Cara Transfer Bank Mandiri ke BCA BNI BRI

Dunia perbankan masih akan terus mengalami perkembangan dari waktu ke waktu berkat manfaatnya yang sulit tergantikan. Dimulai dari tabungan, deposito, hingga transfer antar akun bank, semuanya bisa dilakukan dengan lebih mudah, real time, dan secepat kilat.

Salah satu bank yang paling terkenal dan banyak nasabahnya di Indonesia adalah bank Mandiri. Institusi keuangan yang berkantor pusat di Jakarta ini telah menjadi bank terbesar di Indonesia dalam hal pinjaman, simpanan, hingga aset.

Jadi tak heran jika bank yang satu ini menjadi salah satu yang terbesar di Indonesia dengan pondasi yang begitu kokoh. Ada banyak sekali perputaran uang dan transaksi yang terjadi setiap harinya.

Cara Transfer Bank Mandiri ke BCA BNI BRI

Jadi sudah dipastikan jika mentransfer uang melalui bank adalah metode yang paling aman yang bisa kamu lakukan setiap harinya. Sekalipun bank Mandiri juga memberikan tarif transfer setiap kali transaksi dilakukan, tetapi nilainya jauh lebih kecil jika dibandingkan dengan manfaat yang diberikannya. Untuk satu kali transfer, bank Mandiri membebankan biaya ADM sebesar 6500.

Tapi jika nominal uang yang harus ditransfer adalah antara puluhan hingga ratusan juta rupiah, akan lebih baik untuk melakukannya melalui teller di bank Mandiri terdekat. Dengan begitu, kamu bisa lebih aman saat melakukannya.

Transfer Bank Mandiri Ke Bca Bni Bri

Untuk tata cara pengiriman uang melalui teller adalah sebagai berikut:

  1. Silahkan ambil Slip Setoran yang sudah disediakan oleh pihak bank Mandiri. Disarankan kamu melakukan pengiriman uang di atas 25 juta jika ingin mentransfer via teller.
  2. Jangan lupa isi tanggal di bagian pojok kanan atas.
  3. Centang juga tujuan kamu mengisi slip setoran tersebut, diantaranya ada opsi setoran, TT, RTGS, dan lain sebagainya. Silahkan pilih opsi setoran deposit untuk tujuan transfer.
  4. Di bagian PENGIRIM, silahkan centang perorangan untuk rekening pribadi, atau Perusahaan untuk rekening bisnis.
  5. Di bagian Status Kependudukan, silahkan centang Penduduk (resident).
  6. Masukan juga data-data prabadi seperti Nama, Alamat & nomor telepon, serta nomor rekening. untuk bagian nomor identitas, bisa diisi nomor KTP atau dikosongkan saja.
  7. Di bagian SUMBER DANA TRANSAKSI, silahkan pilih Tunai jika kamu membawa uang secara cash, atau debet rekening jika dana yang ingin dikirimkan berasal dari tabungan.
  8. Jangan lupa masukan nominal uang yang ingin dikirimkan ya! Tuliskan juga terbilangnya.
Baca juga
Cara Transfer Bank BRI ke BCA BNI Mandiri

Selanjutnya di kolom kiri slip setoran, silahkan isi data penerima dana kita. Detailnya adalah sebagai berikut:

  1. Centang status penerima, apakah berupa perorangan atau perusahaan. Status kependudukannya juga bisa kamu pilih penduduk.
  2. Isikan nama, nomor rekening, bank (misalnya BCA, BRI, atau BNI), alamat & telepon penerima.
  3. Di kolom TUJUAN / KETERANGAN TRANSAKSI, silahkan tuliskan Transfer.
  4. Diakhir dengan tanda tangan dan berikan slip setoran tersebut kepada teller.

Meskipun ini merupakan cara yang klasik, akan tetapi masih sering digunakan oleh beberapa intansi tertentu agar lebih memudahkan dalam proses transaksi, apalagi jika nominal uang yang ingin dikirimkan begitu besar.

Cara Transfer Bank Mandiri ke BCA BNI BRI via ATM

Jika nominal uang yang ingin kamu kirimkan ke bank lain kurang dari 25 jutaan, maka akan lebih baik jika melalui ATM saja. Cara ini jauh lebih sederhana dan cepat, dan sangat cocok untuk melakukan transaksi dalam jumlah yang lebih kecil.

