cara mendapatkan backlink berkualitas

Ciri dan Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas Tinggi untuk SEO

Membangun backlink berkualitas atau link building merupakan salah satu cara paling tepat untuk menempati posisi teratas dalam mesin pencari. Bila dilihat dari efeknya, situs dengan peringkat pertama pasti akan memperoleh pengunjung yang begitu banyak. Tapi semuanya tidaklah mudah untuk didapat karena saat ini search engine seperti google mulai memperketat diri dengan menyeleksi backlink-backlink tertentu.

Jadi tidak semua backlink bernilai positif bahkan beberapa diantaranya dianggap spam (sampah). Dari alasan tersebut, dapat diambil kesimpulan bahwa mencari backlink sebanyak-banyaknya akan cenderung kurang efektif sehingga perlu adanya pemahaman tentang strategi link building yang benar.

Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas

Pernyataan pada pendahuluan di atas juga didukung oleh pernyataan CEO google terkemuka di dunia Matt Cutts, beliau mengatakan “Apabila strategi utama link bulding anda adalah menulis komentar di berbagai website sampai –sampai sebagian link tautanya hanya berupa komentar saja dan tidak ada orang lain yang memberikan link terhadap website anda, maka suatu saat hal ini masuk dalam kategori strategi licik. Dalam tingkatan lebih tinggi, kami berhak mengambil tindakan terhadap manipulasi-manipulasi itu (strategi link licik) dimana kami rasa mengacaukan rangking”.

Berkenaan dengan ungkapan inilah perlu adanya perubahan strategi dan cara mendapatkan backlink berkualitas tinggi demi mengamankan situs dari resiko penalti oleh search engine. Untuk penerapanya sendiri, hampir semua praktisi SEO sepakat jika memahami ciri cirinya adalah tahapan paling sederhana dan wajib diketahui. Berikut penjelasannya.

1.  Link dari brand mention

Link dari brand mention adalah teknik yang efektif untuk mempopulerkan sebuah brand situs walau agak sulit dalam penerapannya. Sebagai contoh, situs anda membahas tentang “toko baju” dan beberapa situs lain ikut menuliskan kata kata tersebut dalam sebuah artikel. Maka anchor teks itu bisa dijadikan sebuah link brand mention dengan cara menghubungi langsung ke pemiliknya. Tujuannya selain membuat link aktif juga memberikan backlink yang berkualitas tinggi. Adapun cara menemukanya haruslah memakai alat bantu seperti TalkWalker Alerts, Google Alerts, Fresh Web Explorer atau Mention sehingga memperoleh brand mention dari situs situs unggulan.

2. Lewat forum marketing

Terkadang para blogger terlalu berobsesi mencari backlink sebanyak-banyaknya bahkan forum-forum marketing dijadikan tempat tautan link spam (sampah). Inilah cara yang salah! Bahwa forum itu wadah untuk silahturahmi sekaligus sharing ilmu bersama member lainnya. Maka dari itu, memanfaatkan suatu konten akan  dirasa lebih berguna sehingga kita juga memiliki kesempatan memperomosikan situs utama. Tekniknya bermula dari pembuatan akun yang lengkap, sharing dengan para member, menjawab setiap pertanyaan serta melakukanya secara berulang-ulang agar mulai dikenal oleh anggota forum. Setelah itu, barulah bisa menautkan link situs terhadap pembahasan topik tertentu. Namun jangan sampai lupa perhatikan rules forum.

3. Link content sharing platform

Jika suatu situs mendapatkan tautan link dari content sharing platform maka dapat dikatakan backlink tersebut memang berkualitas. Biasanya jenis ini seringkali diincar oleh para pemilik situs karena jelas tidak hanya menaikkan posisi ranking di search engine tetapi juga menyumbang trafik terbesar. Bukan tanpa alasan karena content sharing (sosial bookmark) sudah memiliki audiens sendiri sehingga  sangat bagus dalam mempromosikan sebuah situs. Contohnya, slideshare, kompasiana, lintas.me, vivalog, reddit, detik, medium dan sebagainya.

