Cara Mengoptimalkan Index Blog / Web Di Google

Salah satu faktor SEO terpenting dari blog Anda adalah jumlah halaman web yang diindeks oleh blog Anda. Semakin banyak halaman yang diindeks, semakin baik SERP Anda di Google. Halaman yang diindeks kemudian akan muncul ketika seseorang mencari dengan kata kunci yang relevan. Harap perhatikan, Googlebot (Robot Perayap Google) itu merayapi (merayapi) situs Anda setiap hari. Anda dapat melihat status crawl situs web / blog Anda di Google Webmaster Tools> Crawl> Crawl Stats. Crawl ini adalah cara Google untuk menemukan halaman di situs web Anda, lalu mengindeksnya (tambahkan ke hasil pencarian). Namun, tidak semua halaman yang dirayapi akan diindeks / ditampilkan untuk hasil pencarian. Hanya halaman tertentu yang memenuhi persyaratan Google yang akan diindeks ke mesin pencari.

Anda dapat melihat status pengindeksan Anda di mesin pencari Google melalui alat webmaster Google> indeks Google> Status indeks. Total yang diindeks ditunjukkan oleh garis biru adalah jumlah total halaman situs web Anda yang sudah ada dalam data pencarian Google. Sedangkan Blocked by robots adalah halaman yang diblokir oleh file robots.txt Anda sehingga tidak diindeks oleh Google. Halaman yang diindeks ini berubah setiap saat, tergantung pada kinerja dan konten situs web / blog kami. Ketika ada pembaruan Algoritma, biasanya akan ada perubahan yang tidak biasa dalam jumlah indeks. Terkadang berkurang, atau bahkan meningkat secara dramatis. Ini tergantung pada teknik SEO yang Anda gunakan. Jika Anda menggunakan Black hat SEO, bersiaplah untuk menerima penalti dalam bentuk pengurangan drastis dalam jumlah indeks Anda. Bahkan mungkin situs web Anda tidak lagi diindeks.

Baca juga >>
Apa itu Envato Element

Sekarang, sehingga total indeks situs web Anda meningkat secara signifikan dan tahan terhadap pembaruan yang terjadi, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk itu.

Cara Mengoptimalkan Index Blog / Web Di Google

Perluas Konten Berkualitas

Tentu saja, yang pertama adalah melipatgandakan konten situs web Anda. Namun, konten Anda juga harus berkualitas. Ingat, tidak semua yang dirayapi Google akan diindeks. Selain itu konten yang berkualitas juga akan menarik pengunjung untuk mengunjungi situs Anda.

Sitemap

Situs web Anda harus memiliki sitemap yang dikirimkan ke google webmaster (Google webmaster tools> Crawl> Sitemaps). Peta situs ini akan memudahkan Google untuk menjelajah dan menunjukkan bahwa Anda serius. Jenis sitemap yang baik adalah XML sitemap.

Tingkatkan internal link

Internal link yang efektif memudahkan Googlebot untuk menjelajahi situs Anda. Internal link ini dapat disamakan dengan pintu masuk ke halaman yang akan diindeks oleh Google. Jadi, semakin banyak internal link, semakin cepat crawl googlebot dan itu bisa menjadi nilai tambah untuk pengindeksan.

Bersihkan Duplikat Konten yang terdeteksi di Webmaster

Di alat webmaster google, peningkatan HTML / GWT> Tampilan pencarian> Fitur peningkatan HTML mendeteksi ada atau tidak adanya konten duplikat di situs web Anda. Konten duplikat terjadi ketika halaman berbeda di situs web Anda memiliki deskripsi meta yang sama atau judul yang sama.

Gunakan Data Terstruktur

Alat webmaster Google memiliki fitur data terstruktur untuk membantu Googlebot mengenali konten di situs web Anda. Data terstruktur ini akan memberi tahu Anda jika mesin pencari tidak dapat mendeteksi informasi dari konten Anda seperti siapa penulis, tanggal, deskripsi, judul, dan sebagainya.

Kirim Halaman Secara Manual dengan fitur Fetch sebagai Google (Unduh sebagai Google)

Fitur lain dari alat webmaster Google adalah Anda dapat “memberi tahu” Googlebot untuk merayapi laman web Anda sesuai dengan url yang Anda masukkan. Ini dapat meningkatkan indeks blog Anda jika halaman tidak dirayapi secara otomatis oleh Google. Fetch ini sebagai fitur google yang dapat Anda gunakan melalui alat webmaster Google> Crawl> fetch sebagai Google.

Baca juga >>
Ulasan Bahwa Wordpress Lebih SEO friendly dari yang lain

 

Terimakasih semoga Artikel ini Bermanfaat

Order via Whatsapp !