Cara screenshot di laptop windows dan mac os dengan mudah dan cepat mulai dari snitch & sketch, snipping tool, printscreen, menggunakan game bar dan lainnya

Kebanyakan laptop di Indonesia menggunakan OS windows 10 yang paling terbaru karena cenderung sangatlah mudah untuk digunakan.

OS sejuta umat ini juga memungkinkan kita untuk mampu mengambil berbagai macam potretan atau tampilan layar kaca handphone dengan berbagai macam cara, yang mungkin salah satunya dapat menjadi favorit dan preferensi kamu.

Apapun tujuannya entah itu untuk membuat artikel tutorial atau mengambil bukti catatan seperti chatingan dan transferan uang, melakukan screenshot itu bisa menjadi vital untuk dilakukan jika kita dihadapkan pada situasi tertentu.

Maka dari itulah, triknya sendiri tidak boleh memerlukan waktu lama dan cara yang belibet. Biar lebih mudahnya, ikuti beberapa langkah berikut ini.

Cara Screenshot di Laptop dengan Snitch & Sketch

Sebelum masa Windows 10 muncul ke permukaan, mengambil potongan gambar di layar laptop cukup sulit untuk dilakukan karena harus melalui berbagai macam proses untuk bisa menyimpan satu gambar saja.

Makanya, snitch and sketch akhirnya dirilis untuk kita agar bisa melakukan save tanpa membutuhkan software editing foto apapun.

Cara termudah untuk menggunakan Snitch and Sketch ini bisa dilakukan dengan menggunakan pintasan keyboard dengan menekan icon Windows + Shift + S.

Sesaat setelah menekan ketika tombol tersebut secara berbarengan, maka secara otomatis akan meredupkan layar dan membuka menu kecil di bagian atas layar.

Menu tersebut memungkinkan kita memilih jenis tangkapan atau screenshot yang ingin diambil secara kustom, entah itu persegi panjang, bentuk bebas, jendela, atau bahkan layar penuh.

Tekan tombol kiri mouse dan tarik ke arah yang kamu inginkan untuk menentukan potongan gambar tersebut.

Tangkapan layar tersebut kemudian akan disimpan di clipboard untuk kemudian diproses ke langkah berikutnya.

Tinggal klik saja preview gambar yang ada di clipboard tersebut untuk membuka menu jendela baru. Di sana kita akan menemukan sejumlah menu ngedit seperti pensil, brush pen, alat untuk memutar gambar, alat untuk crop gambar, dan icon disket untuk melakukan save.

Silahkan tekan icon disket tersebut untuk dibawa ke opsi simpan. Di sini kamu juga dapat menentukan di folder mana gambar tersebut akan di simpan.

Cara Screenshot di Laptop dengan Snipping Tool

Jika misalnya laptop kamu masih menggunakan Windows versi jadul, maka tak perlu risau juga! Karena masih ada cara kedua yakni menggunakan Snipping Tool.

Bahkan aplikasi ini sebenarnya sudah ada semenjak Windows Vista dan bahkan masih difavoritkan sekalipun Windows versi baru sudah muncul ke lapangan, yakni Windows 11.

Jika kamu tak bisa menemukannya di daftar aplikasi menu Start, tinggal klik aja fitur Search atau dengan mengetikkan Icon Windows + S, kemudian ketikkan Snipping Tool.

Snipping Tool tidak memakan banyak ruang dan memiliki fitur yang minimalis. Artinya, fitur ini hanya didesain untuk mengambil layar laptop kita saja tanpa memberatkan si empunya mesin.

Cara menggunakannya cukup mudah, yakni:

  1. Klik “New” atau ikon gunting.
  2. Setelah itu, tampilan layar komputer akan nampak freeze dengan sedikit blur atau beropasiti sekitar 90%.
  3. Kemudian tekan tombol kiri mouse dan tarik ke arah yang diinginkan untuk dapat mengambil gambar yang sesuai.
  4. Di menu berikutnya, kamu bisa mengeditnya dengan menggunakan fitur pensil atau mengahpus beberapa bagian yang diinginkan.
  5. Klik ikon “Disket” untuk melakukan save.

Kekurangan dari aplikasi ini yaitu tak memiliki fitur crop, sehingga potongan atau proses pengambilan gambar haruslah akurat.

