Cara Merawat Cat Mobil Dengan Coating Nano Ceramic

Tampilan mobil yang bersih, kinclong, mengkilap, dengan warna cat yang menawan dan terlihat selalu baru adalah idaman banyak orang. Banyak yang bilang kondisi mobil mencerminkan pemiliknya. Anda akan lebih percaya diri jika kondisi mobil prima baik dari sisi performa mesin maupun dari sisi tampilan body exterior dan interiornya.

Merawat cat mobil bisa dilakukan dengan mencuci mobil minimal seminggu sekali di rumah atau cuci steam di tempat pencucian mobil. Bisa juga pergi ke salon mobil dan melakukan coating pada cat mobil kesayangan Anda. Di artikel kali ini kami akan membahas mengenai seluk beluk bagaimana merawat cat mobil supaya terlihat tetap baru menggunakan teknik yang sedang naik daun yaitu coating nano ceramic.

Menggunakan teknologi nano coating ini akan melindungi cat mobil Anda dari berbagai kerusakan dengan memberi perlindungan dari sinar ultraviolet, panas dan dingin ekstrim, goresan atau kikisan air hujan hingga efek daun talas yang membuat kotoran tidak dapat menempel di body mobil. Yuk kita mulai pembahasannya lebih dalam.

Pengertian Coating Mobil

Bagi Anda penggemar otomotif istilah ini mungkin sudah sangat familiar seiring meningkatnya popularitas coating nano ceramic yang menjadi tren dalam 3 tahun terakhir ini. Secara istilah coating berarti lapisan dan mobil adalah serapan dari bahasa belanda yaitu automobiel dan merupakan kependekan dari otomobil yang berasal dari bahasa yunani yang merujuk kepada kendaraan yang menggunakan bahan bakar minyak bensin dan solar untuk menghidupkan mesinnya dengan jumlah roda lebih dari empat.

Pengertian Coating Mobil

Secara sederhana pengertian coating mobil adalah pemberian suatu lapisan khusus secara merata pada seluruh permukaan cat mobil yang menjadikan tampilan bodi mobil senantiasa baru dan nampak mengkilat. Coating mobil juga sering disebut dengan ceramic coating, nano coating atau laminating mobil. Prinsipnya sama yaitu adanya penambahan lapisan baru pada seluruh permukaan cat mobil Anda.

Layanan coating mobil biasanya dibedakan berdasarkan formula bahan lapisan yang digunakan misalnya wax, sealant, dan nano ceramic. Ketiganya memiliki karakteristik berbeda dengan kelebihan tersendiri. Untuk kondisi cuaca di Indonesia dan karakter pemilik kendaraan, formula yang paling direkomendasikan adalah menggunakan coating nano ceramic karena sifatnya yang memiliki ketahanan prima dan permanen selama cat mobil tidak rusak dari dalam atau terjadi goresan karena benturan amat keras atau kecelakaan.

Baca juga
Tips dan Trik Ponsel OPPO yang Jarang Orang Tahu

Lapisan coating mobil akan membuat cat mobil Anda selalu bersih, mengkilap, kinclong dan enak dipandang mata. Penggunaan ceramic coating dengan bahan silica memberikan perlindungan secara permanen dari jamur dan baret baret halus. Silica  merupakan bahan baku untuk membuat keramik dan kaca. Coating nano ceramic akan menghadirkan kembali warna mobil kesayangan Anda selayaknya mobil yang baru keluar dari dealer.

Material untuk coating biasanya dinilai dari seberapa keras dan tebal lapisan coating yang digunakan. Semakin tebal dan semakin keras lapisan coating yang diberikan, maka daya tahan cat mobil terhadap gores dan baret juga akan meningkat dan semakin baik. Beberapa material yang sering digunakan adalah ceramic nano coating dan polymer coating. Bedanya nano ceramic bersifat permanen, awet dan tahan lama sedangkan polymer coating tidak permanen.

Manfaat Coating Mobil

Coating adalah solusi alternatif untuk menjaga tampilan warna cat mobil agar selalu tampak bening, glossy, dan terlihat cerah. Penggunaan coating mobil memberikan proteksi tambahan bagi cat mobil Anda dengan memperlambat proses pemudaran warna sekaligus memberikan efek kilap dan hydrophobic sehingga cat mobil selalu terawat dan terlindungi. Proses pencucian mobil Anda juga jadi lebih cepat dan mudah. Di bawah ini adalah beberapa manfaat coating mobil yang bisa Anda dapatkan.