4. Backlink  dari situs GOV dan EDU

Tidak salah lagi, mendapatkan baclink dari situs GOV ataupun EDU menjadi andalan oleh kebanyakan blogger atau siter untuk meraih posisi rangking tertinggi di search engine. Mungkin ada yang belum tahu bahwa situs GOV dan EDU ternyata memperoleh tempat khusus sehingga sangat diprioritaskan daripada situs lainya. Cara mendapatkan backlink berkualitas dari website GOV dan EDU akan dibahas tersendiri pada tutorial berikutnya.

5. Backlink dari situs berpagerank

Anggapan jika page rank sudah dimatikan oleh search engine terbesar Google, nyatanya sampai sekarang menyisakan misteri tersendiri. Hal itu beralasan karena beberapa situs dengan page rank tinggi mampu bertahan di posisi SERP. Dengan begitu jenis backlink ini masih bisa dikatakan berkualitas dan patut dicoba untuk lebih melihat dampak positif atau negatif terhadap sebuah situs.

6. Tautan link dari DA dan PA tinggi

DA adalah Domain Authority sedangkan PA adalah Page Authority. Keduanya berperan dalam menentukan kualitas sebuah situs. Tidak hanya itu, perubahan algoritma oleh sejumlah mesin pencari seperti google  mulai melirik bahwa DA maupun PA mampu menjadi tolak ukur untuk berada di peringkat pertama. Jadi artinya semakin tinggi DA dan PA maka semakin bagus kualitas situs tersebut. Dengan memperoleh backlink yang berkualitas tinggi berdasar DA dan PA yang tinggi, diyakini akan meningkatkan peringkat halaman situs.

7. Melalui broken link building

Pada intinya teknik ini sama persis dengan pembahasan pertama yaitu meminta orang lain untuk mengubah link tertentu. Sebelum berlanjut, mari menyimak pengertianya terlebih dulu. Broken link adalah link dari suatu halaman situs ke situs lain yang sudah mati. Maksudnya saat diklik maka halaman tersebut sudah tidak ada. Inilah peluang untuk memperoleh backlink yang berkualitas tinggi tanpa bersusah payah lagi. Caranya, menawarkan perbaikan dengan memberikan link situs utama kita sebagai alternatif kepada pemiliknya. Tentu backlink semacam ini lebih berkualitas dibanding menanam banyak backlink pada komentar atau melalui teknik link exchange. Salah satu tools pendukung yang bisa digunakan untuk mencari broken link yakni Wayback Machine.

8. Lewat website direktori

Jenis website direktori memang banyak sekali baik di tingkat lokal maupun internasional. Meski termasuk backlink yang berkualitas tinggi, tetaplah hati-hati karena tidak semuanya memberikan dampak positif terhadap sebuah situs. Misalnya web direktori dengan topik beragam, tidak ada aktivitas pengunjung hingga ketiadaan seleksi terhadap situs situs yang terdaftar maka dapat dipastikan bila direktori tersebut tidak cocok dijadikan backlink. Oleh karenanya, pilih yang benar-benar memiliki aktivitas pengunjung maupun terdapat seleksi ketat saat mendaftarkan sebuah situs.

9. Link dari halaman relevan

Backlink bersumber dari halaman relevan akan sangat berkualitas apalagi jika membahas topik yang sama. Hal itu disebabkan oleh relevanasi antar situs dimana akan berdampak positif dan tak jarang mampu menaikkan peringkat rangking di search engine. Jadi, mencari backlink yang berkualitas dari halaman relevan lebih dianjurkan ketimbang melalui situs situs dengan pembahasan umum atau berbagai jenis topik. Tapi lihat juga reputasi, kesamaan bahasa maupun sifat pengunjungnya apakah aktif atau pasif.

