Cara Merawat Laptop Yang Benar Dan Baik

– Laptop merupakan barang yang tentunya sangat berharga dan berguna bagi banyak orang. Tak sedikit orang yang memerlukan laptop untuk rutinitas kesehariannya seperti bekerja. Maka dari itu, menjaga performa laptop agar tetap selalu baik merupakan sebuah keperluan. Karena apabila tidak dijaga dengan baik, laptop akan menjadi rusak sehingga tidak dapat digunakan.

 

Terdapat beberapa cara yang dapat Anda lakukan agar laptop selalu bekerja dengan baik. Karena tanpa perawatan dan perhatian pengguna,dengan mudah laptop akan rusak dengan sendirinya. Oleh karena itu, Anda dapat menyimak cara merawat laptop yang benar sebagai berikut agar laptop kesayangan anda tetap utuh dan mencegah hal-hal yang tak diinginkan.

Tips Merawat Laptop

Jangan terlalu sering menggunakan laptop untuk program berat

Menggunakan laptop untuk program yang berat seperti gaming adalah hal yang dapat Anda hindari. Jika Anda ingin laptop Anda memiliki performa yang selalu lancar, hal satu ini dapat menjaga laptop Anda dari kerusakan. Selalu gunakan program yang tidak menuntut laptop untuk bekerja dengan keras. Bila anda ingin menggunakan laptop dengan program yang besar dan berat,sesuaikan dengan kapasitas laptop dan belilah laptop spesifikasi tinggi agar laptop terjaga dan tak mengalami kerusakan.

Jaga kebersihan laptop

Perangkat laptop yang Anda miliki tentunya memerlukan perawatan agar kebersihan dapat terjaga. Kebersihan pada layar dan keyboard tentunya juga dapat menjadi cara untuk menghindarkan laptop dari kerusakan. Bila sudah berdebu anda bisa melap laptop dengan kain basah sedikit,agar laptop menjadi tetap bersih selalu.

Baca juga >>
Cara Daftar Paket Internet 5Gb Rp 25000 Kartu As

Hindarkan menaruh barang berat diatas laptop

Jika Anda memiliki kebiasaan menaruh barang berat di atas laptop, sebisa mungkin hindarilah. Barang berat yang bertumpuk di atas laptop akan menjadikan masalah jika dilakukan dengan sering. Bila ada barang berat yang ditaruh bersamaan dengan laptop sebaiknya dipisahkan saja atau anda digenggam agar laptop terjaga dan tidak menjadi rusak.

Istirahatkan Baterai Laptop

Baterai laptop akan mati dengan sendiri,karena aktifitas yang dilakukan mungkin padat. Dengan mengistirahatkan baterai laptop,maka kinerja baterai tak melemah. Panas baterai laptop juga tidak baik untuk baterai. Baterai akan menurun secara alami, tetapi panas yang ekstrim dapat menyebabkan kinerja baterai menjaid menurun lebih cepat dengan membuat sel mengembang dan gelembung. Jadi menjaga daya baterai laptop juga perlu anda perhatikan. Minimal daya baterai 40% sudah harus dicharger,demi menjaga kesehatan baterai laptop.

Matikan Laptop Saat Tak terpakai

Menjaga laptop Anda dalam sleep mode mungkin nyaman, tapi itu bukan ide terbaik dalam jangka panjang. Komputer Anda membutuhkan daya panjang untuk beristirahat agar tidak mengalami kerusakan. Sistem operasi seperti Windows bekerja lebih baik dengan sesekali reboot dan terkadang anda akan menemukan program aneh yang tidak berfungsi dengan baik setelah menyalakan laptop kembali. Minimal sehari 8 jam penggunaan laptop agar laptop tak cepat rusak.

Menjaga Suhu Laptop

Menjaga suhu laptop agar tak kepanasan,sama seperti menjaga baterai. Cara termudah untuk tetap dingin adalah untuk memastikan aliran udara kipas tidak terhalang. Menjaga ventilasi udara terbuka agar angin masuk dan tidak membuat suhu laptop menjadi panas.Jangan menaruh laptop di atas kasur,tempat yang beraturan atau tempat tempat membuat laptop panas. Taruh di meja,lantai atau tempat yang beralaskan khusus laptop. Agar fan pada laptop tetap terjaga dan tidak membuat laptop panas.