Cara Transfer Atm Mandiri Ke Bca Bni Bri

Adapun tata cara pengirimannya adalah sebagai berikut:

  1. Silahkan masukkan kartu ATM Mandiri kamu ke dalam mesin ATM.
  2. Pilih bahasa yang diinginkan. Ada Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.
  3. Masukan nomor pin. Jika benar, maka kamu akan langsung dibawa ke menu utama.
  4. Di bagian menu utama, silahkan pilih transaksi lainnya, yang disusul dengan memilih menu transfer.
  5. Pada halaman menu transfer, silahkan pilih menu Antar Bank Online.
  6. Kemudian masukan 3 digit kode bank, yaitu 002 untuk BRI, 014 untuk BCA, dan 009 untuk BNI.
  7. 3 digit kode bank tersebut harus kamu susul dengan nomor rekening tujuan si penerima.
  8. Silahkan cek ulang nomor rekening yang telah dimasukan, dan kemudian klik Benar.
  9. Kemudian kamu akan dibawa ke halaman nomor referensi. Silahkan kosongkan saja jika tidak ada kebutuhan khusus dan maju ke tahap berikutnya dengan memilih tombol BENAR.
  10. Masukan jumlah nominal uang yang ingin kamu transfer ke nomor tujuan rekening, dan klik benar.
  11. Pada halaman konfirmasi transfer, silahkan cek ulang mengenai nomor rekening dan atas nama pemilik rekening. Jika sudah sesuai, tinggal klik YA untuk melanjutkan proses transaksi.
  12. Proses transaksi pun selesai. Silahkan ambil struk sebagai bukti jika sewaktu-waktu ada masalah dan hal-hal lain yang tak kamu inginkan terjadi.
Baca juga
Cara Transfer Bank BCA ke BRI BNI Mandiri

Semudah itu mengirimkan uang dari bank Mandiri ke bank lainnya. Tidak perlu lagi repot-repot untuk mengisi slip setoran dan menunggu antrian saat ingin menyerahkannya kepada teller bank. Apalagi jika nominal yang yang ditransaksikan tidak begitu besar tentunya.

Sebagai informasi, setiap jenis kartu ATM Mandiri memiliki limit yang berbeda untuk pengiriman ke luar Mandiri, berikut adalah lengkapnya:

  • Silver GPN: 5 juta
  • Silver Visa, Gold Visa, dan Gold GPN: 10 juta
  • Platinum Visa: 25 juta
  • Platinum GPN: 25 juta
  • Gold Bisnis Visa: 25 juta
  • Prioritas: 50 juta
  • Tabmu: 5 juta

Jika ingin terhindar dari limit, silahkan lakukan pengiriman dana melalui teller saja seperti yang sudah dijelaskan di atas secara lengkap.

Cara Transfer Bank Mandiri ke BCA BNI BRI Lewat Online

Dulu transfer dana melalui telepon genggam itu kita sebut sebagai SMS banking. Tapi setelah dirilisnya telepon genggam berbasis android dan iOs, maka istilahnya pun mengalami perubahan menjadi mobile banking dan Mandiri Online.

Tapi apapun nama yang digunakan, sistem dan prosesnya hampir sama kok! Keduanya masih membutuhkan verifikasi nomor telepon dan SMS saat dilakukan.

Bedanya, melalui mobile banking di zaman sekarang bisa dilakukan dengan menginstal aplikasi perbankan Mandiri untuk dapat melihat fitur-fiturnya secara lebih mudah dan jelas.

Cara Transfer Mandiri Ke Bca Bni Bri Lewat Online

Untuk mengirimkan uang dari Mandiri ke bank lain lewat SMS adalah sebagai berikut:

  1. Install dulu aplikasi Mandiri Online yang bisa didapat di app store atau Google Store.
  2. Setelah itu, silahkan verifikasi identitas diri dengan menggunakan fitur sidik jari atau pin.
  3. Setelah berhasil login, maka kamu akan dibawa ke menu utama berupa transfer, bayar, beli, e-money, dan lain sebagainya.
  4. Silahkan pilih menu Transfer saja jika ingin mengirimkan uang. Untuk mengirimkan dana ke bank lain, silahkan pilih Ke Bank Lain Dalam Negeri.
  5. Pilih Rekening Tujuan yang berisi data Nama Bank dan nomor rekening.
  6. Pada kolom Jumlah, silahkan masukan nominal uang yang akan ditransfer.
  7. Pada bagian deskripsi, silahkan isikan berita atau keterangan mengenai dana yang dikirim. Bisa dikosongkan jika tak ingin ribet.
  8. Pada bagian jenis transfer, silahkan pilih opsi Online.
  9. Disusul dengan mengklik Lanjut untuk dibawa ke halaman konfirmasi. Silahkan cocokan semua data yang ada. Jika sudah tak ada masalah, ketuk tombol Kirim.
  10. Masukkan MPIN untuk melanjutkan proses transaksi tahap akhir.
  11. Setelah transaksinya berhasil, kamu akan menerima halaman resi. Silahkan download atau SS untuk bukti transaksi.
Baca juga
Persyaratan Buka Rekening BCA dan ATM BCA

Mandiri Online kini lebih mudah dilakukan jika dibandingkan dengan internet banking. Pasalnya, Mandiri Online jauh lebih praktis dan aman untuk digunakan dan hanya bisa diakses melalui gadget smartphone saja.

Demikian informasi mengenai cara transfer bank mandiri ke BCA BNI BRI semoga bisa dijadikan referensi.

5/5 (1 Review)