1. Membuat Cat Mobil Mengkilap Terlihat Baru

Perawatan mobil tidak selalu tentang performa mesin tapi juga termasuk kebersihan dan penampilan cat mobil yang kinclong dan terawat. Untuk mobil baru, menjaga tampilan cat mobil tetap mengkilat bisa dilakukan dengan rutin mencuci mobil dengan sampo setidaknya 2 minggu sekali agar mobil tetap bersih dan mengkilat. Biasakan segera mencuci mobil saat ada banyak kotoran menempel yang akan merusak lapisan cat.

Untuk menjaga kondisi cat mobil tetap kinclong untuk mobil baru adalah dengan menjaga mobil dari panas terik dan juga hujan, parkir mobil di tempat yang aman dan teduh. Jika terkena hujan, segera cuci mobil sebelum disimpan di garasi karena air hujan mengandung zat kimia yang bisa mengurangi lapisan cat mobil dan menjadikan warnanya memudar. Jangan dibiasakan menutup mobil dengan sarung mobil saat kondisi basah, biarkan kering dulu baru ditutup dengan sarung mobil.

Manfaat coating mobil yang utama salah satunya adalah melapisi seluruh permukaan cat mobil dengan lapisan coating nano ceramic. Bahan nano ceramic akan menyerap ke seluruh permukaan cat mobil, memberi perlindungan lebih dan memberikan efek laminating yang memastikan tampilan mobil kembali kinclong dan terlihat baru dan mampu bertahan hingga 3 tahun. Ini tentu lebih lama dari efek kilap mobil yang hanya bertahan 1-3 bulan dengan menggunakan waxing atau sealant.

Baca juga
Panduan Memilih Jasa Poles Marmer Profesional

Manfaat Coating Ceramic Nano Coating

2. Mencegah Warna Cat Mobil Memudar Karena UV

Sinar Ultraviolet memiliki efek yang kurang baik terhadap permukaan dan warna cat terutama bagi mobil yang sering diparkir di bawah paparan sinar matahari. Warna cat mobil yang sering terpapar sinar Ultraviolet lebih cepat pudar dan kusam.

Manfaat lain dari coating mobil selain tampilan yang glossy, bersih dan mengkilap juga lapisan coating mobil akan melindungi permukaan cat dari paparan sinar ultraviolet matahari. Kemampuan coating mobil untuk mencegah warna cat memudar akibat paparan sinar Ultraviolet ini dikenal dengan sebutan Anti UV.

3. Melindungi Cat Mobil Dari Goresan Baretan

Ceramic coating memberikan perlindungan ekstra pada cat mobil dengan lapisan pelindung bening nano ceramic yang mampu memberikan perlindungan dari goresan dan baretan. Ini sama seperti lapisan corning gorilla glass anti gores di HP yang melindungi cat mobil dari goresan dan baretan ringan akibat debu, kotoran, kerikil atau goresan air hujan.

Lapisan coating memiliki tingkat ketebalan dan kekerasan yang dapat melindungi cat mobil dari goresan halus. Setelah dilapisi ceramic coating, jika kena baret halus atau goresan air akan mudah sekali dibersihkan, namun bukan berarti lapisan coating tidak dapat rusak karena goresan. Apabila mobil yang sudah dilapisi coating ceramic ada baret halus, bisa dilakukan maintenance atau perawatan di salon mobil tempat nano coating dan auto detailing dilakukan.

Coating ceramic memang melindungi cat mobil dari debu, kerikil, kotoran burung, getah pohon dan lainnya namun direkomendasikan kepada pemilik kendaraan untuk melakukan maintenance ceramic coating setiap 6 bulan sekali atau saat tergores cukup dalam, walaupun sebenarnya ceramic coating ini bisa bertahan 1-3 tahun tergantung kualitas bahan coating yang digunakan.

4. Melindungi Cat Mobil dari Air dan Jamur

Lapisan bening yang melapisi seluruh cat mobil memberikan perlindungan dari bercak air dan jamur karena dengan efek water repellent nya kotoran debu, air dan jamur tidak menempel saat menyentuh permukaan cat mobil yang sudah dilapisi coating ceramic.

