Contoh Aplikasi Robotik Yang Meningkatkan Kualitas Hidup

Robotika adalah jantung dari revolusi industri keempat, dan bisnis harus berusaha untuk mengeksplorasi potensi teknologi ini dan yang terkait dengannya.  Pada tahun 2025, otomasi industri saja dapat meningkatkan tingkat pekerjaan dan mengurangi cedera di tempat kerja karena otomatisasi tugas.

Robot telah ada untuk melayani satu alasan tertentu – untuk bertindak sebagai uluran tangan manusia.  Mereka tidak pernah dimaksudkan untuk menggantikan, melainkan dibuat untuk melakukan tugas-tugas kerja manual sehingga manusia dapat terlibat dalam peran yang lebih kompleks.

Robot melakukan hal-hal seperti mengurangi biaya, meningkatkan efisiensi, dan membawa lebih banyak data untuk penelitian.  Tidak peduli apa yang digambarkan budaya pop, industri robotika pasti mengubah proses bisnis.  Tidak ada pemberontakan robot yang terlihat, hanya pertumbuhan signifikan dalam industri yang didorong oleh perusahaan robotik yang semuanya cerdas, inovatif, dan futuristik.

Contoh Aplikasi Robotik Pada Industri 4.0

Industri 4.0, atau revolusi industri keempat, mengacu pada peran robot di berbagai industri dengan tujuan untuk menjaga dunia fisik dan digital tetap terhubung dalam sistem yang mulus dan otomatis.  Ini juga merupakan istilah umum untuk otomatisasi dan pertukaran data dalam teknologi seperti pabrik pintar, IoT, data besar, sensor pintar, komputasi awan, dan sistem fisik siber.

Di sinilah teknologi berada sekarang.  Meskipun masih dalam tahap awal, bisnis dapat memanfaatkan banyak perkembangan teknologi yang dilakukan selama bertahun-tahun.  Beberapa industri sudah mulai memimpin transformasi.

Baca juga >>
Spesifikasi Handphone LG G8S ThinQ Terbaru

Contoh Aplikasi Robotik Yang  Mengubah Industri

1. Konstruksi: Pemasangan Batu Bata, Pengecatan, dan Survei

Di masa lalu, industri robotika merasa sulit untuk mengotomatiskan tugas konstruksi karena ini memerlukan adaptasi dan respons waktu nyata.  Terobosan baru-baru ini dalam robotika dan kecerdasan buatan telah memungkinkan robot memasuki dunia konstruksi secara perlahan.

HadrianX adalah robot pembuat batu bata yang teknologinya “bereaksi terhadap angin, getaran, dan faktor lingkungan lainnya secara instan”.  Ini memungkinkan respons waktu nyata untuk meletakkan batu bata dengan cara yang tepat, sehingga meningkatkan keamanan di tempat kerja.  Drone lukisan juga telah memasuki tempat kejadian, menggunakan mekanisme pan-and-tilt (bukan nozzle) untuk mengecat detail terkecil yang tidak dapat dilakukan sendiri oleh drone.  Terakhir, drone udara digunakan untuk mensurvei tempat kerja untuk mengumpulkan berbagai jenis data.  Skycatch baru-baru ini bermitra dengan DJI untuk membuat peta situs 3D yang sangat akurat dan model situs proyek. Ini merupakan salah satu contoh aplikasi robotik terbaik. Ini merupakan salah satu contoh aplikasi robotik terbaik.

2. Manufaktur: Pabrik pintar dan Bot Mengemudi Sendiri untuk Transportasi Material

Robot bukanlah hal baru dalam bidang manufaktur dan telah berkembang pesat dari penanganan cor Unimate dan pengelasan titik.  Menurut laporan PwC baru-baru ini, lebih dari setengah (59%) pabrikan sudah menggunakan beberapa bentuk teknologi robotika.

Saat ini, robot di bidang manufaktur adalah tentang otomatisasi penuh.  Pabrik pintar – sistem mesin dan peralatan yang digital dan terintegrasi – muncul dari kiri dan kanan.  Pada saat yang sama, peningkatan dalam IoT dan teknologi jaringan nirkabel juga membuka jalan bagi otomatisasi pabrik.  Motor OTTO menciptakan robot self-driving untuk mengirimkan bahan di sekitar fasilitas manufaktur.  Ini dimaksudkan untuk menavigasi seperti yang dilakukan seseorang;  dengan memelihara peta pabrik dalam memorinya dan menggunakan titik referensi visual untuk mengetahui posisinya (seperti cara kerja robot vakum).  Itu dapat memindahkan palet, tempat sampah, dan kandang.

