Cara Setting APN Axis 3G dan 4G Cepat dan Stabil

Akses internet yang lemot pasti mengganggu aktivitas, dimana hal ini dapat  diatasi dengan mengatur cara setting APN Axis 3G dan 4G. Selama ini, pengguna Axis sudah banyak diuntungkan  dengan akuisisi Axis dari XL. Tentu saja, hal ini menguntungkan Axis, dimana pengguna mereka juga memiliki jaringan telekomunikasi secepat XL.

Beberapa pengguna Axis sebelumnya sempat mengeluhkan jaringan internet yang lambat. Padahal, mereka tengah berada di daerah perkotaan, dimana semua jaringan internet pasti stabil. Mereka belum menyadari bahwa pengaturan APN dapat mempengaruhi kecepatan akses internet.  Dengan mengganti akses internet, perubahan kecepatan akses internet dapat terjadi secara signifikan.

Bagaimana Cara Setting APN Axis 3G dan 4G?

Bagi pemilik Axis, Anda dapat mengatur sendiri pengaturan atau setting akses internet. Banyak orang sering datang ke konter penjual pulsa atau penyedia servis, untuk meminta bantuan akan hal ini. Padahal  sebenarnya, pengaturan sangatlah  mudah. Paket data dapat diaktifkan sesuai dengan kebutuhan.

Banyak orang bertanya apakah Axis 3G masih ada? Saat ini, hampir semua pemilik ponsel memanfaatkan ponsel 4G.  Layanan 3G memang masih disediakan oleh Axis dan XL. Layanan ini masih sangat perlu karena beberapa orang masih memanfaatkan ponsel 3G. Tetapi, tentu alasannya bukan sekedar itu.

Jaringan 3G masih sangat dibutuhkan untuk mengakses video call atau melakukan streaming secara langsung. Saat 3G baru diluncurkan, teknologi ini sudah sangat menguntungkan pengguna. Teknologi ini baru diperkenalkan di awal 2000an, dimana semua orang di Indonesia telah memanfaatkan ponsel pintar.

Baca juga >>
Cara Mengatasi Sinyal Hilang Tidak Ada Jaringan 3G 4G

Hal pertama yang harus dilakukan adalah menuju menu settings atau Pengaturan. Setelah itu, masuk ke menu Others atau Lainnya. Pilih Cellular Networks atau Jaringan Seluler dan pilih Access Point Name (APN). Kemudian kolom APN harus diisi dengan ‘Internet’.

Setelah itu, pengguna dapat mengaktifkan jaringan 4G yang tersedia di menu Setting (pengaturan)/Cellular Networks (jaringan seluler) kemudian Cellular Data Options (pilihan jaringan seluler).

Tetapi, terkadang kondisi tidak memungkinkan untuk mengaktifkan jaringan 4G. hal ini sangat tergantung pada lokasi pengguna. Saat mereka berada pada lokasi yang tidak memungkinkan, jaringan 4G pasti sulit diakses. Tetapi, hal ini tidak akan berlangsung lama, jika mereka akhirnya berada di tempat yang memiliki jaringan telekomunikasi stabil.

Bagaimana Apabila Cara Tersebut Tidak Berhasil?

Sebenarnya, ada cara setting APN Axis dengan standar 3G/4G . Ada pengaturan atau setting APN yang dapat dilakukan untuk dapat memaksimalkan jaringan telekomunikasi yang  cepat dan bebas hambatan. Pengguna dapat mengakses menu Settings (pengaturan) kemudian masuk ke Jaringan dan Nirkabel (Network and Wireless) kemudian pilih  Jaringan Seluler (cellular networks) dan kemudian tekan menu Access Point Names. Nanti, akan keluar menu seperti tertulis disini:

  1. Isi Nama dan APN dengan: Axis
  2. Isi kolom Proxy dengan : 10.8.3.8
  3. Pastikan Port terisi 8080
  4. Isi APN Type dengan Default
  5. Isi Username dengan nama Axis
  6. Pastikan menu APN dengan menu Enabled
  7. Password : 12345
  8. Pastikan isi Bearer dengan Unspecified
  9. Untuk Server perlu dibiarkan dengan menu: (Not Set)
  10. Sedangkan menu MVNO Type diisi dengan ‘None
  11. Untuk menu MMSC, MVNO Value, dan juga MMS Proxy serta MMS Port dapat diisi (Not Set) Untuk APN Protocol dapat diisi ‘Ipv4’
  12. APN Roaming Protocol : Ipv4
  13. Untuk kolom MCC dapat diisi ‘510’
  14. Untuk kolom MNC diisi 08
  15. Pilih menu ‘Web’ untuk GPRS
  16. Untuk Authentication Type dapat diisi ‘PAP’
Baca juga >>
Cara Mengetahui Password Instagram Sendiri dan Orang Lain

Pengguna dapat menyesuaikan dengan ponsel mereka sehingga mereka dapat mengakses jaringan apa saja dengan mudah.  Namun, pengaturan ini hanya dapat digunakan untuk ponsel berbasis maksimal 4G. APN pun sudah berhasil dimanfaatkan.

