cara mengolah daun murbei untuk kecantikan, manfaat mulberry untuk wajah dan kulit kesehatan masker dan diet diabetes khasiat daun tomat

Cara Membuat Masker Mulberry bagi sebagian orang mungkin terdengar asing. Sebab nama buah ini jika di Indonesia dikenal dengan sebutan arbei atau murbei. Dan pada umumnya daun dari tanaman arbei dijadikan pakan untuk ulat sutera serta menghasilkan buah dengan cita rasa unik menyegarkan.

Namun yang menjadi pertanyaan disini adalah : Apa saja khasiat masker mulberry untuk wajah ? Tentunya untuk menjawab hal ini kami sudah merangkum beberapa informasi dari berbagai sumber sehingga boleh dibilang artikel yang kami buat sudah lengkap.

Manfaat Mulberry Untuk Wajah

Murbei atau Arbei mempunyai nama latin Morus Australis. Habitatnya hidupnya banyak ditemukan di berbagai negara tropis khususnya Indonesia. Sering dimanfaatkan sebagai tanaman pagar dan ciri daun lebar dengan pinggiran bergerigi serta ciri buah hampir menyerupai anggur namun ukuran sangat kecil. Jika masih muda buah arbei berwarna hijau, kemudian merah dan menjadi hitam ketika sudah menua atau matang.

Jika melihat begitu banyaknya daftar manfaat yang bisa diperoleh dari buah mulberry, tentunya anda juga akan bertanya-tanya akan kandungan senyawa serta nutrisi didalamnya. Kandungan tersebut dilengkapi dengan multivitamin, mineral, dan senyawa alami yang tentunya bisa membantu untuk menjaga kesehatan maupun kecantikan. Vitamin tersebut meliputi asam lemak, magnesium, potassium, serat, protein, Vitamin A, Vitamin C, dan juga masih banyak lagi yang lainnya. Selain dimanfaatkan daunnya sebagai pakan ulat sutera, ternyata buah asam manis murbei ini juga umum diolah menjadi produk kecantikan seperti kosmetik dan sabun.

Apa Itu Murbei

Sepintas mengenai kandungan diatas, manfaat mulberry untuk wajah dan kesehatan diantaranya ialah sebagai antioksidan guna menangkal radikal bebas, vitamA untuk menjaga kesehatan mata, menjaga kesehatan tulang (mencegah osteoporosis), serta mendukung kinerja atau metabolisme tubuh menjadi lebih normal. Sedangkan untuk dunia kecantikan ialah menjaga kecerahan kulit, menghilangkan jerawat pada wajah, memudarkan flek hitam bkas jerawat, mengecilkan pori serta menyarkan tanda-tanda penuaan seperti garis halus atau keriput pada wajah.

Cara Membuat Masker Mulberry Untuk wajah

Bagaimana cara memperoleh manfaat dari buah murbei? Seperti yang sudah kami sebutkan diatas, buah arbei bisa dikonsumsi atau juga dijadikan alternatif alami yang bisa diterapkan pada wajah. Penerapan ini selayaknya masker pada umumnya dan cara penerapan atau pembuatannya pun terbilang cukup mudah. Seperti apa langkah-langkahnya? Yuk simak rangkuman berikut!

1. Persiapan Serta Bahan Yang Dibutuhkan

Untuk langkah awal, siapkan terlebih dahulu segenggam buah murbei (secukupnya) kemudian dicuci hingga bersih. Pilihah buah yang masih segar atau baru dipetik dari pohon. Dianjurkan juga buah yang sudah matang (berwarna kehitaman). Siapkan juga 1 sdm susu atau madu sebagai pelengkap.

Cara Membuat Masker Mulberry

2. Cara Pembuatan Masker Murbei

Haluskan buah murbei dengan menggunakan blender dan jangan terlalu halus juga karena takut menghilangkan kandungan nutrisi didalamnya. Usahakan tekstur masih agak kasar. Tuangkan dalam wadah dan campurkan madu atau susu yang sudah disiapkan.

3. Penerapan Masker Mulberry Pada Wajah

Jika semua bahan sudah tercampur rata, jangan biarkan masker didiamkan terlalu lama. Sebab kandungan oksidan tinggi pada buah arbei mampu membuat masker cepat menguap. Maka jika sudah jadi, cepatlah gunakan atau aplikasikan pada wajah secara merata. Masker ini bisa didiamkan selama kurang lebih 20 menit pada wajah. Hal ini bertujuan untuk memaksimalkan penyerapan dan menghasilkan kulit seperti yang anda harapkan.