10. Backlink  lewat Jasa SEO

Faktanya, penyedia Jasa SEO pasti mengerti teknik White hat SEO dalam rangka membangun backlink yang berkualitas tinggi. Biasanya mereka lebih berfokus pada kualitas tautan link dibanding kuantitas backlink. Maka dari itu, jika anda merasa kesulitan mencari teknik link building yang benar alangkah baiknya menyerahkan pada penyedia jasa SEO terpercaya. Ingat! tetap waspada karena tidak semua jasa SEO kompeten di bidangnya. Cobalah lebih dulu melihat review beberapa pelanggan, membaca kualitas setiap halaman situsnya atau mengecek apakah situs penyedia jasa SEO yang dipilih menempati posisi teratas di SERP.

Kini, kita sudah memahami konsep dasar ciri dan cara mendapatkan backlink berkualitas tinggi meski sebenarnya masih ada beberapa teknik lagi yang tidak disebutkan secara spesifik. Terakhir, perhatikan pula tips khusus saat menerapkan backlink seperti membangun link ke homepage atau artikel, mempergunakan anchor text beragam (mulai nama situs, keyword, frase umum, turunan dan lain-lain), membuat konten berkualitas untuk content sharing platform serta strategi diversifikasi website yaitu tidak selalu monoton mencari tautan backlink berkualitas pada satu website saja.

Terimakasih semoga Artikel ini Bermanfaat

Berbagi posting ini

Komentar (1)

  • seonindo
    Serupedia Balas

    Semuanya sudah ane coba gan. Tapi yang paling ampuh adalah melalui guest writter di blog terkenal. Pengaruhnya signifikan sekali.

    3 Agustus 2017 at 14:15
    • seonindo
      SEON INDONESIA Balas

      terimakasih atas tambahan pengetahuannya pak, mohon maaf moderasinya lama, website kami sedang dalam proses pengembangan dan penataan konten hingga oktober 2017

      7 Agustus 2017 at 09:06
  • seonindo
    gudang id card rumahan Balas

    gimana cara mendapatkan backlink Edu boss, mohon bantunnaya

    30 September 2017 at 22:53
    • seonindo
      admin Balas

      untuk mendapatkan backlink edu bisa melalui blogwalking di website edu atau membeli blogpost di website edu pak

      8 Oktober 2017 at 00:25
  • seonindo
    DUMA Balas

    saya suka cara penjelasannya tentang cara mendapatkan baclink
    tapi apakah cara mendapatkan backlink seperti ini berlaku juga untuk website seperti toko online atau hanya berlaku untuk website yang memuat artikel saja ….terimakasih
    mohon penjelasannya..

    5 Oktober 2017 at 17:03
    • seonindo
      admin Balas

      terimakasih atas kunjungannya, backlink building berlaku universal baik untuk website, blog atau eccommerce

      8 Oktober 2017 at 00:20
  • seonindo
    firstlagu Balas

    pagi gan, saya mau bertanya, apakah backlink dofollow yang terlalu banyak bisa berakibat buruk ke website kita?

    13 Oktober 2017 at 00:21
    • seonindo
      admin Balas

      banyaknya backlink dofollow tidak berakibat buruk asalkan backlink berasal dari website dengan authority yang baik dan sebaiknya kontekstual backlink sesuai artikel yang dibuat. hindarkan bulk backlink menggunakan software spamming comment dan metode black hat lainnya. yang white hat dan natural selalu lebih baik

      14 Oktober 2017 at 16:42
  • seonindo
    Sri Mariati Balas

    kenapa situs gov dan edu memperoleh tempat khusus Min?

    13 Oktober 2017 at 08:34
    • seonindo
      admin Balas

      situs gov (pemerintah atau goverment) dan situs edu (universitas, sekolah atau course resmi) hampir selalu memiliki authority yang tinggi baik dari segi domain authority (DA) dan page authority (PA) sehingga merupakan backlink berkualitas untuk website

      14 Oktober 2017 at 16:45
  • seonindo
    bayo Balas

    terimaksih bro Salam kenal bayoangin.net

    13 Oktober 2017 at 15:29
    • seonindo
      admin Balas

      sama sama pak, terimakasih atas kunjungannya di website kami

      14 Oktober 2017 at 16:46
  • seonindo
    KadekAriasa.COM Balas

    Sangat bermanfaat

    25 Oktober 2017 at 23:02
    • seonindo
      SEON One Stop Solution Balas

      Terimakasih atas kunjungannya

      23 November 2017 at 05:12
  • seonindo
    fajar Balas

    saya pernah denger content placement, itu penjelasannya gimana min? trus sama PBN, salah satu trik seo yg lg bagus itu ada kiat-kiatnya ga min?