Baca juga >>
Baru Cara Dapatkan Bitcoin Dengan Gampang Dan Sanggup Di Tuyul

Memperbarui Laptop

Menjaga perangkat lunak Anda tetap up to date adalah hal yang perlu anda lakukan dalam merawat laptop. Karena operating system yang sudah usang dan juga beberapa aplikasi lainnya,wajib diperbarui agar laptop anda tetap mutakhir dan menyesuaikan aplikasi masa kini. Dengan begitu,tidak membuat laptop melemah saat akan bekerja.

Mengbackup Data

Sebuah backup data penuh harus menjadi langkah pertama dalam setiap rencana pemulihan komputer. Mencadangkan ke hard drive eksternal mungkin adalah cara termudah untuk mencadangkan data Anda. Hanya plug di eksternal Anda dan mulai menyalin file dari komputer Anda ke drive removable. Keuntungan terbesar dari metode ini adalah saat anda akan memformat laptop anda tak kesulitan mendapatkan data anda lagi.

Dropbox, OneDrive, Google Drive, dan banyak layanan data lainnya membuatnya sangat mudah untuk mencadangkan data anda. Sebagian besar layanan gratis sampai jumlah tertentu, setelah itu Anda dapat membayar biaya bulanan atau tahunan untuk mendapatkan lebih banyak penyimpanan. Perlu diingat bahwa sebagian besar layanan penyimpanan data menyinkronkan file dalam folder tertentu pada komputer.

Uninstall Program Yang Tak Terpakai

Setelah Anda membuat cadangan data anda, saatnya untuk membersihkan hard drive anda dari sesuatu yang tidak perlu. Uninstall program anda yang tidak pernah digunakan agar kinerja laptop tak melemah. Menjalankan disk cleanup, menemukan file duplikat dan menghapusnya. Dengan begitu performa laptop akan tetap bagus dan takkan mudah cepat rusak.

Gunakan Antivirus Untuk Laptop

Menggunakan antivirus terbaik untuk laptop adalah salah satu perawatan laptop yang baik. Karena bila laptop tak memiliki antivirus sangat fatal sekali. Banyaknya virus jahat yang muncul saat kita mengakses internet,membuat kinerja laptop melemah. Bahkan beberapa data bisa hilang,untuk mencegah hal tersebut kita bisa meminimalisir dengan cara menggunakan antivirus terbaik untuk laptop kesayangan. Anda bisa mendownload antivirus gratis maupun premium di internet,demi menjaga laptop.

Baca juga >>
Berbagai Penyebab Kerusakan Speaker Aktif

Jalankan defrag

Defragmentasi adalah proses yang mengatur data terfragmentasi sehingga lebih mudah dibaca dan membuat komputer Anda bekerja lebih efisien. Ini adalah praktik pemeliharaan komputer umum lain dan prosesnya bisa memakan waktu beberapa saat untuk menyelesaikannya, jadi tidak harus dilakukan lebih dari sebulan sekali. Namun, jika laptop Anda memiliki Solid State Drive (SSD), Anda tidak perlu defrag sama sekali.

Gunakan Tas Khusus Laptop

Laptop tak bisa dijinjing begitu saja,karena mengingat sangat berat. Bila dijinjing atau ditenteng dengan tangan ada kemungkinan jatuh dan membuat lcd laptop rusak. Hal yang bisa mencegah kerusakan laptop adalah membeli tas khusus laptop. Tas yang berfungsi untuk membawa laptop ini berfungsi melindungi laptop dan beberapa barang barang bawaan anda. Dengan harga cukup relatif,anda bisa aman dan nyaman membawa laptop. 

Jauhkan Laptop Dari Benda Cair

Benda cair seperti air dapat membuat laptop menjadi rusak parah. Karena air yang mengalir akan membuat kabel koslet dan beberapa komponen laptop rusak. Oleh karena itu,jauhkan air dari laptop agar tidak terjadi hal hal yang tak diinginkan. Walaupun sederhana tetapi efeknya sangat fatal untuk kesehatan laptop nantinya.

Itulah dia 13 cara merawat laptop yang benar. Dengan cara diatas, resiko laptop rusak tentu bisa lebih diminimalisir. Bagi anda para pemula yang sedang mencari referensi merawat laptop dapat membuat laptop terjaga dengan baik,menggunakan trik dan tips diatas tadi. Semoga bermanfaat,terima kasih telah membaca artikel ini.

Terimakasih semoga Artikel ini Bermanfaat

Order via Whatsapp !