4. Pembilasan Masker

Jika masa 20 menit sudah berakhir, selanjutnya anda bisa membilas wajah dengan air hangat. Treatmen ini ialah agar kulit lebih santai, membuka pori, mengangkat kotoran yang menempel pada wajah dan lain sebagainya. Proses akhir ialah mengelap atau mengeringkan wajah dengan handuk halus.

Manfaat daun murbei untuk wajah dan kesehatan tubuh

Setelah mengetahui cara membuat masker mulberry tidak lengkap jika tidak mengetahui manfaat mulberry untuk wajah. Daun murbei ini memang memiliki banyak sekali manfaat. Baik daun dan buahnya sama-sama bisa kita manfaatkan untuk memperoleh kesehatan tubuh yang lebih baik. Nah, buat anda yang penasaran dengan apa saja manfaat daun murbei untuk wajah dan kesehatan tubuh, berikut ini ulasannya.

1. Melindungi mata supaya tetap sehat

Tidak hanya kulit wajah saja yang menerima manfaat positif dari Daun alami ini, kesehatan mata juga akan lebih terjaga. Mencuci mata menggunakan air rebusan daun murbei dapat mencerahkan mata dan memperbaiki mata merah, dan hal ini telah menjadi andalan pengobatan tradisional Tiongkok sejak lama.

2. Menurunkan gula darah dan insulin

Daun murbei mengandung senyawa yang dapat membantu memerangi penyakit diabetes. Daun ini mampu mengurangi kadar gula darah dan insulin yang tinggi, serta hormon yang mengatur kadar gula darah.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penderita diabetes tipe 2 yang mengkonsumsi 1 gram ekstrak daun murbei 3x sehari selama 3 bulan dapat menurunkan kadar gula darah secara signifikan. Obat herbal ini sangat cocok untuk anda konsumsi secara teratur karena memiliki banyak peran dalam membantu menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

3. Memelihara kesehatan Jantung

Jika anda termasuk orang yang menderita kolestrol tinggi, dengan mengkonsumsi ekstrak daun murbei dapat membantu mengobati secara efektif. Hasil penelitian telah membuktikan bahwa ekstrak daun murbei ini sanggup memelihara kesehtan jantung dengan menurunkan kadar kolesterol.

Dan selain bisa menurunkan kadar kolesterol jahat juga bisa untuk menjaga tekanan darah supaya bisa tetap stabil. Sebaliknya dengan mengkonsumsi ekstrak daun murbei juga bisa meningkatkan HDL atau kolestrol baik yang bisa mengurangi risiko penyakit jantung.

4. Mencegah Peradangan

Peradangan atau inflamasi pada tubuh merupakan bentuk reaksi alami sistem imun yang bisa mengeluarkan gejala seperti nyeri, demam, dan rasa tidak enak lainnya. Senyawa Flavonoid yang terdapat pada daun murbei ini sangat besar perannya untuk mengurangi terjadinya peradangan dalam tubuh.

Manfaat Daun Murbei Untuk Wajah

Flavonoid mampu beraksi dalam tubuh sebagai penangkal radikal bebas yang ampuh agar sel tubuh tidak mengalami kerusakan. Efek senyawa ini bahkan jauh lebih ampuh dari Vitamin A dan C yang juga bisa berfungsi sebagai Antioksidan. Meskipun demikian Vitamin A dan C mempunyai peran ganda sebagai nutrisi penting, sehingga tetap tidak boleh kita abaikan untuk dikonsumsi karena tubuh juga membutuhkannya.

5. Menurunkan berat badan

Daun murbei juga bisa bermanfaat untuk menurunkan berat badan secara efektif. Dengan dibantu olah raga secara teratur, pembakaran lemak dalam tubuh akan terbakar lebih efektif jika anda juga mengkonsumsi daun murbei ini. Jika anda suka minum teh secara rutin di pagi hari, cobalah untuk mulai menggantinya dengan teh herbal yang menggunakan daun murbei.

Daun teh camellia sinensis (Teh biasa) sebenarnya juga bisa bermanfaat untuk menurunkan berat badan dan memberikan rasa rileks pada tubuh. Namun dengan menggantinya menjadi daun murbei maka anda akan mendapat rasa teh yang berbeda sehingga menjadi tidak bosan.