    30 Oktober 2017 at 06:14
    • seonindo
      SEON One Stop Solution Balas

      Untuk backlink terbaik berasal dari kontekstual backlink di blogpost, cukup satu atau dua anchor text backlink dari satu blogpost.

      PBN (Private Blog Networks) adalah sekumpulan blog yang sengaja diciptakan dari aged domain berkualitas yang memiliki criteria tertentu baik dari segi Domain Authority dan Page Authority untuk keperluan backlinking dan SEO. Kita bisa mengarahkannya ke money site atau bahkan ke backlink lain untuk keperluan indexing. Masing masing blog tersebut memiliki IP server yang berbeda.

      23 November 2017 at 05:16
  • seonindo
    kudabola Balas

    infonya manteb. thanks udah berbagi min

    4 November 2017 at 14:36
    • seonindo
      SEON One Stop Solution Balas

      sama sama pak, terimakasih sudah berkunjung ke website kami

      23 November 2017 at 05:16
  • seonindo
    makharya cargo Balas

    Terimakasih buat informasinya gan…
    Sangat membantu saya…
    Semoga sukses y gan…

    6 November 2017 at 15:06
    • seonindo
      SEON One Stop Solution Balas

      Alhamdulillah, terimakasih pak, salam dan doa baik dari kami juga

      23 November 2017 at 05:17
  • seonindo
    s128 Balas

    makasih banget postingannya, sudah dicoba dan lumayan naik juga seonya ^_^

    9 November 2017 at 21:32
    • seonindo
      SEON One Stop Solution Balas

      sama sama mbak, alhamdulillah, terimakasih infonya

      23 November 2017 at 05:17
  • seonindo
    layarkubiru Balas

    yang pertama saya mau ucapkan terimakasih mas,
    ada beberapa pertanyaan yang mengganjal saya nih mas,
    1. usia berapa blog bisa di buatkan backlink?
    2. berapa jumlah maksimal backlink per harinya?
    3. apa backlink harus menggunakan anchor teks?
    4. bagaimana memilah backlink yang baik?
    5. anda mengatakan harus “natural” itu yang seperti apa mas?
    6. untuk backlink sendiri ada persentasenya gak mas, misal harus ke homepage %? atau langsung menuju artikel berapa %?
    7. maaf kebanyakan nanya hihihi…….

    10 November 2017 at 13:47
    • seonindo
      SEON One Stop Solution Balas

      1. sebaiknya domain baru tidak disiram backlink dalam 1 bulan pertama, biarkan natural dulu
      2. 1-5 backlink natural berkualitas per hari sudah sangat memadai dibanding ratusan backlink spam
      3. backlink terbaik selalu kontekstual backlink dari website yang bersesuaian, blogpost selalu lebih baik dari blogroll
      4. bisa cek menggunakan ahrefs untuk cek kualitas backlink website
      5. natural itu artinya tidak dipaksakan, sebaiknya manual dan tidak menggunakan software bulk comment atau spamming. 1 backlink berkualitas lebih baik dari 1000 backlink spamming.
      6. untuk komposisinya bisa disesuaikan, kata kunci mana yang mau ditingkatkan serp nya dan dimana lokasi yang mau dinaikkan, apakah di homepage, atau kata kunci di artikel.
      7. nggak papa pak, maaf juga ini baru sempat online lagi

      23 November 2017 at 05:24
  • seonindo
    Budi Balas

    Mantep gan sangat bermanfaar berita nya izin share gan barang kali ada yag minat berita tersebut http://rentalmobilbatamku.com

    11 November 2017 at 06:56
    • seonindo
      SEON One Stop Solution Balas

      terimakasih atas atensinya pak, silahkan kalo mau di share

      23 November 2017 at 05:24
  • seonindo
    Jasa pengaspalan Balas

    Strategi mendapatkan backlink banyak di ulas oleh beberapa pakar akan tetapi ternyata sulit juga mendapatkannya terima kasih sharingnya

