Cara Menonaktifkan Paylater Gojek Dan Limit Paylater

GoPay PayLater adalah metode pembayaran baru dari Gojek, di mana kamu bisa memesan berbagai layanan Gojek kapan aja dan bayarnya cukup sekali di akhir bulan. Fitur ini adalah hasil kerja sama Gojek dengan Findaya, yang terdaftar dan diawasi oleh OJK. Cara pakainya gampang, cukup pilih GoPay PayLater sebagai opsi pembayaran kamu pada halaman check out. Gampang banget, kan? Di artikel ini kami juga membahas bagaimana cara Menonaktifkan Paylater Gojek.

Cara Menonaktifkan Paylater Gojek

Penasaran pake GoPay PayLater bisa dapat apa aja?

  1. Pake berkali-kali, bayarnya cuma sebulan sekali.  Bisa pesen GoFood pas perut keroncongan, bayar tagihan pas tanggal tua, dan pesen berbagai layanan lainnya di aplikasi Gojek, bayar cukup sekali di akhir bulan!
  2. Bebas bunga.  GoPay PayLater memakai sistem biaya langganan dengan jumlah pasti tanpa persenan. Biaya tidak berlaku jika GoPay PayLater-mu tidak terpakai di bulan tersebut.
  3. Rekap seluruh transaksi Gojek selama sebulan.  Pake GoPay PayLater untuk mengatur seluruh pengeluaran selama sebulan.
  4. Gratis biaya langganan bulan pertama.  Buat kamu yang belom cobain, nikmati gratis biaya langganan di bulan pertama pake GoPay PayLater!

Cara Menonaktifkan Paylater Gojek

Cara untuk menghapus PayLater Gojek sebenarnya sudah ada keterangannya di dalam aplikasi Gojek :

Cara Berhenti Paylater

Ketika kita klik menu “Cara Menghapus PayLater dari akun saya” akan muncul tulisan sebagai berikut :

Hmm, kami mengerti ini bukanlah keputusan yang mudah buat kamu. Namun mohon maaf, untuk saat ini kami memang belum bisa menghapus fitur Paylater dari akunmu.

Tapi kamu ga perlu khawatir! Jika kamu tidak mau menggunakan fitur Paylater ini, kamu cukup mengubah metode pembayaran menggunakan GoPay atau uang tunai ketika sedang melakukan pemesanan.

Dan satu lagi, selama kamu tidak menggunakan Paylater untuk pembayaranmu maka kamu tidak akan dikenakan biaya langganan apa pun kok.

Jadi jangan lupa untuk selalu memastikan bahwa kamu sudah menggunakan metode pembayaran yang kamu inginkan agar tidak mendapatkan tagihan Paylater, ya.

Cara Mengaktifkan PayLater Gojek

Setelah mempelajari cara Menonaktifkan Paylater Gojek, untuk mengaktifkan PayLater Gojek syaratnya kamu harus upgrade akun Gopay kamu. Cara upgradenya gampang tinggal upload foto KTP dan foto selfie sambil pegang KTP. Setelah akun kamu berhasil di upgrade maka sering-seringlah dipakai akun Gopay tersebut. Maka nanti fitur PayLater nya akan aktif sendiri. PayLater Gojek bisa dipakai di saat darurat misalnya saat kamu belum sempat top up saldo gojek dan tiba-tiba listrik di rumah habis atau saat tiba-tiba kamu kehabisan pulsa.

Baca juga
Cara Main Game Cacing Makan Buah, Game Worms Zone yang Lagi Viral

PayLater Gojek Tiba-Tiba Hilang

Bagi kamu pengguna aplikasi Gojek dan hendak memakai fitur Paylater pasti kaget dong jika tiba-tiba fitur ini hilang dan tidak bisa dipakai. Hal tersebut sama dengan yang saya alami barusan. Dalam hati saya bertanya-tanya apakah memang fitur ini telah dihilangkan oleh pihak Gojek atau cuman dihilangkan di kota-kota tertentu saja.

Kemudian akhirnya saya menemukan solusinya. Ternyata hilangnya fitur PayLater Gojek ini hanya merupakan bug, terutama ketika fitur lokasi atau GPS sedang tidak aktif di smartphone kita. Untuk mengatasinya cukup tutup aplikasi gojek, kemudian hidupkan GPS, dan buka kembali aplikasi Gojek. Maka fitur ini akan muncul kembali dan dapat digunakan seperti biasanya.

