Cara Menonaktifkan Gprs Telkomsel Terbaru

Cara Menonaktifkan GPRS Telkomsel adalah salah satu hal yang harus diketahui oleh pengguna Telkomsel agar pulsa tidak terpotong. Seringkali konsumen mengeluh bahwa pulsanya tiba-tiba terpotong meski tidak melakukan transaksi, hal tersebut bisa disebabkan oleh masih aktifnya GPRS pada kartu Telkomsel miliknya.

Sebelum mengetahui cara menonaktifkan GPRS Telkomsel, pengguna perlu mengetahui pengertian dari GPRS. GPRS singkatan dari General Radio Paket Umum yang merupakan sebuah layanan Data Mobile dan  bisa diakses oleh pengguna handphone GSM dan IS-136.

General Radio Paket Umum ini dikenal dengan GSM-IP atau Global Mobile Internet Protokol yang membuat pengguna sistem ini membuat panggilan suara, mengakses internet on-the-go secara online.

GPRS memiliki jaringan berbasis IP (Protokol Internet) untuk versi terbarunya, seperti internet pribadi atau global internet.

Pengguna GPRS akan mendapatkan beberapa manfaat, seperti kecepatan data yang tinggi dan easy billing. Artinya, pengguna akan mengakses internet lebih cepat daripada pengguna yang tidak menggunakan sistem GPRS. Selain itu, untuk sistem penagihan yang ditawarkan juga lebih friendly dan didasarkan pada durasi koneksi.

Sistem penagihan yang lebih friendly disebabkan karena GPRS menggunakan sistem komunikasi Packet Switch untuk mentransmisikan datanya. Data-data itu akan menjadi bagian-bagian kecil yang kemudian diubah kembali ke data awal.

Pemakaian channel transmisi tersebut dapat dilakukan bersamaan dengan pengguna lain, sehingga tarif aksesnya lebih murah secara teori dibanding CSD.

Namun, GPRS juga memiliki beberapa kekurangan, diantaranya tidak dapat digunakan untuk layanan video call, network latency-nya besar dan memiliki kecepatan terbatas, sehingga tidak sesuai jika dipakai untuk streaming video atau bermain game online.

Cara Menonaktifkan Gprs Telkomsel Terbaru

Setelah mengetahui apa itu GPRS serta manfaat dan kekurangan nya, apabila pengguna telah menggunakan GPRS, namun merasa bahwa tidak sesuai dengan kebutuhan atau merugikan, maka sebaiknya dinonaktifkan.

Menonaktifkan GPRS sangat mudah, bisa melalui Via SMS atau Via Kode Dial. Untuk Via SMS bisa dilakukan dengan Ketik GPRS (spasi) OFF kirim ke nomor 3636. Setelah mengirim SMS, tunggu respon konfirmasi dan mengikuti petunjuk selanjutnya.

Baca juga >>
Cara Daftar Paket Internet, Nelpon, Haji Dan Umroh Xl 2018

Sedangkan untuk menonaktifkan dengan Via Kode Dial, bisa dengan Ketik atau Panggil *363*212*, kemudian tunggu jawaban melalui SMS dari nomor 3636 mengenai penonaktifan GPRS yang telah berhasil.

Cara Menonaktifkan GPRS Internet Telkomsel

  • Cara Penonaktifan Via SMS, Ketik GPRS <spasi> OFF Kirim ke 3636. Setelah itu tunggu jawaban sms konfirmasi dan ikuti petunjuknya.
  • Cara Penonaktifan Via Kode Dial, Ketik atau Panggil *363*212#, dan tunggu sms jawaban dari 3636 bahwa penonaktifan gprs nya telah berhasil.

Cara Mengaktifkan Gprs Telkomsel Terbaru

Sebagian besar HP jaman sekarang yang sudah berkembang menjadi smartphone tentunya telah dibekali dengan fitur GPRS otomatis. Sehingga, pengguna tidak perlu mengaturnya kembali, semua sudah siap digunakan.

Terdapat beberapa hal yang bisa memicu pengguna untuk mengaktifkan kembali GPRSnya, seperti HP yang dimiliki tidak menyediakan fitur untuk mengaktifkan GPRS secara otomatis atau GPRS di HP pengguna sengaja / tidak sengaja di nonaktifkan.

