Contoh Aplikasi LiDAR di Dunia Nyata

LiDAR adalah singkatan dari ‘deteksi dan jangkauan cahaya’. Bentuk aktif penginderaan jauh, teknologi LiDAR mengukur jarak antara objek dengan mengenai target dengan laser dan menganalisis cahaya yang dipantulkan. Dengan menggunakan sistem ini, ilmuwan dan profesional dapat menyelidiki lingkungan alam dan buatan manusia dengan presisi dan fleksibilitas.

Sensor LiDAR paling terkenal karena hubungannya dengan kendaraan otonom, tetapi sensor ini memiliki banyak aplikasi tambahan, di berbagai industri dan bidang.

Contoh Aplikasi LiDAR di Dunia Nyata

Inilah beberapa Contoh Aplikasi LiDAR di Dunia Nyata

Model Elevasi Digital

Model elevasi digital (DEM) digunakan untuk membuat representasi 3D dari permukaan medan. Sebelum LiDAR, kami mengandalkan survei lapangan atau fotogrametri, yang keduanya relatif lambat. LiDAR telah membuat proses ini lebih cepat dan mudah.

Pencitraan

Pencitraan 3D LiDAR adalah industri yang berkembang pesat, dengan minat komersial penting untuk mobil otonom dan robotika. Tetapi kemungkinan untuk penggunaan di masa depan tidak terbatas, dengan minat yang meningkat pada pencitraan LiDAR untuk perawatan kesehatan, perangkat pintar, survei udara, geosains, dan banyak lagi. Ini merupakan salah satu contoh aplikasi LiDAR di dunia nyata.

Pertanian

Viabilitas tanaman

Pertumbuhan populasi telah menekan produksi pertanian dan pengumpulan statistik panen yang dapat diandalkan di seluruh dunia. Data yang akurat tentang keadaan ladang dan kondisi tanaman di setiap tahap pertumbuhan sangat penting bagi petani untuk mencapai tujuan mereka. LiDAR dapat digunakan untuk analisis topografi dan prediksi sifat tanah di lanskap pertanian. Dengan menggunakan wawasan ini, petani dapat menganalisis, membuat model, dan memprediksi hasil panen di tempat tertentu, sehingga memaksimalkan keuntungan.

Baca juga >>
5+ Game Asah Otak yang Wajib Dimainkan, Seru Banget!

Pemetaan Tanaman

LiDAR juga digunakan untuk mengontrol hasil panen melalui pertanian presisi. Teknologi ini dapat digunakan untuk membuat peta ketinggian, yang dapat digunakan petani untuk memprediksi hasil panen, menentukan tanaman mana yang akan ditanam di area tertentu, dan menghemat pupuk yang mahal. Ini merupakan salah satu contoh aplikasi LiDAR di dunia nyata.

Astronomi

Tahukah Anda bahwa teknologi LiDAR digunakan oleh NASA? Selama program Apollo, retroreflektor ditempatkan di bulan, yang digunakan untuk memantulkan laser yang dipancarkan dari observatorium di Bumi. LiDAR juga mampu memetakan permukaan benda langit – ini digunakan untuk menghasilkan survei topografi global Mars yang tepat pada tahun 2001. Ini merupakan salah satu contoh aplikasi LiDAR di dunia nyata.

Topografi Mars

Teknologi LiDAR digunakan untuk membuat peta topografi Mars pada tahun 1999. Gelombang laser bergerak dengan kecepatan yang sangat tinggi ke Mars, membuat model 3D planet dan mengembalikan datanya ke bumi. Phoenix Lander milik NASA juga menggunakan teknologi LiDAR untuk mendeteksi turunnya salju. Mars Meteorological LiDAR sekarang menyediakan data awan, kabut, dan debu, yang mengarah pada pemahaman yang lebih baik tentang iklim planet. Ini merupakan salah satu contoh aplikasi LiDAR di dunia nyata.

Jarak Laser Bulan

LiDAR telah digunakan sebagai bagian dari eksperimen Lunar Laser Ranging yang sedang berlangsung, mengukur jarak antara permukaan bumi dan bulan. Pulsa cahaya laser ditransmisikan dan dipantulkan kembali ke Bumi dan durasi perjalanan pulang pergi diukur. Penemuan percobaan ini telah menunjukkan kepada kita bahwa bulan berputar menjauh dari bumi dengan kecepatan 3,8 cm / tahun. Ini merupakan salah satu contoh aplikasi LiDAR di dunia nyata.

Baca juga >>
Perbedaan Tempered Glass yang Asli dan Palsu

Kepadatan Molekul

LiDAR dapat digunakan untuk mempelajari gas atmosfer, aerosol, dan awan. Hamburan molekul berkurang dengan meningkatnya panjang gelombang, memungkinkan sistem untuk membangun ‘peta kepadatan’. Data yang dikumpulkan oleh LiDAR sangat akurat, memberikan estimasi yang tepat dari molekul yang menyusun segala bentuk materi.

Pemodelan Polusi

LiDAR dapat mendeteksi partikel di udara dan air, yang membuatnya sangat mahir dalam mengidentifikasi polutan seperti karbon dioksida, sulfur dioksida, dan metana. Bersama dengan model bangunan atau medan, peneliti dapat menggunakan data ini untuk mengamati dan mengurangi penumpukan polutan di area tertentu. Ini merupakan salah satu contoh aplikasi LiDAR di dunia nyata.

Meteorologi

Teknologi LiDAR awal, yang dikenal sebagai ‘hamburan balik elastis LiDAR’, dikembangkan untuk mempelajari aerosol dan awan, ideal untuk melihat komposisi atmosfer. DIAL digunakan untuk mengidentifikasi bentuk gas tertentu di atmosfer, sedangkan Raman LiDAR mengukur konsentrasi dan Doppler LiDAR mengukur kecepatan angin.

Fisika Atmosfer

DIAL dapat digunakan untuk mengukur gas atmosfer, aerosol, awan, dan suhu, serta konsentrasi dan fluks polutan. Paling sering, ini digunakan untuk mendeteksi dan mengukur gas yang berpotensi berbahaya seperti sulfur dioksida vulkanik, merkuri atom, dan hidrokarbon. Ini merupakan salah satu contoh aplikasi LiDAR di dunia nyata.

Pembuatan Profil Awan

Pulsa LiDAR mampu menembus awan. Dengan demikian, mereka digunakan untuk mengukur statistik cloud, seperti ketinggian dan fase. Para peneliti di proyek Sains Antartika Australia mengumpulkan data aerosol di atas Samudra Selatan untuk meningkatkan pemahaman mereka tentang hubungan antara awan dan perubahan iklim.

Data Sebaran Aerosol

LiDAR atmosfer menggunakan sinar laser untuk mempelajari sifat atmosfer, mengukur konsentrasi dan distribusi gas dan aerosol atmosfer. Ini dapat digunakan untuk memantau kualitas udara di kawasan perkotaan atau industri, serta meramalkan penyebaran jejak gas dan aerosol di lapisan pertama atmosfer. Ini merupakan salah satu contoh aplikasi LiDAR di dunia nyata.

Baca juga >>
Keuntungan Dan Kerugian Teknologi LiDAR

Data Komposisi Gas

Penyerapan Diferensial LiDAR (DIAL) digunakan untuk mengukur gas tertentu di atmosfer, seperti ozon, karbon dioksida, atau uap air. Kita dapat menggunakan LiDAR untuk mempelajari komposisi gas di atmosfer, yang diperlukan untuk prakiraan cuaca, pemodelan iklim, dan pemantauan lingkungan.

Kendaraan Otonom

Navigasi

Yang ini tidak mengherankan. LiDAR menjadi semakin populer sebagai sistem panduan untuk kendaraan otonom, berkat kecepatan dan akurasinya, yang memungkinkan prosesor kendaraan untuk ‘melihat’ rintangan dan memperbarui lintasannya dalam hitungan detik.

Penghindaran Tabrakan

Sistem penghindaran tabrakan dirancang untuk – seperti namanya – mencegah atau mengurangi tingkat keparahan tabrakan. Mereka beroperasi menggunakan sensor yang berbeda. Sensor LiDAR menentukan posisi tepat rintangan di lingkungan sekitar, menghasilkan data yang akan mengarahkan kendaraan ke arah yang benar untuk menghindari benturan. Teknologi ini sangat berguna untuk pengembangan mobil otonom. Ini merupakan salah satu contoh aplikasi LiDAR di dunia nyata.

Kontrol Jelajah Otonom

LiDAR telah digunakan dalam sistem adaptive cruise control (ACC) untuk mobil. Adaptive cruise control (ACC) adalah sistem kendali jelajah untuk kendaraan jalan raya yang secara otomatis menyesuaikan kecepatan kendaraan untuk menjaga jarak aman dari kendaraan di depan. Di kendaraan dengan ACC, perangkat LiDAR yang dipasang di bagian depan kendaraan digunakan untuk memantau jarak antara kendaraan itu dan mobil apa pun di depannya.

Deteksi Rintangan Di Kendaraan Otonom

LiDAR memungkinkan mobil yang bisa mengemudi sendiri untuk mengamati dunia dengan visibilitas 360 derajat dan akurasi ± 2cm. Ini terus-menerus menembakkan berkas sinar laser, dan kemudian mengukur berapa lama cahaya kembali ke sensor. LiDAR memungkinkan Anda membuat peta 3D besar, yang kemudian Anda dapat menavigasi mobil di dalamnya.

Baca juga >>
Cara Kerja Mobil Listrik Dan Keuntungannya

Biologi Dan Konservasi

Penginderaan jauh LiDAR menawarkan berbagai kegunaan praktis dalam penelitian konservasi dan ekologi. Ini telah banyak digunakan untuk menilai kualitas habitat berbagai spesies, serta untuk memetakan daerah di mana banjir dan kekeringan mungkin terjadi. Dalam sebuah penelitian, LiDAR digunakan dalam pengelolaan konservasi tupai merah. Ini merupakan salah satu contoh aplikasi LiDAR di dunia nyata.

Keanekaragaman Hayati

Penginderaan jauh LiDAR dapat digunakan untuk menilai keanekaragaman hayati dengan memantau struktur habitat; indikator kunci keanekaragaman spesies. Sama seperti satwa liar, teknologinya telah berkembang selama bertahun-tahun untuk memberikan informasi terperinci tentang hutan, dengan memperhatikan faktor-faktor penting untuk kelangsungan hidup, seperti struktur vegetasi. Ini merupakan salah satu contoh aplikasi LiDAR di dunia nyata.

Pengelolaan Garis Pantai

Ada dua jenis LiDAR: topografi dan batimetri. Yang pertama menggunakan laser infra merah untuk memetakan daratan, sedangkan yang kedua menggunakan cahaya hijau yang menembus air. Bersama-sama, mereka dapat digunakan untuk membentuk survei pantai, memberikan maksimum tumpang tindih antara darat dan laut dan dengan demikian, meminimalkan kesenjangan data. Ini merupakan salah satu contoh aplikasi LiDAR di dunia nyata.

Demikianlah informasi tentang contoh aplikasi LiDAR di dunia nyata, semoga dapat menambah wawasan tentang teknologi LiDAR.

Order via Whatsapp !