6. Mengurangi risiko terkena Kanker

Manfaat daun murbei ternyata juga bisa untuk mengurangi terkena risiko kanker kulit. Karena daun murbei mengandung senyawa polifenol yang bisa berfungsi sebagai antioksidan, sehingga bisa untuk penangkal radikal bebas terutama pada jaringan kulit. Senyawa polifenol dan kandungan multivitaminnya bisa secara efektif untuk melindungi jaringan kulit dan sel-sel tubuh lainnya dari mutasi yang bisa menyebabkan kanker.

Resveratrol adalah bagian dari kelompok senyawa yang disebut polifenol, dan itu ada dalam kandungan daun murbei. Senyawa resveratrol ini secara efektif dapat membantu memerangi oksidasi agar bisa terhindar dari berbagai penyakit. Baik itu kanker usus besar, kanker prostat, tiroid, hingga kanker kulit dapat dicegah dengan asupan antioksidan yang ada di daun murbei.

7. Memelihara kesehatan otak dan meningkatkan kecerdasan otak

Jika green tea, black tea, teh oolong, dan teh yang menggunakan daun dari tanaman camellia sinensis lainnya mengandung kafein. Maka pada teh yang menggunakan daun murbei tidak ada kandungan kafeinnya sama sekali. Sehingga Teh Murbei bisa menjadi pilihan alternatif buat anda yang tidak cocok dengan teh biasa yang ada kafeinnya.

Teh murbei mengandung senyawa GABA yang merupakan asam amino alami untuk neurotransmitter di otak Anda. Seperti kita ketahui bahwa supaya otak bisa berpikir dengan cepat maka membutuhkan kadar neurotransmitter yang cukup dalam otak.

Tanpa itu kinerja otak akan melambat dan anda akan menjadi susah fokus dan berkonsentrasi berpikir. Dengan adanya kandungan GABA pada dauh murbei dapat meningkatkan nuerotransmitter yang bisa meningkatkan kinerja antar neuron di otak.

8. Mencegah Osteoporosis

Tidak hanya susu saja yang mengandung kalsium tinggi, daun murbei juga mengandung Kalsium tinggi dan sejumlah mineral penting lainnya. Sebut saja Zat besi, fosfor dan pastinya Kalsium yang merupakan kombinasi terbaik untuk mencegah terjadinya osteoporosis seiring dengan bertambahnya usia.

Jika anda rutin meminum teh daun murbei ini selain bagus untuk kesehtan kulit dan otak juga bagus untuk kesehatan tulang agar tetap kuat. Dengan demikian penyakit-penyakit seperti osteoporosis, artritis dan penyakit lainnya bisa dimininalisir sejak dini.

9. Flu Dan Pilek

Sudah tidak heran lagi jika musim hujan datang maka identik dengan penyakit flu dan pilek yang pada dasarnya menyerang imun tubuh. Mengkonsumsi Daun murbei dapat meningkatkan kekebalan sistem tubuh secara alami sehingga tidak gampang sakit lagi. Kandunan polifenol dan nutrisi lainnya sangat efektif membantu tubuh supaya tetap kuat meskipun dalam cuaca yang tidak bersahabat.

Selain daun murbei, mengkonsumsi buah murbeinya langsung juga sangat bagus untuk meningkatkan kesehatan tubuh supaya tidak gampang sakit. Buah murbei terutama yang berwarna putih memiliki kandungan vitamin C dan senyawa antioksidan yang super tinggi. Sehingga tidak heran jika buah ini memiliki kasiat yang manjur untuk menjaga daya tahan tubuh.

10. Membuat kulit tampak lebih halus dan cerah.

Manfaat mulberry untuk wajah dengan makan buah murbei atau mulberry secara teratur dapat membuat kulit wajah menjadi tampak lebih halus dan cerah. Supaya tidak bosan anda bisa mencampurkannya dengan buah yang lain seperti blackberry, blueberry dan stroberry. Buah-buah itu sebenarnya masih dalam satu keluarga yang sama, karena sama-sama mengandung antioksidan tinggi dan vitamin C yang tinggi.

Tahukah anda kalau kandungan Vitamin C pada buah beri (murbei, strawberry, blueberry, blackberry) sangat efektif untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari ? Sinar UV yang berbahaya bagi sel kulit dapat menyebabkan kerusakan jaringan terluar kulit dan itu semua bisa kita cegah dengan memberi vitamin C.

Demikianlah ulasan yang bisa kami tulis. Semoga cara membuat masker dan manfaat mulberry untuk wajah ini bisa memberikan referensi yang tepat bagi anda yang membutuhkan. Sebagai tambahan di bawah ini kami sajikan juga informasi mengenai khasiat daun tomat.

