Cara Setting APN 3 3G dan 4G Cepat dan Stabil

Cara setting APN 3 3G dan 4G, ternyata tidak terlalu sulit. Pemilik provider 3 hanya perlu mendaftarkan nomornya terlebih dahulu dengan mengisi NIK (Nomor Identitas Kependudukan) di KTP dan nomor di KK (Kartu Keluarga) yang berlaku. Setelah memastikan registrasi yang dilakukan berhasil, maka secara otomatis Anda akan menerima SMS atau notifikasi pemberitahuan yang menyatakan bahwa kartu sudah dapat digunakan untuk melakukan panggilan dan berkirim pesan.

Informasi Seputar Cara Setting APN 3 3G dan 4G

APN merupakan singkatan dari Access Point Name yang memiliki peran besar sebagai suatu gerbang pintu masuk diantara hubungan koneksi pada sebuah internet dengan GPRS, GSM, serta jaringan 3G maupun 4G. Umumnya, APN ini sudah dipasangkan ke berbagai perangkat telfon seluler yang kini dikenal dengan istilah smartphone atau android. Nantinya, koneksi yang terhubung di perangkat handphone perlu dilakukan konfigurasi ke APN yang kemudian akan dilanjutkan ke bagian operator.

Jaringan berbasis 3G atau dapat dikatakan sebagai generasi ketiga ini, ternyata berlaku di saat pihak UMTS (Universal Mobile Telecommunication Service) melakukan pengembangan lanjutan dari sistem EDGE UMTS yang diberi nama menjadi 3G. Sistem tersebut bekerja dalam memenuhi kebutuhan masyarakat terutama dalam mengakses jaringan internet. Baik ketika ingin melakukan browsing, mengirim sebuah e-mail, ataupun mms.

3G diketahui memiliki kecepatan mengakses sekitar 480 kbps. Lalu, ada pengembangan 3G lanjutan yakni sebuah HSDPA atau High Speed Download Packet Access masih satu golongan dengan 3G hanya saja dapat bekerja lebih cepat. Nama lain dari HSDPA sendiri, adalah 3,5G. Pengupgradean dari teknologi koneksi evdo yang dimiliki oleh CDMA 2000 ke EVDO rev. A tersebut, mampu meningkatkan kecepatan hingga 10 kalinya dari evdo versi sebelumnya.

Baca juga >>
Cara Mengunci Aplikasi di Smartphone Android

Istilah 4G dikenalkan ke masyarakat luas sebagai generasi keempat hasil pengembangan dari jaringan akses 3G. Tapi, berdasarkan pendapat yang telah dikemukakan oleh IEEE kepanjangan dari Institute of Electrical and Electronics Engineers), menjelaskan bahwa nama resmi yang sebenarnya disematkan untuk 4G, yaitu 3G and beyond. Akan tetapi karena terlalu sulit untuk diucapkan dan cukup panjang kata-katanya, maka disingkat menjadi 4G.

Kecepatan internet dari 4G hingga saat ini, masih menduduki peringkat teratas dibandingkan akses internet lainnya. Seperti yang telah diketahui sebelumnya jika 3,5G mampu mempercepat jaringan sampai dengan 10 kali lebih cepat dari 3G, maka 4G dapat mengalahkan hingga 500 kali. Dalam arti lain, setiap kali terdeteksi di handphone Anda menggunakan sistem jaringan 4G, maka secara otomatis paketan data akan mengeluarkan hingga 1 Gbps atau 100 Mb untuk melakukan akses internet.

Sistem generasi keempat atau 4G, mampu memberikan penyelesaian mengenai IP yang secara keseluruhan. Mulai dari data, arus multimedia, serta suara mampu tersampaikan ke pengguna 4G dimanapun dan kapanpun Anda berada. Termasuk di sebuah pedesaan yang terpelosok sekalipun selama dalam jarak beberapa mil terdapat satu tower penangkap sinyal 4G.

Lalu, bagaimana cara menerapkan pengaturan APN pada jaringan 3G dan 4G yang baik untuk provider 3? Cara setting APN 3 sebenarnya sangat mudah, Anda perlu menemukan default utama agar pengaturan koneksi dapat lebih cepat dan tetap stabil. Kemudian, masukkan kata kunci atau kata sandinya yaitu 3gprs dengan memasukkan kata yang sama di bagian kolom nama pengguna.