APN Masih Belum Tersambung?

Memang masih banyak pengguna yang mengalami kendala APN belum tersambung  setelah melakukan metode seperti di atas. Hal ini memang bukan merupakan salah pengguna. Bisa jadi, ponsel pintar masih belum dapat mendeteksi jaringan. Merek ponsel dan kekuatan menangkap jaringan memang berbeda-beda.

Tetapi, jangan putus asa dulu. Masih ada beberapa cara yang terbukti dapat memaksimalkan jaringan APN pada ponsel. Caranya adalah dengan mengaktifkan menu Airplane Mode Pesawat. Tidak dapat dipungkiri bahwa cara ini sangat efektif untuk dapat mengaktifkan jaringan internet apapun. Bahkan untuk akses 2G dan juga 3G.

Setelah itu, mode pesawat atau airplane mode dapat dinonaktifkan, dan pengguna dapat mengaktifkan kembali APN di ponsel mereka yang sudah diatur. Koneksi internet biasanya akan langsung stabil, bahkan lebih cepat dari sebelumnya.

Akankah Pengaturan APN Tersebut Dapat Memaksimalkan Jaringan Internet?

Tidak dapat dipungkiri bahwa Axis merupakan salah satu penyedia jasa layanan internet yang termurah. Terlebih, banyak paket data internet yang dapat dipilih, sesuai kebutuhan dan anggaran. Namun, memang tidak semua lokasi di Indonesia memiliki jaringan Axis dan XL Axiata. Internet yang tahu-tahu terputus menjadi hal yang sering terjadi.

Jika hal ini terjadi, maka ada beberapa cara yang dapat dilakukan. Pertama-tama, pengguna ponsel dapat mengatur jaringan GPRS (General Packet Radio Service) terlebih dahulu. Pengaturan ini adalah pengaturan yang paling standar dan mudah. Tetapi, pengguna ponsel jarang sekali menggunakannya, padahal pengaturan yang tepat dapat memungkinkan akses internet cepat.

Baca juga >>
Cara Menonaktifkan Gprs Telkomsel Terbaru

Pengguna dapat mengakses menu Setting/Pengaturan dan langsung menuju menu Access Point Names. Kolom APN dapat diisi dengan “Internet”. Setelah itu, pengguna dapat mengatur jaringan GPRS  dengan mengaktifkannya melalui menu aktifkan jaringan GPRS pada menu pengaturan (Setting)/ Data seluler (Cellular)/pemilihan data seluler (Cellular Data Options).

Tidak banyak pengguna ponsel pintar atau pengguna internet yang memahami pentingnya GPRS. Jaringan ini memudahkan pengguna untuk mengakses volume data. Jika pengaturan GPRS tidak tepat, maka pengguna tidak dapat mengakses internet dengan cepat. Apalagi jika jaringan GPRS saat itu dipergunakan oleh banyak orang. Jika GPRS sudah diatur dengan benar, kecepatan internet yang stabil dapat dilakukan.

Bisakah Mengatur Kecepatan Untuk Pengguna Modem?

Axis sudah memperkenalkan produk modem untuk penggunaan internet sejak jasa penyedia layanan ini memulai kiprahnya di dunia telekomunikasi di Indonesia. Saat itu, penggunaan modem sangatlah marak, dimana belum banyak orang menggunakan wifi di rumah mereka. Keberadaan modem membantu pengguna laptop atau komputer desktop untuk mengakses internet secara cepat.

Hingga saat ini, pengguna modem Axis masih sangat banyak. Mereka menyadari bahwa akses internet Axis dapat diandalkan. Terlebih setelah Axis berada di bawah satu perusahaan dengan XL Axiata. Akses internet dapat dilakukan tanpa harus mencari sumber nirkabel yang belum tentu dapat diandalkan.

Masih banyak pengguna internet yang mengira bahwa akses WiFi lebih cepat ketimbang akses internet melalui modem Axis. Padahal sebenarnya, kecepatan akses jaringan nirkabel juga tidak selalu mudah diakses. Hal ini tergantung pada jumlah pengguna, jenis jaringan nirkabel yang digunakan,  dan juga pengaturan dari penyedia jasa WiFi.

