Cara Paling Benar Menjaga Kesehatan Gigi

Kesehatan gigi merupakan hal yang sangatlah penting untuk diperhatikan.Pastinya, kita tidak ingin bila memiliki gigi yang berlubang atau mengalami pengalaman merasakan rasa ngilu karena tidak memiliki gigi yang sehat. Memiliki gigi berlubang atau mengalami ngilu pada gigi karena gigi yang tidak sehat pasti akan membuat kita merasa sangat tidak nyaman. Selain itu, memiliki gigi yang sehat juga dapat memberi pengaruh yang baik dalam komunikasi sehari-hari. Pastinya, saat berkomunikasi dengan seseorang, mereka akan lebih senang apabila kita dapat tersenyum daripada murung. Terkadang, akibat kondisi gigi yang tidak sehat membuat kita enggan untuk tersenyum sehingga dapat mempengaruhi aktivitas keseharian saat berkomunikasi dengan orang lain. Untuk itulah, sehat tidaknya gigi kita perlu diberikan perhatian khusus karena dengan sedikit kelalaian akan dapat merusak kondisi gigi.

Memiliki gigi yang tidak sehat tidak hanya dapat memberi dampak yang sudah disebutkan diatas.Menurut penelitian, beberapa penyakit berbahaya juga dapat disebabkan akibat gigi yang tidak sehat.Seperti gangguan pencernaan dan penyakit jantung yang tergolong berbahaya.Beberapa dokter dan pakar gigi menyatakan bahwa gigi yang tidak sehat dapat menjadi penyebab timbulnya penyakit jantung dan pencernaan.Ketika kesehatan gigi dan mulut tidak terawat sehingga menimbulkan berkembangnya bakteri, sebagian dari bakteri di mulut dan gigi dapat masuk ke saluran pencernaan. Inilah yang menyebabkan potensi timbulnya beberapa penyakit lain ketika gigi dan mulut tidak dirawat dengan baik. Cara paling disarankan untuk menjaga kondisi gigi dan mulut agar tetap sehat sendiri adalah sebagai berikut.

Cara Menjaga Kesehatan Gigi

1. Sikat Gigi Teratur
Menyikat gigi merupakan kegiatan penting dalam merawat kesehatan gigi dan mulut. Tentunya, ini perlu dilakukan pada waktu beserta dengan cara yang benar. Waktu paling tepat menyikat gigi yaitu setelah sarapan pada pagi hari dan sebelum tidur pada malam hari.Saat menyikat gigi, sebaiknya dilakukan dalam 2 atau 3 menit dengan gerakan vertikal membentuk pola lingkaran kecil.

Baca juga >>
Tips Ampuh Mendapatkan Pacar Bagi Pemula

2. Beri Batasan Dalam Mengkonsumsi Gula dan Asam
Gula dan asam merupakan hal yang harus dibatasi untuk memiliki gigi dan mulut yang sehat.Karena keduanya merupakan zat yang sangat disenangi bakteri dan kuman sehingga sangatlah mudah menarik perkembangan bakteri dan kuman pada gigi dan mulut.

3. Hindari Penggunaan Tusuk Gigi
Membersihkan sisa makanan dengan tusuk gigi merupakan tindakan yang sangat tidak direkomendasikan. Karena ketika menghilangkan sisa makanan dengan tusuk gigi, gigi akan menerima benturan dan celah antar gigi dapat merenggang. Tidak jarang juga dapat menimbulkan pendarahan pada gusi.

4. Gunakan Mouthwash
Berkumur menggunakan mouthwash sehabis sikat gigi adalah tindakan yang sangat dianjurkan. Karena mouthwash akan membantu membasmi sisa bakteri dan kuman yang tidak terbunuh saat kita menyikat gigi. Mouthwash juga dapat melindungi gigi dari plak serta mengandung antiseptik yang memiliki banyak kegunaan untuk gigi, gusi dan mulut.

Berikut adalah beberapa cara yang kami rekomendasikan untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Selain dari cara yang sudah disebutkan diatas, sebenarnya masih ada beberapa cara lain yang juga bisa dimasukkan dalam cara untuk menjaga gigi dan mulut tetap sehat. Seperti halnya mengurangi konsumsi wine, kopi, permen, dan berbagai makanan yang merusak gigi. Menghindari rokok juga akan sangat berpengaruh dalam menjaga gigi tetap sehat dan terhindar dari berbagai bentuk kerusakan.