Khasiat Daun Tomat Untuk Pengobatan

Tanaman tomat adalah anggota famili solanaceae, yang mempunyai nama latin Solanum lycopersicum. Tanaman tomat dapat tumbuh tegak dengan ketinggian 0,5 m sampai 3 m atau bertumpu pada tanaman lain. Tanaman tomat biasa tumbuh di ladang, pekarangan, atau tumbuh liar pada ketinggian 1 sampau 1600 meter di atas permukaan laut. Pertumbuhannya membutuhkan tanah gembur dan subur, namun terhindar dan hujan dan terik matahari. Adapun ciri-ciri tanaman tomat adalah sebagai berikut.

  • Batangnya berbentuk persegi empat hingga bulat, bercabang banyak, menebal pada buku-bukunya, dan berambut kasar dengan warna hijau keputihan.
  • Tanaman tomat mempunyai bau yang kuat.
  • Memiliki daun majemuk menyirip gasal, warnanya hijau muda, bentuk seperti bulat telur sampai memanjang, pangkal membulat, ujung runcing, letak berseling atau tersusun spiral dengan 5 sampai 7 helai anak daun, helaian daun yang besar tepinya berlekuk, sedangkan helaian daun yang lebih kecil tepinya bergerigi, dengan panjang 10 cm – 40 cm, dan mempunyai rambut.
  • Mempunyai bunga yang kecil, warnanya kuning cerah, tumbuh dan batang atau cabang muda.
  • Buahnya merupakan buah buni, bentuknya bulat, seperti bulat pipih, oval, bulat telur, atau bulat lonjong, kadang-kadang memiliki biji yang banyak. Kulit buahnya licin mengkilap. Pada saat matang, kulit buah kian menipis dan mengandung banyak air, dan daging buahnya lunak.
  • Warna, wujud, rasa, dan ukuran buah tomat beraneka ragam. Buah mudanya berwarna hijau muda sampai hijau tua, sedangkan yang sudah tua biasanya berwarna merah kehitaman, merah gelap, merah kekuning-kuningan, atau merah cerah.
  • Rasa buah tomat ada yang berasa manis ada pula yang asam, dan sedikit dingin.
  • Tomat kecil beratnya rata-rata kurang dan 45 gr. Sedangkan tomat sedang beratnya 45 gr – 150 gr, serta tomat besar beratnya 150 gr – 200 gr lebih.
  • Tomat memiliki banyak biji, pipih, warnanya kuning kecoklatan atau putih kekuningan, tersusun berkelompok dalam ruang-ruang dan dibatasi oleh daging buah.

Khasiat Daun Tomat Untuk Pengobatan

Terdapat beberapa varietas buah tomat, berdasarkan bentuknya buah tomat dapat digolongkan menjadi beberapa jenis, yaitu:

  • Tomat cherry, memiliki bentuk menyerupai kelengkeng
  • Tomat tegak
  • Tomat daun lebar atau Tomat kentang
  • Tomat pir atau tomat apel
  • Tomat biasa

Kandungan yang terdapat pada daun tomat

Pada tanaman tomat yang sering dimanfaatkan adalah buahnya, dengan pemanfaatannya yang beragam. Tapi selain buahnya, ternyata daun tomat bisa digunakan untuk pengobatan, karena pada daun tomat mengandung beberapa zat/senyawa diantaranya:

  • Alkaloid
  • Amigdalin
  • Arbutin
  • Pektin
  • Daun tomat ini juga mempunyai karakteristik dapat menyejukkan.

Khasiat daun tomat untuk pengobatan

Berdasarkan kandungan yang terdapat pada daun tomat tersebut, daun tomat dapat dimanfaatkan untuk beberapa pengobatan, diantaranya:

  • OBAT LUKA atau LUKA BAKAR, KULIT TERBAKAR SINAR MATAHARI, RADANG KULIT, JERAWAT, KURAP, DAN BOROK KRONIS

Cara pembuatan:

  1. Siapkan beberapa daun tomat muda yang segar
  2. Kemudian dihaluskan lalu diletakkan atau dioleskan pada tempat yang sakit

Demikianlah pemanfaatan daun tomat sebagai bahan pengobatan, dimana daun tomat ini digunakan sebagai obat luar. Semoga uraian di atas tentang manfaat daun tomat dapat  menambah wawasan dan pengetahuan anda mengenai pengobatan alami.  Jangan lupa dishare ya! Terima kasih!