    14 November 2017 at 21:19
    • seonindo
      SEON One Stop Solution Balas

      setuju pak, diperlukan sedikit waktu dan kadang pembiayaan untuk build backlink berkualitasnya, terimakasih sudah berbagi

      23 November 2017 at 05:26
    • seonindo
      SEON One Stop Solution Balas

      terimakasih atas kunjungannya pak, hatur nuhun

      23 November 2017 at 05:26
    • seonindo
      SEON One Stop Solution Balas

      sama sama pak

      23 November 2017 at 05:26
    • seonindo
      SEON One Stop Solution Balas

      sama sama pak

      23 November 2017 at 05:27
  • seonindo
    ari maulana Balas

    wah sangat bagus sekali penjelasannya…..cocok buat pemula seperti saya……terima kasih atas infonya ….

    18 November 2017 at 08:57
    • seonindo
      SEON One Stop Solution Balas

      terimakasih untuk testimoninya pak, sama sama saling belajar juga

      23 November 2017 at 05:27
  • seonindo
    heri sugianto Balas

    Cara terbaik mendapatkan backlink dari blog edu atau gov bagaimana gan…

    18 November 2017 at 15:43
    • seonindo
      SEON One Stop Solution Balas

      untuk blogpost edu atau gov bisa pesan di forum ads.id pak, biasanya ada beberapa member yang punya akses ke website kampus dan goverment indonesia. atau bisa juga cari di fiverr.com

      23 November 2017 at 05:28
  • seonindo
    Wilujeng Balon Balas

    Artikel yang bagus dan sangat bermanfaat sekali
    Terimakasih atas informasinya
    Salam sukses

    19 November 2017 at 17:27
    • seonindo
      SEON One Stop Solution Balas

      terimakasih pak, sama sama, semoga sukses selalu

      23 November 2017 at 05:29
  • seonindo
    Diana Putry Balas

    Lumayan bagus

    23 November 2017 at 07:12
    • seonindo
      SEON One Stop Solution Balas

      terimakasih atas kunjungannya mbak

      14 Desember 2017 at 02:23
  • seonindo
    citrabaliactivities Balas

    Halo gan.
    Ane udah cobain berbagai cara di atas kecuali lewat jasa SEO. Tetapi situs ane tetep gak ke index backlinknya

    27 November 2017 at 04:10
    • seonindo
      SEON One Stop Solution Balas

      untuk mempercepat index backlinknya bisa menggunakan tools backlink indexer pak

      14 Desember 2017 at 02:21
  • seonindo
    agenbandarsakong Balas

    Artikel ini sangat membantu saya sekali…

    Terima kasih atas artikelnya…
    🙂

    29 November 2017 at 22:19
    • seonindo
      SEON One Stop Solution Balas

      sama sama pak, terimakasih atas kunjungannya

      14 Desember 2017 at 02:20
  • seonindo
    azril Balas

    boleh tau web direktori yang bermutu pak?trmksh

    6 Desember 2017 at 10:48
  • seonindo
    user Balas

    trima kasi bos sukses selalu

    11 Desember 2017 at 17:40
    • seonindo
      SEON One Stop Solution Balas

      terimakasih pak, sukses selalu

      14 Desember 2017 at 02:15
  • seonindo
    Obat Kesehatan Balas

    menarik sekali untuk belajar.. terimakasih 🙂

    13 Desember 2017 at 10:33
    • seonindo
      SEON One Stop Solution Balas

      terimakasih atas kunjungannya pak

      14 Desember 2017 at 02:09
  • seonindo
    Alin Balas

    Good Artikel yang membantu..