Jika tetap tidak bisa, maka coba ke Google playstore dan cek apakah aplikasi gojek ada update an yang terbaru. Kalau ada silahkan langsung update ke versi yang terbaru. Soalnya hari ini fitur PayLater saya juga hilang dan setelah aktifkan GPS dan update aplikasi Gojek ke versi yang terbaru akhirnya muncul kembali fitur PayLater nya.

Cara Membayar Tagihan GoPay PayLater

Di halaman beranda GoPay PayLater, kamu bisa melihat informasi lengkap mengenai fitur seperti limit saldo, riwayat pesanan, dan tentunya jumlah tagihan. Tagihan GoPay akan jatuh tempo pada tengah malam (23:59:59 WIB) di hari terakhir tiap bulannya. Sebagai contoh, total pemakaian kamu di bulan Juni akan jatuh tempo di tanggal 30 Juni pukul (23:59:59 WIB). Berikut cara membayar tagihan GoPay PayLater:

  1. Klik Bayar untuk melihat rincian transaksi GoPay PayLater.
  2. Klik Bayar Tagihan.
  3. Masukkan PIN Gojek kamu untuk melanjutkan pembayaran.
  4. Pembayaran tagihan kamu berhasil!

Jika kita telat melakukan pembayaran tagihan sehingga melewati tanggal jatuh tempo maka kita akan mendapatkan denda sebesar Rp. 2000/hari. Tanggal jatuh tempo adalah tgl 30 atau 31 pada akhir bulan. Jadi usahakan tagihan dilunasi sebelum tanggal 1 awal bulan supaya tidak terkena denda.

Yang perlu kamu ingat, jika bulan sudah berganti dan kamu masih belum membayar tagihan bulan sebelumnya, kami akan memberikan kamu peringatan setiap harinya sampai tagihan kamu dibayar lunas. Kamu akan diberikan jangka waktu selama 5 (lima) hari untuk membayar semua tagihan sebelum dikenakan denda harian. Jika kamu masih belum melakukan pembayaran pada tanggal 5 pukul 23:59:59 WIB di bulan berikutnya maka akan diberlakukan denda harian sebesar Rp2.000 dimulai dari tanggal 6.

Baca juga
Spesifikasi dan harga handphone huawai p30 pro

Pengalaman Pakai PayLater Gojek

Setelah membahas cara menonaktifkan paylater gojek ada baiknya mengetahui pengalaman memakainya. Barusan saya penasaran dengan fitur baru gojek yaitu PayLater. Dimana dengan fitur ini kita tidak harus top up saldo gopay dulu untuk membayar. Total tagihan akan kita bayar di akhir bulan. Kebetulan memang saya belum sempat buat top up saldo gopay, jadi pas sekalian buat nyobain fitur ini.

Pengalaman saya ketika menggunakan fitur ini sangat lancar dan tidak ada kendala. Berdasarkan pengalaman saya, untuk bulan pertama dan kedua tidak ada biaya bulanan, namun untuk bulan selanjutnya ada biaya Rp. 25.000 per bulan. Dibulan pertama dan kedua saya dapat limit 250ribu. Setelah dua bulan saya dapat kenaikan limit menjadi 500ribu. Kebetulan saya selalu bayar tagihannya tepat waktu.

Menurut saya fitur ini sangat berguna bagi pelanggan gojek yang belum sempat untuk top up saldo gopay. Akan tetapi menurut saya biaya berlangganan sebesar 25ribu/bulan menurut saya kemahalan. Mungkin cocoknya 10ribu aja. Mungkin kalau terpaksa aja ya makainya. Daripada keluar uang 25ribu mending top up saldo gopay aja lah sekalian.

Saran saya begitu sempat untuk top up saldo gopay, maka langsung dibayar aja semua tagihan-tagihan di fitur  ini supaya tidak membengkak di akhir bulan. Jika sampai lewat jatuh tempo dan lupa dibayar maka akan kena denda lho. PayLater juga bisa digunakan untuk membayar tagihan-tagihan semacam listrik, pulsa dll.

PayLater Gojek Tidak Bisa Buat Bayar Alfamart & GoShop

Setelah saya utak-atik dan mencoba karena penasaran ternyata PayLater tidak bisa digunakan untuk melakukan pembayaran di Alfamart maupun Indomaret. Fitur ini juga tidak bisa digunakan untuk melakukan pembayaran di menu GoShop. Jadi PayLater Gojek hanya bisa digunakan untuk bayar GoFood dan bayar tagihan semacam listrik, pulsa, telepon, PDAM, TV kabel, dan voucher game.

