Cara Transfer Bank BRI ke BCA BNI Mandiri

Ada yang bilang bahwa menyimpan uang di rumah lebih baik daripada ditabung di bank. Padahal, memiliki rekening bank seperti BRI itu bisa memudahkan kita untuk melakukan transaksi apapun, entah itu untuk keperluan bisnis maupun sekedar belanja secara online.

Dengan memiliki rekening bank BRI atau bank lainnya, maka kita bisa memindahkan uang dari satu rekening ke rekening lainnya tanpa harus capek-capek menemui orangnya terlebih dahulu. Ditambah lagi, sistem uang yang berbentuk digital akan memungkinkan kita terbebas dari pencuri yang masuk ke rumah.

Terlebih lagi, bank yang memiliki kepanjangan Bank Rakyat Indonesia ini sangatlah dekat dengan masyarakat kaum menengah ke bawah. Pasalnya, dimulai dari cicilan hingga bantuan tunai yang diberikan oleh pemerintah baru-baru ini memang seringkali turun melalui rekening bank BRI.

Nah, buat kamu yang masih bingung cara transfer uang dari bank BRI ke bank lainnya, maka bisa gunakan beberapa langkah di bawah ini secara lengkap.

Cara Transfer Bank BRI ke BCA BNI Mandiri

Untuk bisa mentransfer sejumlah dana dari bank BRI ke bank lain, sebenarnya ada banyak cara yang bisa kamu lakukan. 3 diantaranya adalah jenis yang paling banyak digunakan karena prosesnya yang tidak ribet dan pengirimannya yang instant, yaitu melalui ATM, SMS Banking, dan Internet Banking.

Cara Transfer Bank Bri Ke Bca Bni Mandiri 2021

Tata cara untuk mengirimkannya melalui ATM adalah sebagai berikut:

  1. Masukkan kartu ATM ke mesin ATM BRI, kemudian pilih bahasa yang kamu inginkan. Disarankan menggunakan Bahasa Indonesia ya!
  2. Setelah itu, masukkan pin ATM yang berupa 6 digit angka.
  3. Kemudian, silahkan pilih Menu Lainnya yang terletak di pojok kanan bawah.
  4. Selanjutnya, pilih menu transfer dan masukan kode bank yang diikuti dengan nomor rekening tujuan.
  5. Untuk kode bank BCA adalah 014, bank BNI adalah 009, sementara Mandiri adalah 008.
  6. Masukan pula nominal yang ingin kamu transfer, kemudian pilih benar.
  7. Ada nomor referensi yang muncul setelahnya. Silahkan kamu isi, atau dikosongkan saja karena bersifat sebagai opsional.
  8. Setelah itu, kamu akan dibawa ke halaman verifikasi. Pastikan kamu mengeceknya secara berulang, terutama di bagian nominal dan nomor rekening agar tidak keliru dan mendatangkan masalah.
  9. Jika sudah tidak ada masalah dan sesuai, silahkan klik Ya.
  10. Kamu akan diberi pilihan lewat manakah dana tersebut dikirimkan, apakah dari Giro atau Tabungan? Jika kamu ingin mengirimkan uang melalui saldo tabungan, ya berarti silahkan pilih tabungan.
  11. Silahkan ditunggu beberapa detik saat proses transaksi berlangsung. Jangan lupa mengambil struk sebagai tanda bukti transaksi yang sudah kamu lakukan barusan.
Baca juga
3 Cara Transfer BRI ke BNI Lewat HP dan ATM BRI

Jika kamu ingin membuang struk tersebut, harap robek menjadi beberapa bagian dan buanglah ke tempat sampah agar tidak disalahgunakan oleh pihak-pihak yang tak bertanggung jawab.

Cara Transfer Bank BRI Melalui Teller

Katakanlah kamu ingin mengirimkan dana yang begitu besar dari tabungan BRI kamu ke bank lain. Untuk bagian ini, pastikan kamu lakukan melalui teller agar lebih aman dan lancar sekalipun ada masalah atau kendala yang muncul.

Bahkan jika kamu membawa uang secara tunai untuk dikirimkan ke bank lain, maka hanya bisa dilakukan via teller jika di mesin ATM BRI terdekat kamu tidak difasilitasi dengan fitur deposit.