    15 Desember 2017 at 09:43
    • seonindo
      SEON One Stop Solution Balas

      terimakasih pak

      6 Januari 2018 at 01:51
  • seonindo
    Zaujaty Balas

    Ini artikel yang saya cari, terima kasih min atas infonya, saya sangat kesusahan dalam mencari backlink yang berkualitas, belum paham dengan ciri-cirinya, mudah-mudahan dengan artikel ini saya bisa mencafi backlink yang berkualitas

    19 Desember 2017 at 08:04
  • seonindo
    athoilah Balas

    kalo yang lain saya pernah coba, dan hasil nya memuaskan.. tapi dari cara link broken saya kurang paham gan..

    26 Desember 2017 at 06:42
    • seonindo
      SEON One Stop Solution Balas

      iya pak, untuk sekarang agak susah dapatnya dari wiki

      6 Januari 2018 at 01:43
  • seonindo
    rental.karuniamandiri.co.id Balas

    sangat menarik sekali , saya jadi lebih tertarik untuk mendalami strategi mencari backlink berkualitas

    28 Desember 2017 at 03:15
    • seonindo
      SEON One Stop Solution Balas

      sama sama pak, terimakasih atas kunjungannya

      6 Januari 2018 at 01:43
  • seonindo
    alifandofla Balas

    keren webnya seperti searchengineland versi Indo Pak, semoga eksis terus pak di dunia SEO & Digital Marketing

    29 Desember 2017 at 03:21
    • seonindo
      SEON One Stop Solution Balas

      terimakasih atas sanjungannya pak, mohon maaf masih banyak kekurangan di sana sini, web kami masih dalam proses desain sampai april 2018

      6 Januari 2018 at 01:41
  • seonindo
    pikiranku Balas

    10 cara mendapat backlink berkualitasnya cukup sederhana ulasaanya, Tapi kalau didasar pada hasil riset SERPIQ, buzzcom, menempatkan suatu artikel di halaman 1 berdasar pada jumlah kata yang digunakan. Takarannya untuk halaman 1 itu artikel harus memiliki jumlah kata diatas 2000. Selengkapnya, bisa dibaca di blog saya gan http://www.kabela-kabela dot blogspot dot.com

    29 Desember 2017 at 22:02
  • seonindo
    ternak jangkrik Balas

    saya belajar dulu disini. terimakasih banyak

    31 Desember 2017 at 19:26
    • seonindo
      SEON One Stop Solution Balas

      sama sama pak, terimakasih

      6 Januari 2018 at 01:34
  • seonindo
    Dewa De Balas

    Ok gan sip, kebetulan penasaran tentang bagaimana cara ningkatin DA website

    4 Januari 2018 at 12:12
    • seonindo
      SEON One Stop Solution Balas

      terimakasih atas kunjungannya pak

      6 Januari 2018 at 01:32
  • seonindo
    kusnudin Balas

    Terimakasih Atas Artikelnya Bos,
    Mudah-Mudahan Bermanfaat Bagi Kita Yang Berbisnis Pulsa

    22 Januari 2018 at 05:06
    • seonindo
      SEON One Stop Solution Balas

      sama sama pak, terimakasih atas kunjungannya

      2 Februari 2018 at 16:50
  • seonindo
    Tangki Panel Fiber Balas

    Mau tanya mastah… untuk tahun 2018 ini dimana kami bisa dapatkan backlink gratis atau pun berbayar yang menurut mastah sangat sangat ampuh dan cepat leading di halaman pertama google..?

    27 Januari 2018 at 07:40
    • seonindo
      SEON One Stop Solution Balas

      untuk backlink gratis bisa coba buat dummy blog atau melalui social signal, untuk backlink berbayar bisa ambil paket PBN atau paket backlink EDU

      2 Februari 2018 at 16:47
  • seonindo
    Bungazahra Balas

    Terima kasih banyak gan atas ingor masinya, artikel daitas sangat ber manfaat sekali. http://zahramp3.com

    28 Januari 2018 at 09:07
    • seonindo
      SEON One Stop Solution Balas

      sama sama pak, terimakasih

      2 Februari 2018 at 16:46
  • seonindo
    hidayat Balas

    terima kasih

    4 Februari 2018 at 00:54
    • seonindo
      SEON One Stop Solution Balas

      sama sama pak, terimakasih

      23 Maret 2018 at 01:28
  • seonindo
    Cara Manual Balas

    makasih banyak informasinya sangat bermanfaat, tetap update ya…

    7 Februari 2018 at 09:26
    • seonindo
      SEON One Stop Solution Balas

      terimakasih atas kunjungannya, website seon akan launch akhir april besok, setelahnya insya allah update terus pak

      23 Maret 2018 at 01:28
  • seonindo
    jangkrik malang Balas

    terima kasih sudah berbagi ilmunya.