Tapi jangan khawatir, mengaktifkan GPRS Telkomsel sangat mudah, karena Telkomsel merupakan salah satu provider yang mengharuskan semua penggunanya untuk mengaktifkan GPRS terlebih dahulu sebelum mengakses internet.

Pertama, pengguna dapat mengaktifkan GPRS di HP-nya, yaitu di pengaturan. Pada menu pengaturan, terdapat Jaringan Seluler, kemudian pilih kartu SIM Telkomsel yang aktif, dan masuk ke menu pengaturan APN, setelah itu tambahkan APN baru.

Setelah berhasil melakukan setting di HP, lakukan restart pada HP dan tunggu beberapa saat karena butuh proses hingga jaringan mampu mendeteksi pengaturan yang telah diubah oleh pengguna atau pemilik ponsel. Jika sudah, maka pengguna dapat mencoba akses internet seperti biasa.

Selain di setting HP, pengguna juga dapat mengaktifkan GPRS melalui SMS. Tidak hanya menonaktifkan GPRS saja yang bisa dilakukan lewat SMS, mengaktifkannya juga bisa.

Hampir sama seperti cara menonaktifkan GPRS, bedanya hanya dengan mengetik GPRS ON dan kirim ke nomor 3636. Tunggu sebentar, maka akan muncul notifikasi dari SMS balasan sebagai tanda bahwa GPRS telah diaktifkan.

Baca juga >>
Simpan Video Instagram TV Favoritmu dengan IGTV Videos Downloader

Tidak hanya dengan cara mengaktifkan lewat setting-an HP atau SMS, Telkomsel juga menyediakan layanan Customer Service untuk melayani pengguna yang ingin mengaktifkan GPRS-nya.

Hanya dengan menghubungi CS secara langsung, bisa melalui call center, media sosial, atau email resmi milik Telkomsel, maka pengguna akan dibantu untuk mengaktifkan GPRS Telkomselnya.

Cara Mengaktifkan Gprs Telkomsel Terbaru

Cara Cek Koneksi Gprs Telkomsel Terbaru

Sebagai pengguna Smartphone, pasti tidak akan terlepas dengan yang namanya mengakses internet, karena internet adalah kebutuhan banyak orang. Namun, meski internet merupakan teknologi canggih, tidak menutup kemungkinan bahwa akan terjadi kendala selama pemakaian internet yang bisa dialami oleh pengguna.

Beberapa kendala internet biasa terjadi, seperti tidak dapat terhubung, adanya gangguan koneksi yang menyebabkan proses akses internet menjadi lemot, atau terkadang mengalami putus nyambung.

Jika terjadi hal seperti itu, maka pengguna dapat melakukan cek GPRSnya, karena bisa jadi itu adalah penyebab dari kegagalan mengakses internet.

Maka dari itu, penting bagi pengguna, khususnya yang memiliki smartphone dengan fitur GPRS, harus mengetahui cara cek GPRS Telkomsel di HP.

Untuk melakukan cek GPRS, bisa melalui beberapa cara, seperti melihat pada setting smartphone  di menu jaringan, apabila APN Telkomsel telah aktif, maka kemungkinan besar GPRS juga aktif, namun apabila sebaliknya, maka perlu dilakukan pengaktifan GPRS ulang pada smartphone, karena bisa jadi GPRS tanpa disengaja telah dinonaktifkan.

Cara Menonaktifkan Internet Telkomsel

Seringkali ketika membeli paket data, pengguna cenderung lupa kapan masa aktif paket internet tersebut berakhir. Sehingga menyebabkan pulsa yang dimiliki oleh pengguna menjadi tersedot karena paket data pada smartphone masih nyala, dalam artian pengguna mengakses internet tanpa paket internet.

Mengakses internet tanpa menggunakan paket internet akan membuat pulsa menjadi terpotong banyak. Maka perlu bagi pengguna untuk menonaktifkan paket data pada smartphone agar internet tidak terakses secara otomatis saat masa aktif paket internet telah habis.