Limit PayLater Gojek Saya Naik Jadi Rp. 1 juta

Setelah beberapa bulan pemakaian, ternyata limit PayLater Gojek saya tiba-tiba naik jadi Rp. 750.000. Dan enaknya lagi biaya bulanannya gak naik dan tetap Rp. 25.000. Awalnya saya kira limit maksimal ya Rp. 500.000 saja dan gak bakal naik, eh ternyata naik juga. Apakah setelah beberapa bulan pemakaian kemudian akan naik lagi jadi Rp. 1.000.000 ? Kita tunggu saja, nanti insya Allah akan saya posting disini.

Baca juga
Cara Download KMSPICO Windows 10 Activator Terbaru

Setelah menggunakan fitur ini selama beberapa bulan akhirnya limit PayLater Gojek saya sekarang naik menjadi Rp. 1 juta. Kalau ditanya sudah berapa bulan memakai PayLater saya juga kurang ingat intinya sudah beberapa bulan. Yang awalnya dapat limit 250 ribu naik jadi 500 ribu, kemudian naik lagi jadi 750 ribu, dan terakhir naik lagi jadi 1 juta. Kebetulan saya bayar selalu tepat waktu dan tidak pernah terlambat ataupun lewat jatuh tempo.

Limit Paylater Gojek Saya Naik Jadi 1 Juta

Waktu dulu masih limit 250 ribu masih bebas biaya langganan untuk bulan pertama. Kemudian di bulan kedua biaya langganan nya jadi 12.500. Setelah limitnya naik jadi 500 ribu biaya langganan nya ikut naik jadi 25 ribu. Tapi ketika limitnya naik jadi 750 ribu dan 1 juta ternyata biaya langganan nya tidak naik dan tetap 25 ribu. Tapi pada bulan kedua setelah limit naik jadi 1 juta biaya langganan nya naik jadi 49 ribu.

Pengalaman Beli Token Listrik & Pulsa Pakai PayLater Gojek

Ternyata selain untuk produk gofood fitur PayLater gojek bisa juga dipakai untuk beli token listrik dan pulsa loh. Biasanya saya menggunakan untuk pesan makanan di gofood. Barusan saya mencoba menggunakan PayLater untuk membeli token listrik dan pulsa, prosesnya ternyata cepat dan lancar. Untuk token listrik ada biaya admin sebesar Rp. 1.500

Menurut saya fitur ini sangat membantu. Misalnya jika tengah malam pulsa atau token listrik dirumah kita tiba-tiba habis, kemudian belum ada saldo gopay dan mau keluar ke minimarket atau ATM juga malas karena tengah malam, kita bisa menggunakan fitur ini.

Cara Menonaktifkan Langganan Voucher Gojek

Setelah saya utak-atik tetap gak menemukan juga menu untuk menonaktifkan langganan voucher gojek. Berbeda sekali ketika saya menggunakan Grab, sangat mudah untuk menemukan menu untuk menonaktifkan langganan. Mungkin ini adalah point yang harus diperbaiki oleh pihak Gojek kedepannya. Satu-satunya cara adalah dengan menghubungi customer service gojek dan minta langganan vouchernya untuk di nonaktifkan. Biasanya saya lebih suka untuk kirim DM ke Twitter Gojek di https://twitter.com/gojekindonesia

Aplikasi Gojek Minta Aktifkan Layanan Lokasi Terus

Beberapa hari ini saya dibuat kesal karena setiap buka aplikasi gojek selalu muncul notifikasi minta diaktifkan layanan lokasi/GPS terus. Padahal jelas-jelas fitur GPS sudah saya aktifkan. Sudah saya coba restart hp tapi hasilnya tetap sama.

Setelah utak atik akhirnya saya menemukan solusinya. Yaitu dengan cara buka aplikasi Google map dulu. Langkah-langkahnya : pertama tutup aplikasi gojek. Kemudian aktifkan gps kemudian buka google map dan pencet tombol lingkaran beberapa kali hingga google map menunjukkan lokasi kita berada. Setelah itu kita buka aplikasi gojek dan tada…masalahpun selesai. Aplikasi gojek kini bisa beroperasi lagi dengan lancar.