Walaupun lapisan coating melindungi cat mobil dari air dan jamur namun Anda tetap harus aware terhadap air hujan karena faktanya air mengandung mineral seperti zat kapur, besi dan mengandung asam yang jika dibiarkan lebih dari 6 jam tidak dikeringkan akan memungkinkan sisa jamur tumbuh di atas permukaan coating, cat mobil memang tetap aman karena terlapis coating tapi fungsi lapisan coatingnya tidak lagi optimal.

Baca juga
Ini Tempat Download RPP 1 Lembar Format PDF Terpercaya

Sebelum tumbuh bercak putih karena jamur di atas permukaan cat mobil harus segera dibilas dan dikeringkan dengan lap microfiber untuk meminimalisir goresan di lapisan coating. Beberapa salon mobil menyarankan meski mobil sudah dilapisi coating nano ceramic tetap melakukan perawatan berkala untuk membuat lapisan coating di mobil lebih terawat.

5. Memberi Efek Daun Talas

Lapisan bening coating ceramic akan memberikan efek daun talas selama bertahun-tahun. Efek daun talas adalah efek yang membuat air dan kotoran tidak dapat menempel sehingga akan langsung jatuh tanpa mengendap pada cat mobil dan menimpulkan bercak putih dan jamur.

Efek daun talas ini dikenal juga dengan sebutan water repellent, rain repellent, atau hydrophobic artinya sama bahwa lapisan coating ceramic akan menolak adanya air atau kotoran lainnya sehingga tidak berkembang menjadi jamur sehingga mobil akan lebih bersih dan terawat setelah dilapisi coating.

6. Memberi Perlindungan Lebih Lama

Beberapa salon mobil dan autodetailing menawarkan coating mobil dengan daya tahan 1-3 tahun tergantung kualitas lapisan coating ceramic yang digunakan. Ini tentu lebih tahan lama dibandingkan waxing atau sealant yang hanya bertahan 1-3 bulan.

Namun tentunya walaupun sudah dilapisi coating ceramic, tetap harus dilakukan perawatan rutin yang benar. Jika sudah menggunakan coating nano ceramic dengan kualitas bagus sebenarnya tidak perlu lagi mencuci menggunakan sabun karena sudah seperti daun talas, cukup dibilas menggunakan air bersih dan dilap sampai kering. Jika pun menggunakan sabun pilih yang PH nya netral atau PH 7.

Penggunaan coating pada mobil baru yang cat nya masih bersih dan kinclong akan memberikan perlindungan lebih lama untuk mempertahankan warna cat mobil baru dan untuk penggunaan coating ceramic pada mobil lama akan mengembalikan warna mobol tersebut seperti baru.

Untuk hasil optimal disarankan melakukan perawatan coating mobil setidaknya 2 kali setahun untuk menjaga kualitas tampilan cat mobil Anda tetap bersih, mengkilat, kinclong dan menawan.

Rekomendasi Coating Nano Ceramic Terbaik

Coating mobil terbaik adalah menggunakan nano ceramic. Berdasarkan data dari National Nanotechnology Coordinated Infrastucture, Ukuran Nano adalah 0,000000001 meter atau bila dibandingkan maka 1 nanometer sekitar 60.000 sampai 100.000 kali lebih kecil dari rambut.

Nano ceramic coating memberikan proteksi pada permukaan cat mobil dengan partikel berukuran nano. Meskipun lebih mahal dari waxing, namun hasilnya lebih bagus dan tahan lama. Nano ceramic coating memiliki ketahanan bervariasi dari 2 – 10 tahun.

Jika ingin mendapatkan jasa coating mobil nano ceramic terbaik di jakarta, bekasi dan tangerang, maka bisa menuju ke King Shield. Inilah tempatnya mobil mewah, mobil para artis dan mobil kesayangan mendapatkan perlindungan coating mobil terbaik. Hasilnya, maka kendaraan Anda akan melaju dengan lebih menawan di jalan.

Baca juga
Peluang dan Prospek Karir Kuliah Jurusan Psikologi

King Shield mempunyai produk ultimate nano ceramic merupakan produk made in Germany yang memberikan hasil coating terbaik dengan susunan kimia 3D Hybrid Matrix dan tingkat kekerasan 9H+. Coating mobil sangat efektif memberikan perlindungan dari sinar matahari, air hujan, debu, jamur dan juga berbagai polusi yang mengurangi pesona mobil Anda.