Baca juga >>
3 Cara Mengatasi Error E05 Pada Printer Canon Mp258 Dan Mp287

Mitra manufaktur Apple Foxconn di China berencana untuk mencapai otomatisasi 30% dengan puluhan ribu ‘Foxbots’ pada tahun 2020. Artinya, iPhone tidak akan dibuat oleh manusia lagi, melainkan robot. Ini merupakan salah satu contoh aplikasi robotik terbaik.

3. Perawatan Kesehatan: Robot Bedah dan Jarak Jauh

Konsep memiliki robot dalam perawatan kesehatan bukanlah hal baru dan telah ada selama 30 tahun.  Dari asisten robot lab lengan hingga robot bedah yang sangat kompleks, mereka telah berkembang pesat di bidang medis.

Robot yang bergabung dengan tenaga medis AS cenderung terbagi dalam dua kategori: 1) robot yang menggantikan pekerjaan yang sebelumnya ditangani oleh manusia, dan 2) robot berbasis telemedicine yang menghubungkan dokter dan pasien dengan cara yang inovatif.

Robot ortopedi pengganti lutut bedah Mako mampu melakukan CT-scan pada lutut pasien, mencetak 3D model sendi yang akurat, dan membantu perencanaan pra-operasi yang disesuaikan untuk setiap pasien.  Di Australia Selatan, robot digunakan sebagai pembantu perawat.  Mereka mengirimkan troli dengan persediaan medis, makanan, dan seprai kepada pasien dan staf.

Microbots sekarang juga dapat membantu dalam deteksi dan pengobatan penyakit – ini akan memungkinkan pasien untuk menelan kamera kecil sehingga dokter dapat mengambil gambar saluran pencernaan untuk mendeteksi tumor. Ini merupakan salah satu contoh aplikasi robotik terbaik.

4. Pertanian: Robot Pertanian

Robot pertanian membantu petani dengan tugas yang lambat dan berulang sehingga petani dapat fokus pada pemecahan masalah produksi yang lebih kompleks.  Sekarang ada berbagai tugas yang bisa dilakukan robot pertanian: memanen, memetik buah, fenotipe, pemangkasan, pembibitan, penyemprotan, dan lain-lain.

DJI, pemimpin industri dalam bisnis drone, bermitra dengan PrecisionHawk dalam menyediakan solusi pertanian cerdas.  Bersama-sama, mereka memberikan informasi waktu nyata kepada petani tentang tanaman, ladang, dan panen mereka melalui data udara yang dikonversi dan dianalisis.

Baca juga >>
Cara Buat Kartu Sakti Telkomsel 2018 Terbaru

Robot pemetik jeruk dari Energid dapat memetik buah setiap 2 hingga 3 detik.  Ia bekerja melalui mekanisme grid yang memungkinkan sistem enam kamera built-in untuk menemukan buah yang akan dipetik.  Teknologi ini telah membawa tingkat pengambilan menjadi sekitar 50% dan ketelitian 80%. Ini merupakan salah satu contoh aplikasi robotik terbaik.

5. Makanan: Dapur Robot

Dalam berita yang lebih menarik, robot mulai mengganggu industri makanan.  Moley telah memperkenalkan dapur robot dan terintegrasi pertama di dunia.  Ini mencakup robot yang berfungsi penuh yang memasak seperti master chef sungguhan – sistem meniru keterampilan memasak, gerakan, dan nuansa master chef Tim Anderson. Ini merupakan salah satu contoh aplikasi robotik terbaik.

Di China, Cruzr UBTECH bertindak sebagai asisten toko bahan makanan di Yonghui Superstores, merekomendasikan pasangan anggur kepada pembeli.

Tren Teknologi Robotik Terbaru

Sumber daya: Kendaraan otonom di permukaan, darat, udara, dan bawah air yang mengeksplorasi minyak dan gas sendiri dalam 5 tahun

Manufaktur: Robot mengkomunikasikan maksud mereka, dan memahami perintah bahasa alami sederhana khusus proses (untuk dikembangkan selama 15 tahun)

Perawatan Kesehatan: Rekonstruksi 3D waktu nyata di bagian dalam sendi selama operasi dan manipulasi ini dengan instruksi yang diberikan oleh ahli bedah

Perawatan kesehatan: Robot yang membersihkan pasca operasi dalam waktu 5 tahun dan pasien dipindahkan oleh robot dari tempat tidur ke kursi roda dalam 15 tahun

Infrastruktur: Robot menangkap objek yang lebih kompleks dalam 10 tahun

Order via Whatsapp !