Cara Ujian/UTS/UAS Online Tanpa Mencontek

Salah satu permasalahan ketika akan melaksanakan ujian secara online adalah bagaimana caranya supaya murid atau mahasiswa bisa mengerjakan soal ujian online sendiri tanpa di bantu orang lain, mencontek, maupun bekerja sama dengan teman sekelas. Untuk mensiasati hal ini ada beberapa metode yang bisa dilakukan :

1. Membedakan soal murid satu dengan murid yang lain

Ya ini mirip dengan ujian CPNS dimana soal satu orang akan berbeda dengan orang yang lain, terutama orang yang duduk sebelahan. Sehingga orang yang mengerjakan soal tidak akan mencontek satu sama lain. Kekurangan dari metode ini adalah tentunya dibutuhkan jumlah soal yang cukup banyak serta waktu untuk mengoreksi jawaban akan lama kecuali jika jawabannya pilihan ganda dan sudah terkomputerisasi seperti ujian CPNS, maka proses koreksi jawaban akan bisa cepat.

2. Memberikan soal yang bersifat analisis dan pendapat murid/mahasiswa

Jika membuat soal dalam jumlah banyak cukup menyulitkan maka kita menggunakan metode kedua yaitu memberikan soal yang bersifat analisis dan atau pendapat murid/mahasiswa. Biasanya soal ini berupa kasus permasalahan dan murid kita memberikan analisis dan pendapatnya dengan kalimatnya sendiri. Supaya tidak saling mencontek perlu kita berikan keterangan/peringatan bahwa murid harus menjawab dengan kalimat sendiri dan tidak boleh mencontek. Barang siapa memiliki kalimat yang persis sama maka nilai akan di kurangi atau di diskualifikasi.

Order via Whatsapp !