Baca juga
Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy note 10

Cara Mengecek Resi Gojek dengan Mudah

Gojek merupakan salah satu platform transportasi online yang menyediakan berbagai layanan lain untuk memudahkan keperluan masyarakat. Salah satu fitur Gojek yang paling diminati adalah Gosend. Layanan ini berupa kurir yang melakukan pengiriman atau pengantaran barang berukuran kecil dalam satu kota. Untuk tracking lokasi barang, Anda bisa melakukan dengan cara mengecek resi Gojek.

Sebelum melakukan pengecekan resi Gojek, terlebih dahulu Anda perlu memahami mekanisme pengiriman barang dengan perantara kurir Gosend. Sama halnya dengan mengirim barang melalui jasa pengiriman interlokal, Ketika mengirimkan barang Anda akan mendapatkan nomor seri pengiriman yang disebut sebagai nomor resi.

Nomor resi ini bisa dipantau jika ingin mengetahui sampai di mana perjalanan barang Anda. Fitur pelacak nomor resi ini sangat bermanfaat bagi pengguna karena bisa melacak keberadaan paket, sehingga apabila terjadi keterlambatan pengiriman bisa segera dilakukan trackking.

Tracking nomor resi ini juga bisa dilakukan pada layanan Gosend. Setelah mengirimkan barang, Anda akan mendapatkan resi. Cara mengecek resi Gojek berguna agar Anda bisa mengecek perjalanan barang yang dikirimkan. Selain itu juga sangat membantu memastikan keamanan serta kelancaran barang yang dikirimkan.

Mekanisme Resi Gojek

Pada layanan Gosend yang dihadirkan Gojek, apabila Anda melakukan pengiriman barang secara personal maka tidak akan mendapatkan nomor resi. Hanya saja Anda perlu memahami beberapa istilah sehubungan dengan layanan Gosend, seperti order confirmed, driver assigned, out for pickup, out for delivered, pickup completed, dan delivered complete.

Tracking gosend dilakukan dengan memantau perjalanan driver melalui aplikasi. Jika telah tiba pada tujuan, driver akan mengklik tombol selesai untuk menyelesaikan pesanan. Guna memastikan barang telah benar-benar sampai, Anda bisa menghubungi penerima paket secara langsung.

Cara Cek Resi Gojek secara Mudah melalui Aplikasi

Berbeda dengan perusahaan jasa pengiriman lain yang mempunyai web terintegrasi untuk mengecek resi barang, pada Gojek ada beberapa cara untuk mengecek resi. Salah satunya melalui aplikasi. Berikut langkah-langkahnya.

  • Buka aplikasi Gojek.
  • Klik pada layanan Gosend.
  • Akan ditampilkan peta dan gambar logo motor yang menunjukkan lokasi driver.
  • Lacak keberadaan driver secara real time melalui peta pada aplikasi.

Cara Cek Resi Gojek dengan Mudah Melalui SMS

Cara mengecek resi Gojek juga bisa dilakukan melalui SMS, karena begitu proses pengiriman telah terkonfirmasi oleh driver Anda akan mendapatkan sebuah SMS Notifikasi yang dikirim Gojek, guna melacak posisi barang. Berikut langkah-langkahnya secara mudah.

  • Cek notifikasi SMS dari Gojek pada smartphone Anda.
  • Ambil link yang disertakan Gojek pada SMS tersebut untuk melakukan live tracking.
  • Klik link live tracking.
  • Anda akan diarahkan pada web browser agar bisa menggunakan fitur cek resi go send.
  • Selanjutnya akan ditampilkan beberapa detail pengiriman pada fitur pelacakan.
  • Detail berupa Nomor Pesanan, Deskripsi, Lokasi Pengiriman, dan lain-lain.
  • Anda juga bisa mengecek detail pesanan lain beserta informasi driver.
  • Ketika pesanan telah diterima, Anda akan mendapatkan pesan konfirmasi.
Baca juga
Tips Biar Perjuangan Servis Elektronik Terus Melejit (Pengalaman Pribadi)

Demikian cara mengecek resi Gojek secara mudah dan cepat tanpa perlu ribet. Nomor resi Gojek sejatinya adalah bentuk identifikasi barang-barang yang dikirimkan melalui perantara driver, sehingga perjalanan barang bisa selalu dipantau untuk memastikan barang kiriman tersebut tiba dengan selamat di tangan penerima.

5/5 (3 Reviews)