Cara Setting Apn 3 3g Dan 4g

Tahapan Mengaktifkan APN 3 yang Sesuai untuk Smartphone

1. Aktifkan smartphone

Pastikan selama pengisian daya berlangsung, baterai handphone terisi dengan baik. Biasanya muncul gambar baterai dengan warna tertentu sesuai dengan persentase tingkat daya yang telah masuk. Terkadang, ada juga smartphone yang memunculkan tanda baterai sedang dilakukan pengisian dengan melihat warna lampu yang kemudian akan berganti warna setelah baterai penuh.

Baca juga >>
Cara Merubah Tanggal Di Foto Kamera Handphone

Tekan bagian on/off pada sisi sebelah kanan atau atas layar smartphone yang telah tertera di buku petunjuk saat pembelian handphone. Kemudian tunggu sampai layar sepenuhnya terlihat menampilkan background yang berisi berbagai menu di dalamnya. Lalu, matikan kembali dengan menekan tombol off , sama ketika Anda mengaktifkan smartphone.

2. Pasangkan kartu SIM 3

Setelah layar benar-benar mati, maka buka bagian tempat penyimpanan kartu di handphone Anda. Sebaiknya gunakan alat tusukan yang sudah ada di dalam box smartphone supaya sisi samping dari lubang tidak meninggalkan bekas goresan. Tapi, bisa juga menggunakan jarum pentul sebagai alternatifnya, jika kehilangan alat penusuk tempat kartu yang memang bawaan dari smartphone.

Perhatikan dengan baik apakah ukuran kartu harus menggunakan ukuran mikro, nano atau ukuran standar. Akan tetapi, kebanyakan ponsel yang mendukung jaringan 4G menerapkan ukuran kartu nano. Karena sangat kecil ketika dipegang, Anda harus segera memasangkan dengan baik ke tempat kartu sebelum terlepas dari pegangan jari tangan yang nantinya sulit ditemukan saat terjatuh ke lantai.

3. Lakukan registrasi

Setelah kartu perdana terpasang di tempat penyimpanan kartu, aktifkan kembali handphone Anda dengan menekan tombol on/off yang ada. Kemudian, tunggu sampai layar secara keseluruhan menampilkan menu utama dengan background default yang khas tergantung dari jenis dan model smartphone yang dimiliki. Berikutnya, akan muncul pesan atau pop up notifikasi untuk melakukan registrasi nomor.

Selama registrasi, Anda hanya perlu memasukkan nomor KTP dan KK yang di dalamnya tertera nama pemilik kartu yang sah. Namun, jika nomor tersebut sudah digunakan sebanyak 3 kali, maka perlu menggunakan nomor keluarga lainnya yang masih baru menggunakan nomor miliknya untuk registrasi kartu kurang dari 3 kali. Biasanya, orang tua tidak sering melakukan penggantian nomor kecuali terpaksa karena kehilangan, maka Anda bisa meminjam nomor orang tua sebagai syarat ketika mendaftarkan nomor kartu perdana ke pemerintah.

Baca juga >>
Perbedaan paket data dan paket flash

4. Pilih menu koneksi

Ketika berhasil mengisi persyaratan registrasi nomor, Anda akan diperintahkan untuk melakukan restart dengan menekan tombol on/off sampai muncul pilihan restart di layar. Lalu, setelah layar kembali menampilkan menu utama maka pemilik handphone perlu mencari menu pengaturan yang nantinya akan mengarahkan Anda untuk mengatur pengaturan jaringan yang diinginkan. Saat mengklik menu koneksi, maka Anda akan menemukan berbagai pilihan untuk melakukan perubahan pengaturan pada wifi, Bluetooth, mobile network, data usage, hotspot dan tethering, SIM card, panggilan, mode pesawat, dan lainnya.

Di menu lainnya ada pilihan seperti cast, VPN, printing serta network setting reset. Anda bisa mengaktifkan VPN untuk menembus pertahanan jaringan komunikasi jika terjadi penutupan koneksi secara terpaksa dari pihak pemerintah yang menyulitkan pengguna android menangkap sinyal koneksi internet. Sedangkan network setting reset, bisa membantu pemilik android kembali ke pengaturan semula yang sebelumnya telah diatur atau bawaan dari handphone.

5. Klik menu APN

Menu APN ini, bisa Anda temukan setelah mengklik bagian menu mobile network. Setelah menu tersebut terbuka, terlihat ada tampilan SIM 1 dan SIM 2 di bagian paling atasnya. Anda tinggal mengingat kembali kartu 3 yang sebelumnya dipasang, diletakkan di tempat penyimpanan kartu SIM 1 atau SIM 2.

