Cara Pendaftaran KIP Kuliah 2020 dan Persyaratannya

KIP K atau Kartu Indonesia Pintar Kuliah merupakan salah satu program yang di gagas oleh pemerintah Indonesia guna membantu anak-anak Indonesia yang ingin berkuliah namun terkendala oleh biaya. Sebenarnya sebelum wacana KIP-K di realisasikan, bantuan pendidikan untuk skala mahasiswa sudah ada yaitu Bidikmisi. Namun baru di tahun 2020 ini presiden Jokowi meluncurkan produk kepemerintahannya melalui beberapa kartu selain KIP Kuliah. Lalu bagaimana Cara Pendaftaran KIP Kuliah 2020 dan Persyaratannya?

Tentu dengan hadirnya KIP K ini akan menuai harapan segar  bagi siswa yang baru lulus sekolah dan berminat untuk melanjutkan pendidikan di perguran tinggi atau kuliah. Bagi kamu yang masih bingung mengenai bantuan pendidikan KIP-K ini, kami akan menjelaskan secara rinci semua hal yang berkaitan dengan Cara Pendaftaran KIP Kuliah 2020 dan Persyaratannya di bawah ini.

Sekilas Tentang KIP-Kuliah

Cara Pendaftaran Kip Kuliah 2020 Dan Persyaratannya

Seperti yang sudah di ketahui bersama, negara berkewajiban untuk menjamin hak-hak dari rakyatnya. Salah satu hak rakyat adalah pendidikan. Karena itulah pemerintah menciptakan produk yang mendukung hal tersebut yaitu dengan program KIP-Kuliah.

KIP-Kuliah merupakan bantuan berupa biaya pendidikan dari pemerintah kepada siswa strata SMA/SMK Sederajat yang memiliki potensi akademis mumpuni namun terkendala kesulitan ekonomi untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi.

Memang jika di lihat dari satu sisi, KIP-Kuliah juga sama dengan beasiswa. Namun tetap ada perbedaan diantara keduanya. Jika beasiswa di berikan untuk orang yang berprestasi semata, tanpa memandang apakah mampu atau tidak secara ekonomi. Sedangkan KIP-Kuliah hanya untuk siswa yang kurang mampu namun potensi akademiknya bagus.

Baca juga >>
arti kata gabut dalam bahasa gaul

Potensi akademik yang bagus disini dimaksudkan agar menyeleksi siswa-siswa yang benar-benar berkemauan kuat untuk menyelesaikan study kuliah selama 4 tahun atau 8 semester. Karena semisal tidak ada seleksi dan langsung di berikan kepada siapa saja hanya berdasar tidak mampu ekonomi, tentu akan berpotensi di salahgunakan fasilitas yang diberikan negara.

Ada beberapa fasilitas yang di hadirkan melalui program  KIP-Kuliah ini. Beberapa diantaranya adalah penerima KIP-Kuliah di bebaskan dari biaya pendaftaran kuliah, biaya seleksi masuk SBMPTN, Biaya awal masuk kuliah serta biaya semester kuliah yang di bebankan oleh kampus terkait. Selain itu, penerima KIP-Kuliah juga akan mendapatkan uang saku dengan nominal 700 per satu bulan selama kuliah.

Persyaratan KIP-Kuliah

Setelah kamu mengetahui sekilas tentang KIP-Kuliah dan beberapa fasilitas yang di hadirkan dalam program tersebut, berikutnya akan kami jelaskan beberapa syarat yang harus terpenuhi untuk mendapatkan bantuan biaya pendidikan KIP-Kuliah. Adapun syarat untuk mendapatkan bantuan biaya pendidikan KIP-Kuliah antara lain adalah sebagai berikut.

  1. Syarat pertama untuk bisa mendapatkan KIP-Kuliah adalah siswa lulus SMA, SMK, MA, PAKET C Sederajat dengan tahun lulusan berjalan atau 2020 dan 2 tahun sebelumnya yaitu 2019 dan 2018.
  2. Siswa pendaftar KIP-Kuliah memiliki NIK, NISN, dan NPSN sekolah yang valid dan aktif.
  3. Memiliki KIP Siswa, tidak memilikinya pun tidak ada masalah.
  4. Siswa sekolah SMA sederajat yang memiliki kartu keluarga sejahtera. Dan bila tidak memiliki juga tidak ada permasalahan yang perlu di khawatirkan.
  5. Siswa yang mengajukan KIP-Kuliah akan secara sah mendapatkan bantuan biaya pendidikan apabila siswa tersebut dinyatakan lulus mengikuti seleksi masuk perguruan tinggi negeri atau PTN dan perguruan tinggi swasta atau PTS.
  6. Adapun mengenai prodi yang diambil calon mahasiswa penerima KIP-Kuliah adalah akreditasi A dan Akreditasi B. Juga memungkinkan untuk prodi dengan akreditasi C.
Baca juga >>
pengertian konsep menurut para ahli

Sebelum siswa atau calon mahasiswa tersebut menerima bantuan biaya pendidikan, akan dilakukan survei terlebih dahulu untuk memastikan calon mahasiswa tersebut benar-benar kurang mampu dalam segi ekonomi untuk membayar biaya selama kuliah.

