Charger HP Berbunyi Berdesis dan Panas

Berdasarkan pengalaman kadang charger hp berbunyi/berdesis saat digunakan. Asalkan tidak tercium bau gosong/terbakar maka bunyi tersebut adalah normal. Memang sebenarnya semua charger itu berdesis semua cuman ada yang suaranya kencang ada yang kecil sekali sehingga tidak terdengar. Di dalam charger biasanya ada komponen trafo yang berfungsi untuk menurunkan tegangan listrik yang mengalir. Komponen trafo inilah yang biasanya mengeluarkan bunyi berdesis.

Kenapa Charger Bunyi Mendesis

Ada masalah pada komponen di dalam adaptornya sehingga menimbulkan coil whine. Seharusnya tidak masalah selama tidak terlalu terganggu dengan suara itu ya tidak usah lakukan apa-apa. Kalau bunyinya seperti terbakar berarti charger mengalami semacam konsleting yang jika dibongkar komponen sudah ada yang terbakar.

Biasanya kapasitor di dalam adaptor sebagai filtering arus dan frekuensi tegangan AC bocor atau rusak. Jika kualitas tegangan listrik PLN buruk dan tidak stabil, sering naik turun dapat menyebabkan noise dan DC ripple pada charger karena efek Induktansi dan refleksi sinyal sinusoidal pada perangkat charger.

Kenapa Charger panas saat digunakan?

Masalah charger HP yang jadi cepat panas memang cukup penting dilakukan mengingat charger adalah satu-satunya alat yang bisa mengonversi listrik PLN untuk mengisi daya baterai HP. Tanpa charger, HP tidak bisa diisi daya karena modul yang bertugas mengubah tegangan tinggi ke tegangan rendah tidak tersedia.

Penyebab kenapa charger HP cepat panas biasanya datang dari kebiasaan buruk pengguna ponsel yang suka menggunakan HP sambil dicas. Selain bisa merusak baterai, menggunakan HP sambil dicas juga berbahaya bagi charger. Karena harus bekerja lebih keras, maka suhu charger meningkat drastis. Jika hal ini terjadi terus menerus, bukan tidak mungkin charger bisa terbakar. Seperti kita ketahui bahwa charger hanya terbuat dari plastik yang tidak begitu tahan dengan suhu panas.

Baca juga >>
Cara Cek Kuota Esia Max-D Terbaru

Penyebab kedua bisa jadi spesifikasi tegangan seperti voltase dan ampere antara output charger dan baterai tidak sesuai. Hal ini akan mengakibatkan kenaikan suhu yang drastis baik pada charger maupun baterai.

Penyebab ketiga Charger HP cepat panas bisa juga karena charger bukan original. Charger tiruan biasanya memakai komponen yang kualitasnya buruk. Selain membuat suhu charger cepat panas, kondisi ini juga bisa mempengaruhi usia baterai ponsel itu sendiri.

Charger Hp Berbunyi Berdesis Dan Panas

Kenapa Charger HP bisa meledak?

Dari hasil penelitian, apabila terjadi penge-charge-an pada ponsel maka suhu di dalam alat tersebut bisa melonjak menjadi 300 derajat Celcius setelah lima menit. Konektor akan meleleh dan panas yang timbul akan mendadak membakar ponsel sehingga terjadi kebakaran.

Oleh karena itu sangat disarankan agar pemakai ponsel sering memperhatikan bagian charger agar tetap bersih jangan terpolusi oleh apa pun, karena bagian tersebut sangatlah sensitif dan sumber kebakaran pada ponsel. Jangan pula meninggalkan ponsel yang di-charge berlama-lama karena segala kemungkinan bisa terjadi pada ponsel tersebut saat atau selama pengisian ulang batere.

Sebabnya, baterai jenis lithium-ion yang umum digunakan di ponsel dan perangkat mobile modern lainnya memang rawan terbakar atau meledak apabila rusak atau terekspos suhu tinggi.

Ada beragam penyebab mengapa sebuah ponsel dapat meledak, seperti misalnya korsleting atau adanya kesalahan saat pengisian daya. Salah satu penyebab yang sering muncul adalah panas berlebih pada bagian dalam ponsel yang kemudian memicu terjadinya ledakan.

Misalnya, baru-baru ini seorang wanita asal Thailand mendapati ponselnya meledak setelah ditinggalkan di dalam mobil ketika siang bolong. Perangkat tersebut rupanya kepanasan karena terpapar cahaya matahari terus-menerus.

Order via Whatsapp !