Jika tidak, maka harus mengambil lagi dari awal dimulai dari langkah nomor 1.

Cara Screenshot di Laptop dengan Print Screen

Opsi ketiga ini kemungkinan membutuhkan software foto editing, cuman cara pakainya jauh lebih mudah dan praktis.

Dengan kata lain, cara ini hanya dihususkan buat kamu yang ingin mengambil semua tampilan laptop secara penuh dengan tujuan untuk diedit nantinya di foto editing seperti software.

Caranya cukup mudah, yaitu:

  1. Tentukan dulu layar laptop yang ingin kamu ambil.
  2. Tekan tombol “Print Screen” atau “PRT SCR” atau “SYS RQ” di keyboard masing-masing. Cari tombol tersebut di area kanan, atau lebih tepatnya di atas tombol delete, insert, dan sebagainya.
  3. Buka software editing seperti Photoshop.
  4. Klik CTRL + N untuk membuat layer baru, lalu klik tombol “OK”.
  5. Pada layer baru yang sudah muncul, klik CTRL + V.
  6. Silahkan edit foto tersebut sesuka hati.
  7. Lalu klik tombol CTRL + SHIFT + S untuk melakukan save, lalu pilih di folder mana kamu ingin melakukan penyimpanan.
  8. Silahkan pilih juga format saving yang diinginkan, bisa itu PSD, PNG, JPG, dan lain sebagainya.

Cara Print Screen ini cocok buat kamu yang memiliki fitur keyboard laptop dengan nama sejenis. Jika tidak ada, gunakan saja kedua cara di atas ya!

Atau jika mau, kamu bisa menggunakan keyboard eksternal yang dipasangkan melalui port USB. Rata-rata keyboard eksternal yang biasa digunakan pada PC sudah memiliki tombol PRT SRC tersebut.

Cara Screenshot di Laptop Lainnya yang Jarang Digunakan

Masih penasaran dengan varian cara screenshot yang jarang digunakan? Ada loh yang jauh lebih jarang digunakan karena bisa dibilang ribet, tak praktis, atau tak sesuai dengan kebutuhan.

Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Menggunakan Game Bar

Pernah dengar sebuah konsol yang disebut sebagai Xbox? Ternyata fitur game ini juga tersemat di dalam Windows kita loh karena memang hasil besutan dari Microsoft.

Fitur yang disediakan pun beragam dan lebih berorientasi pada kebutuhan gaming saja, yang mana salah satunya adalah untuk melakukan screenshot layar laptop.

Cara mengaksesnya cukup mudah, yakni tinggal menekan tombol Icon Windows + G untuk memanggil bilah game tersebut.

Fitur yang disediakan pun cukup beragam, dimulai dari rekam klip game, tangkapan layar, dan live streaming.

Karena ada kalanya kita menggunakan semua layar tersebut dengan game, makanya Game Bar ini diperlukan untuk melakukan tangkapan layar dengan cepat.

2. Cara Screenshot di Laptop Menggunakan MAC

Laptop kita tentunya bisa diinstal dengan berbagai macam OS. Salah satu yang paling banyak digunakan setelah Windows adalah MAC.

Tentunya cara ambil screenshot pun berbeda. Setidaknya ada 3 cara yang bisa kamu coba, diantaranya:

  1. Tekan Shift + Command + 3secara bersamaan. Setelah melihat preview gambar mini di sudut layar, klik saja gambar tersebut untuk melakukan pengeditan.
  2. Tekan Shift + Command + 4 secara bersamaan untuk menangkap layar sebagian. Seret garis bidik untuk memilih area layar yang akan diambil. Untuk membatalkan pengambilan, tinggal tekan tombol ESC saja.
  3. Buka menu yang ingin kamu tangkap, kemudian tekan dan tahan tombol Shift + Command + 4 + Spacesecara bersamaan. Cara ini akan mengubah pointer menjadi ikon kamera. Klik saja jendela atau menu untuk menangkap gambaran tersebut. Setelah preview gambar mini muncul di sudut layar, tinggal klik saja gambar tersebut untuk melakukan editing.

secara default-nya, tangkapan layar ini akan disimpan ke desktop dengan nama “Screen Shot [tanggal] pada [waktu].png.

Demikian pembahasan mengenai Cara Screenshot di Laptop.