Cara menonaktifkan paket data Telkomsel atau cara menonaktifkan internet Telkomsel sangat mudah, dengan membuka setting pada layar smartphone, kemudian pilih SIM card & Mobile data, setelah itu non-aktifkan akses internet yang menyala. Dengan begitu, smartphone tidak akan menerima atau mengirim data melalui internet.

Baca juga >>
Cara Merakit Power Socl 504

Selain itu, bagi pengguna yang telah berlangganan paket internet dengan melakukan pembelian secara otomatis setiap bulannya, kemudian merasa bahwa paket internet sudah tidak sesuai dengan kebutuhannya, maka dapat menonaktifkan paket internetnya.

Informasi Paket Data Telkomsel

Telkomsel telah mengembangkan layanannya kepada pengguna, seperti layanan untuk mengakses internet sesuai dengan kebutuhan. Melalui akses internet, pengguna dapat melakukan apa saja selama memiliki paket internet atau pulsa yang cukup untuk membayar tagihannya.

Internet dapat digunakan untuk mencari informasi, melalui website yang biasa disebut sebagai browsing. Tidak hanya itu, internet juga memberikan hiburan untuk pengguna, melalui tontonan yang biasa disebut live streaming atau dengan mudah mengakses Youtube yang menyediakan berbagai konten menarik.

Teknologi canggih bernama internet itu juga memberikan layanan komunikasi tanpa harus membayar pulsa lebih, karena pengguna cukup membeli paketan data yang lebih murah dibandingkan dengan menggunakan pulsa. Seperti, layanan komunikasi menggunakan aplikasi chat (Line, Whatsapp, Instagram, dan lain sebagainya)

Ada berbagai cara yang ditawarkan oleh Telkomsel untuk pengguna dapat mengakses internet dan membayar tagihannya sesuai dengan jangka waktu dan jumlah data pemakaian. Salah satunya adalah membeli produk Telkomsel yang disebut sebagai Paket Internet.

Cara Menonaktifkan Internet Telkomsel

Pelanggan Telkomsel sebagian besar merasa puas dengan layanan internet yang diberikan oleh Telkomsel. Hal tersebut dibuktikan ketika pengguna berada di tempat yang “susah sinyal”, Telkomsel tetap menjadi provider dengan sinyal terbaik. Sehingga, tidak mengherankan jika banyak orang yang menggunakan Telkomsel.

Namun, selain memiliki kualitas baik, Telkomsel juga dikenal sebagai provider yang cukup mahal tagihannya, baik untuk tagihan SMS, telefon, bahkan untuk tagihan internet, dan paket data jika dibandingkan dengan provider lain.

Berikut beberapa jenis pembagian kuota Telkomsel beserta harga yang ditawarkan :

  1. Paket Combo Sakti Telkomsel

Paket ini ditawarkan oleh Telkomsel seharga Rp 80.000 dan Rp 75.000, pengguna dapat memilih paket ini sesuai dengan kebutuhannya. Untuk paket yang seharga Rp 80.000, pengguna dapat menikmati Kuota Internet 2G/3G/4G sebesar 15GB dengan masa berlaku 30 hari.

Baca juga >>
Cara Menggabungkan Foto Dan Video Dalam Satu Bingkai

Sedangkan untuk kuota dengan harga Rp 75.000, pengguna akan mendapatkan kuota internet 2G/3G/4G sebesar 17GB dengan masa berlaku yang sama, yaitu 30 hari.

Mengapa paket yang seharga Rp 75.000 mendapatkan kuota internet yang lebih besar dibandingkan dengan yang seharga Rp 80.000? Biasanya akan dilihat berdasarkan pembagian dari kuota tersebut. Pembagiannya dapat di cek di aplikasi My Telkomsel.

  1. Paket Combo Unlimited Telkomsel

Sesuai dengan namanya, yakni unlimited, paket ini memberikan akses internet sampai puas kepada pengguna. Dibandrol dengan harga yang relatif murah, yaitu Rp 29.000, pengguna akan mendapatkan kuota internet hingga 10GB dalam masa aktif 30 hari.

Paket ini merupakan paket terbaru yang bertujuan untuk membuat pengguna menikmati internetan dengan harga yang relatif lebih terjangkau jika dibandingkan dengan harga paket internet lainnya.