Karena itulah, menggunakan modem Axis dapat menjadi solusi terbaik bagi mereka yang aktif, dan selalu menggunakan laptop untuk bekerja di mana saja. Pengaturan modem Axis untuk jaringan 4G harus dilakukan sejak awal, sehingga pengguna internet dapat merasa nyaman  dalam mengakses internet di mana saja.

Baca juga >>
Solusi Mi Remote Untuk AC Polytron

Bagi para pengguna modem Axis, mereka dapat mengatur sendiri dengan cara menambahkan nomer dail (dial number) untuk akses internet stabil. Pengaturan  dapat dilakukan sebagai berikut;

Isi Axis GPRS pada kolom nama dan isi Axis pada kolom APN. Lalu masukkan password 123456 serta isi Dial Number dengan angka *99#. Sedangkan untuk pengaturan APN untuk modem Axis 3G/4G, pengguna dapat mengisi nama APN dengan ‘internet’.  Tetapi, kolom lain perlu dikosongkan seperti Username, Password dan Proxy.

Hal serupa juga dapat dilakukan untuk pengguna modem dengan jaringan 4G LTE.  Memang, jaringan ini belum dapat dinikmati di seluruh daerah di Indonesia. Tetapi, mereka yang tinggal di kota besar dapat dengan mudah memaksimalkan layanan super cepat dari Axis dan XL Axiata ini. Cara hampir sama, dimana pengguna dapat mengisi Nama APN dengan Axis LTE dan mengisi Access Point Name (APN) dengan ‘lte’. Sedangkan kolom Username, Password, dan Proxy dapat dikosongkan.

Axis Mudah dan Murah

Pengguna Axis semakin dimudahkan dengan adanya pembelian secara bundling. Beberapa merek ponsel ternama dijual dengan paket data Axis dalam jumlah kuota yang besar. Tentu, harga juga telah disesuaikan menjadi jauh lebih murah. Tidak heran, paket bundling menjadi paket yang dinanti oleh para pecinta jaringan Axis.

Apa sebenarnya manfaat paket bundling? Dengan membeli paket bundling, pengguna ponsel tidak perlu dipusingkan dengan pengaturan jaringan. Paket seperti ini sangat mudah digunakan bagi pengguna ponsel pemula. Biasanya para ibu atau anak-anak sangat memerlukan paket internet untuk belajar dari rumah.

Pengguna pemula biasanya bingung jika akses internet lambat dari ponsel mereka. Tetapi, jika memiliki paket bundling, maka mereka tidak perlu mengatur APN Axis 3G dan 4G. Pengguna dapat menggunakan ponsel pintar dengan lancar berinternet, sekaligus untuk berkomunikasi seperti telepon dan SMS.

Baca juga >>
Cara Pasang TWRP Redmi 4A Series Terbaru

Selain akses internet yang cepat dan lancar, pengguna paket Bundling juga tidak dipusingkan dengan pengisian kuota terlalu sering. Paket data dapat digunakan selama satu tahun, dengan berbagai benefit yang dapat mereka nikmati sepanjang tahun.  Yang paling penting adalah mereka tidak perlu lagi dipusingkan dengan ketiadaan jaringan. Ponsel pintar dalam paket bundling sudah diatur sedemikian rupa sehingga secara otomatis disesuaikan dengan wilayah dimana pengguna berada.

Terkadang, ponsel pintar tidak dapat mendeteksi jaringan, dan perlu diatur secara manual. Hal ini tentu sangat merepotkan pengguna, terutama mereka yang tidak ingin repot untuk mengatur jaringan secara sering. Axis menggandeng merek ponsel pintar terpercaya yang sudah dapat mengatur jaringan APN dan GPRS secara otomatis.

Paket bundling ini hadir untuk mereka yang menyukai permainan online dan juga pengguna reguler. Axis menyediakan beberapa pilihan, dimana paket untuk bermain game online dan akses data umum tersedia dengan mudah dan murah. Pengguna dapat memilih jenis ponsel yang mereka butuhkan, tanpa harus mengeluarkan anggaran ganda untuk ponsel pintar dan data secara terpisah.

Memang, tidak semua orang ingin menggunakan paket bundling  Axis. Mereka yang sudah mengetahui cara setting APN Axis 3G dan 4G secara tepat mungkin lebih memilih untuk menggunakan ponsel pintar yang sudah mereka miliki. Terlebih, mereka juga sudah sangat paham dalam pengaturan jaringan internet Axis.

Order via Whatsapp !