Cara Mudah Cetak Kartu Bpjs Kesehatan Online
Cara Mengecek Resi Gojek Secara Mudah

Dunia kesehatan telah mengalami perkembangan. termasuk dalam hal pelayanan. pemerintah berusaha semaksimal mungkin untuk membantu masyarakat agar lebih mudah dalam mendapatkan akses kesehatan. Salah satu program pemerintah di bidang kesehatan yang telah lama dilaksanakan adalah Kartu Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan atau yang biasa disebut sebagai Kartu BPJS Kesehatan. Kartu ini Anda gunakan untuk berbagai macam pelayanan kesehatan, mulai dari pendaftaran, pengobatan, pengambilan obat dan lain sebagainya. Kartu tersebut berisi nomor pendaftaran Anda dan anggota keluarga Anda yang terdaftar. Nah, berikut ini akan ditampilkan bagaimana cara cetak kartu BPJS kesehatan online.

Kartu Yang Hilang

Kartu BPJS yang telah terdaftar dan tercetak seringkali bisa hilang. entah karena terjatuh di tempat yang tidak disadari, ikut hilang karena diletakkan di dompet yang dicuri, dan berbagai macam kemungkinan lainnya. Pemerintah tidak memberikan denda bila Kartu BPJS Kesehatan hilang. kartu tersebut masih bisa dicetak ulang. Cara mencetak kartu BPJS Kesehatan yang sudah terdaftar bisa dilakukan dengan dua acara. Cara pertama adalah mengunjungi Kantor BPJS Kesehatan secara langsung. Cara kedua adalah mencetaknya dengan cara mandiri atau online.

  • Datang ke Kantor BPJS Kesehatan

Beruntungnya, Kantor BPJS Kesehatan sudah terletak di masing-masing regional wilayah Indonesia. Jadi, Anda tidak perlu khawatir jika Kartu BPJS Kesehatan Anda hilang karena Anda bisa mencetaknya kembali dengan mudah. Hal pertama yang perlu Anda lakukan tentu saja datang ke Kantor BPJS Kesehatan di tempat Anda tinggal. Anda bisa langsung mengajukan permohonan pencetakan Kartu BPJS ulang. Syarat yang harus dibawa tidak banyak, yaitu surat keterangan kehilangan yang dikeluarkan oleh kepolisian.

Hal yang perlu Anda perhatikan adalah jangan sampai Anda lupa membubuhkan materai 6000 karena materai tersebut berguna untuk tanda legalitas surat keterangan yang Anda lampirkan. Selain surat keterangan kehilangan yang dikeluarkan oleh kepolisian yang dibubuhi oleh materai 6000, Anda juga perlu menyiapkan Kartu Tanda Penduduk atau KTP dan Kartu Keluarga atau KK. Biasanya, waktu yang dibutuhkan untuk mencetak ulang Kartu BPJS Kesehatan Anda adalah 1 x 24 jam sejak Anda menyerahkan permohonan cetak ulang. Akan tetapi, tentu saja waktu yang dibutuhkan tersebut berbeda-beda, tergantung dari kebijakan masing-masing Kantor BPJS Kesehatan.

  • Cetak Online
Baca juga >>
Review: All You Need Is Food

Jika Anda tidak memiliki waktu lebih untuk mengunjungi Kantor BPJS Kesehatan, maka Anda bisa melakukan cetak ulang kartu dengan cara online. Ada dua acara yang bisa Anda lakukan. Pertama, Anda perlu mengunduh aplikasi BPJS Kesehatan yang bisa dilihat di Playstore. Setelah aplikasi tersebut Anda unduh, Anda perlu memilih tab “Peserta” kemudian pilih opsi “Ubah Data Peserta. Selanjutnya, Anda akan diarahkan untuk memilih “Peserta BPJS Kesehatan Mandiri”. Jika Anda sudah melakukannya, maka langkah selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah dengan memilih opsi “Cetak Kartu e-id”. Nantinya, kartu yang akan Anda cetak ulang akan dikirimkan melalui alamat email yang terdaftar.

Selain menggunakan aplikasi, Anda juga bisa mencetak ulang Kartu BPJS Kesehatan dengan mengunjungi situs resmi BPJS Kesehatan. Di situs tersebut, Anda bisa memilih opsi “Cetak Kartu”. Langkah-langkah yang perlu Anda lakukan hampir sama dengan cara mencetak ulang kartu menggunakan aplikasi BPJS Kesehatan.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan jika ingin mencetak ulang Kartu BPJS. Cara yang harus Anda lakukan mudah, kan? Akan tetapi, ada baiknya bagi Anda untuk tetap menjaga Kartu BPJS Kesehatan agar Anda sendiri tidak repot untuk mencetak ulang.