Di bawah tampilan SIM, ada pilihan lainnya yaitu data enabled, data roaming, preferred network type, data roaming notification, access point names atau APN, dan network operators. Pilih menu APN, maka akan muncul dua pilihan bawaan yakni 3 HTTP, serta 3 MMS, Anda tinggal memilik 3 HTTP yang merupakan 3 gprs.

Namun, untuk memastikan jaringan 3 tetap lancar saat digunakan untuk melakukan browsing, maka pilih ikon tambah di bagian atas sebelah kanan. Kemudian, isi kolom nama APN dengan nama Hutchison, lalu di bagian kolom APN dapat diisi dengan kata yang sama yakni Hutchison. Selanjutnya, secara otomatis Anda telah melakukan perubahan pengaturan APN tanpa perlu mengubah kolom proxy kembali.

Baca juga >>
Cara Setting APN XL 3G dan 4G Cepat dan Stabil

Tahapan Cara Setting Apn 3 3g Dan 4g

Keunggulan Mengubah Pengaturan APN 3 ke jaringan 4G

1. Koneksi internet lebih stabil dan lancar

Sebenarnya, APN 3 bawaan sudah cukup stabil, hanya saja tergantung dari lokasi Anda berada. Di daerah perkotaan yang umumnya banyak sekali ditemukan tower sinyal, maka tanpa perlu melakukan pengaturan ulang koneksi internet Anda sudah pasti lancar. Apalagi jika rumah tempat tinggal Anda, tidak terhalang oleh pohon-pohon besar maupun gedung-gedung tinggi.

Oleh sebab itu, di setiap gedung-gedung pencakar langit dipasangkan alat penguat sinyal. Tapi, dengan mengatur APN 3 sesuai dengan instruksi yang telah dijelaskan di atas, Anda dapat menggunakan internet secara leluasa meskipun tempat Anda tidak memiliki penguat sinyal sekalipun.

2. Koneksi tidak menghilang secara tiba-tiba

Seringkali ditemukan kasus jaringan internet yang menghilang secara tiba-tiba akibat sinyal yang terdeteksi sangat lemah. Anda dapat terbebas dari problematika tersebut, dengan mengatur APN 3 sesuai dengan kebutuhan, misalnya untuk memperlancar paketan data unlimited yang dimiliki, maka ubah nama pengguna APN menjadi unlimited begitupun saat melakukan pengisian kolom password. Sedangkan nama pengguna untuk model APN khusus browsing Youtube, yakni isi kolom nama dengan tri, kemudian passwordnya  adalah tri.co.id.

Jadi, Anda yang sudah membeli paketan data bulanan, lalu tiba-tiba koneksi tiba-tiba terputus meskipun tidak menonaktifkan mobile data pastinya pengguna kartu akan merasa rugi. Terlebih jika sedang melakukan urusan penting yang mengharuskannya memiliki jaringan koneksi internet yang cepat dan stabil. Maka, Anda bisa mengakalinya dengan mengikuti prosedur yang telah dijelaskan sebelumnya.

3. Kuota tidak terbuang secara sia-sia

Operator 3 menawarkan berbagai pilihan paket data internet kepada para penggunanya. Apalagi buat Anda yang gemar membelinya melalui aplikasi belanja online. Terkadang, ada momen-momen tertentu di saat sedang diadakan flash sale besar-besaran.

Baca juga >>
Cara Membuat Folder Rahasia di Smartphone Android

Potongan harganya tidak main-main bisa mencapai 20% ke atas lebih murah dibandingkan dengan harga normal. Terutama untuk paketan data sebesar 170 GB yang masa berlakunya hanya 30 hari atau sebulan sejak mengaktifkan pembelian paket data ini, akan terbuang sia-sia kuota yang tersisa jika koneksi internet 3 ponsel Anda tidak stabil. Oleh sebab itu, penting untuk memeriksa pengaturan APN 3 di ponsel supaya jumlah data internet yang telah dibeli dapat dimaksimalkan penggunaannya di dalam kehidupan sehari-hari.

Itulah kira-kira pembahasan lengkap mengenai cara setting APN 3 3G dan 4G di kesempatan kali ini. Sebelum melakukan pengaturan, alangkah baiknya Anda memperhatikan kembali koneksi internet seperti apa yang sedang dibutuhkan agar pengubahan nama juga sesuai dengan kebutuhan. Semoga bermanfaat.

Order via Whatsapp !