Cara Transfer Bank Bri Melalui Teller

Setelah mengetahui cara transfer bank bri ke bank lain di atas, selanjutnya melalui teller BRI. Adapun cara melakukan transfer melalui teller diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Ambil slip setoran yang sudah disediakan di bank BRI terdekat.
  2. Jangan lupa juga untuk membawa uang tunai yang ingin dikirimkan. Buku tabungan juga boleh sebagai pelengkap.
  3. Di bagian pojok kanan atas, silahkan masukan nama tempat dan tanggal pengiriman.
  4. Jangan lupa mencentang salah satu jenis rekening yang kamu miliki, misalnya ada simpedes, britama, dan lain sebagainya.
  5. Di bagian kolom Disetor ke / Deposit to, silahkan masukan data-data yang dibutuhkan seperti nomor rekening penerima, nama pemiliki rekening, cabang bank BRI, dan jenis mata uang (pilih rupiah).
  6. Sementara di kolom Penyetor / Depositor, silahkan masukan data-data milik diri sendiri, termasuk nama, alamat, dan nomor telepon.
  7. Sumber dana juga wajib diisi ya! Khusus buat kamu yang tidak memiliki tabungan di BRI atau mengirimkan dana di atas 100 juta rupiah. Ini memungkinkan pihak bank melacak segala macam kejahatan.
  8. Untuk bagian keterangan, silahkan diisi sesuai dengan kebutuhan saja. Bisa dikosongkan jika enggan mengisinya.
  9. Di kolom sebelah kanan, silahkan masukan nominal uang yang ingin ditransferkan, lengkap dengan terbilangnya sebagai konfirmasi.
  10. Terakhir, masukan tanda tangan, kemudian berikan ke teller bersama dengan uang yang ingin disetorkan.

Sebagai informasi, slip setoran itu terdiri dari 2 lembar, yaitu slip setoran berwarna putih yang akan dipegang oleh pihak bank, dan slip warna kuning yang akan dibawa oleh kita sebagai bukti dari transaksi yang telah dilakukan.

Baca juga
Cara Transfer Bank Mandiri ke BCA BNI BRI

Limit dan Biaya Admin Saat Transfer di Bank BRI

Setelah mengetahui cara transfer bank bri ke BCA BNI Mandiri selanjutnya kita bahas limit dan biayanya. Sama halnya seperti bank-bank pada umumnya, terdapat limit pengiriman uang saat dilakukan di mesin ATM. Untuk alasan ini pulalah kita disarankan untuk mengirimkan dana kita melalui teller jika jumlahnya hingga ratusan juta rupiah.

Selan itu, ada tarif atau biaya yang dibebankan setiap kali kamu mengirimkan uang dari BRI ke bank lain. Potongan tersebut diambil per transaksi, berapapun nominal uang yang kamu kirimkan. Untungnya, potongannya sendiri tidak begitu besar, yaitu  hanya sekitar kurang lebih 6500 rupiah saja.

Sementara untuk limit transfer bank BRI melalui ATM adalah sebagai berikut:

  • ATM BRI Klasik: 20 juta / hari untuk sesama Bank BRI; 10 juta / hari untuk beda bank.
  • ATM BRI Gold: 50 juta / hari untuk sesama Bank BRI; 15 juta / hari untuk beda bank.
  • ATM BRI Platinum: 100 juta / hari untuk sesama bank BRI; 25 juta / hari untuk beda bank.

Tetapi jika dibandingkan dengan manfaatnya, maka biaya administrasi yang dibebankan tersebut jauh lebih kecil. Bayangkan jika kamu harus mendatangi setiap orang untuk bertransaksi, maka pasti jatuhnya lebih mahal.

Maka dari itulah, dunia perbankan seperti BRI mampu menggerakkan roda ekonomi menjadi lebih aktif sehingga segala macam bisnis pun bisa dijalankan secara lebih halus dan masif.

Limit Dan Biaya Admin Saat Transfer Di Bank Bri

Limit pengiriman dana tersebut hanya berlaku untuk transfer melalui ATM. Jika kamu ingin mengirimkan uang dengan dana yang jauh lebih besar tanpa hambatan, silahkan hubungi teller di bank terdekat.

Jangan lupa juga untuk menyertakan asal dana tersebut berasal. Ini penting sekali untuk bisa di ACC jika uang tunai yang ingin kamu kirimkan di atas 100 juta rupiah.

Tapi berapapun jumlah yang ditransfer, semuanya bisa terjadi secara real time sehingga keamanan dan kenyamanan bisa didapatkan, entah itu sebagai pengirim maupun penerima.

5/5 (1 Review)