  1. Paket Telkomsel Ketengan

Bagi para remaja, pasti tidak asing dengan paket Telkomsel ini, dengan harga yang sangat terjangkau, paket ini hanya bisa digunakan untuk aplikasi tertentu. Tidak perlu mahal, cukup dimulai dari Rp 2.000, pengguna dapat mengakses internet di beberapa jaringan.

Jaringan yang dapat diakses menggunakan paket ini, diantaranya, Instagram, Tik Tok, Facebook, dan Youtube. Ada juga kuota ketengan untuk mengakses video call conference, seperti Webex, Gmeet, Cloudx, sehingga memudahkan pengguna untuk menjalani sekolah atau kuliah online di masa seperti sekarang ini.

  1. Paket Kuota Keluarga

Paket ini sangat cocok digunakan untuk bersama-sama, artinya membayar dengan harga yang ditentukan, lalu membagi kuota  kepada beberapa orang. Dilengkapi dengan fitur membagikan kuota kepada orang lain, seperti keluarga pengguna.

Dengan harga paling murah Rp 150.000, pengguna akan mendapatkan kuota keluarga sebesar 20GB untuk 6 orang dengan masa berlaku 30 hari.

Untuk harga paket internet kuota keluarga yang medium, dibandrol dengan harga Rp 250.000. Lebih mahal dari paket sebelumnya, namun memiliki jumlah kuota internet yang lebih besar, yaitu 45GB dengan beberapa fasilitas lain, seperti adanya kuota telefon dan SMS keluarga unlimited.

Sama seperti harga paket sebelumnya, di harga Rp 250.000, kuota dapat diakses bersama-sama, sebanyak 6 orang dengan masa berlaku 30 hari.

Baca juga >>
Cara Buat Kartu Sakti Telkomsel 2018 Terbaru

Terakhir, untuk harga paket internet kuota keluarga yang paling mahal, sebesar Rp 400.000. Pengguna akan mendapatkan kuota keluarga sebesar 90GB dengan kuota telepon dan SMS keluarga unlimited. Dapat diakses oleh 6 pengguna dan berlaku selama 30 hari.

  1. Paket Internet Simpati.

Pada paket internet Simpati, dibagi menjadi beberapa paket berdasarkan masa berlalu kuota internetnya. Bagi pengguna yang memiliki budget minimal dalam menganggarkan kuota, maka bisa membeli kuota harian seharga Rp 9.000 dengan kuota internet 500MB.

Harga tersebut terbilang cukup murah jika dibandingkan dengan kualitas kecepatan akses internet yang dimiliki oleh Simpati yang masih belum dikalahkan oleh provider pesaingnya. Kuota murah ini bisa digunakan pengguna pada saat-saat tertentu, seperti ketika berada di luar rumah yang tidak mudah untuk mendapatkan akses internet (WIFI).

Ada juga dengan harga Rp 13.000 pengguna bisa memperoleh kuota sebesar 3GB, lebih worth it daripada harga Rp 9.000. Jika diperhitungkan, kuota 500MB akan cepat habis, terlebih jika dibuat untuk mengakses Youtube dan Instagram.

Maka disarankan untuk memilih paket simpati yang 3GB agar tidak perlu membeli paket 2x apabila sedang tidak ada jangkauan akses internet yang memadai, seperti WIFI.

Bagi pengguna yang tidak menggunakan WIFI di rumah, bisa juga membeli paket internet yang memiliki masa aktif selama 30 hari. Harga-harga yang ditawarkan oleh Telkomsel terbilang cukup terjangkau, seperti pada harga Rp 39.000, maka pengguna bisa mendapatkan kuota internet 3GB.

Sedangkan untuk kuota internet paling mahal di paket internet ini seharga Rp 191.000 dengan kuota internet yang di dapat sebesar 50GB.

Pengguna dapat membeli paket internet sesuai dengan kebutuhannya, karena kebutuhan setiap pengguna berbeda-beda untuk mengakses internet.

Membeli paket internet dapat melalui *363# atau download aplikasi My Telkomsel di App Store atau Play Store, biasanya pembelian paket akan dipotong melalui pulsa yang dimiliki oleh pengguna. Jadi pastikan, sebelum membeli paket internet, pengguna sudah memiliki pulsa yang cukup.

Order via Whatsapp !