Traffic website adalah jumlah pengguna internet yang berkunjung dan membuka laman situs Anda serta durasi ketika mereka membuka halaman situs Anda. Nah, traffic website tersebut bisa Anda cek dengan menggunakan tools khusus.

Sehingga, Anda dapat mengetahui jumlah pengguna internet yang tertarik terhadap konten-konten di situs web Anda. Kemudian, Anda bisa menjadikan angka tersebut sebagai tolak ukur jenis konten yang harus Anda perbanyak atau tidak perlu dibuat lagi.

Keunggulan lainnya, presentasi traffic tersebut bisa Anda jadi portfolio kepada pemilik bisnis yang ingin mempromosikan produknya di website Anda.

Rekomendasi Tools untuk Cek Traffic Website

Berikut ini ada beberapa tools yang bisa Anda manfaatkan untuk mengecek perkembangan traffic website Anda dari hari ke hari beserta caranya:

1. Google Analytics

Tools ini merupakan produk dari Google yang mampu menunjukkan jumlah traffic situs web Anda dengan data yang lengkap. Simak cara penggunaan Google Analytics berikut ini:

  • Klik menu Admin, pilih opsi Create Property, kemudian klik menu Web, lalu Continue.
  • Berikutnya input nama website Anda, Industry Category, URL, dan juga Time Zone.
  • Selanjutnya klik Create.
  • Apabila Google Site Tag telah muncul, klik themes website dan cari tag <head>.
  • Input kode setelah tag <head> dan sebelum tag </head>.
  • Terakhir, simpan dan coba buka halaman situs web Anda untuk mengetahui website Anda sudah terecordoleh Google Analytics atau belum.

2. SimilarWeb

SimilarWeb merupakan situs web yang dapat memberikan Anda solusi dalam mengambil keputusan bisnis dengan cara melihat website kompetitor. Namun, Anda juga bisa menggunakan tools ini untuk mengecek jumlah pengunjung website.

Cara cek traffic website melalui tools ini cukup dengan menginput nama domain situs web Anda di kolom “Analyze any Website or App”. Tanpa harus melakukan pendaftaran terlebih dahulu.

3. Ahrefs

Tools terfavorit para pemain SEO ini mempunyai fitur super lengkap yang mampu membantu Anda untuk mengoptimalisasi konten website. Jika Anda ingin menggunakan fitur Ahrefs untuk mengecek traffic situs web, Anda harus menyiapkan dana sebesar 99$ per bulannya.

Cara menganalisa website dengan tools Ahrefs, yaitu:

  • Login akun terlebih dahulu, lalu klik menu “Site Explorer”.
  • Input nama domain situs web milik Anda, kemudian lakukan analisa.
  • Ubahlah bagian organic search, lalu pilih opsi grafis untuk satu tahun.
  • Maka tools akan menampilkan hasil analisanya.

4. SEMRush

Jika Ahrefs mengharuskan Anda untuk membayar ketika menggunakan fitur cek traffic website miliknya. Tools SEMRush menawarkannya secara gratis untuk Anda dengan fitur-fitur yang hampir sama lengkapnya.

Ketika menggunakan SEMRush untuk mengecek traffic situs web, Anda diwajibkan melakukan pendaftaran akun terlebih dahulu.

Website Tetap Stabil Meskipun Traffic Tinggi dengan Cloud Hosting

Ketika perkembangan traffic website Anda semakin meningkat tajam, maka Anda perlu mempertimbangkan untuk meningkatkan kualitas hosting situs web Anda. Karena kualitas hosting dapat berpengaruh besar terhadap loading dan kualitas tampilan konten di website Anda.

Nah, Anda bisa mencoba untuk menggunakan layanan cloud hosting terbaik dari Niagahoster. Supaya website Anda bisa tetap stabil meskipun trafficnya sedang tinggi-tingginya.

Tentunya Anda tidak menginginkan pelanggan setia website Anda pindah ke website lain hanya karena masalah loading ketika membuka halaman website bukan? Oleh sebab itu, segera lakukan cek traffic website dan beli layanan cloud hosting Niagahoster demi memberikan pengalaman terbaik bagi para pelanggan Anda.