Keunggulan Program Bantuan Pendidikan KIP-Kuliah

Di banding dengan program serupa terdahulu yaitu bidikmisi, KIP-Kuliah memiliki beberapa keunggulan. Berikut ini adalah beberapa keunggulan dari program bantuan biaya pendidikan KIP-Kuliah. Simak ulasan artikel yang ada di bawah ini.

  1. Kuota penerima bantuan biaya pendidikan KIP-Kuliah jauh lebih banyak dibanding bidikmisi. Jika bidikmisi hanya memikiki kuota sebanyak 130 ribu siswa tahun 2019 lalu, KIP-Kuliah memiliki kuota sebanyak 400 ribu siswa penerima di tahun 2020 ini.
  2. Terdapat banyak akses untuk pendidikan vokasi.
  3. Sistem yang digunakan KIP-Kuliah telah terintegrasi dengan kampus merdeka dan merdeka belajar di perguruan tinggi.
  4. Terdapat dua macam KIP-Kuliah, yaitu KIP-Kuliah dan juga KIP-Kuliah Afirmasi.
  5. KIP-Kuliah Afirmasi meliputi beberapa bantuan semisal biaya pendidikan afirmasi perguruan tinggi untuk Papua, Papua Barat dan 3T.

Cara mendaftar KIP-Kuliah

Berikut akan kami jelaskan beberapa tahapan atau step by step untuk mendaftar KIP-Kuliah sesuai dengan prosedur yang berlaku. Simak ulasan artikel yang ada di bawah ini.

  1. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah siswa mendaftarkan diri secara mandiri melalui laman website resmi dari kemendikbud untuk KIP-Kuliah yaitu kip-kuliah.kemdikbud.go.id. Bisa juga melalui aplikasi KIP-Kuliah yang bisa kamu unduh melalui google playstore maupun appstore.
  2. Setelah masuk ke laman website, kamu klik login atau daftar. Kemudian kamu masukan nomer NISN, NPSN, NIK dan juga alamat email yang aktif dan valid.
  3. Nanti sistem KIP-Kuliah akan melakukan validasi terhadap pendaftar KIP-Kuliah. Jika kamu layak mendapatkan bantuan biaya pendidikan, maka kamu akan di kirim kode akses masuk dan kata sandi untuk melakukan prosedur KIP-Kuliah berikutnya.
  4. Setelah itu kamu masuk ke portal KIP-Kuliah dan mengisi beberapa data yang di perlukan guna pendataan dari KIP-Kuliah.
  5. Jika semua sudah terisi, tahapan terakhir adalah kamu memilih tes seleksi masuk perguruan tinggi baik negeri maupun swasta di poral KIP-Kuliah.
  6. Langkah selanjutnya adalah kamu melakukan sinkronisasi akun KIP-Kuliah dengan akun LTMPTN.
  7. Siswa yang telah lolos seleksi perguruan tinggi, nantinya akan di verifikasi lebih lanjut oleh kampus yang bersangkutan.
Baca juga >>
Pengertian Linux

Pengumuman KIP-Kuliah

Jika kamu sudah lolos seleksi, secara otomatis kamu pun telah mendapatkan bantuan KIP-Kuliah. Itu artinya kamu di bebaskan dari biaya daftar ulang masuk kampus mu nanti. Namun sebelum itu akan dilakukan verifikasi lebih lanjut dari pihak kampus.

Tahapan Penyaluran Bantuan KIP-Kuliah Kepada Mahasiswa

Cara Pendaftaran Kip Kuliah 2020 Dan Persyaratannya

Ada beberapa tahapan sampai dengan kamu mendapatkan bantuan biaya pendidikan KIP-Kuliah. Berikut adalah tahapan penyaluran bantuan KIP-Kuliah.

  1. Perguruan tinggi akan mengirim surat terkiat daftar calon penerima KIP-Kuliah beserta dengan dokumen pendukung.
  2. Berikutnya dari pihak PLPP Kemmdikbud melakukan proses SPP dan SPM.
  3. Kemudian pihak KPPN menerbitkan SP2D, dan melakukan transfer ke rekening penampungan yaitu Satker PLPP Kemdikbud.
  4. Selanjutnya pihak PLPP Kemendikbud akan memerintahkan bank terkait untuk transfer ke rekening dan bank tersebut akan mengirimkan uang ke rekening mahasiswa penerima KIP-Kuliah.

Nah itulah ulasan lengkap mengenai program bantuan biaya pendidikan KIP-Kuliah. Semoga artikel ini bermanfaat. Sekian dan terima kasih.

 

Terimakasih semoga Artikel ini Bermanfaat

Order via Whatsapp !