    10 Februari 2018 at 19:40
    • seonindo
      SEON One Stop Solution Balas

      sama sama pak

      23 Maret 2018 at 01:23
  • seonindo
    Printerkomputer Balas

    Terima kasih, sangat bermanfaat.

    14 Februari 2018 at 03:10
    • seonindo
      SEON One Stop Solution Balas

      sama sama pak, terimakasih sudah berkunjung

      23 Maret 2018 at 01:23
  • seonindo
    Paket Wisata Balas

    Pak kenapa beberapa backlink dengan komentar saat blogwalking bisa hilang padahal 5 bulan sebelumnya sudah ada saat dicek dengan backlink tool, sementara dihalaman komentar link masih tersemat di webnya,, sekarang-sekarang di cek dengan backlink tool sudah tidak ada lagi backlinknya,, minta penjelasannya Pak,, trimakasih…

    16 Februari 2018 at 17:34
    • seonindo
      SEON One Stop Solution Balas

      terimakasih share nya pak, kemungkinan halaman bersangkutan tidak terindeks atau link nya dihapus

      23 Maret 2018 at 01:21
  • seonindo
    Nadia Balas

    Bagaimana caranya mendapat backlink dari situs-situs yang tidak mengaktifkan kolom komentar?

    25 Februari 2018 at 00:34
    • seonindo
      SEON One Stop Solution Balas

      bisa dengan menghubungi admin web tersebut untuk opsi tukar backlink atau blogpost berbayar

      23 Maret 2018 at 01:15
  • seonindo
    Toko Bunga Online Balas

    Terima Kasih Pak, Atas Informasi nya sangat Membantu Sekali

    28 Februari 2018 at 08:03
    • seonindo
      SEON One Stop Solution Balas

      sama sama pak

      23 Maret 2018 at 01:14
  • seonindo
    adysetyo Balas

    Terima kasih banyak, artikelnya sangat membantu, sankyu ;

    2 Maret 2018 at 02:15
    • seonindo
      SEON One Stop Solution Balas

      sama sama pak

      23 Maret 2018 at 01:14
  • seonindo
    kursi mebel Balas

    yang saya masih bingungkan cara agar DA PA bisa meningkat itu gimana pak? mohon pencerahannya dari bapak

    salam dari kursi Jepara

    3 Maret 2018 at 17:35
    • seonindo
      SEON One Stop Solution Balas

      DA PA akan naik seiring jumlah backlink berkualitas yang tertaut ke web kita pak, DA PA biasanya update 4-8 minggu sejak backlink dipasang

      23 Maret 2018 at 01:12
  • seonindo
    paket data kuota Balas

    masih awam tentang backlink masih mencoba memahami arteikel di atas kok tambah puyeng ya bagi pemula seperti saya cara yang paling mudah dan simpel bagaimana ya

    4 Maret 2018 at 12:06
    • seonindo
      SEON One Stop Solution Balas

      fokus pada kualitas dibanding kuantitas, sedikit backlink berkualitas lebih baik dari seribu backlink spam

      23 Maret 2018 at 01:11
  • seonindo
    nickohnc Balas

    terimaksih banyak sangat membantu sekali.
    http://doctormp3.info/

    6 Maret 2018 at 17:21
    • seonindo
      SEON One Stop Solution Balas

      sama sama pak, terimakasih atas kunjungannya

      23 Maret 2018 at 01:09
  • seonindo
    Syila Komputer Balas

    gimana cara cek, backlink yang berkualitas .boosss. mksh

    7 Maret 2018 at 12:38
    • seonindo
      SEON One Stop Solution Balas

      bisa cek page authority dan domain authority nya menggunakan moz atau bisa cek domain rating dan url rating nya menggunakan ahrefs

