanya bakal gue batasin (mungkin maksimum 50 peserta), dengan tujuan proses pembelajarannya bakal lebih efektif karena gue ntar bakal merhatiin kegiatan belajar peserta satu per satu. Materi sudah ada, kegiatannya bakal beda dari seminar-seminar yang pernah gue lakuin. Ini lebih ke kayak belajar di sekolah, ada latihan-latihan atau testnya, biar ilmunya lebih “ngena”. Nah, gue mikir ide itu cukup menyenangkan dan efektif. Selain nyumbang, juga dapet ilmu, asik gak tuh? 😀

Untuk sementara, temen-temen dari komunitas Stand Up Comedy Yogyakarta siap ngebantuin gue. Tapi gue berambisi, “Kenapa cuma di Jogja kalo kota lain juga ada yang mau?”

Akhirnya gue kepikiran buat ngabisin bulan Ramadhan ini buat keliling-keliling kota dengan melakukan kegiatan yang sama. Biar yang terlibat di acara charity ini juga makin banyak, dan makin seru. So, di titik ini, gue bener-bener mohon bantuan temen-temen yang mau bantuin gue di kegiatan #CreativeCharity ini.

Apa aja yang gue butuhin?

1. Gue minta perwakilan dari teman-teman di kota besar se-Jawa yang punya komunitas ntah itu komunitas stand up comedy atau karang taruna, yang penting komunitas buat ngebantuin gue MEMBENTUK PANITIA PELAKSANA untuk ngejalanin program ini.

2. Gue butuh fasilitas tempat belajar-mengajar yang layak pakai, serta LCD projector dan sound system yang cukup memadai. Dan, gue mohon fasilitas itu digratiskan. Kegiatan akan berjalan sekitar 2-3 jam efektif. Nggak harus tempat mewah seperti hotel atau cafe. Yang penting layak buat dipake belajar aja. Itu lah yang gue minta diusahakan oleh panitia pelaksana.

3. Kalo 2 point di atas bisa dipenuhi, silakan bentuk team #CreativeCharity dan konfirmasikan ke email gue di shitlicious@gmail.com dengan isi siapa kalian, team seperti apa yang bisa kalian bentuk untuk ngebantu gue.

4. Segala biaya untuk kebutuhan pribadi gue (transport, akomodasi, dan konsumsi) selama menjalani program ini, bakal gue bebankan ke kantong gue sendiri. Temen-temen cukup nyediain permohonan gue di point 1 & 2 tadi. Tapi kalo ada yang bersedia rumahnya gue tumpangin semalem juga nggak apa-apa. Daripada duitnya buat bayar hotel kan.. Gue bisa tidur di mana aja kok.

5. Gue mohon untuk bisa mengkonfirmasi secepatnya biar bisa ditetapkan tanggalnya. I know, waktu kita udah mepet banget. Tapi kalo kita siap action, nggak ada yang mustahil. 🙂

6. Gue jelasin juga karena banyak yg salah paham. Gue butuh komunitas yang gue sebutin di point 1 itu sebagai panitia pelaksana dan penyedia kebutuhan-kebutuhan gue di Point 2. Kalo peserta kelasnya sih boleh individu kok~ Gak perlu punya komunitas.

Program ini gue jalanin atas desakan hati nurani, tanpa request maupun paksaan dari pihak manapun. So, nggak ada sponsor yang ngeback up. Jadi, gue sangat mohon bantuan dari teman-teman yang pengin melakukan kegiatan yang berguna bagi orang yang membutuhkan bersama-sama. Oiyah, taun ini kayaknya target gue keliling Jawa dulu karena pertimbangan budget yang pas-pasan, jadi gue belum ngerasa mampu untuk keliling Indonesia. So, maaf ya buat temen-temen yang di luar pulau Jawa, gue sama sekali nggak ada niat mendiskriminasi kalian. Tapi terpaksa oleh keadaan. Doain aja taun depan gue ada rezeki buat bisa bikin program yang sama bareng kalian.

Yup.. Itu baru gagasan dari gue sih.. Tapi gue optimis untuk kegiatan #CreativeCharity di Jogjakarta pasti jalan.. Kota-kota lain gimana? Siap ngedukung? 😉

Bukannya munafik, gue nggak berharap pahala atau pujian atau timbal balik apa-apa, karena baru ngerancang program ini aja gue bisa bener-bener ngerasa bahagia. Apalagi kalo program ini bisa bener-bener jalan di luar kota juga. Karena buat gue, rasa bahagia itu lebih mewah dari duit berapapun juga. So, kalian mau terlibat di sejarah ini juga nggak?

Maaf bukannya mau menggurui, tapi gue punya pedoman yang mungkin bisa jadi bahan pertimbangan kalian untuk ikut terlibat di program ini:

Hidup cuma sekali, nama kita bisa saja mudah terlupakan setelah mati, tapi yang namanya tindakan berbudi itu abadi.. 🙂

UPDATE: REGISTRASI KOTA-KOTA YANG MAU DIKUNJUNGI, UDAH DITUTUP YA.. KOTA-KOTA LAIN SEMOGA BISA BERKESEMPATAN DI CREATIVE CHARITY BERIKUTNYA. UNTUK REGISTRASI PESERTA CREATIVE WRITING CLASS, MASIH DIBUKA SAMPE HARI H.

Oiyah, dengan berat hati harus gue umumin, untuk Creative Charity wilayah Jakarta, dan Jawa Barat gue batalin dengan pertimbangan budget karena harga tiket melonjak drastis selama musim liburan dan musim mudik. Jadi, program ini gue fokusin dulu ke kota-kota yang bisa gue jangkau dengan mobil pribadi demi menghemat budget. Terima kasih.

UPDATE: Wilayah Jabodetabek dan Jabar bakal kita samperin nanti setelah Lebaran. Berkat dukungan dari penerbit buku tercinta gue, @bukune :-*

UPDATE CP PANITIA TIAP KOTA YANG UDAH SIAP:

Baca juga >>
Ternyata Ini Alasan Kenapa Cewe Bandung Bisa Cantik-cantik !

Semarang-> @gondrongg (17 Juli) 
Malang-> @Mamanism (26 Juli) 
Jember-> @ira_iinkz (20 Juli) 
Surabaya-> @Misteeerius (21 Juli) 
Jogja -> @standupUNY (16 Juli) 
Klaten -> @anggsiregar (29 Juli) 
Solo -> @Hawinhawhaw (30 Juli)

Soal Lokasi dan Jam, tanyakan ke panitia di atas ya! 

Nah, buat temen-temen yang ada di kota-kota tersebut dan pengen tau perkembangan #CreativeCharity, atau mau booking pendaftaran kelas eksklusif menulis kreatif ini, bisa kontek-kontek mereka ya. Kalo mau booking, cukup registrasi kasih nama dan nomor hape biar dikabarin jadwal fix-nya di kota kalian. Jadwal lagi gue susun berdasarkan urutan trip. Terima kasih banyak untuk antusiasmenya. Thanks!

UPDATE: Field Report bisa dibaca di sini.