King Shield Coating Nano Ceramic

Kelebihan KING SHIELD Ultimate Nano Ceramic

1. Teknologi Terbaru

Formula unik dan canggih dengan Ultimate Nano Ceramic Hybrid 3D-Matrix yang merupakan hasil perkembangan Nanotechnology terbaru dengan peningkatan performa sampai 30 persen dari Nano Ceramic konvensional. Mobil yang telah di coating akan memiliki lapisan pelindungan yang menyeluruh sampai 5 tahun.

2. 9H+ Hardness

Setelah kering Ultimate Nano Ceramic akan mengeras dengan tingkat kekerasan 9H+. Clear coat pernis bawaan mobil hanya memiliki tingkat kekerasan antara 2H – 4H. Lapisan ceramic nano coating ini akan menjadi pelindung terhadap baret-baret halus dan terus menjaga keaslian cat original pabrik. Daya tahan terhadap goresan tergantung pada seberapa tebal lapisan coating yang dilapiskan ke mobil. Semakin tebal lapisan coating yang diberikan, maka daya tahan coating dari goresan semakin kuat.

3. Nano Particle

Dengan ukuran yang sangat kecil sekitar 60.000 sampai 100.000 kali lebih kecil dari rambut, akan masuk menembus sampai pori-pori cat sehingga mempertahankan warna dan melindungi dari material asing seperti: aspal, lumpur, getah pohon, hujan asam, kotoran burung, dsb.

4. Hydrophobic Effect (Water, Oil & Dirt Repellent)

Lapisan ceramic coating nano memiliki efek Hydrophobic menolak air yang jauh lebih baik. Efek Hydrophobic ini seperti halnya permukaan daun talas, jika terkena air atau kotoran maka tidak akan mudah menempel. Sehingga munculnya kerak air serta jamur pada permukaan cat dapat diminimalisir.

5. Chemical & Corrosion Resistant

Lapisan Ultimate Nano Ceramic Coating juga akan melindungi cat mobil dari bahan-bahan kimia dan korosi (karat). Coating mengandung senyawa yang dapat bertahan dalam menghadapi itu semua sampai bertahun-tahun lamanya.

6. Ultra Violet UV Protection

Sinar Ultra Violet dapat mengakibatkan warna cat mobil menjadi pudar dan kusam. Bila mobil sering diparkir ditempat yang terkena sinar matahari langsung tentu saja cat mobil akan sangat cepat terlihat menguning ataupun kusam. Lapisan nano ceramic coating ini memiliki kandungan anti UV sehingga mampu melindungi mobil dan meminimalisir pudarnya cat mobil akibat sinar ultra violet.

7. Rich Gloss & Wet Look Effect

Di King Shield setelah proses pemolesan mobil akan diberikan finishing layer menggunakan wax untuk memberikan efek kilap pada permukaan cat. Untuk mobil yang dicoating menggunakan Ultimate Nano Ceramic maka mobil juga memiliki efek kilap Glossy & Wet Look pada permukaan cat mobil yang bisa bertahan minimal 2 – 10 tahun.

Baca juga
Ternyata Ini Efek Tiktok yang Lagi Viral Sekarang

8. Self Cleaning Agent

Debu dan kotoran dapat dengan mudah dibersihkan. Cukup menggunakan air pun maka kotoran yang ada pada body mobil akan sangat mudah terlepas.

9. Permanent

Lapisan coating Nano bersifat permanen. Dengan masa aktif diatas 5 tahun.

10. Bergaransi

Warranty Garansi coating mobil 2-5 tahun untuk mobil (tergantung paket yang diambil).

Jika ingin mendapatkan jasa coating mobil nano ceramic terbaik di jakarta, bekasi dan tangerang, maka bisa menuju ke King Shield. Inilah tempatnya mobil mewah, mobil para artis dan mobil kesayangan mendapatkan perlindungan coating mobil terbaik. Hasilnya, maka kendaraan Anda akan melaju dengan lebih menawan di jalan.

Demikian artikel mengenai cara merawat cat mobil dengan coating nano ceramic, semoga bermanfaat.

5/5 (2 Reviews)