      23 Maret 2018 at 01:08
  • seonindo
    Akbar Balas

    Terima kasih atas informasi yang dijelaskan.
    Disini saya mau bertanya apa website untuk travel mana baiknya dalam mendapatkan backlink tersebut.
    Terima kasih

    8 Maret 2018 at 08:02
    • seonindo
      SEON One Stop Solution Balas

      untuk backlink sebaiknya dari blogpost website sejenis atau website edu dan gov yang authority nya bagus

      23 Maret 2018 at 01:07
  • seonindo
    Ahmad Rifai Balas

    Terima kasih suhu ilmunya. Semoga anda sehat selalu..aamiin

    18 Maret 2018 at 12:16
    • seonindo
      SEON One Stop Solution Balas

      terimakasih atas doanya pak

      23 Maret 2018 at 01:05
  • seonindo
    dedi Balas

    terima kasih infonya, ada beberapa yg ingin saya tanyakan terkadang saya membuat backling dan menggunakan keywors tertentu itu posisi saya tak kunjung berubah namun terkadang turun untuk beberapa saat, dan saya suda menginputnya di baclkinkindexer namum sepertinya tak ada reaksi yg bagus, apakah backling indexer memiliki jangka waktu untuk update terbacanya? dan klo ada cara yg lebih baik info mas

    27 Maret 2018 at 14:06
    • seonindo
      SEON One Stop Solution Balas

      untuk backlink biasanya perlu waktu 2-4 minggu sampai terindeks, beberapa tools berbayar seperti moz.com, majestic dan ahrefs juga memperbarui databasenya sekitar 4-6 minggu, cara paling cepat cek di google webmaster apakah sudah tertaut backlinknya atau belum

      27 Maret 2018 at 21:13
  • seonindo
    Dadu Online Balas

    makasih gan infonya, sedikit saya ingin bertanya yang saya tanyakan terkadang saya membuat backling dan menggunakan keywordnya tertentu itu posisi saya tan kunjung berubah ,, kadang juga turuh untuk beberapa saat ,,, ? itu kenapa ya ?

    nitip blog ane juga ya sekalian…
    salam sukses gan 🙂

    30 April 2018 at 14:28
  • seonindo
    erna Balas

    pagi semua.. mau nanya, gimana ya caranya bisa dapat backlink.. TRIMAKASIH

    2 Mei 2018 at 07:39
  • seonindo
    portal-ilmu.com Balas

    Saya sudah punya link dari halaman yang relevan tapi tetap saja belum tampak hasilnya. 🙁 Makanya makin kesini agak ragu dengan konsep backlink sendiri.

    5 Mei 2018 at 21:16
  • seonindo
    softwarefree13 Balas

    Mantap gan artikelnya, sangat bermanfaat

    5 Mei 2018 at 22:49
  • seonindo
    Qiu Qiu Online Balas

    terimah kasih ya bro

    6 Mei 2018 at 17:02
  • seonindo
    ERNAWATI Balas

    serve paling murah jangan lupa mampir ya gan semoga bermanfaat dan terima kasih . SALAM SUKSES

    9 Mei 2018 at 23:48
  • seonindo
    situs judi bola Balas

    anda dapat bermain dengan baik bosku di website kami jackpot selalu menanti anda jika anda mempunyai hari baik di dalam permainan ini m

    21 Mei 2018 at 16:41
  • seonindo
    carabermainceme Balas

    Top banget deh artikel nya kak jangan lupa mampir yaa kak http://www.kartumantap.com terimaksih yaa kak 🙂

    27 Juni 2018 at 13:55
  • seonindo
    Tugu Jogja Balas

    Sangat menarik…pada dasarnya Dari tahunke tahun teknik seo tidak banyak berubah

    21 Maret 2019 at 20:04

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Dapatkan kualitas dan harga terbaik untuk semua kebutuhan Bisnis Online Anda

soft opening coupon

15% off

exclusive & limited offer
berlaku hingga:

-31 oktober 2019-

Coupon code: